Tuesday, April 22, 2014

Berburu Mainan Murah : Pasar Asemka & Pasar Pagi

Seperti janji saya sebelumnya, kali ini saya akan memposting petualangan Geng Emak Pompa dalam rangka berburu mainan murah di Pasar Asemka ! dan pasar pagi

Sebagaimana yang sudah banyak diketahui orang (walaupun ternyata masih ada juga sih yang belum tau) pasar asemka terkenal dengan surganya mainan murah. Ternyata, nggak cuma mainan yang murah di pasar ini, tetapi segala pernak pernik souvenir pernikahan, souvenir ulang tahun anak, alat tulis, dan aksesoris wanita seperti jepit rambut, ikat rambut, kalung, anting, dll dijual dengan harga murrrraaahhhh! Nggak heran harganya miring, karena pasar ini menjadi tempat menjadi kulakan untuk partai besar. Pembelinya adalah para pedagang eceran yang berbelanja buat dijual lagi. Jadi memang (terutama buat aksesoris) nggak bisa beli eceran. Contohnya beli jepit rambut, ya harus selusin, beli anting, juga harus selusin, beli peniti pun...harus selusin! Pedagangnya menganut paham ambil banyak bisa kasi harga murce. Baiklahhh

Daaan, di sebuah hari kamis yang terik dimana matahari bersinar dengan sangat gagah, saat pak bos saya sedang diluar kantor, dan disaat emak yang lain juga lagi nggak sibuk sibuk amat... menjadi moment yang tepat buat kami para anggota geng emak pompa untuk "kabur" sebentar menyalurkan hasrat belanja mainan buat anak tercinta. Alasan utamanya adalah "kasian niiih... anak gue gak punya mainan" hahaha... #modus

Salah satu hasil browsing mengatakan bahwa ternyata terdapat dua tempat di wilayah asemka yang berjualan mainan yaitu pasar asemka dan pasar pagi.




pasar asemka

berdasarkan info yang saya dapat, pasar ini lebih ke tempat penjualan aksesoris, walaupun ada juga toko yang menjual mainan serta perlengkapan ulang tahun. Letaknya di sebelah kiri fly over. Kalau turun kendaraan dari halte busway kota atau stasiun kota,  kita bisa jalan kaki sedikit ke arah fly over. Nanti akan ketemu bank BCA. Nah, dari bank bca tadi... jalan lurus sedikiiiit bakal ketemu deh sebuah gedung bertingkat, ada tulisannya asemka.

Toko mainan yang lumayan gede dan terkenal disini namanya toko Hans. saya tau nya karena browsing dan nyasar di blog ini. Kirain ini toko susah dicari, ternyata gampaaaang banget bo! persis di pinggir jalan hehe... Sempet nanya ke penjual kue cubit, eh tau nya toko hans persis di belakang saya, cuman emang saat itu emang lagi nggak kelihatan karena terhalang mobil box.

Disini, setiap mainan sudah ditempel harga nett, jadi tanpa perlu nanya kita udah tau harga barangnya. Cuman, namanya juga perempuan ya booo... nggak puas kalo nggak pegang sendiri. Tapi di toko ini kita nggak bisa bebas ambil-taro mainan sepuas hati, karena mainannya ditaro either di dalam etalase atau dibelakang etalase yang susah dijangkau pembeli. so, harus minta bantuan mbak nya deh buat ngambilin. Namun, pada saat saya dateng toko hans lagi rameeeee banget, jadi berasa kita dicuekin gitu deh. Sampe sampe cici yang punya nya teriak ke salah satu mbak "eh gendut, ini ada pembeli ayo dilayanin...." buset dah. karena keburu ilfeel, akhirnya geng emak pompa ini pun angkat kaki.

Pasar asemka sendiri terbagi menjadi 2. Yaitu yang digedung bertingkat AC dan yang dibelakang gedung itu sendiri, yaitu agak masuk ke dalam. Nah, kalo yang dibelakang ini tempatnya "hot hot pop" alias panaaasss. Meskipun begitu, bagi pecinta aksesoris, apalah arti panas yang penting barangnya lengkap, beragam, dan murraaahhh. Tapi emang beli nya musti banyak supaya dapet harga grosir. Mostly, minimal 3 biji.

Khusus di gedung ber AC, ada juga yang jual mainan, tapi memang nggak banyak. Saya sempet mampir ke lantai 2, ada babyshop yang lumayan gede. Tapi lupa namanya apa. Disitu saya beli piano2an buat Gendhis seharga 40ribu. Kalau di lantai 3, ada sebuah toko besar yang isinya perlengkapan pesta. Di dalamnya dijual lengkaaaaap kap kebutuhan pesta ultah seperti bermacam goodybag dari berbagai bahan dan bentuk, kartu undangan, topi, pita, dll.



Pasar Pagi

Beranjak sedikit dari gedung asemka, jalan luruuuus sampai menyebrangi jembatan ke arah flyover, disinilah letak pasar pagi.

Inilah surga nya mainan... hahaha *ketawa sinchan*

Geng emak pompa rempong kemudian "manteng" disini selama sejam lebih. Ada beberapa toko grosir mainan yang cukup besar di deretan ini (sebelah kiri flyover). Di toko pertama, saya kepincut sama mainan talking tom yang bisa nyanyi, cerita, ketawa, kentut, dan ngikutin orang ngomong. Lucuuu banget, saya rasa sih gendhis pasti suka. Tapiiii... kok ya kokoh penjualnya susah amat goyang harga. Mana cuek pula, kayak nggak butuh duit.....hahahaha! Dia juga terkesan sibuk, sebab ada pembeli partai besar yang belanja sampai berkardus - kardus. Pfff... "iya deh kooooh". Mungkin dia males kali yaaaa, ibu ibu ini rempong amat semua ditanyain. Plis deh, namanya juga ebo eboooo. Alhasil saya cuman beli bubble gun (yang belakangan baru saya tahu kalo musti pake batu baterei) seharga 15 ribu sama (hmmm apa ya namanya) alat musik semacam gamelan kecil yang kalau dipukul berbunyi nyaring seharga 10 ribu. Emak lainnya ada yang beli bola dengan hammer serta bola shape sorter dengan kerincingan. Tapi saya lupa deeeh harganya berapa.





Lanjut bergerak ke beberapa toko di sebelahnya. Akhirnya kita nemu toko yang mau melayani segudang pertanyaan emak pompa ini sepenuh hati. Kita minta tolong buat ambilin mainan manaaa aja mereka mau. Nah, kemudian nemu deh mainan all in one yang lucuuu banget. Bentuknya kubus di ke empat sisi punya fungsi macam macam. Ada shape shorter, piano, telepon, dan gembok brankas. Beberapa sisi bisa mengeluarkan suara-suara lucu. kompakan deh emak pompa pada beli, ambil banyak biar dapet harga murce (140rb) Ada juga mainan seperti kubus yang disusun bertingkat serupa puzzle. terbuat dari plastik yang baby friendly. Baguuusssss deh (150rb) kalo beli di toys kingdom atau di mothercare, mana dapet harga segituuuu....hihi


Wit Box, all in one education toys




Oh iya, emak pompa yang punya anak cowok juga ngecesss liat mobil mobilan aki. keren keren loh! tapiii... harganya sekitar sejutaan ada juga sih yang dibawahnya. mehong ya bow!


motor-motoran, lebih murah dari mobil-mobilan



Saya sendiri masih stick sama keinginan awal buat beli boneka tom cat. Nanya nanya ke toko lain ternyata nggak ada lagi yang jual selain kokoh pertama tadi. ya udah deeeehh balik lagi kesana. Beneran nggak bisa digoyang deh ini harganya *gemessssh*



Tom Cat Lucuuuuu, gak nyesel beli ini


So, semua emak udah dapet tentengan masing masing. Saatnya kami pulang!

Di pasar pagi, ada tempat yang namanya "gedung merah" letaknya di sebelah kanan fly over, nye rang dulu dari toko mainan tadi. Nahhh, tempat ini surganya alat tulis dan poster. Beragam jenis poster ada disini. Mulai dari gambar artis, lukisan pemandangan, kaligrafi, sampai poster belajar membaca dan mengenal hewan. Saya pun terpana sendiri karena ternyata ada sebuah ruangan besaaaaar banget dengan lemari kayu bersekat banyak yang isinya poster semua! wow! Untuk alat tulis seperti buku, pulpen , pinsil, dll juga lengkaaaap kap!

Kalau mau cari bingkisan ulang tahun, seperti tas, pouch, kaleng dll bergambar kartun favorit... bisa mencarinya di sepanjaaaaang pelataran persis di bawah flyover. Mau kartun apa juga kayaknya ada deh.

Oh iya, di bawah flyover, sebrangnya toko mainan yang saya beli tadi juga terdapat sebuah toko yang menjual macam-macam permainan sekolah TK. Seperti balok kayu susun, permainan bola kawat (saya nggak tau nih namanya apa) yang berguna untuk melatih motorik anak, dll. Saya membeli permainan bola kawat seharga 35ribu. Udah lama ngincer pengen beli ini tapi diurungkan, karena kalau di gramedia harganya 100ribu lebih. Wakwao! Oh iya, evamatress (karpet karet warna warni) yang biasa jadi alas main anak disini dijual seharga 120ribu aja looooh untuk 26 matras, terdiri dari huruf A sampai Z. Tapi kemarin saya nggak jadi beli karena saya pikir kok mahal amat, eeeh belakangan setelah tau harga pasaran yang benar...ternyata itu murah loooh! Saya beli di tempat lain 140ribu. Hiks

Untuk mencapai tempat ini, geng emak pompa naik taksi dari kantor. Ongkosnya habis sekitar 25rb. Tapi pas pulang melonjak jadi hampir 40rb karena harus muter dulu lumayan jauh.

Selain naik taksi, pasar asemka dapat dicapai dengan naik busway (turun di halte kota) dan naik kereta commuter line (turun di stasiun kota) lalu lanjut jaan kaki. nanti tinggal tanya aja, asemka ke arah mana. Bisa juga naik angkot sih... tapi saya ngga tau nomor angkot berapa. hehehe. Tapi kalo perginya rame rame dan gak terlalu jauh, better patungan taksi ajah.

#Tips:

  1. Biar nggak bingung mau beli apa, dan supaya dapet harga beneran murah, kita harus browsing internet dulu. Jadi ketika berangkat kesana kita udah tau apa yang mau dibeli dan harga pasarannya berapa. Jadi ngga ketipu dan bingung sebab barang yang dijual disana banyakkkk banget.
  2. Jangan dateng hari minggu. tokonya sebagian besar pada tutup. Paling enak sih di hari biasa sekitar jam 10 an. Nggak terlalu rame dan masih dapat dilayani dengan baik. Kalau datang sabtu, umpel umpelan lebih rame dari hari biasa.
  3. Siapkan uang cash. Kebanyakan toko toko ini nggak punya mesin ECD (eh..apa EDC ya?) buat gesek kartu debit / kredit
  4. Beli banyak lebih murah. Kalo mau kesini, enakan sih berombongan yaaa biar bisa sharing mainan sehingga dapat harga yang ramah di kantong


Mudah mudahan postingan ini membantu ya buibu.... kalo ke asemka, hati hati kalaaapp...haha!

nb: foto-fotonya menyusul yaaa musti dicari dulu hehe

22 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Pingiiin liat liat asemka ... padahal deket tapi gak kepikiran kalo gak baca blog ni ..

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, mainannya bpa free kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. spesifikasinya macam-macam mom, tergantung produknya. banyak yg bpa free kok

      Delete
  4. Cari celengan kaleng di deket mana y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mom, terutama yang di bawah / depan fly over

      Delete
  5. ada yang tau grosir toko mainan anak di pasar asemka yang online, harga murah gak? sy kepingin buka usaha toko mainan anak, mohon informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak tau... hehe silakan langsung didatangi saja

      Delete
  6. Blog nya luar biasa membantu,
    Terima kasih bnyk atas informasinya...

    ReplyDelete
  7. pasar asemka itu glodok bukan sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mom, beda pasar...hehe. kalau glodok pusatnya elektronik

      Delete
  8. btw di asemka ada action figure semacam naruto,one piece, superhero marvel kayak gita gak kak?

    ReplyDelete
  9. Dipasar pagi asemka ada yg jual kurai bonceng anak gak yaa untuk dimotor?

    ReplyDelete
  10. Dipasar pagi asemka ada yg jual kurai bonceng anak gak yaa untuk dimotor?

    ReplyDelete
  11. Hy sis dan gan apa d sana ad menjual figur gem digimon

    ReplyDelete
  12. Hy sis dan gan apa d sana ad menjual figur gem digimon

    ReplyDelete
  13. Kalo mau lego kw beli nya di mana ya di asemka ( lokasi / nama toko nya )

    ReplyDelete
  14. informasinya cukup detail dan terima kasih atas tips ke Pasar Asemka

    ReplyDelete
  15. Kak kalo miniatur pemain bola ada ga ya di asemka

    ReplyDelete
  16. wah seru banget kayanya hunting mainan anak di sana, makasih infonya!

    ReplyDelete
  17. Kepada YTH
    Bag. Import Dept

    Dengan hormat,
    Mohon maaf sebelumnya jika kami ini menganggu aktifitas Bapak/Ibu
    Pekenalkan kami Dari PT.PRESSTI ASIA INDONESIA Yang begerak dibidang Jasa Export –Import Door To Door Kami Adalah Spesialis Dalam Pengiriman Barang Ekspor Dan Impor Dengan Layanan ‘Door To Door Service’. Melalui Layanan Ini Kami Akan Mengangkut Barang Mulai Dari Pintu Sipengirim Sampai Ke Pintu Sipenerima Barang. Anda Dapat Memanfaatkan Layanan Kami Dengan Harga Terjangkau Karena Kami Menawarkan Harga Yang Kompetitif Dan Negotible Serta Dikombinasikan Dengan Layanan Transportasi Cepat Ke Dan Dari Berbagai Negara Di Dunia Dan Barang Tersebut Akan Kami Antar Sampai Ke Door Tempat Bapak.
    ( Sudah termasuk Pajak Impor,Freight dan Biaya Lainnya )

    Pelayanan Utama:
    - Jasa Export Import Door To Door/
    Borongan
    - Door To Door Service
    - Domestic Service
    - Customs Brokerage–Custom Clearance
    - Under Name
    - Import Sea Freight Dan Air Freight Service
    - Export Sea Freight Dan Air Freight Service

    mengenai biaya pembayaran akan kami tagih setelah barang sudah sampai ketempat
    Demikian surat penawaran kerja sama ini saya sampaikan semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan dapat terjalin hubungan kerja sama yang lebih baik,
    Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terima kasih,

    ( H E N D R I )

    PT. PRESSTI ASIA INDONESIA
    Jl, Raya Lenteng Agung Kv.22 No.20 Jakarta Selatan 12610
    Hp/WA : 0813 6000 7273
    Tlp : 021-7888 6595
    Fax: 021-7888 6594
    E-mail : hendripressticargo@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Prediksi Togel Mekong 11 Juni 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-mekong-11-juni-2020/ </a> Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!


    ReplyDelete