Monday, April 30, 2018

Review Gendongan Ergobaby Adapt : Wew, bisa dipakai dari Newborn sampai 20kg

Review Gendongan Ergobaby Adapt : Wew, bisa dipakai dari Newborn sampai 20kg 

Hola!
Postingan kali ini adalah atas permintaan mamah mamah kece yang penasaran sama review ergobaby terbaru yaitu tipe adapt. 
Ergobaby adapt di launch untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu yang menginginkan gendongan praktis buat newborn namun juga punya masa pakai yang lama. Kalau menurut website resmi ergobaby, spesifikasinya adalah sebagai berikut:






Features of The Adapt :
  • 3 ergonomic carry positions: Front-Inward, Hip and Back carry positions
  • Easy-to-use design, no infant insert needed for infants
  • Ergonomic bucket seat gradually adjusts to a growing baby from newborn to toddler, to ensure baby is seated in an ergonomic spread-squat, natural “M shape” position at every stage
  • Long-wearing comfort for parents with even weight distribution between hips and shoulders Padded
  • Cushy shoulder straps with crisscross option, great for a snug fit for petite moms and those who prefer easy buckling on the front (adjustable 28 ¾ in – 48 ¾ in / 73 cm -124 cm). Lumbar support waistbelt (26 in – 55 in / 66 cm – 140 cm)
  • Can be worn low or high on waist to accomodate shorter or longer torsos and hold baby close enough to kiss
  • Double adjusters for easy tightening
  • Cushioned and foldable head and neck support
  • Tuck-away baby hood for sun protection and privacy (UPF 50+)
  • Can breastfeed in carrier
  • Machine washable
  • The ADAPT Baby Carrier has been acknowledged as a “hip healthy” product by the International Hip Dysplasia Institute.




           Oh iya, buibu…. Saya sangat menganjurkan jika ada dananya, belilah produk yang original. Namun, maaf  ya yang saya bahas disini adalah versi replica-nya ya. Plis jangan julid huhuhu… karena saya nggak punya ergo adapt original buat di review. Maafkeun
            Sebenernya, rencana review sudah lama. Tapi, karena saya nggak punya newborn, rasanya kurang afdol ya, padahal kan keunggulan utama dari gendongan ini adalah untuk menggendong newborn tanpa perlu repot pake-in infant insert tambahan. Nah, begitu keponakan saya Syakira lahir, umur 40 hari-an saya cobain deh gendong pake ergobaby adapt. Saya pribadi nggak berani nyoba sebelum umur segitu, simply karena simply karena saya merasa di usia segitu baby masih ringkih. Amannya gendong biasa aja pakai tangan, atau gendongan sling (contoh: babasling) dimana baby posisi gendongnya masih miring gitu.
            Selain itu, saya juga pakai gendongan ini buat menggendong Gendhis yang sekarang udah 5 tahun, berat badan hampir 20kg tapi udah tinggi bangetttt.
            So, setelah dicobain, berikut adalah review ergobaby adapt menurut saya:
1. Masa Pakai yang Panjang
Fitur utama dari ergo tipe adapt adalah masa pakai yang panjang, yaitu mulai newborn sampai 20 kilo.(7-45 lbs / 3.2-20 kg) Pada ergo ini sudah terdapat bantalan sebagai infant insert sehingga aman untuk menggendong baby newborn. 



Tapi, seperti yang sudah saya sampaikan diatas, saya belom berani gendong pake carrier kalo masih newborn banget (dibawah 1 bulan) karena baby-nya masih super imuuuut. Nah, pas gendongan syakira di usia hampir 2 bulan, ternyata bisa pas dan anaknya anteng aja loh. Saya make sure dulu sebelum menggendong kalau babynya pas udah nyusu dan nggak ngantuk jadi nggak rewel. (Meskipun harus hati-hati banget masukin ke adapt nya), yang terpenting adalah posisi duduknya baik (m shape - ergonomis) dan lehernya tertopang dengan maksimal melalui bantalan leher ergo adapt



Pas gendong gendhis rasanya nyaman juga kok, tapi karena bocahnya udah tinggi, jadi kaki-nya klewer-klewer kepanjangan. Hahahaha. 
Oh iya, ciri khas dari ergobaby adapt adalah pada kain dudukannya. Terdapat perekat yang berfungsi untuk mengubah-ubah posisi duduk baby sesuai dengan usia dan berat badannya.
Jadi ada 3 posisi dudukan yang dapat diubah menyesuaikan besar si anak
Silakan cek cek bebi cek gambar dibawah supaya lebih jelas ya. 











2. Praktis, Sudah include infant insert
Nah, kalo pake ergo adapt nggak perlu lagi deh keluar duit buat beli infant insert tambahan seperti di ergo klasik ataupun ergo 360. Karena bagian dalam ergo adapt sudah ada lapisan busa-nya sehingga mampu membungkus rapat baby seperti dalam pelukan.





Di bagian bawahnya juga ada settingan baby newborn serta tali pengait yang ukurannya bisa disesuaikan. Sehingga posisi duduk baby mengikuti aturan M shape dan nyaman. 


Di bagian atas, ada pengaman leher yang juga berlapis busa seperti bantal, sehingga leher baby tertopang dengan baik
3. Ergonomic Carry Position
Untuk posisi menggendong, ergobaby adapt bisa digunakan 3 posisi gendong. Yaitu:
1. Gendong depan anak hadap ibu
2. Gendong samping
3. Gendong belakang


Ingat ya, TIDAK BISA dipakai buat gendong baby di depan dan baby nya hadap ke jalan. Which is menurut saya hal ini menjadi salah satu kekurangan dari adapt. Namun, posisi gendong depan anak hadap jalan memang bukanlah posisi gendong yang banyak disarankan oleh para ahli, karena nggak boleh terlalu lama gendong dengan posisi tersebut untuk mencegak overstimulation pada baby. Posisi menggendong terbaik adalah gendong di depan, anak menghadap penggendong. Karena dia akan merasa seperti dipeluk, merasa lebih aman, dan nyaman.
Untuk panduan cara menggendongnya silakan lihat video di bawah ini ya

4. Shoulder strap (tali pundak) lebih tebal
Dibanding tipe lainnya, tali dibagian pundak ergo adapt lebih tebal (means, busa-nya lebih banyak) dan sedikit lebih lebar. Jadi bisa memberikan kenyamanan lebih untuk pundak penggendong, apalagi kalo babynya enduttt. 


Selain itu, tipe ini mengakomodir pilihan metode crisscross pada saat mengaitkan di punggung. Metode crisscross yaitu pemakaian tali pudak yang di silangkan. Jadi tali kanan di kaitkan ke buckle kiri, sedangkan tali yang kiri di kaitkan ke buckle sebelah kanan. Bagi sebagian orang, metode crisscross dirasa lebih nyaman bagi punggung, apalagi untuk yang suka backpain

criss cross methods

"H" Methods

Oh satu lagi ciri khas yang membedakan ergo adapt dengan tipe lain adalah pengait tali punggung yang berada di samping bagian depan (kanan - kiri) . Buat yang terbiasa pakai gendongan ergo klasik maupun ergo 360, pasti merasa agak kagok. Tapi hal ini tidak terlalu mengganggu, malah menurut saya lebih memudahkan, karena lebih gampang di jangkau.





5. Bagian pinggang nyaman karena memiliki double adjuster

Di bagian pinggang dari ergo adapt terdapat 2 sisi pengait untuk mengatur kekencangan atau kenyamanan posisi tali pinggang. Jadi ngatur posisi tali pinggang lebih gampang dan dipake-nya lebih pas gitu. Kalo di ergo yang lain, pengaitnya hanya satu sisi aja. Keduanya bisa di tarik secara bersamaan ke kanan dan ke kiri, yang kemudian membuat settingan tali pinggang lebih kencang dan pas.  



Panjang tali pinggang adapt lebih panjang dari tipe lain, yaitu sampai 140cm. Fyi, kalo ergo 360 panjangnya 130cm, klasik 125cm, dan hipseat 125cm. Jadi kalau punya pinggang/pinggul yang lebar, terutama pak suami nih biasanya yang body-nya subur-subur, ergo adapt bisa jadi bahan pertimbangan
6. Pengait pinggang tanpa Velcro, lebih praktis

            Di bagian pinggang, pengaitnya hanya berupa buckle, tidak ada Velcro (perekat) nya.  Menurut saya, hal ini jadi memudahkan kita buat mengubah dari posisi menggendong biasa jadi posisi menggendong sambil menyusui. Kalau gendong biasa itu posisi wajah anak sejajar dengan leher kita, sehingga kening anak di dekat dagu penggendong, dan kiss-able alias gampang buat dicium. Sedangkan menggendong sambil menyusui, posisi mulut baby persis di depan gentong susu. Tinggal leeeep! Jangan lupa pasang penutup kepala atau nursing apron supaya nggak keintip dari luar.







7. BUKAN Hipseat
            Trend baby carrier belakangan ini adalah yang memiliki hipseat alias bangku dudukan. Biasanya, hipseat ini bisa dipakai terpisah tanpa tali gendongannya. Fyi, tipe hipseat, TIDAK BISA dipakai untuk menggendong baby newborn. Amannya adalah buat gendong baby usia 5 bulan keatas yang tulang duduknya sudah kuat. Untuk hipseat, sudah pernah saya bahas di postingan terpisah ya.
8. Berbahan Kanvas, bagian dalam ada lapisan katun halus.
            Nah, untuk bahan, ergo adapt ini berbahan kanvas. Sehingga kuat dan nggak gampang kotor. Seperti umumnya bahan pada tas ransel. Di bagian dalam terdapat lapisan katun halus, jadi lebih adem dan lembut. Cocok lah buat newborn yang kulitnya masih mulus, halus, dann sensitif.
















Kekurangan Ergo Baby Adapt
Hmmm… kalau menurut saya, ada beberapa kekurangan dari ergobaby tipe adapt ini:
1     1.  Tidak bisa front carry, baby face out. Yang artinya, nggak bisa menggendong baby di depan sambil baby-nya hadap ke jalan. Kayak yang bisa dilakukan kalau kita pakai gendongan tipe ergo 360 atau ergo hipseat.

 2. Bagian dudukan bayi memakai sambungan Velcro. Sebenarnya, fungsi dari Velcro ini untuk memudahkan dalam mengatur posisi duduk bayi berdasarkan usia-nya, tapi somehow kok saya takut paha baby nggak nyaman sama Velcro-nya yah. Padahal kalau diperhatikan lebih seksama, ternyata yang berpotensi kena paha bayi adalah bagian lembut-nya dari Velcro, which is nggak berbahaya sih.





Yak, kurang lebih begitulah review ergbaby adapt dari saya. For sure, recommended buat yang mencari gendongan bayi atau baby carrier dengan periode waktu penggunaan yang lama (sampai 20 kilo). Motif yang tersedia pun macem-macem dan ngegemesin astagaaaah. Semoga postingan ini memberikan sedikit gambaran dan pencerahan yaaaaa buat mamah - mamah kece badai diluaran sana.


Berikut adalah contoh pemakaian ergobaby adapt. Yang atas motif twill navy dan yang bawah motif graphic grey





Belinya dimana? Coba lihat-lihat di link instagram ini ajah.

Ciao!






No comments:

Post a Comment