Wednesday, June 27, 2012

Berenang Ketika Hamil

June, 5th 2012

As a part of my "truly unimportant tourism advance" workshop, I have to attend the field orientation in Batam.

Jadi, sekarang saya si bumil sudah berada di batam, setelah dua hari sebelumnya baru aja kelar workshop yang di bandung. Karena sblm ke bandung udah cek ke dokter dan alhamdulillah bayi-nya sehat, jadi pas mau ke Batam ini saya belum cek lagi, semoga keadaan si baby tetap sehat yaaa...

I stayed at the Golden View Hotel. Batam. Tepatnya di kawasan Bengkong. Kamarnya asliiii luas banget. Katanya sih ukuran kamar hotelnya paling luas dari seluruh hotel yang ada di batam. Padahal kamarnya tipe yang superior biasa, tapi luasss bener, kata temen saya bisa buat main loncat tali. Pemandangan dari kamar saya pun nggak kalah seru. Karena langsung menghadap ke swimming pool yang ukurannya olimpic size. Langsung pengen nyebur...

Makanya itu, saya sempet-sempetin browsing.









boleh apa nggak ya bumil berenang? 
Apakah ada pantangan tertentu atau nggak?

Ternyata, berenang merupakan olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil oleh para dokter. Bahkan dari awal trimester pertama yang sedang rawan-rawannya. Dan sudah terbukti bahwa berenang dapat mengurangi rasa mual karena morning sickness yang biasa dialami bumil.

Selain itu, berenang adalah olahraga paling baik dan paling aman bagi ibu hamil. Bahkan untuk bumil yang kehamilannya bermasalah. Berenang dapat meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh, mengurangi ketegangan dan stress, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, membantu pernapasan, dan membantu agar tidur lebih baik. Nyem..nyem...nyem...

Nah, berikut adalah artikel yang sungguh berguna dari kompas.com mengenai manfaat berenang bagi bumil, dan tips-tips nya.

Berenang memberi beberapa manfaat bagi ibu hamil. Antara lain, membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak, dapat meringankan rasa mual, memperkuat otot-otot - termasuk otot sekitar pinggul sehingga memudahkan ibu dalam persalinan. Manfaat lain yang juga didapatkan ibu hamil dari aktivitas berenang di antaranya terapi untuk kesehatan sendi dan otot, dan tentunya menjaga kesehatan jantung.

Berenang bisa dilakukan ibu hamil sejak trimester pertama sampai ketiga. Hanya saja ibu hamil perlu berhati-hati saat berenang menjelang persalinan. Karena kandingan ibu semakin besar, dan beban juga semakin berat, dikhawatirkan ibu hamil mudah terjatuh atau terpeleset.







Agar aman dan nyaman berenang kala hamil, berikut tipsnya:


* Berenanglah dengan santai. Hindari gerakan-gerakan mengentak atau gaya berenang yang menguras banyak tenaga. Ingat, ibu hamil sedang berbadan dua!

* Jangan memaksakan diri untuk terus bergerak. Jika lelah istirahatlah dengan cara mengapung atau merelaksasikan diri.

* Jangan terlalu lama berenang, cukup 20-30 menit saja. Berenang terlalu lama dapat meningkatkan suhu dalam kandungan yang bisa saja membahayakan janin.

* Kenakan pakaian renang yang nyaman, tidak terlalu sempit atau menekan perut. Gunakan pula sepatu atau alas kaki anti-slip (aqua shoes) supaya ibu hamil tidak terpeleset.

* Ibu yang sebelumnya jarang berenang, sebaiknya jangan berenang terlalu lama. Bisa dimulai 5-10 menit, lalu secara bertahap tambah 1-2 menit setiap minggu. Berenang bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

* Jika berenang di kolam renang umum, pastikan kolam renang bersih dan dibersihkan secara berkala, tidak terlalu padat pengunjung dan areanya aman.

* Sebaiknya suhu air pas, tidak terlalu dingin atau panas. Hindari berenang di tengah matahari terik atau malam hari kala cuacanya sangat dingin.

* Biasanya setelah berenang ibu akan lapar atau haus, komsumsilah makanan atau minuman yang bernutrisi supaya pertumbuhan janin maksimal.

Yuuuuk kita berenang.... :)
Byurrr....

Nb: Oh iya, untuk mencapai air dari bibir kolam, jangan loncat ya, jalan santai aja, hati-hati licin.  Ingat... Bumil berbadan dua loh, ada si bebeb di dalam perut :p



* all picture taken from Google

No comments:

Post a Comment