Monday, May 13, 2019

Review Pemakaian Ergobaby Omni, Gimana Rasanya???




Yuhuuuu….

Thanks God,  punya kesempatan buat update lagi. Kali ini saya mau bahas tentang tipe terbaru dari gendongan bayi Ergobaby, yaitu Ergobaby Omni. Apalagi banyak mak-emak penasaran  yang minta saya review detail gendongan ini. Baiklah… tanpa berlama-lama, ini dia reviewnya. Btw, mohon maaf sebelumnya, kalau yang saya review ini versi replica-nya ya. Sebab itu yang saya punya :) 





Fitur unggulan:






Pertama kali liat fitur-nya Omni, saya udah langsung jatuh cintrong. Dalam hati teriak, “Lha ini diaaaaaaa yang dicari-cari selama ini!”. Sebuah gendongan  penyelamat hidup mamak dari segala kerempongan karena bisa gendong sambil multitasking beberes rumah, bawa tentengan belanjaan, bisa dipakai sambil meyusui pulak. Gendongan ini dapat digunakan mulai baby newborn sampai 20 kg, daaaan bisa 4 posisi gendong, terutama  posisi yag pas ngegendong anaknya ngadep ke jalan, jadi nggak bosen (meskipun nggak bisa terlalu lama juga sih posisi begini, at least anaknya ngga cranky karena bisa bebas melihat dunia).

Dari dulu sempet mikir,. Kan kentang ya, kalo beli 360 Cuma bisa dipake sampe 15kg, udah gitu mesti keluar uang buat infant insert kalo mau dipake bayi baru lahir. Tapi kalo beli ergo adapt yang bisa mulaii newborn sampe 20kg, baby nya nggak bisa digendong hadap ke jalan. Hadudududuuuh. Kenapa sih ergo nggak meyatukan fitur nya tipe 360 sama tipe nya Adapt, bakalan jadi gendongan yang sempurrrrrnahhhh loh. 




Ehhhh, Alhamdulillah kejadian!.  Makanya tipe gendongan ini juga dikenal dengan sebutan Omni-360.  Oh iya, buat mommies yang mau tau detail tipe ergo lain seperti klasik, 360, adapt, dan hipseat saya sudah pernah me-review sebelumnya. Silakan dibaca-baca klik di link ini ya…

Review gendongan Ergo Klasik
Review Gendongan Ergo 360
Review Gendongan Ergo Adapt
Review Gedongan Ergo Hipseat




Kalau menurut website resmi-nya, berikut fitur yang dimiliki Ergo Omni





"Ergobaby Omni 360 has all the carry positions. Omni 360 grows with you from week 1 to 48 months. Our crossable shoulder straps give a personalized fit. You can have it all"

  • Ergonomic, forward facing option
  • Adjustable from newborn to toddler
  • Lumbar support for extra back comfort
  • Includes detachable storage pouch
  • For 7 – 45lbs ( 0 – 48m)
  • Machine Washable
  • Brestfeed in Carrier

Mari kita bahas satu-satu yuk…


ini dia gendongan yang saya punya. Sukaaaa banget sama motifnya yang girly





Durasi pakai yang panjang ( Newborn – 20kg)

Gendongan ini punya nilai plus yang jadi salah satu pertimbangan utama para ibu dalam  membeli suatu barang, yaitu: Bisa kepake lama.  Emak emak banget yaaaaa mau-nya irit dan awet hehehe. Apalagi kalau bisa diwariskan ke adik-adiknya kelak. Pengalaman saya, gendongan ergo yang dulu dipakai gendhis, sekarang masih awet dan bisa dipake sama adik sepupunya. Jadi nggak rugi deh beli-nya.

Kemarin, saya udah exited banget buat nyobain Ergo Omni kalau baby sudah lahir. Tapi sayang sekali, tuhan berkehendak lain. Saya mengalami miscarriage di usia mau masuk 5 bulan kehamilan. Sediiiiih banget-banget. Tapi gak papa, udah sempet coba juga kok meskipun pinjem keponakan buat digendong 

busa di bagian tengah, berguna banget buat pelindung newborn  sehingga tidak perlu pakai infant insert

Rahasia dari gendongan ini adalah terdapat settingan di bagian atas dan bawah. Sehingga untuk pemakaiannya bisa disesuaikan dengan besar bayi yang akan digendong. Tutorialnya juga jelas kok, karena instruksi cara pemakaian dijahit langsung di bagian dalam gendongannya





mulai newborn sampai 20kg






Ergonomis, dengan 4 posisi gendong

Ini dia nih, fitur yang nggak dimiliki Ergo tipe sebelumnya, yaitu Ergo adapt. 

Ergo omni mendukung posisi gendong :
-          Gendong Depan  Anak Hadap Ibu
-          Gendong Depan Anak Hadap ke Jalan
-          Gendong Samping
-          Gendong Belakang 






Kenapa bisa posisi gendong anak hadap jalan itu sesuatu yang matters buat saya? Simply karena bayi akan lebih anteng kalo sambil digendong dia bisa lihat dunia,tengok kanan kiri. Meskipun posisi ini sebenernya tidak terlalu disarankan dan nggak boleh kelamaan, takut over exposure











Dua kancing yang ngumpet  ini juga berfungsi untuk mengubah settingan dudukan dari yang baby hadap depan kehadap penggendong. 

Extra Lumbar membuat kegiatan menggendong lebih nyaman

Nah, fitur ini sama seperti yang ada di Ergo Adapt.

Jadi…. Di bagian tali pinggang terdapat tali strap yang berukuran besar, plus ada sedikit busa-nya juga.  Terasa lebih nyaman dan kayak “plek” gitu jatohnya di pinggang.


tali pinggang lebar


terdapat karet pengaman (elastic safety rubber) jadi nggak khawatir buckle akan terlepas, karena pasti akan nyangkut di rubbernya.


Selain itu, di bagian pinggang juga terdapat 2 panel untuk mengencangkan tali pinggang. Sehingga bisa benar-benar disesuaikan dengan kenyamanan penggendong, yaitu mau agak longgar atau seneng yang ngepas badan.


lihat bagian pinggang, ada dua panel untuk mengencangkan tali pinggang. Praktis!



Hal lain yang saya suka adalah tali pinggang tidak memakai Velcro atau Perekat. Sehingga untuk mengubah posisi gendong menjadi posisi siap menyusui sangat mudah.

Terdapat tutup kepala (Hoodie)

Layaknya gendongan ergobaby yang lain, di tipe Omni juga terdapat tutup kepala, sehingga kalo baby bobo bisa lebih tertopang, dan  bisa melindungi dari panas matahari.





Untuk hoodie-nya sendiri nggak bisa dicopot pasang, tapi di bagian depan gendongan ada kantung kecil beresleting yang menjadi tempat menyipan hood. Jadi bisa disimpan dengan rapi dan nggak klewer-klewer menjuntai


pengait kuat


ada kartu garansi, tapi gak bisa di claim yaaa :) 


Mendukung Kegiatan Menyusui (Breastfeed in carrier)

Buat ibu yang masih ASI eksklusif, ini super duper bermanfaat. Jadi bisa menyusui dengan praktis dimanapun kapanpun, tinggal  leeeep!  Dengan bermodalkan nursing apron, kegiatan menyusui bisa tetap berjalan dan ngga takut keintip orang.

Gimana cara menyusui di ergo Omni?
Tutorial jelasnya bisa dilihat di video ini. Menyusui di Ergo Omni







Padding Tali Bahu Empuk dan Mendukung Opsi Crisscross.

Buat yang punya masalah tulang punggung, biasanya mereka lebih nyaman kalau gendong model Crisscross, yaitu tali gendongan belakang disilang, sehingga beban bayi yang digendong bisa terbagi lebih merata.




Tali bahu lumayan tebel dan empuk. Jadi nyaman banget di pundak. Coba bayangin kalo kita lagi pake tas ransel, tapi tali bahu-nya nggak ada busa-nya, sedangkan kita bawa banyak buku berat? Wadawwwww kebayang bakal nyut nyutan deh


tali nya cukup gendut, banyak busa, nyamaaaaaan. pengait yang di tengah, itu bisa dinaik turunkan loh!


Posisi pengait belakang juga bisa di naik turunkan sesuai jangkauan tangan kita. Nggak perlu khawatir kalo gak ada orang yang bantu make-in. Bisa pake sendiri kok.

Gendongan yang aman, Posisi C Shape dan M Shape

Banyak buibu yang nanya, emangnya aman ya gendong baby dengan posisi seperti itu? 

Menurut web resmi-nya
The Omni 360 Baby Carrier has been acknowledged as a "hip healthy" product by the International Hip Dysplasia Institute”.
Posisi menggendong yang sebenarnya adalah pada posisi C dan M yang dapat mencegah terjadinya hip dysplasia

  • C shape :  Baby is cuddled in to mum, with his spine in a naturally formed ‘C’ shape
  • M Shape : Baby’s legs are positioned, so the knees are above the hips creating the optimal ‘M’ shape.







Bisa dicuci menggunakan mesin cuci

Ada beberapa cara mencuci ergo dari berbagai sumber yang saya dapat.

all carriers are machine washable, although it is not advised to do so too often, as the dyes used are chemical-free and therefore may fade faster than other colors. To wash your Ergobaby carrier, simply secure all buckles and machine-wash cold with a mild detergent (no bleach, perfumes, chlorine, or brighteners.) Dry your carrier on the delicate setting and remove when seams are still wet.

We recommend buckling all of the carrier buckles and washing the carrier with mild detergent on the gentle cycle. Do you use cloth nappies? If so, we’d recommend using the same washing guidelines and detergent. Once it’s out of the washing machine, be sure to hang it to dry rather than putting it in the dryer. If you are lucky enough to live in a warm year-round climate, you can hang it outside, but usually should dry quickly in a warm room.

Please close all buckles on safety elastic strap before washing. Machine wash cold with mild detergent on gentle cycle; Dry on delicate cycle and remove when still damp. Do not dry it in direct sunlight. Do not machine wash frequently. Do not use detergents with perfumes,bleach, chlorine, dyes, or optical brighteners. Spot clean as needed.
Males baca bahasa inggrisnya? Wkwkwkwk... Simple-nya begini, mommies:

  • Pasang semua buckle pada posisinya (supaya nggak klewer-klewer atau nyangkut di mesin cuci)
  • Pakai detergen yang aman untuk bayi (no bleach, perfumes, chlorine, or brighteners.)
  • Kalau mesin cuci mommies ada settingan mencuci-nya, pilihlah yang light / slow seperti mencuci baju bayi
  • Jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung
  • Supaya awet dan nggak gampang pudar warnanya, jangan terlalu sering dicuci
  • Pakaikan #mommaergoteethingpad supaya terjaga kebersihannya. Cukup cuci teethingpadnya aja, nggak perlu rempong bolak balik cuci gendongannya. Tambah cute pula tampilan gendongannya



  • Selalu simpan di dalam tempat penyimpanan yang bersih. Seperti #mommaergodustbag




Selanjutnya,  saya sertakan juga link panduan penggunaan  Ergobaby  Omni plus bisa intip dengan lebih detail teknis dan spesifikasi gendongan tersebut. Cuss klik aja link berikut ya. 


Review ketika dipakai:


NYAMAN BANGET, ASELIK!!!.
Ini saya pakai pas gendong ponakan saya, Syakira. Baru aja dia uang tahun yang ke-2. Kemarin juga sempet gendong Hamada,keponakan saya yang usianya 2 bulan (tapi yang ini lupa difoto, maafkan).




Syakira nyaman banget di gendongan, nggak sampe 5 menit, eh bocahnya langsung bobo. Kayaknya pas saya masukin ke gendongan dia sepertinya udah agak ngantuk deh.


Langsung bobo!. ini tidur beneran loh, bukan akting-aktingan, mana mungkin bocah sekecil ini mau nurut disuruh akting hahaha....

biar tambah nyaman bobo-nya, tutup kepala dipasang

Pernah juga gendongan ini saya pake buat gendong syakira pas lagi dibonceng Airen naik motor ke rumah Eyang. 

Begitulah, karena pengen punya baby lagi,dan karena gendhis juga seneng kalo ada temennya, syakira suka kita culik buat nginep di rumah. Apalagi sekarang mama-nya baru melahirkan, jadi bisa agak istirahat kalo pas syakira kami ajak main.

Sekian dulu reviewnya ya moms....  Kalo ada yang ingin ditanyakan silakan comment aja ya. 

Beli-nya dimana? Coba cek instagram #mommmaergo.id aja yaaaaa, atau klik link mommaergo di tombol ini


Si Ateng Bawa Kayu, TengKyu….









No comments:

Post a Comment