Thursday, June 14, 2012

Pemeriksaan Kehamilan Pertama

April 20, 2012

Rencananya hari ini saya dan airen mau ke dokter, untuk mengecek beneran hamil apa nggak ? dan apakah kondisinya sehat ? 
InsyaAllah, Amiiiin....

"Jeng...jeng..." dan jujur ya, ini rasanya deg-deg-an banget :p

Mengandalkan asuransi dari kantornya Airen yaitu Mega Life. Sebelumnya kita udah sempet baca-baca RS mana aja yang nerima asuransi tersebut. Nyari-nya sih yang bagus dan letaknya juga gak terlalu jauh dari rumah. Dan pastinya nerima buat rawat jalan + inap bersalin. Pilihan mengerucut pada RS Asih dan KMC (Kemang Medical Center). Setelah menimbang-nimbang, karena alasan KMC lebih baru, modern, dan beberapa temanku nyaranin disana, akhirnya kita decide periksa di KMC aja. Website-nya bisa dilihat disini



RSIA Kemang Medical Center


Sampai di KMC, To be honest, kita bingung gitu sebenarnya apa yang harus dilakukan, harus ke mana nih daftarnya, mau ceknya ke dokter siapa, dll. Maklum deh ya, ini pengalaman pertama kita, masih bloon, masih malu-malu hehehe. Akhirnya  akal sehat kita jalan, langsung deh menuju bagian informasi yang terletak di bagian tengah gedung. Disana kita menanyakan step selanjutnya setelah tau hamil bagaimana, bagaimana proseedur klaim asuransi, jadwal dokter, dll (maklum, masih baru, masih kudu banyak nanya-nanya). Dan mbak Selvi sebagai customer service menjawab pertanyaan kami dengan baik. Kami diminta langsung berkonsultasi dengan dokter yang available saat itu yaitu Dokter Diah. Si Airen emang mau-nya obgyn perempuan, gak rela kali yaaa dia saya di liat-liat ama laki lain hohoho

Pemeriksaan pertama, setelah melakukan test mandiri dg test pack adalah melalui USG 2D, untuk melihat apakah benar sudah ada kantung kehamilan. Saya diminta berbaring, lalu perut saya dioleskan suatu cream dan kemudian sang obgyn menempelkan sebuah alat pendeteksi ke perut saya. Persis di sebelah kanan saya, terdapat monitor yang bisa memantau keadaan di dalam perut saya, jadi si alat itu kayak bisa melihat tembus pandang gitu lah...bahasa awamnya hehe. 





kayak begini nih alat USG nya




Kalau dari hitungan kalkulasi saya, dimulai dari hari terakhir "dapet", hari ini sudah masuk ke minggu ke 6. Ini hitungan kasar sih sebenarnya. Rada nyesel juga karena saya memang gak pernah mencatat kapan jadwal menstruasi saya. Jadi hanya bisa dikira-kira. Patokannya adalah bulan lalu ketika saya jalan-jalan ke Kupang, saya sudah sekitar 1 minggu selesai menstruasi.

Begitu di USG dokter diah menjelaskan bahwa kantung kehamilan sudah terlihat, dan janin berada di dalam kantung tersebut. Si janin calon bebeb memang masih belum terlihat jelas, hanya sebesar titik. Alhamdulillah...saya lega sekali :)









Ada yang dinamakan hamil anggur, yaitu ketika janin tidak berada di tempat yang semestinya, yaitu kantung kehamilan. Akibatnya janin tidak dapat tumbuh baik dan harus dikeluarkan.

Selain mendapatkan buku ibu hamil, yang berisi catatan kehamilan saya, Dokter Diah memberikan saya vitamin yaitu Folavit, yang kaya akan asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air dan kaya akan nutrisi. Vitamin ini yang amat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena kandungan zat dalam asam folat mengandung banyak manfaat untuk kebaikan calon jabang bayi. Definisi ilmiah dari asam folat ini adalah bentuk sintetis dari vitamin B yang dapat larut dalam air. Dan namanya diambil dari sebuah kata ilmiah folium yang berarti daun. Karena memang vitamin ini banyak terkandung dalam sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan. Namun sayangnya banyak wanita hamil yang keukurangan vitamin folat ini karena mereka tidak suka mengkonsumsi sayur. Padahal yang paling penting dari fungsi asam folat adalah untuk pertumbuhan dan pembelah sel dan jaringan pada janin dalam kandungan.Asam Folat Membantu Pertumbuhan Sel Dan Jaringan dan yang terpenting, Asam Folat Membantu Mengurangi Resiko Cacat Pada Bayi. Sumber: www.kesehatan123.com




Menurut beberapa referensi yang saya baca, KMC ini juga pro untuk tidak memberikan banyak atau sembarang obat untuk ibu hamil. Vitamin pun hanya dibatasi yang penting2 saja.

Untuk biaya pemeriksaan pertama saya di KMC, berikut rinciannya:
1 Jasa konsultasi Dokter : 215rb
2 USG 2D : 90rb
3. Folavit: 30rb

Bagi pengguna asuransi, sebaiknya dari awal langsung memberikan kartu asuransinya kepada petugas, agar bisa di cek apakah kartu tersebut menggunakan sistem langsung atau reimburse. Apabila dengan sistem reimburse, mereka akan langsung memberikan kuitansi untuk dapat kita klaim kemudian di kantor.

Ihiiiiyyy, walau-pun fotonya baru ada gambar kantung kehamilan, tetapi saya dan airen merasa bahagiaaaa sekali dengan berkah tuhan ini :)

No comments:

Post a Comment