Tuesday, January 21, 2014

My Breastpump Experience


Rekomendasi Breastpump / Pompa ASI

Preambule
Ehm, saya selalu iri sama orang lain yang konsisten tiap hari bisa bikin satu postingan di blognya. Paling tidak seminggu sekali deh pasti ada update-an. Sedangkan saya, weleh weleh weleh... mau nya sih nulis, tapi kok malah mentok cuman sampai tahap wacana saja. Maka... banyak cerita seru yang akhirnya jadi basi, deh! Hiks!




So, buat cerita yang satu ini semoga nggak ada masa basi nya yaaahhh... Karena sampai sekarang saya masih setia pumping dan masih senang berpetualang nyobain segala macam breastpump baru. Ini aja nulis blog nya sambil pumping! thanks to breastpump elektrik dan bra menyusui. Saya bisa pumping sembari handsfree! yeay!!!


Sama seperti bumil lain di luar sana, salah satu kegiatan "seru" dalam menyiapkan kehadiran baby ke dunia adalah berburu perintilan menyusui. Termasuk breastpump a.k.a pompa ASI yang diharapkan bisa jadi sobat setia selama menjalani periode menyusui yang katanya bakal penuh dengan tantangan. Setelah melek akan informasi pentingnya "menyusui", saya pun langsung meneguhkan tekad bulat bulat untuk bisa menjadi ibu perah sejati. Siaaaap grak!!! *hormat pada pompa*

Browsinglah saya kesana kemari. Jari saya menari-nari di atas keyboard buat googling dan mata saya jelalatan setiap liat ada breastpump yang "kinclong" *hahaha maap lebayyy...*

Sebagai hasilnya, berikut adalah review beberapa breastpump yang telah saya coba selama ini. Serta rating penilaian saya pribadi dari skala 1 sampai 5. Nilai 1 berarti kurang oke, 5 berarti oke bangetttts!

Kindly note, basicly breastpump emang cocok cocokan, jadi kalau cocok di saya belom tentu cocok juga di orang lain. Jadi, penilaian saya ini bukan harga mati yaaah, tapi mungkin petualangan saya mencoba berbagai macam BP bisa sebagai bahan pertimbangan dalam memilih breastpump yang cocok.

Sebelumnya, kita bagi jenis BP menjadi dua. 
Yaitu manual dan elektrik. 
Bedanya apa? gampang.... BP manual untuk memompa cukup dengan tenaga manusia yaitu kekuatan goyangan tangan kita. Sedangkan BP elektrik membutuhkan colokan listrik atau baterei. Kelebihan dari BP elektrik adalah nggak membuat tangan kita pegel


Breastpump Manual

Unimom Mezzo

Ini adalah versi manual yang dimiliki merk Unimom

Keunggulan:
  • Parts dari BP ini tidak terlalu banyak, sehingga mudah dan simple dalam merakitnya
  • Harga sungguh aman di kantong. Best buy buat jenis BP manual.
  • Nyaman. tarikannya lembuuut dan karena manual sehingga kekuatan hisapnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita 
  • Corongnya terhubung dengan botol ukuran standar. 
  • Dalam paket pembelian dilengkapi dengan convertor sehingga bisa juga dihubungkan dengan botol wide neck seperti Avent
  • Terdapat silikon yang memberi efek pijatan dan berguna untuk merangsang LDR

Kelemahan:
  • Tuas nya agak keras, sehingga pas kita pumping lumayan bikin tangan cepat pegel
  • So far, kalau sedang dalam perjalanan yang tidak memungkinkan untuk saya pumping heboh (kalau pakai yang elektrik apalagi double pump kan perintilannya lumayan rempong tuh) BP ini bisa diandelin banget.  Tapi kalo PD lagi nggak terlalu kenceng, hisapannya terasa kurang "nyedot". 


Score: 4

Harga: Rp. 285.000






Avent Manual

Di masa masa desperado ketika saya sedang cuti sembari ngumpulin stok asip, saya merasa harus bertualang mencari BP yang bisa menyedot asi lebih banyak. Karena BP yang saya punya saat itu kok rasanya kurang maksimal. Salah satu BP yang banyak direkomendasikan orang buat dicoba adalah Avent manual. 

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ternyata teman saya @prikitiwww BP aventnya lagi nganggur karenadia lebih nyaman merah dengan cara marmet atau merah pake tangan. Alhasil, dipinjemin lah saya BPnya tersebut, siapa tau saya cocok. Asiiik!

Keunggulan:
  • Avent punya silikon corong yang oke banget. Produk ini meng-claim penggunaan silikon tersebut dapat menimbulkan sensasi memijat dan menekan daerah "pabrik" asi  sehingga hasil asip yang keluar optimal.
Kelemahan:
  • Asi sering banget nggak langsung masuk ke botol tapi ngumpet di balik silikon ataupun menyusup ke daerah pengait tuas pompa. Sukses bikin saya manyun karena banyak asi yang kebuang
  • Tuas avent manual terasa "berat" bikin tangan terasa cepet pegel
  • Berisik. Yes I know it's manual... tapi kok ketika pumping masih kedengeran bunyi berdecit "ngek ngok ngek ngok" akibat gesekan antara tuas pompa dan karet.
  • Tarikannya lebih kuat dibanding Medela Harmony ataupun Unimom Mezzo. Jadi kalau PD nya udah lumayan kosong tapi masih semangat mompa, putingnya terasa sakit
  • Harga lumayan menguras kantong. 
  • Hanya bisa memakai botol yang wideneck

Di saya, maksimal hasil perah yang didapat dengan menggunaan BP ini adalah 125ml untuk 2 PD dengan durasi mompa kurang lebih 1 jam. Setelahnya, meskipun dipaksa untuk memompa nggak keluar lagi asi nya, malahan puting saya jadi lecet. 
Selain itu, saya juga nggak nyaman sama suara berdecitnya.

Score: 3

Harga: Rp.825.000



Medela Harmony

Versi manual dari merk ternama Medela. Juga merupakan harga paling murahnya Medela. Banyak mommies yang cocok dan merekomendasikan BP ini. Karena penasaran, saya pun menyewa BP ini dari mommymilk. Ternyata memang enaaaaaak! sampai saya perpanjang masa sewanya jadi 2 bulan... hehehe

Keunggulan:
  • Enak. Nyaman! 
  • Hisapannya lembuuut tapi "nyedot" Pertama kali pumping pake ini saya langsung dapet 100ml hanya dalam beberapa menit. Nggak tau juga sih apakah faktor seneng karena nyoba BP baru atau emang bisa nyedot dengan maksimal...hehe tapi di sesi pumping berikutnya hasilnya nggak sehebat yang pertama tadi 
  • Tuasnya sangat empuk, jadi nggak cepet bikin tangan pegal
  • Dibandingkan dengan BP manual lain, BP ini termasuk yang sunyi senyap tanpa suara.
  • Memiliki 2 fase memompa. Yyaitu fase perangsangan dengan ritme memompa cepat pada tuas yang lebih pendek untuk merangsang LDR dan fase memompa yang sebenarnya dengan ritme lebih lambat di tuas yang panjang. 
  • Ukuran corong dapat di pilih sesuai dengan tipe PD kita. Standar pembelian adalah ukuran M, tapi kok rasanya kurang klop di saya. Lalu saya merental corong ukuran xl (karena l nya nggak ada) dari namichanrentalpump dan ternyata memang lebih endesss nggak bikin sakit
  • Dalam paket pembeliannya berhadiah medela calma, yaitu dot yang katanya nggak bikin bingung puting

Kelemahan:
  • Membran merk medela sangat tipis. Kalau nggak hati hati gampang sobek dan pengaruh ke daya sedot BP
  • Perintilan parts nya cukup banyak, sehingga kadang suka rempong buat bongkar pasang ngerakitnya. Dan kalo nggak pas masangnya (apalagi kalo sedang buru buru), somehow suka nggak nyedot dan kudu dipasang ulang
  • Harganya mahalllll *kelilipan*

Tadinya saya mau beli si Harmony ini, tapiii karena harganya lumayan mihil dan saya udah punya Unimom Mezzo, alhasil hasrat buat beli dipendam aja deh.


score: 5. 

Harga: 575.000



Breastpump Elektrik

Unimom Allegro # (Plus)

BP ini merupakan penyempurnaan dari Unimom Allegro sebelumnya (yang berwarna kuning), beda-nya yang plus ini sudah closed system yaitu selang pompa dan pegasnya nggak lagi berhubungan secara langsung dengan botol sehingga menghindari asi tertarik masuk ke dalam selang


ini tampilan unomom allegro yang lama


Keunggulan:
  • Value for money (haha dasar ibu ibu, belom belom saya udah ngomongin duit ajah...) Dengan harga hanya setengah dari Medela Swing, bp ini udah bisa jadi 3 tipe pompa sendiri.

  1. Elektrik single pump
  2. Manual pump. Karena udah langsung dapet tuas manualnya di dalam paket pembelian (please note, tuas manual ini sama persiiis dengan Unimom Mezzo)
  3. Double pump, dengan beli additional kit (kemarin saya beli satu paket komplit di asibayi.com seharga kurang lebih 150rb) Udah langsung bisa dijadikan double pump. So far walaupun dijadikan double pump tarikannya nggak significant melemah kok, malah cenderung stabil.

  • Memiliki beberapa ritme fase memompa. Yaitu fase 1-2 untuk memancing LDR, fase 3-7 fase memompa. Dan dari fase memancing ke fase memompa pun bisa di setel. Saya ngerasain banget tiap pindah fase so far sering dapet LDR. LDR singkatan dari let down reflex, dimana aliran asi mengalir dengan derassss...kayak keran
  • Menggunakan baterei lithium. Bisa di charge serupa baterei handphone sehingga nggak perlu beli baterai tiap kali mau pumping tanpa colokan. Daya tahan batrei ini bisa untuk 2x sesi pumping.
  • Terdapat silikon yang bisa diselipkan di corong pompa, seperti pada breastpump Avent. Gunanya adalah menampilkan sensasi memijat sehingga merangsang pabrik asi bekerja. Tapi.... kalau saya sih silikonnya nggak dipake, karena justru membuat asi ngumpet di balik silikon.
  • Closed system sehingga asi nggak mungkin tersedot masuk ke dalam selang.
  • Corongnya terhubung dengan botol ukuran standar. Selain itu, dalam paket pembelian dilengkapi dengan convertor sehingga bisa dihubungkan dengan botol wide neck seperti Avent

Kekurangan:
  • Agak berisik, meskipun nggak se-berisik Medela Mini Elektrik yang suaranya bak pemotong rumput. Kalau sedang pumping di sebelah baby yang lagi bobo, kadang mesinnya saya tutupin pakai bantal supaya baby nggak kebangun hehehe
  • Ukurannya lumayan makan tempat. Namun masih oke buat dibawa mobile. Buat saya hal ini nggak menjadi masalah, sih!
  • Tombolnya sensitif, jadi kalo pas masuk tas dan bergabung dengan barang barang lain, mesinnya suka tiba tiba kepencet. Dan bergetar getar deh kayak handphone lagi vibrate mode on
Saya akhirnya memutuskan beli BP ini ketika usia kandungan memasuki 8 bulan karena udah nggak kuat iman akibat baca reviewnya di forum emak emak. Pertimbangan value for money tadi juga jadi alasan kuat...hihihi. So far sangat puas pakai BP ini. Andalan saya banget deh!

score 5
harga : Rp. 840.000



Adaptor untuk double pump
Medela Mini Elektrik (Minel)


Merasa nggak puas dengan Unimom Allegro # kepunyaan saya dan melihat kakak ipar kok kayaknya asyik banget memerah pake medela mini elektrik, saya pun penasaran pengen mencoba. Siapa tau kalo pake "Minel" (begitu biasa buibu menyebutnya) hasil perahan saya bisa nambah banyakkkk. Amin!

Saking ngebet buat nabung asip banyak namun cuti saya yang udah mau habis, akhirnya saya nggak kuat iman lantas memutuskan buat beli si Medela Minel. Setelah dicoba, inilah pendapat saya:

Keunggulan:
  • Sesuai dengan embel embel namanya yang pakai kata "mini", Medela Minel memiliki sosok yang mungil serta ringan. Enteng dan flexible buat dibawa keman mana.
  • Dapat digunakan dengan baterei, sehingga tidak melulu megandalkan colokan. Tapi, batereinya bukan jenis yang lithium rechargable
  • Bisa dijadikan pompa manual, tetapi harus beli piston atau gagang pompa tambahan. Harga Rp. 150.000
  • Ada tombol yang bisa diputar untuk mengatur tekanan pompa.
Kelemahan:

  • Suaranya terkenal berisiiiiik bak mesin pemotong rumput
  • Bagi saya, walaupun bisa diatur, tekanan pompanya terasa terlalu kua. Bikin nipple jadi lecettt. Akhirnya hasil pumpingpun justru nggak maksimal.
Alhasil, saya jual lagi deh si Medela Minel. Terus uangnya dipake buat beli Unimom Forte. hehe!




score: 2
Harga: 925.000

Unimom Forte - Double pump

Masih belom berpetualang di dunia perah memerah, akibat kesengsem baca review dan testimonial buibu di jagat maya, serta kebutuhan buat bisa ngumpulin sebanyak banyaknya stok asip dalam waktu cepat supaya aman pas masuk kerja, saya pun jatuh hati dan tergoda racun Unimom Forte.  So, dari hasil penjualan si Minel, nabung lagi dikit... lantas saya beli deh BP ini.

Keunggulan:


  • Hospital grade
  • Harga cukup terjangkau untuk ukuran BP hospital grade
  • Dual pump, bisa hemat waktu pumping
  • Ada tombol pengatur tekanan pompa
  • Closed system, ASI dijamin nggak akan masuk ke selang
  • Suara nggak gitu berisik, lebih sepi dibanding Unimom Allegro #
Kelemahan:
  • Harus selalu terkoneksi dengan stop kontak listrik
  • Body pompa besar,  nggak mobile, repot kalo mau dibawa bawa. Tapi jauuuuh lebih kecil dibanding Medela Lactina yang juga hospital grade.
  • Tombol pengatur tekanannya nggak mirip dengan ritme bayi menyusui, sehingga nggak bikin cepat dapet LDR beda dengan allegro yang hisapannya bisa langsung bikin LDR
BP ini cukup membantu saya dalam menabung ASIP. Suaranya yang lembut, nggak ganggu baby walaupun saya pumping di sebelahnya. Enaknya doublepump, kalau PD sebelah lagi LDR, yang sebelahnya juga ikutan LDR. Jadi kegiatan mompa jadi efektif banget. 

Tapi sekarang si Forte ini sudah nganggur aja di lemari, karena saya juga udah makin jarang pumping. Belakangan, kalau di rumah saya lebih seneng pumping pake tangan aja alias marmet, maklummm emak emak pemalas males ribet nyuci perbotolan.

Jadi, kalo ada yg minat mau beli forte saya, kasi tau aja yahhh. masih gress banget kondisinya, wong jarang dipake.. :)

score: 4
Harga: 1.290.000



Medela Swing

Ini salah satu BP elektrik yang jadi favorit banyak buibu perah. BP ini juga merupakan  most wanted di kancah persewaan BP. Saya udah sempet waiting list di beberapa rental, tapi nggak kunjung kebagian. 
Tak dinyana, pas lagi jalan jalan ke acara babyfair di JCC kebetulan ada stand Medela. Eh, ternyata dibolehin untuk jajal. Asiiik....kesampean juga deh! 

Kelebihan:

  • Hisapannya sungguh lembuuuuttt, sangat nyaman dan nggak bikin nyeri puting.
  • Memiliki 2 fase hisap, yaitu fase merangsang LDR dan fase memompa penuh layaknya hisapan bayi
  • Selayaknya BP Medela lain, corongnya bisa disesuaikan dengan ukuran PD kita
  • Suaranya lumayan halus. Lebih sepi dibanding Unimom Allegro #
  • Aftersales servicenya oke
Kekurangan:
  • Batreinya bukan lithium, masih pakai batu batrei biasa, sehingga nggak bisa di charge. (bisa sih klo mau pake rechargeble batrei kayak Alkaline gitu, tapi saya nggak tau deh tahan berapa lama)
  • Ukuran motornya lumayan gede (tapi lebih ringan dari unimom allegro)
  • Pompanya masih open system, saya banyak baca keluhan busui yang lapor kalau ASInya masuk ke selang. Bahkan ada yang sampai mesinnya mati *ngok!*
  • Printilannya lumayan banyak
  • Harganya mahal boooo..
So far, ini masih jadi idaman saya. Pengennya sih sekalian yang medela swing maxi, double pump jadi lebih efektif mompanya.Tapi karena mihil gak jadi beli deh. Padahal dulu udah sempet nanya-nanya dan nemu toko yang harga jualnya murahhhh lebih murah dari toko lain loh (kalo mau info nya nanti saya share..hahaha). Walaupun udah nggak kepengen beli, tapi kalau ada yang mau ngasih saya dengan senang hati dan tangan terbuka akan menerima. Saya doain yang ngasih masuk surga! 

score: 5
Harga: 1.900.000



Ngecesss!!! pengen yang ini...



Philips Avent Single Electric

Merasa masih belom nemu yang pas dan penasaran siapa tau adaBP lain di luar sana yang bisa membuat produksi ASI saya membuncah akhirnya saya dipinjemin avent elektrik punyanya Mbak Yani. Yeay!

Kelebihan:
  • Kerennya dari BP ini adalah ritme pumping bisa diatur sesuai keinginan kita. BP ini punya kecanggihan untuk merekam ritme memompa. Jadi, di awal kita akan pumping manual untuk menentukan ritme, setelanya secara otomatis dia akan mengikuti ritme memompa kita. Asik kaaan?
  • Walaupun nama nya pake kata "silent" ternyata nggak silent silent amat. Namun memang lebih silent dibanding BP elektrik sejenis.
  • Berbeda dari avent manual yang cukup kuat menghisap, avent single elektrik hisapannya haluuuuus, kayak lagi di kilik kilik dan nggak bikin puting lecet
  • Mesin enteng dan kecil, sehingga nggak memerlukan space yang terlalu luas di dalam tas.
Kekurangan:
  • Harganya cukup mihil, beda dikit lah sama Medela Swing
  • Karena hisapan yang halus tadi, buat saya malah jadi kurang nyedot dan nggak mampu bikin PD saya kosong
  • Perintilannya lumayan banyak dan cukup takes time buat ngerakitnya (eh, ini apa saya yang kurang sigap yahhh? hahaha)
Setelah nyobain, saya ngerasa nggak sreg dan nggak kepengen buat beli bp ini. 

score: 2
Harga: 1.500.000






fyi, saat ini saya masih penasaran sama Pigeon manual. Pengen nyobaaaa banget. Karena ada beberapa busui di kantor saya yang pake bp ini dan hasil pumping mereka berbotol botol bak sapi perah... sukses bikin iri. Duh, nggak ada puas puasnya yah saya berpetualang nyobain pompa asi....hahaha

Semoga review dan rekomendasi breastpump dari saya berguna buat calon dan sesama ibu menyusui. Paling nggak, review saya ini bisa bikin para mamak tambah galauuuu bin bingung mau beli yang mana. huahahaha

Yang jelas balik lagi ke prinsip dasarnya:

Breastpump itu cocok cocokan
Cocok di saya, belum tentu cocok di mommies yang lain.

So, saran saya... better di awal sebelum lahiran minta dikadoin Medela Harmony aja. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan, bahwa BP ini cocok di hampir semua ibu ibu, sebab ibu hamil kan belom boleh nyobain pumping karena bisa memicu kontraksi.

Nanti, setelah baby lahir, baru deeeh jajal buat rental atau minjem beberapa jenis BP dari temen. Kalaupun udah "gatel" pengen beli, silakan dibeli. Jikalau pada akhirnya begitu dicoba ngerasa tidak cocok, tinggal jual lagi aja deeeeh. Gampang kok ngejualnya, apalagi merk Medela. Pengalaman saya kemarin, tinggal kirim email nuju ke milis asiforbaby atau posting di facebook langsung deh bertubi tubi respons email masuk. yeay!

Anyway... on top of that various kind of breastpump, seperti pesan bijaksana dari teman saya si tiwiw di awal saya jadi busui, yaitu:


HARUS BELAJAR MEMERAH DENGAN TANGAN!!!

in case of emergency thing happened, semisal pompa ketinggalan di rumah, cuman bawa botolnya doang ke kantor (saya banget ini mah!) atau ketika kita lagi males rempong nyuci/steril corong pompa dan teman temannya. Karena.... tangan kita kan nggak mungkin ketinggalan. Plus, nggak rempong karena cuman modal cuci tangan doang.


iya kaaan? iya dong!


#ps: all pictures and price are taken from www.asibayi.com








22 comments:

  1. mba unimom fortenya masi adakah?

    ReplyDelete
  2. hai mba, maaf ya baru lihat comment nya. masih mba... minta alamat email mu ya

    ReplyDelete
  3. Hai Bunda, Apa bisa share alamat web / online shop yang jual perlengkapan bayi / breastpump murah? email ku stefanie.arsanti@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Mom, bisa minta info olshop/toko yg jual swing maxi dgn harga murah?mohon email ke adziah.narsiwi@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Mbak unimon allegro mau dijual ga? Atau yg forte masih adakah? Medela swing saya akhirnya sukses kemasukan asi setelah beberapa kali "nyaris" hikshiks balas ke email saya ya mbak neng_indrie@yahoo.co.uk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, maaafff nggak jadi dijual :) mau disimpen aja buat next baby *padahal belom tau kapan datengnya hehe* abisan kalo dilihat lihat kok harganya makin naik yaaa...huhuhu

      Delete
  6. mbak, mau alamat toko perlengkapan bayi.. email 4kleemaHaris@gmail.com.. tq

    ReplyDelete
  7. Hai Ingkie..Aku Rizka(lagi)..Aku akhirnya beli nih,si Unimom Alegro nya di Asibayi..Kalo boleh nanya,7 tahap pompanya tuh makenya gimana ya..Maksudnya,apa ada selang berapa lama,gitu..Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloww Mba Rizka cantik, kalo aku biasanya pakai stage 1 atau 2 dulu untuk mancing LDR, terus pindah ke 5 atau 6 untuk pompa lanjutan. Unimom Allegro bisa disetel perpindahan antar stage-nya mba, dan waktu-perpindahannya otomatis mengikuti settingan yang sudah ada dari pompa-nya. praktis!

      Delete
  8. kalo pengalaman saya sih avent elektrik is the best. pas pake minel malah sakit ketarik2...

    btw, saya nulis reviewnya disini siapa tau membantu buat ibu2 yang lain:
    http://semuareview.com/philips-avent-single-electric-breast-pump/

    ReplyDelete
  9. Mba avent elektriknya mau dijual kah? Minat dong..*ngarep

    ReplyDelete
  10. Hai mom ingkie,salam kenal ya...terakhir pake bp apa? Saya pake pigeon,emang sih enak,dapat asi nya juga banyak,tp 2 bulan aja kok saya merasa udh gak nyedot ya..trus saya ganti spare part nya,awal nya nyedot banyak,tp 2 bulan udah ngempos lg. Mau beli,kyak nya udah mahal mahal ya...ada referensi yg murah n bagus? Email ke intanajmi@gmail.com ya,tq mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir aku pakai unimom yang manual mom, harganya cukup reasonable. Tapi balik lagi...cocok-cocokan hehe.

      Delete
  11. Hai mom ingkie,salam kenal ya...terakhir pake bp apa? Saya pake pigeon,emang sih enak,dapat asi nya juga banyak,tp 2 bulan aja kok saya merasa udh gak nyedot ya..trus saya ganti spare part nya,awal nya nyedot banyak,tp 2 bulan udah ngempos lg. Mau beli,kyak nya udah mahal mahal ya...ada referensi yg murah n bagus? Email ke intanajmi@gmail.com ya,tq mom

    ReplyDelete
  12. Halo... mau share saja ke para bunda pejuang ASI. Saya ibu anak 2 sudah coba berbagai macam BP. Dari yg sok sok beli dan ada yg juga sewa. Saya pernah pake mi**l,f**rte,9+ dan tidak ada yg cocok. Sampai akhirnya sy beli pigeon silent electrik(saya asliii bukan pegawai pigeon yaaa). Sedotannya gaksakit malah sampai gak kerasa padahal lagi nyedot dgn full power. Yang paling penting menurut aku gakberisik dan membran gak gampang robek(pengalaman pake merk terkenal lain membrannya robek mulu walopun banyak dijual bebas tapi males aja deh PR banget). Beratnya gak seberat forte, yg kekurangan sedikiiit saja yaitu kabel dr adaptor menuju botol tergolong pendek. Itu saja. Harga soso lah buat elektrik. Cari yg second juga oke. Tapi pada akhirnyaaa... semua adalah cocok2an ;). Soo... semoga para bunda menemukan jodoh BP yg cocok. Caiyooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. mom @lemari cantik thanks yaaaa sudah mampir dan share review n testimonial BP nya

      Delete
  13. Numpang promosi ya,,,Dijual BP merk Medela Harmony manual, harga 250 rb, baru di pakai 1 kali, kondisi masih sangat bagus & lengkap dengan kardus, dibeli 2 hari yg lalu, dijual karena baby saya tidak mau asi melalui dot, minat 0878 8776 8187...Makasih ya

    ReplyDelete
  14. Mbaaa ad wasap atau line gaa. Pengen nanya2 nih hehehe . sungkan kl dimari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba @maulidia bisa line ke : LINE-INGKIE yaaaaa

      Delete
  15. Numpang lapak yaa, preloved medela mini elektric, 900rb, kondisi masih sangat bagus dan baru (dibeli tanggal 2 sept 2016), lengkap semua part, buku, kardus dan garansi. Alasan jual karena sekarang menggunakan spectra 9s. Yang minat bisa hub email dynearum@gmail.com ato line arumdyne

    ReplyDelete
  16. hallo mbak Ingkie, aku pemakai (yaelaaah bahasannya pemakai) medela swing, 19 bulan masa memerah ini saya sudah mengganti 6 membran, 1 tubing dan sekang adaptornya matik (hwaaa...harganyaaaa) entahlah, mungkin saya ceroboh banget emang dalam pemakaiannya, dan karena adaptornya ngadat, maka pemakaian pake batere kok ya dirasa boros yaa (huhuhu) dan mikir mau nge back up masa memerah yang insya Allah 5 bulan lagi pake manual. terimakasih review nya ya, jd kebayang mau beli yang ga ribet dibawa ke kantornya. salam hangat -Ine-

    ReplyDelete
  17. Mba unimom forte nya dijual ga? Pgn cari double pump krn lg hamil kembar.
    Btw aku juga jual pigeon silent electric, dulu beli 1.5jt mau jual di harga 1jt aja, masih bagus. Mau jual krn mau bwli double pump. Bs kontek ke aku 087884611350 era

    ReplyDelete