Wednesday, July 19, 2017

Kuliah S2 di Program Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI)

S2 Komunikasi Universitas Indonesia
(info & review)




Udah ada 3 draft tulisan yang saya buat, tapi terbengkalai begitu saja dan nggak selesai, tapi kok sekarang justru mau membuat draft tulisan dengan topik baru. Hahaha what a random thought, deh...

Postingan saya kali ini adalah tentang S2 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Karena banyak teman-teman yang menanyakan tentang hal ini,  dan kalo saya googling kok belum banyak orang menulis postingan mengenai S2 Kom UI. Di halaman 1 google, saya cuma nemu satu postingan relevan yaitu dari mas Anindyka (salam kenal ya mas nyaaaa..). Sedangkan hasil googling lainnya adalah info resmi dari Kampus UI yang lengkapnya bisa dilihat di website pascakom.fisipui.ac.id






Sekilas deskripsi tentang S2 Komunikasi UI yang saya comot dari web resminya :

Program Magister Ilmu Komunikasi didirikan pada tahun 1982. Pada saat itu masih merupakan kekhususan dari Program Magister Ilmu Sosial. Pada tahun 1994 dilakukan pengembangan program, yaitu dengan mengadakan program kekhususan Magister Manajemen Komunikasi, yang lebih bersifat terapan serta terfokus pada segi manajemen dalam industri media dan informasi. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Salemba, tepatnya di Gedung IASTH lantai 6 (di belakang gedung Rektorat lama). Untuk lulus dari program ini mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tesis, dengan bobot keseluruhan sebesar 45 SKS.


Kenapa Jurusan Komunikasi?

Ini memang jurusan yang lagi naik daun di tengah semakin berkembangnya dunia komunikasi di era teknologi digital anak muda berbondong-bondong ngambil kuliah jurusna komunikasi (bla bla bla...hehe akyu meracau apa iniiii...)

eniwey,  yang jelas kalo saya pribadi memilih jurusan ini karena memang linier dengan S1 saya yaitu Ilmu Komunikasi (Kebetulan di UI juga). Dan saya nggak well informed dengan S2 komunikasi di universitas lain. Apakah sebagus di UI?

Selain itu, alasan personal lain adalah karena in line dengan pekerjaan saya saat ini, serta dapat menunjang usaha kecil-kecilan yang saya rintis ☺️.

Oh iya, buat yang background S1-nya bukan dari komunikasi, jurusan ini sangat fleksibel untuk diambil. Teman kuliah saya banyak yang datang dari background pendidikan yang berbeda seperti Akuntansi, sastra, pertanian, arsitektur bahkan teknik elektro. Ada materi matrikulasi, yaitu berupa pembekalan dasar untuk pengenalan ilmu komunikasi buat yang baru ambil jurusan ini. (saya lupa deh ada sks nya atau nggak, kayaknya sih hanya tambahan tanpa memperoleh sks)

Jurusan komunikasi ini cocok buat yang mau jadi dosen ilmu komunikasi, dan juga sesuai bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan maupun bekerja di sektor komunikasi seperti sebagai Public relation, pekerja media (baik itu elektronik, digital maupun cetak), ataupun staff marketing communication. 

Cara mendaftar Kuliah S2 Magister Komunikasi UI

Sama seperti standar pendaftaran pada jurusan lainnya di UI, kita harus ikut test masuk yang bernama SIMAK UI. Info-nya bisa dilihat lebih detail disini.  Daftarnya via online (nggak perlu datang ke UI-nya), jadi buat yang tinggal diluar kota nggak perlu repot2 menyambangi depok yang macet 😅. Lebih jelasnya bisa diintip di link ini

Biaya untuk ikut Simak UI adalah sekitar 700rb-an (Harga Februari 2014)

Untuk jurusan S2 Komunikasi UI, pendaftaran hanya dibuka satu kali setahun sebelum semester ganjil. Biasanya sekitar bulan februari, dan terbagi dalam 2 gelombang. Kalau ternyata belum lolos di gelombang pertama, bisa ikut ujian gelombang selanjutnya. Tentu saja harus daftar dan bayar lagi... 😅

Materi ujian di Simak UI adalah TPA (test potensi akademik) dan Bahasa Inggris. Belajar-nya bisa dari buku-buku TPA dan toefl yang dijual di toko buku. Selain itu, suka ada juga abang-abang yang jual soal-soal ujian tahun lalu. Nah, biasanya sih soalnya nggak jauh-jauh dari situ. 


Persyaratan Pendaftaran Program Studi S2 Ilmu Komunikasi

1. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Memiliki Ijasah PTN atau PTS yang terakreditasi dari disiplin Ilmu Komunikasi atau disiplin lainnya*. Jika Tidak Sebidang (bukan dari S1 Ilmu Komunikasi), mahasiswa diwajibkan mengikuti Matrikulasi.
2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan).
3. Informasi seputar penerimaan mahasiswa baru dan matrikulasi silakan hubungi Sekretariat Program 021 - 3156941 / 3904722.


Tidak perlu punya hasil test toefl, karena kan sudah ada test bahasa inggrisnya sendiri.

Inget ya... jangan salah lihat tanggal pas ujian. Atau kejadiannya akan sama kayak cerita saya disini. Hahaha..

Mata Kuliah di S2 Komunikasi UI

Perkuliahan di S2 Komunikasi UI bertempat di gedung IASTH lantai 6, UI SALEMBA. (please note yaaa kuliahnya di SALEMBA bukan di DEPOK. Kalau depok hanya untuk S1 aja)



S2 Komunikasi UI sendiri terbagi menjadi 2 bidang kekhususan yaitu:

1. Ilmu komunikasi (kelas pagi) Kelas regular (fokus studi pada media and communication studies). Bidang kekhususan ini mempelajari teori-teori komunikasi yang lebih dalam. Superrrrr teoritis. Yaitu mengulik-ngulik teori komunikasi dari beragam referensi buku dan jurnal. Cocok untuk yang ingin menjadi dosen atau tenaga pengajar. Cocok juga untuk yang ingin memiliki landasan / pemahaman teori ilmu komunikasi yang kuat. Selain itu, pas buat yang baru banget lulus s1 atau sekitar 2 tahun bekerja, jadi ambience nya masih anak kuliahan. 

Kuliahnya dari hari senin sampai jumat, dengan tugas-tugas harian yang lumayan banyak 😉 baik itu tugas individu maupun kelompok.

Karena perkuliahan diadakan pas weekenday dan pagi-siang hari, jadi nggak bisa disambi dengan bekerja dj tempat lain, kecuali kalo kerja nya pas weekend aja. 

2. Managemen Komunikasi (Kelas Malam) 

Bidang kekhususan ini cocok untuk orang-orang yang ingin mendalami ilmu komunikasi dengan pendekatan yang lebih praktis dan relate dengan profesi / pekerjaan yang dijalankan sehari-hari. (fokus studi pada manajemen media, manajemen komunikasi promosi dan pemasan, manajemen komunikasi korporasi dan manajemen komunikasi politik)

Kuliahnya lebih banyak diskusi dan membahas case study.  Dalam beberapa mata kuliah juga menghadirkan para praktisi sebagai dosen tamu. Waktu perkuliahan saya kemarin, dosen tamu-nya ada brand manager garuda food, pakar digital marketing, pendiri sekolah membuat game, pakar media advertising, dll. Sebenernya kelas2 disini sangat open. Jadi meskipun ambil kuliah pagi, kita bisa "seat in" ikutan kelas malam pas lagi ada dosen tamu yang ngajar kok. 

Idealnya, perkuliahan magister di komunikasi UI ditempuh selama 2 tahun. Di semester pertama, mata kuliah yang diambil masih basic, sama semua untuk berbagai peminatan. Baru kemudian di semester kedua, kita diwajibkan untuk memilih mata kuliah sesuai peminatan kita, meskipun ada juga mata kuliah umum yang bareng-bareng. 

Untuk managemen komunikasi sendiri, kemudian dibagi lagi menjadi beberapa peminatan khusus yaitu:

1. Komunikasi Pemasaran (marcomm)

Ini yang saya ambil. Karena memang menjadi interest saya, seperti yang sudah saya jelaskan di awal. 

Cocok buat yang kerja di bidang marcomm, advertising, communication strategy, penjualan, account executive, dll. 

Mata kuliahnya bisa dilihat disini

Mmmm... in my humble opinion, marcomm di ilmu komunikasi ini sebenernya lebih banyak porsi komunikasi-nya dibanding marketing. Awalnya ekspektasi saya akan banyak belajar tentang marketing juga, layaknya MMUI (marketing management UI) atau di Prasetya Mulya (Beberapa rekan saya yang jadi brand manager di Unilever maupun account manager di beberapa agency atau kantor media mengambil kuliah di kampus prasmul ini... sepertinya recommended ya, sayangnya mihil hiks2). Meskipun begitu, di S2 Kom UI ada kelas yang diasuh oleh Prof Ferdinand yang mana beliau juga mengajar di Prasmul. 

2. Komunikasi Korporate (corcomm)

Cocok untuk yang kerja di bagian humas / Public Relation. Atau yang berurusan sama pencitraan, image, dan corporate2an. 

Kalau angkatan sebelum-sebelumnya peminatan paling banyak adalah marcomm, di angkatan saya kemarin justru corcomm menjadi primadona. Gak tau kenapa sih, apa the fall of advertising and the rise of PR kembali berlaku yaaaa?

3. Komunikasi Media

Ini cocok buat pekerja media. Ya jurnalis, wartawan, cameramen, reporter, dll yang berhubungan dengan industri media. 
Pengajarnya Pak Ishadi, dan dosen2 lain yang memang udah ngelotok di bidangnya. 

Tahun lalu, salah satu dosen favorit sekaligus pembimbing academic saya, Prof Sasa Djuarsa Sanjaja telah berpulang. It's a national lost i think... karena beliau adalah dosen yang sangat berdedikasi, juga anggota KPI. kalo kelas beliau selalu seru, update, tegang (hahaha karena suka ngetes dan nanya2 opini). 

Mata kuliahnya bisa dilihat disini


4. Komunikasi Politik

Wainiiiiii....

Ada salah satu teman yang potongannya politisi banget. Suka bicara, senang berdebat. Awalnya saya agak gimana gitu, karena kok ada orang kayak begini di kelas.  

Tapi kemudian saya salut, beginilah harusnya seorang politisi. Mempelajari ilmunya dengan baik dan benar. Bahkan sampai mendapat gelar maser. Jadi nggak cuman asal ngomong njeplak, janji-janji, tapi nggak ada "isi" nya. Kalo sekolah begini kan pasti bisa menjadi seorang politisi yang berkualitas. 

Nggak harus jadi politisi sih kalo mau ikut kelas ini... cocok juga buat yang memang punya ketertarikan di bidang komunikasi politik, seperti jurnalis, wartawan, team sukses kampanye, aktivis partai, pengamat politik, dan lainnya. 
Sistem Pembelajaran di S2 Komunikasi UI

staff pengajar pascasarjana komunikasi UI 

Sistem pembelajarannya beda2 tergantung preferensi doaen yang mengajar

kebanyakan dibuat jadi beberapa kelompok, lalu masing-masing mempresentasikan bab yang sudah di tentukan di depan kelas. setelahnya ada sesi pembahasan dan diskusi. Active class learning. 

Untuk tugas-tugas, kelas pagi (ilmu komunikasi) lumayan banyak tugasnya. Sedangkan kelas malam, juga banyak sih, tapi kayaknya nggak se heboh kelas pagi. Lumayan juga deh kalo buat yang sambil kerja, palingan harus bisa nyolong2 waktu buat ngerjain tengah malem atau pas weekend

Sedangkan pas ujian, baik itu ujian tengah semester (uts) maupun ujian akhir semester (uas) semuanya boleh open book. banyak juga dosen yang ngasih take home exam, jadi kita kerjain di rumah. Biasanya sih, meskipun soalnya ada 5 butir, tapi tiap butirnya punya anak-anak soal lagi... jadi jawabannya bisa puluhan lembar. hehehehehe. 

Mata Kuliah

Berikut adalah mata kuliah wajib untuk kelas ilmu komunikasi (pagi)
  • Perspektif dan Teori Komunikasi
  • Perspektif dan Teori komunikasi Massa
  • Metodologi Penelitian Komunikasi I
  • Seminar Filsafat dan Etika Komunikasi
  • Colloqium
  • Metodologi Penelitian Komunikasi 2
  • Statistik Komunikasi
  • Reading Course
  • Tesis

Mata kuliah managemen komunikasi (malam):
  • Perspektif dan Teori Komunikasi Massa
  • Metodologi Penelitian Komunikasi
  • Manajemen Strategi Komunikasi
  • Perspektif & Teori Komunikasi
  • Teori Organisasi dan Manaj. Komunikasi
  • Statistik Komunikasi
  • Reading Course
  • Seminar Proposal
  • Tesis

untuk mata kuliah pilihan dan peminatan serta deskripsi masing-masing silakan pelototin detailnya di link ini ya

Biaya kuliah? 

Untuk kelas reguler (pagi) adalah sebesar Rp.11.000.000/semester, sedangkan kelas managemen komunikasi (malam) sebesar Rp.15.000.000/semester. 


BEASISWA?
kalau dari internal UI sendiri tidak membuka peluang beasiswa, tapi jangan sedih... bisa cari beasiswa dari instansi lain. Misalnya sampoerna pendidikan atau LPDP

cerita beasiswa S2 dalam negeri saya bisa diintip disini. Teman saya yang lain juga ada yang mendapatkan beasiswa dari instansi tempatnay bekerja,  seperti Kompas, Antv, Pemda DKI, BPJS dan lainnya. Ada juga yang meskipun nggak dapet beasiswa untuk bayar kuliah, tapi dia dapet dana dari LPDP untuk membiayai penelitian thesisnya. So, it's all yours to fight and hunt the scholarship! 

                             ----------------------------------------------------------------



Buat saya, inti dari S2 ini ada 2 point. Yang pertama adalah MASTERING. Which is menjadi lebih ahli dalam fokus bidang yang kita kuasai. Point kedua, menurut saya ini lebih penting dan reliable adalah NETWORKING. Yaitu menjadi ajang untuk menambah teman/relasi. Banyak peluang-peluang baru yang hadir karena networking meningkat. channeling untuk bisnis, info-info ter-update dari temen yang kerja di media, gratis nonton film karena salah satu teman jadi produsernya, gratis makan enak karena salah satu temen punya cafe, info lowongan kerja, daaan masih banyak lagi. Kalo beruntung malah bisa ketemu jodoh kayak senior saya Mbak Aan. 

So... this is it! semoga bisa memberi secercah pencerahan buat yang lagi browsing-browsing untuk lanjut S2.

Beberapa dokumentasi foto saya pas wisuda kemarin :)






dan dokumentasi foto pas ikutan seminar international scopus (Alhamdulillah dapet pembimbing thesis yang luar biasaaaa dan memberikan kesempatan saya untuk bisa masuk ke jurnal international terindeks scopus)






Kalo mau tanya lebih lanjut, bisa telpon aja ke sekretariatnya di contact yang ada di bawah ini yessss

Gedung IASTH Lt. 6
Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430
Telp.: 021 315 6941, 021 390 4722
Fax.: 3907404

Email
: psikom@cbn.net.id
















29 comments:

  1. halo kak, mau nanya kalo s1nya komunikasi tapi mau tetep ikut matrikulasi boleh apa nggak ya?

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, boleh ikutan kok...

      Delete
    2. Itu ada biayanya lagi nggak?
      Dulu kakak ikut matrikulasi?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. tidak ada biaya lagi kok. Dan seinget saya nggak masuk SKS, hanya kelas tambahan saja. Dulu sih saya nggak ikut kelas matrikulasinya :p

      Delete
    5. yahh jadi bingung mau ikut apa enggak.. dulu yang sebidang banyak yang ikut apa nggak kak?
      maaf banyak nanya :)

      Delete
    6. nggak ada salahnya untuk ikut kok, paling tidak me-refresh lagi ilmu yang dipunya :)

      Delete
  2. halo ka ingki, kebetulan aku mahasiswa s1 sastra jepang semester 7, dan kini lg sibuk nyari nyari persyaratan2 untuk s2 di ui kak. kalau boleh tau, strategi apa yg harus aku siapkan kak dengan bidang study yg ngga linier ini jika aku ambil komunikasi disana? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo chika, salam kenal. tidak perlu persiapan apa-apa kok, karena nanti ada mata kuliah matrikulasi sebagai dasar untuk belajar ilmu komunikasi. Terlebih, komunikasi kan sifatnya multidisipliner sehingga apapun background nya, pasti semua bisa.

      Delete
  3. Hallo mau bertanya, kalau kita masuk kelas pagi, peilihan konsentrasi peminatannya sama dengan yang malam? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kelas pagi tidak ada konsentrasi peminatan khusus. hanya media and communication studies, lebih teoritis.

      Delete
  4. Untuk kelas malamnya dimulai dari jam berapa sampai jam berapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai jam 19.00 - 21.30, terantung juga sih kalo lagi banyak pembahasan bisa sampai jam 10

      Delete
  5. Halo Mba Ingkie, mau tanya program pascasarjana di UI itu berapa semester ya? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling cepat bisa 3 semester (1,5 tahun). Tapi mostly banyakan yang 2 tahun.

      Delete
  6. Saya ingin lanjut S2 Komunikasi Politik UI kak, mohon diberikan gambaran singkat tentang Komunikasi Politik.

    ReplyDelete
  7. Trims udah berbagi cerita.. ini saya mau Tanya, saya udah diterima di s2 ui, kemarin sudah registrasi administrasi dan juga udah daftar ulang di gedung pmt kmarin, yg mau saya tanyakan apa pengisian irs semester 1 Mahasiswa baru diisi sendiri atau udah paketan? Mohon jawabannya trims, saya bingung banget ini.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahasiswa mengisi sendiri irs nya via aplikasi SIAK. biasanya untuk mata kuliah awal semester 1 yang diambil sudah diarahkan oleh kampusnya

      Delete
  8. Halo kak, kenalin aku ninin. Thanks banget buat artikelnya, ngebantu banget. Mau tanya nih, kan aku lagi kerja dan pengen ambil magister dengan beasiswa. Nah di beasiswanya (LPDP) tidak diperbolehkan ambil kelas malam. Kira-kira Manajemen Komunikasi yg kelas malam ini apakah tidak bisa dikategorikan reguler ya?. Soalnya aku liat lebih praktis dan lebih ngena buat profesi aku. Mohon pencerahannya. Thanks

    ReplyDelete
  9. Managemen komunikasi bukan reguler. Setahu saya tidak bisa di cover oleh LPDP, kecuali mungkin kalau pengajuan pembiayaan untuk researchnya.

    ReplyDelete
  10. selamat siang.kenalkan saya olivia.
    mau tanya mbak untuk kelas malam apakah bisa mengajukan cicilan pembayaran/tunda pembayaran ?
    bisa tolong informasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo olivia, salam kenal.
      terkait pertanyaan dirimu diatas, saya nggak tau jawabannya :( maafkan yah. mungkin bisa langsung ditanyakan ke sekretariatnya saja

      Delete
  11. Hai Mbak terima kasih sekali ya ulasannya, sangat membantu saya yang rencananya mau ambil s2 tahun ini. Oh ya Mbak saya mau tanya, untuk kelas reguler dan kelas khusus, mengingat yang dipelajari agak berbeda, gelarnya sama atau bedakah Mbak? Makasih yaaa.

    ReplyDelete
  12. halo kak ingkie salam kenal, ulasanya sangat memotivasi dan membuka pengetahuan saya tentag s2 komunikasi ui, tapi masih bingung buat nanti kedepannya ambil komunikasi media apa komunikasi pemasaran, soalnya backgraund s1 saya DKV kak, kalau pendapat kakak bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai, kalo menurut aku, tergantung preferensi kamu aja siy. Kalau minat untuk kerja di media, terutama relate sama jurnalistik, ambilnya komunikasi media. Tapi kalau kerja nya di agency atau marcomm saran aku ambil yang komunikasi pemasaran.

      Delete
  13. Halo Kak Ingkie, thanks banget sudah nulis info tentang magister komunikasi UI, membantu banget! :) Like you said, it's a bit hard to find blogposts about this matter (most posts are from UI website), so what you did is really appreciated!

    Aku juga lagi kepikiran untuk S2. Belum netapin mau ambil apa sih, tapi salah satu yang jadi pilihan adalah komunikasi. Background S1 aku jauh banget dari komunikasi tapi aku udah 2 tahun ini kerja jadi editor, makanya kepikiran ambil komunikasi. Menurut Kak Ingkie, apakah pekerjaan sebagai editor itu "nyambung" dengan ilmu komunikasi? Terus aku mau tanya Kak, aku sebenarnya lebih pengen kerja di NGO/non-profit/united nations gitu, menurut kakak apa ilmu komunikasi ini cukup banyak dicari oleh NGO dan bisa diaplikasikan?

    Lastly, boleh aku tanya-tanya lebih lanjut via email? TIA dan maaf nanyanya kebanyakan hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Elsa, salam kenal ya. Komunikasi sifatnya multidisipliner, tentu saja nyambung dengan bidang editorial. Kalau untuk NGO, tergantung NGO bergerak di bidang apa, sekaligus job desk disana sebagai apa. Ilmu komunikasi luas kok, nggak hanya terfokus di satu bidang saja, dan fleksibel di aplikasikan, karena ada komunikasi politik, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dll. Kalau mau nanya-nanya bisa by line : line-ingkie atau DM instagram : @strollwithink. Thanks

      Delete
  14. Hallo ka, aku mau tanya, klo aku pada saat s2 tidak sedang bekerja tapi aku tertarik sama kelas khususnya, itu kira kira akan ada kendala gak ya saat perkuliahan? Karena kan seperti kaka jelasin, di kelas malam itu lebih banyak dgn diskusi dan case study..

    ReplyDelete