Friday, February 21, 2014

Kisah si Gendongan eps.2 : Cuddle Me & Ergo KW

Cuddle Me Neo Carrier VS Ergo KW

Seperti yang sudah saya kisahkan sebelumnya, kebutuhan akan hadirnya gendongan yang nyaman dan nggak bikin pegel pun semakin hari rasanya semakin mendesak.
Jadilah kemudian saya berkelana di dunia maya mencari gendongan yang endesss.... endes disini kriterianya nyaman buat si ibu, bayi, dan kantong! hehe

Setelah googling sana sini dan lihat forum "racun" emak emak... akhirnya pilihan mengerucut kepada neo cuddle me carrier (cmc) dan ergo kw. Yaaah kok kw? sebab...kalo beli yang original kantong saya pasti menjerit jerit. Harganya diatas sejuta, buibu! airen aja sampe melotot pas denger harganya. "gendongan sejutaaaa?" (camera zoom in, zoom out) "gendongan apaan tuh mahal amat? belom tentu anaknya mau digendong pake itu, sayang duitnya ah!" yaaaah proposal saya ditolak deh. Begitu saya cerita bahwa ada versi kw dengan harga hanya sepersekian dari harga asli, dia bilang "beli yang kw aja lah kalo gitu" hahaha.... dasar!

Bahkan, kalau lihat di website ini ergo yang asli dengan tipe organik dijual diatas 2 jeti. Wakwaooo! 

Butuh berhari hari buat saya semedi mempertimbangkan mau beli ergo kw atau cuddle me carrier. Berikut perbedaannya:

cuddle me neo carrier


plus:
  • original
  • buatan lokal tapi katanya kualitasnya nggak kalah sama produk luar
  • dibuat dari bahan katun organik yang ademmm
  • lifetime guarantee. baca disini, kerusakan apapun akan diperbaiki hanya tinggal bayar ongkir aja
  • ada foot strap buat ganjelan kaki bayi
  • dilengkapi dengan teething pad yang terbuat dari bamboo jersey buat bayi gigit gigit
  • memiliki 3 kantung tapi kecil kecil
  • hoodie bisa dicopot
  • bisa untuk menggendong sampai 20 kg
  • harga 370ribu. jauuuuh lebih murah dari ergo original

minus:

  • shoulder pad nya rada bulky, kayaknya lebih cocok buat yang berpostur badan besar. tapi disini dibilang justru karena ke-bulky-an nya itu, jadi nggak bikin pegel
  • kalau bayi nya kecil bisa "mendelep", apalagi buat bayi kepo yang suka tengok kanan kiri... kemungkinan akan merasa "terpenjara". tapi buat bayi yang besar, pasti lebih nyaman.
  • hanya untuk 2 hadap. gendong depan bayi hadap ke ibu, dan gendong belakang. nggak bisa hadap samping.
  • haganya lebih mahal dari ergo kw









Ergo KW





plus:

  • juara dari sisi harga. jauuuuuh dibawah ergo original dan masih lebih murah dibading cmc
  • bisa 3 hadap. depan, samping, dan belakang. sehingga bayi yang "kepo" bisa tetap melihat dunia di depan mereka kalau digendong samping atau belakang
  • shoulder pad nya berukuran standar dan nggak bulky. cocok buat badan ukuran kecil - sedang
  • memiliki 2 kantung yang cukup besar, kecuali seri petunia yang kantungnya hanya satu dan besar
  • ada karet penahan di sebelah bucklenya. jadi kalau buckle copot, masih bisa tertahan sementara oleh karet penahan
  • dapat digunakan untuk menggendong sampai berat 20kg. dan gosipnya... bahkan bisa untuk 40kg! ah...becanda kali ya :p ntar kalo robek manyun deeeeeh.
  • review yang saya baca, banyak mommies yang puas pake ergo kw ini.

minus:

  • karena produk kw, jadi nggak melewati proses quality check dan tidak memiliki garansi
  • namanya juga kw, kualitasnya nggak sama dengan yang original. tapi katanya sih 95% miriiip
  • hoodnya nggak bisa dicopot
  • nggak ada footstrap dan teething pad
Oh iya, menurut manualnya,  ergo bisa dipakai mulai dari new born, namun harus menggunakan ergo infant insert sebagai tambahan. Bentuknya seperti gambar di bawah ini:








Sedangkan untuk penggunaan tanpa insert bisa dipakai mulai usia bayi sekitar 5 bulan ketika sudah bisa mengangkat kepalanya dengan tegak (lehernay sudah kuat), akan lebih baik lagi apabila dedek bayi sudah bisa duduk tegak 

Hampir seminggu saya bobo terasa nggak nyenyak karena galau mau beli gendongan yang mana. Semua bacaan di internet tentang kedua merk ini juga udah saya bacain sampe tamat. Kayaknya selama ini belom pernah deh cuma mau beli barang bayi kepikirannya sampe berhari hari...hahaha lebay amat yak. Berulang kali saya minta masukan airen sebaiknya beli ergo kw atau cmc jawabannya selalu sama "terserah kamu aja" yeeeee.... kalo saya mah mau nya ergo original dooong.

Finally.... atas pertimbangan karena bayi saya suka nya kalo digendong yang bisa memandang ke depan, jadilah saya memutuskan buat go for ergo kw. Karena memungkinkan buat bayi digendong samping sehingga wajahnya bebas nengok kemana aja.
In the same time, saya juga sambil cari cari olshop yang jual ergo kw harga murah.
Pertama, saya nemu olshop yang barangnya ready. Cuman... harganya diatas 300rb. Saya pikir sayang juga ah, mungkin kalo mau usaha mantengin mbah gugel lebih teliti bisa dapet toko yang jual dengan harga lebih murah.

Kemudian, saya nemu toko online yang jual ergo original, tapi katanya original disini beda sama original yang diatas sejuta. Gak papah laaaaah karena beneran ini sungguh muraaaahhh! under 300rb untuk semua tipe dan motif *ngeces!* otomatis dong mata dan kantong saya berbinar binar. Nggak pake mikir langsung message olshopnya. Namun sungguh sayaaaang stoknya abis, Hiks!! Katanya, ergo yang dia jual langsung ludes dalam sehari. Pas saya tanya ada nya kapan lagi, dia bilang belum tau. Yaaah, emang belom rejeki kali yaaa... #penontonkecewa

Bongkar bongkar mbah gugel lagi, akhirnya saya nemu olshop yang juga murah... jual ergo kw under 300rb. Tapi nggak semurah yang sebelumnya saya contact tadi. Dan passss banget mbak nya baru re stock. Karena udah nggak kuat iman saya langsung memutuskan buat beli. Dari pada entar nggak kebagian lagiii kaaaan?

Nah, kegalauan masih berlanjut nih, karena dia baru restock, jadi motifnya masih lengkap...kap! bingung deh milih yang mana, lucu lucu semuaaa... apalagi yang designer series




Designer series. Cantik cantik sekali kaaaan motifnya?


Saya jatuh cintrong sama yang petunia pickle bottom. Eh, tapi airen protes karena motifnya  "cewek" banget, nggak lucu kalo bapak bapak ngegendong pake itu. Aaargh... lalu kembali saya memandang mandang berbagai warna ergo yang avail, dan jatuh lah pilihan saya ke motif Lattice. Masih ber pattern, namun lebih netral. Airen juga setuju. Oke, bungkusss!

Agak gamang juga sih pas mau beli, takut nanti ternyata performa-nya nggak oke, dan dari sisi keamanan kurang safety. Tapi aku baca-baca lagi disini ada yang bilang kalo beli online dan kita ragu sama barangnya, better pilih onlineshop yang menampilkan foto asli barang yang dijual, jadi paling enggak kita kebayang deh productnya seperti apa. jadi nggak kayak beli kucing dalam karung. Kalo diperhatikan, mostly yang jualan Ergo KW memajang foto Ergo original yang (kayaknya sih) diambil dari hasil googling.



Motif Lattice


Sebelum transaksi, saya sempet nanya nanya ke mbak yang jual, better cmc ato ergo kw. Just wanna check whether I make the right choice or not. Terus,dia jawabnya begini:

Saya pribadi pakainya neo cmc. Soalnya bahannya lbh tebal jg. Kebetulan baby saya memang gendut, jd berasa sangat aman aja.  Kalo kata buyer sih lbh enak ergo. Saya pribadi gak sempet ngerasain enak atau nggak pakai ergo, baby saya gak mau soalnya

Alamaaaak, Duh... jadi tambah bingung deh nih (emak emak labil) ergo apa cmc yaaaaah?
Lalu, saya tanya lagi

"kalo cmc haganya berapa, masih bisa diskon nggak?"
Terus dijawab:  "370rb udah nett, free ongkir" Jiahhh...tetep lebih mahal dari ergo kw

Baiklah, lets go for ergo. Bismillah... terus saya transfer deh, mudah mudahan gak salah.

Ndelalah, dua hari setelah saya transfer olshop yang murah bener yang kemarin out of stock ngabarin bahwa ergonya bakal re stok sabtu besok. yaelaaaahhhh, telattt!!!!  saya pikir masih lama restock nya. Ah, tau gitu kaaann... lumayan berhemat beberapa puluh ribu hehe #makmakirit

Malamnya, pas saya pulang kantor, ternyata kiriman ergo nya udah dateng. Woaaaaa!!!!!! mumpung si bayi lagi tidur, langsung deh di buka. Pelan-pelan ngerobek bungkusan packingnya, kalo terlalu heboh takut Gendhis bangun.

Awalnya agak jiper juga karena bentukan dus nya udah penyok nggak jelas. Begitu lihat barangnya....  Jatuh cintaaaa!!!! beneran miriiip banget sama yang asli. Ada kartu garansinya juga loh, stiker tahun pembuatan dan nomor seri juga tercantum disini. Whoaaa...
Kemudian saya perhatikan dengan detail ergo yang sedang saya pegang. Bahannya bagus. Bucklenya kuat, walaupun agak keras buat ceklek-in nya. Terdapat logo ergo pada buckle, serupa dengan ergo asli.


Dus nya udah penyok penyok huhuhu...









karet pengaman dan buckle


kancing strap untuk memasang hood


Aaaak, ada kartu garansi nya jugaaa


Instruction Book


Shoulder pad ukurannya standar dan nggak bulky, namun empuk dan mantap.




Oh iya, saya pernah baca (tapi lupa dimana) kalau ergo kw adalah buatan china. Sedangkan yang asli, terutama seri petunia, dibuat di india.
then, look what I found. Di bagian label warning dan dus tertulis bahwa produk ini made in india. Waaah jangan jangan sebenernya asli.... atau jenis kw super yang dibuat plek ketiplek sama aslinya termasuk tulisan tulisannya. Padahal di salah satu blog yang menuliskan tentang beda nya ergo kw dan asli bilang kalo label warning dari ergo kw keliatan banget beda nya, spelling nya pun salah salah.







Saya udah gatel banget pengen nyobain. sambil ngeliatin youtube instruction, sembari saya praktek make ergo nya. Ternyata gampang yaaah... kecuali kalau pas gendong belakang dan nggak ada yang bantuin, emang rada pe er sih.











Esok harinya, kebetulan kita akan pergi berenang ke Ocean Park BSD. Kesempatan yang sangat bagus untuk menguji performa dari ergo kw ini. Kami berangkat jam 10, dari rumah gendhis emang udah rewel karena ngantuk. Dan benar sekali, pas sampai lokasi dia bobo.
Wah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Karena bobo, dia nggak berontak pas dipakein ergo. Begitu sudah terpasang dengan benar, saya pun MENYESAL!!!






Kenapa nggak dari kemaren kemaren aja beli ergo kw siiiih. Saya akui ternyata beneran enaaaaakkkkk banget gendong pake ini. Bayi juga anteng dalam gendongan. Gendhis bobo nyenyak nggak bangun bangun walaupun beberapa kali digodain airen karena udah nggak sabar buat berenang. Kurang lebih 2 jam saya menggendong, nggak terasa pegel. 






Tampaknya ergo menempel dengan sangat pas di badan saya. Untuk memakainya pun mudah, tinggal ceklek bucklenya, lalu tarik kedua tali strapnya.
So far, in my opinion this is the best buy carrier. Harga terjangkau, dan kualitas oke punya. Recommended, puas, nggak nyesel deh.





Airen juga nyoba ngegendong pas kita belanja sepulang dari Ocean Park. "Enak juga yaaa..." katanya. Hehehe







Ergo kw nya aja seenak ini... apalagi yang asli yaaah...hahaha mau dooong kalo ada yang ngasih *mupeng*

Update:
Minggu lalu saya mengunjungi baby shop kesayangan, pas lagi lihat-lihat baju bayi ternyata di sebelahnya teronggok manis sebuah gendongan Ergo. Wow...ternyata toko ini jual ergoKW juga! pas lihat price tag-nya, saya tambah terkejut karena harganya lebih murah dari online shop! Nyesel juga sih, tau gitu beli disitu aja deh. Tapiii... pas saya pegang dan coba, ternyata kualitasnya beda dengan yang saya punya. Bahannya lebih tipis, dan sepertinya lebih ringkih. Nggak se-sturdy ergo KW kepunyaan saya.  Airen juga memberikan penilaian yang sama terhadap barang tersebut. Nggak jadi nyesel deeeehhh...hahaha 

Mauuuu? 
sebelum nanya kalo mau beli dimana, 
bisa lihat disini ya mommies  --->>>> catatan tentang ergo bisa langsung order ajah ada infonya :)

atau disini;
LINE : LINE-INGKIE
INSTAGRAM: #MOMMAERGO
FACEBOOK : MOMMAERGO

SHOPEE (Free Ongkir) : ID MOMMAERGO  untuk order pembeli harus download appsnya dulu di appstore atau google play

TOKOPEDIA : ID MOMMAERGO

BUKALAPAK : ID MOMMAERGO

testimonial lainnya bisa lihat disini #MOMMAERGOTESTIMONIAL



373 comments:

  1. aduuhhh..untung nemu blog ini..fresh bnget lagi baru bulan kmaren..aku lg ngebandingin juga antara ergo kw (secara ga bakal di acc minta yg asli..:p) sama cmc..hati berat ke ergo sih..,xixixi...makasih loh mbak review nyaa..tp boleh minta no telp ato link facebook olshop nyaaa disini boleehh di email jg boleehh ke raishin_rhee487@yahoo.com..dr kmaren nyari2 dapetnya diatas 300rb..*berapa ribu jg dikejar yaak..makirit..:p..maap yaa mbak ngerepotin nih..makasih mbak..^_^

    ReplyDelete
  2. Hi, salam kenal, makasih ya udah mampir. Hahaha... iya emang mba, itu aku mutusin pilih ergo aja ampe semedi berhari-hari. aku email ya OL shop nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, salam kenal.. mau jg dong nama olshop tempat mba jadinya beli ergo kw itu.. tlong email ke widyanaakhmad@yahoo.com
      Mksh...

      Delete
  3. Mba mau dunk nama olshopnya, klo bisa ke2nya yah, baik yg td blm restok maupun yang akhirnya dibeli... sms ke 089690331110. Maaf ya mba ngerepotin. Makasih

    ReplyDelete
  4. Sis, mnta nma olshopnya jg donk sis? (Yuli.ana_1189@yahoo.com)
    Tq sblmny sis reviewnya_

    ReplyDelete
  5. hi mba yuli, thanks udah mampir. kontak olshpnya sudah saya bisikin by email ya

    ReplyDelete
  6. Sis, minta nama OLS / Link'nya jg yaa?? (Yovie.violet@yahoo.com)

    Thanks info2nya Sis :)

    ReplyDelete
  7. Sis, mau dong dibisikin olshopnya, dua2nya ya. tengkyu reviewnya
    temenyatina@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. mba boleh dibisikin nama ols dua2nya
    ke gin4@ymail.com, thx

    ReplyDelete
  9. Mba, mau donk nama ols nya ke dina_maulida2004@yahoo.com, Thanks

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Bun,belum masuk emailnya, boleh dikirim ulang? :)
      Thanks

      Delete
    2. Sudah aku re-send, silakan di cek lagi ya mom...

      Delete
  11. Bun mau donk nm olshop tmpt bl ergo kw ny... Tlg sms bun k 081929274008, mksh bnyk y bun :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada alamat email mba? Biar bisa langsung aku kirim link nya

      Delete
  12. saya mau juga donk,bun nama 2 olshopnya..ke matahari_atsky@yahoo.co.id makasih,bun

    ReplyDelete
  13. Mba..minta diemail yah nama ol shopnya. Makasiiii maaf ngrepotin anna.maria1387@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Ikutan mau dibisikin ya, mbaaa,,,, Makasih bnyak udah ngereview sedemikian detilnya. yennypuspita.ak@gmail.com

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. hai,,mba ingkie. been stalking on your blog since last november. sejak hamil anak kedua aku rajin bc blogmu.. eh kita tetanggaan lhoh. aku warga ciputat. daaan krn bc blogmu aku skrg kontrol ke hermina ciputat n rencana akan lahiran jg disana doakan yauw..hihihi..

    back to topic, mau dong di share ol shopnya, been dying to buy ergobaby dr jaman hamil anak pertama 3 thn lalu...plis..plis..pls..mamaciy lhooo :D

    ReplyDelete
  17. duuuh lupa ini emailku : indika.noor@yahoo.com, thankssss mba :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai haiii... mba indika (bener kan yaaa namanya) salam kenal, selamat atas kehamilan anak ke 2 nya. semoga ibu dan baby di perut sehat selalu yah...

      whoaaa surprise nih, ternyata ada juga ya yang suka baca blog aku...hahaha sesama warga ciputat, jangan bosen bosen mampir ya mba. Info Ergo KW nya sudah aku email langsung yaaa...

      Delete
  18. halo mbak, saya juga lagi galau nih antara neo cmc atau ergo kw, hihihi... minta dibisikin juga ya nama olshopnyaaa. email saya puspitarum85@gmail.com.

    makaciiihhh :)

    ReplyDelete
  19. Bun,bisikan lwat emailnya blm nyampe jg_hehehe
    Tlong d email lg y bun, SORRY..ngerepotin_
    (Yuli.ana_1189@yahoo.com)
    Btw,btas umur baby make ergo kw mulai umur brp bln bun?soalnya babyQ bru mnjelang 5 bulan? Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bun, udah di bisikin ulang ya... sila di cek lagi emailnya. Ergo bisa dipake mulai new born, tapi harus menggunakan infant insert yang dibeli terpisah. kalau tanpa insert bisa dipakai sekitar usia 5 bulan kalau baby nya sudah bisa angkat kepala dengan tegak (lehernya sudah kuat). Lebih baik lagi kalo si baby udah bisa duduk tegak. Hope it helps :)

      Delete
  20. Buun..mau jg dong infonya
    Kirim ke fenny_mansyah@yahoo.com
    Trimaksih sebelumnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di email ya Bun... semoga membantu

      Delete
    2. bun..saya minta olshopnya ya email semut2_83@yahoo.com

      Delete
  21. Mba.. Mau dong share olshopnya.. Seneng bgt bisa nemu blognya.. Kirim ke ita.paramita@gmail.com

    ReplyDelete
  22. mau dong mbak kirim ke imel: mimymulkan@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Mau dong mba info olshopnya keduanya ya mba..emailku bright_girl87@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. bun, bisikin dong olshop nya, ke mamanyalika@gmail.com
    Lagi galau jg nih antara neo cmc sm ergo kw :P
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. psssstt... udah dibisikin ya mamanyalika :) mudah2an membantu dan nggak galau lagi hehe

      Delete
  25. Halo bunda, mau jg dong diinfokan olshopnya yg ready sm restock ke fe_purplinx@yahoo.com.
    Thaanks yaah

    ReplyDelete
  26. Mbak minta tolong email ke cynthiaaura.new@gmail.com terimakasih banyak atas bantuannya

    ReplyDelete
  27. mbak...mau juga dunk diemail alamat olshopnyaa...pas bgt lg nyari ergo kw...hehe...
    elscherie@gmail.com

    makasih yaa mbak...
    :-)

    ReplyDelete
  28. mbak..mau alamat olshopnya ya..sms 0818224810 atau semut2_83@yahoo.com

    ReplyDelete
  29. Mba bisa minta alamat OL shop.ny, esti.mutiya@gmail.com

    ReplyDelete
  30. mbak minta dimelin alamat OLshopnya ya.... zahidody@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  31. mba,aku mbok ya dibisikin juga os nya elisaanggunsari@gmail.com. matur suwun sanget yooo.

    ReplyDelete
  32. lam kenal mbak. Senang bacanya..Mohon bantuannya, dibisikin olshop ergo. Terimakasih bnyk. yustinw.coco3@gmail.com

    ReplyDelete
  33. mbak..aku juga lagi mau beli ergo, tadi nemu olshop (sebelum mampir kesini) tapi ga tau barangnya kayak apa. boleh minta olshopnya juga ga? email ke nadia.diksita@Yahoo.com
    thanks in advance! :)

    ReplyDelete
  34. Inka, mau alamat ol shopnya ya.. Ke soraya.amelia@gmail.com
    Thanks a bunch... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayaaa.. udah gue email yahhh :) Apa kabarrrr bu?

      Delete
  35. Inkaa..mau juga dong alamat ol shopnya..kirim ke grevilma.k.pertiwi@gmail.com

    thaaaanks somuch yah ;)

    ReplyDelete
  36. mba ingkie...mau juga dunk alamat os nya..pas bgt lg galau mw beli carrier eh nemu blog nya mba ingkie...^^..emailku : furish_pho@yahoo.com....thanx a lot yaa...

    ReplyDelete
  37. Mbaaaa ak juga mauuu dong ke saviraevany@yahoo.co.id yaa mb syg.. Makasiij yaa

    ReplyDelete
  38. Mba aku mau juga dong dibisikin yg jual ergo desyvidia@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  39. mba mau dunk telpon dan alamat baby shop tempat mba beli gendongannya.kirim ke merah_v@yahoo.com.trims

    ReplyDelete
  40. mba aq jg mau dibisikin FB/Web babyshopnya ,tlg kirim ke leeya167@gmail.com, makasiih :)

    ReplyDelete
  41. Mba,saya jg minta donk online shopnya...tertarik bgt sama ceritanya(arnizmustika@yahoo.com)

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Mb , aq mw dunk cp baby shop yg jual ergo kw nya,bs info ke email ku mb,, senyumdunx@gmail.com, makasihh sebelumnya ^^

    ReplyDelete
  44. mauuu juga donk mbaa ... ^^ bisikin ke sareegula@gmail.com yaaaa ... makassiihhhhhh

    ReplyDelete
  45. wah, pas lagi bingung mau beli ergo baca tulisan di blog ini, mau juga dong info olshopnya ke emailnyanura@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Bunda cantik...
    Salam kenal, sy Ika..sy juga sedang cari baby carrier.. krn review dari mba.. saya tertarik banget, bole ya bagi info olshop nya...by email ke ikakrist@gmail.com
    Sy butuh banget..terimakasih

    ReplyDelete
  47. hai mba, aku minta dong info olshop yang jual ergo-nya.. thank you banget yah :)
    emailku bonnita.kristanti@gmail.com

    ReplyDelete
  48. Mba,, aku juga boleh minta info olshop nya yaa. Ngerasa butuh banget ergo nya. Thank you banget, mba. Ini email ku : dita.andari@gmail.com
    Maaf ya mba, jadi nambah list yang minta diemailin info olshop nya, hehehe

    ReplyDelete
  49. Mba....ikut minta juga..
    Mmg beli carier harus semedi. Selama ini pake bobita, tp baby fatih dah 12kg jd melorot mulu..
    Pgn juga bisikin ol shopny y klo bisa semua mba, yg mba beli sama yg fb..
    Makash mba..
    (Mama fatih)
    Email : gilang.zulfikar21@gmail.com

    ReplyDelete
  50. mbak mohon maaf mau nambahin kerjaan, hehe
    minta tolong dibisikin juga olshop nya ya, tky....
    cristina.warastutik@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Mbak mau jg donk dibisikin olshop nya.kebetulan lg pngen bgt bli ergo.
    esti_d@rocketmail.com

    ReplyDelete
  52. Mbak mau donk info ol shop nya, lagi cari gendongan nih email ke jen_toel@hotmail.com thanks so much

    ReplyDelete
  53. bunda . . . reviewnya lengkap banget, jadi makin mantep ganti babywrapnya gibran. secara udah 15 bln, gibrannya udah g betaaaaah banget :-( info OSnya sekalian harganya y mbak ke email rahmi_yk@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
  54. alhamdulillah kesasar dsni , secara udh berminggu2 galau si kecil udh gk mau masuk ke wrap nya hikhik
    boleh bntu info olshopnya yaa mbak :)
    megha.setyawan@gmail.com

    tqqq buangeddd sblmnya :)

    ReplyDelete
  55. mba,blh minta nm onlen shopnya diemail ke love2dhy@yahoo.com ya..mksh sblmnya..

    ReplyDelete
  56. Salam kenal mb,.seneng mampir sinii dpt pencerahan,he he mau dong mb emailin os.nyya ke jo_mutz@yahoo.co.id,.tengkyu yak

    ReplyDelete
  57. salam kenal mbak... mau dong dibisikin olshop ergobaby nya... kirim ke pituin_sunda@yahoo.com ya. Terima kasih

    ReplyDelete
  58. Sore mbak, pengen tau deh belinya di ol shop mana.. Email: imeliciouz1085@yahoo.com
    Thank you yaaaa

    ReplyDelete
  59. Salam kenal mba...jiper ne bayak bgt yang minta dibisikin OL Shop yang jual Ergonya...soalnya aku jg mau..hu..hu...semoga dirimu nggak keberatan yak???e-mail ke melody_jingga@yahoo.com yak???thx a lot

    ReplyDelete
  60. Hello mba... salam kenal.
    Thanks bgt blognya detail n informatif bangeeet. Aku jg lg nyari ergo kw tp lg mau pilih2 ols nya. Boleh diemail ols nya mba ke orci.indrani@gmail.com ?

    Thanks alot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Orci... sip sip udah ku email yah :)

      Delete
  61. Mau juga dong dibisikin hehehe.. Ke dp_yuliana@yahoo.com

    ReplyDelete
  62. Waa seneng bgt nemu blog ini..mau donk mba nama olshop nya..tolongkirim ke uci_marucil@yahoo.com y mba..makasii bgt

    ReplyDelete
  63. mba, aku juga mau dong dibisikin nama ol shopnya. kirim ke coklat_dewi@yahoo.com ya. makasih mba :)

    ReplyDelete
  64. Mantap banget review nya, mau donk mbak dibisikin juga olshopnya, bisa kirim ke arditra64@gmail.com
    Thks ya mbak.

    ReplyDelete
  65. Seneng deh ada review selengkap ini.. Mba mau juga dong info olshopnya yaa, biar dapet ergo kw super hihihi.. Ke email siti.meiliza@gmail.com .. Makasih yaaa mbaa :D

    ReplyDelete
  66. Mbak mau doonk tau nama ol shop nya jugaa..noorsariagisti14lawliet@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. mbak.. mau jg dong olshopnya.. biar ga keblondrok beli yg kw jelek. hehe.. ke icuspj@gmail.com yah mbak. makasih...

    ReplyDelete
  68. Mba aku ngeklik link yg bilang lifetime warranty nya neo cmc tp kok ga nemu tulisan itu ya? Di mananya ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba... eh iya, ternyata dua page setelah link tersebut. http://theurbanmama.com/forum/topic9-babywearing-sling-wrap-carrier-etc-p251.html (komen yang paling atas mba). Link nya udah aku benerin yaaaah :)

      Delete
  69. Mba bisikin ol shopnya dongs.. kebetulan nyari jg. Kmrn uda pegang2 ergo ori di t**s k***d*m tp harga ga nguatin. hihi.
    mypietscorner@gmail.com thanks a lot!

    ReplyDelete
  70. Dear mbak..lucky me menemukan tulisan ini, thanks for sharing ya mbaak.
    Boleh minta nama olshopnya ya mbak, tolong kirim ke email aurora.ummulathifah@gmail.com
    Thank you

    ReplyDelete
  71. Sempet bingung pilih carrier akhirnya pilihan katuh pada ergo stlh baca review dr mbak. Minta tolong dikirim ol shopnya ya mbak ke aminah_elly@yahoo.co.id
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  72. Mau dunk mbak ol shopnya ke bopie_00@yahoo.com or 081380889817. Thanks mom.

    ReplyDelete
  73. Bagi jga mb ya almt olshopnya ke anna.sofiani@gmail.com ,,ga sbar pgen ngekor nyobain ergo..hehe thnx before

    ReplyDelete
  74. hai mba,

    sukaa sama blog iniii.. boleh link nya juga yahah buat ergonya, anakku 2,5 bln kmrn udah pake carrier *bismilah ga kenapa2* hiii hiiiii,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ketinggalan, boleh diemail ke mustikhaagy@yahoo.com. tengkiu ya mba

      Delete
  75. mba, mau ya info olshopnya di enrica.rinintya@gmail.com :) terimakasiih ^^

    ReplyDelete
  76. Mbak rame beut blognya hiihihi mau jg dong diinfo ol nya makasyih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya emailnya emy.rustini@live.com

      Delete
    2. Hai Mba Emy, sudah di email ya.... sudah cod an juga hihi. thanks, salam buat baby :)

      Delete
  77. mbak, aku juga udah semedi 3hari nih milih2 baby carrier, mau juga dong infonya diimelin ke velvet92000@yahoo.com
    makasiiy ya mbaak :)

    ReplyDelete
  78. Tlg diemail yah mb,dua2 olshop nya biar g nyesel eike..ke anya_baby@yahoo.com suwun yah mb

    ReplyDelete
  79. Mbaaa... mau jg yaa di emailin info ol shopnya ke ruquell_my@yahoo.com, makasih ya mbaa..

    ReplyDelete
  80. Share nma olshop nya jga ya mom,,ke anna.sofiani@gmail.com,,thmx before ya mom,,udah ga sbar pgen pake si ergo.hehe

    ReplyDelete
  81. Bunda.. mau donk diinfo nama olshop yg jual ergo kw indianya.. ke santi.rosaindah@hotmail.com
    makasih bunda..

    ReplyDelete
  82. Mbak.. thx infonya yaaa.. mau jg dong info olshop tempat mbak beli ergo kw nya (made in india).. email ke yash_ira24@yahoo.com
    Makasih bnyk yaaa :)

    ReplyDelete
  83. Mba aq jg Mau dong info Ol shop nya. Ini emailku noerevai@yahoo.com
    Tq in advance :)

    ReplyDelete
  84. Mbak mau donk olshopnya... by email ya ke vlezyaliang@gmail.com. thank you....

    ReplyDelete
  85. Sis mau donk nama ol shopnya..email ke manda.novendra@gmail.com...makasi yaaaa

    ReplyDelete
  86. mau dong mba bisikin olshopnya ke rya@bundafaiz.com. thank you :)

    ReplyDelete
  87. Beneeer...beneeer recommended dech nich blognya 'mba Ingkie...:p.
    Awalnyaaa gara2 mau cari keperluan newborn tp jd keterusan dech bacanya, (secara yaaa,baru pnya anak prtama yg g ngeh apa2 tp jd belajar dari blog ini sgalanya).
    Anakku baru 2,5 bln tp udh pgn bgt beli gendongan ky ghendis. Mau juga dong mba info olshopnya ke prmth_mitha@yahoo.com / ayuparamitha1117@gmail.com

    Thank Kiss mba...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... thanks mba ayu, udah nyasar kesini. Sudah di email yaaa.... salam buat si baby

      Delete
  88. baca blog mba ingkie jadi ngilerrr.. bisikin q jg dunk beli d olshop mn ( 2 olshop yg mba incer) emailq galz.lolypop@gmail.com
    makasih ya

    ReplyDelete
  89. Sis mau donk nama ol shopnya krismaiva@gmail.com

    ReplyDelete
  90. Mbak Ingkie salam kenal.. Sy jg hunting ergo kw tp bingung krn harga beda 250-525, ini pasti beda jg kualitasnya. Mau dong mbak ikutan diinfo nama olshopnya, soalnya pengen beli yg under 300rb tp ga yakin olshop mana yg brgnya oke. Makasih banyak ya mba Ingkie..
    (g.h.prastyani@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, sudah di email ya... kalo bingung, silakan baca postinganku "catatan tentang ergo" yah

      Delete
  91. Mbak ...aku mau juga donk di emailin ol shopnya ke astri_eni@yahoo.com. thank you ya mbaaaak...

    ReplyDelete
  92. mba aku mau jg donk info olshop yg jualan ergo kw nya makasih emailku chemistryana.88@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Salam kenal, mau juga donk mbak akudikasih tau nama olshopnya. Email teena090882@gmail.com tengkyuu weri weri much hehe

    ReplyDelete
  94. Mbak salam kenal yah, mau minta diinfoin olshopnya dong.... emailku superlidya@gmail.com yah... makasih lhoo... ^_^

    ReplyDelete
  95. salam kenal mbak. aku mau dong mbak dibisikin nama olshopnya. ini emailku ya mbak: aal_almas@yahoo.com. terimakasiiiiiiih

    ReplyDelete
  96. hi mbak...salam kenal saya tika.mohon info nya untuk si ergo kw ini.naksir berat mumpung baby baru 4m hehe. bisik bisik ya mbak.maaf merepotkan.moga2 diberikan keberkahan bagi mbak dan sekeluarga. email tika_parwati@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  97. Hai salam kenal mbak...mau jg donk nama olshopny ni email aku huiinglie86@yahoo.com thx

    ReplyDelete
  98. Salam kenal mba ingkie....
    Bagi alamat olshop nya dunk...
    Lagi bingung mw beli yg mana dan dimana...
    Krn banyak harga yg ditwarkan.
    Makasi sebelumnya...
    Emailku... ernazzae@gmail.com

    ReplyDelete
  99. mbak, salam kenal ya, makasih atas sharingnya milih baby carrier, menjadi pencerah bagi kita-kita yang lg nyari, saya juga mau di kasih nama dan alamat ol shop nya mb, biar gak nyesel seperti mbak hehe. Tolong di email ke t_r_lestari@yahoo.co.id ya mb, makasih banyaaaaakkkk mbak.....

    ReplyDelete
  100. mba ingkie salam kenal ya, saya juga lagi bingung milih baby carier yang ok, Mau dok mba alamat olshopnya di email ke padma_wayan@yahoo.co.id yaa, yhank u mba...

    ReplyDelete
  101. Aduuuhhh... mba banyak banget yang minta kontak Olshopnya, makasihbreviewnya yaah.. ak mauu alaamt olshopnya juga yaah ke email yuni.pattinasarani@yahoo.com

    ReplyDelete
  102. Mbaa boleh d share ke bungaherba@gmail.com nuwun

    ReplyDelete
  103. mba ingkieee aq juga mau dong yaa.. lagi galau bgt mau beli yg KW takut bahannya ringkihhh tp mau asli ga kuat harganyaa... nah pas baca blognya mba, jadi tertarik nih mau meluncur ke olshop yg mb ingkie belii.. email ke aq ya mbaaa... irpermata@yahoo.com
    Makasih mba :)

    ReplyDelete
  104. mba mau donk di share nama online shop nya di astridyustiana@yahoo.com makasih banyak atas bantuannya mba...

    ReplyDelete
  105. hihihi,,, mantap mantap reviewnya.. mau dong ya alamat olshopnya ya mba... email ke emailnya.bianca@gmail.com ya mba.. makasih

    ReplyDelete
  106. halo ka ingkie

    aku Anes, dulu juniornya ka ingkie di MP + 87..hhihi, lagi browsing2 biaya melahirkan di Hermina eh jadi nemu blognya ka Ingkie, skrg lagi hamil dan cari-cari peralatan bayi, makasih ya review baby shop sama carriernya, nolong banget banget.. btw, boleh tlg di e-mail ke aku nama OL shop tmpt beli carriernya? ke annisadestiyana@gmail.com

    makasiih :D

    ReplyDelete
  107. Wah senengnya baca blog ini. Kebetulan lg bingung jg. Mau song mbaak dikirimin nama/link olshopnya ke alamatku deedorttir@gmail.com makasiy ya mbak reviewnya..

    ReplyDelete
  108. mba, mau juga donk nama olshop nya. Aku tadinya bigung jg mau beli yg Ergo kw atau Neo CMC, secara nyari yang sesuai budget. Abis baca reviewnya uda ga galau lagi jadinya. Tolong email ke choco.chewey@gmail.com ya. Makasii..

    ReplyDelete
  109. mba, mau juga dong dibisikin nama 2 olshop nya ke sini ratih_6@yahoo.com
    Thanks before :))

    ReplyDelete
  110. Mbak, bermanfaat blognya..terimakasih ripiu nyah..kl mbak ndak keberatan, mohon dibisiki juga nama 2 OLS yang jual nggeh ke febree88@gmail.com
    ..terimakasih

    ReplyDelete
  111. mba, mau juga dong dibisikin nama 2 olshop nya ke sini adziah_narsiwi@yahoo.com
    Thanks before

    ReplyDelete
  112. Halo mbak....mau donk kirimin nama olshopnya. Dibisikin dibisikin yaaa..pliss pliss plisss. Makasih sebelumnya mbak ingkie. Email sya: semilirudarapagi7@gmail.com.

    ReplyDelete