Tuesday, December 24, 2013

Manajemen Asi Perah : ala Saya (Part 1)

Part 1 : Peralatan Perang

tick tock tock tock....


Putaran jam dinding rasanya kian cepat
lembaran kalender pun terasa makin sering dibolak balik

Ah, sebentar lagi cuti saya habis. rasanya baru kemarin saya berjumpa dengan adik baby untuk pertama kali, eeeeh udah harus masuk kerja lagi. sedih!
Mengikuti keingin hati untuk tetap memberikan asupan bergizi a.k.a ASI buat baby tercinta, saya pun bertekad kuat buat jadi mama perah sejati!

kuncinya hanya satu: 
berikanlah asi dengan "KERAS KEPALA" insyaAllah hasil pumping selalu cukup selama adik bayi ditinggal sampai lulus s1, s2, s3, bahkan jadi professor asi. hehehe





So, simaklah manajemen ASI perah ala saya dan bonus keluh kesah serta tips tips andalan ala saya. Semoga berguna buat para mommies semuah. #cupcupmwahhh...


Alat tempur

1. breastpump

Unimom Allegro #

Harta kecintaan saya.
Bisa elektrik, bisa manual, bisa dijadiin doublepump pulak!
Value for money banget, of course its  truly recommended.

Kebihan lainnya adalah sudah include dengan baterei lithium yang bisa di charge kayak handphone, sehingga kalo kita lagi ngga nemu stop kontak, ngga perlu pusing buat nyari tukang batre. Lebih jelasnya bisa dilihat disini

Unimom Forte #

Saya beli dikala masih cuti dan sedang semangat semangatnya ngumpulin stok asip buat baby saat ditinggal kerja.
BP ini merupakan BP yang hospital grade sehingga tarikannya mantap dan stabil.
Tapi... body nya segede babon dan musti deket deket sama colokan.



#tips: BP unimom, walaupun dapet karet silikon untuk di corong yang claim nya adalah bisa menimbulkan sensasi memijat, ternyata nggak berhasil di saya. Buat saya kehadiran silikon justru malah membuat tarikannya jadi nggak "gigit" dan asinya beleber masuk ke dam silikon.

2. botol kaca bpa free

Sebaiknya, asip disimpan di dalam botol kaca, karena.... mmm?

mengutip dari www.ayahasi.org :  "untuk penyimpanan di Freezer pilihan terbaik untuk menyimpan ASIP ada pada botol kaca karena lebih kuat dan sangat jarang bocor. Selain itu, sisa asip juga cenderung nggak akan nempel di botol kaca"
ada bermacam tipe botol kaca yang biasa dipake ibu ibu perah masa kini:

a. botol kaca tutup karet 

Ini yang saya pake, alesannya krn murah dan gampang didapet. Buanyaaak dijual di babyshop baik online maupun offline. Saya punya 85 botol jenis ini yang dibeli secara terpisah di asibayi.com, maebebe babyshop, dan pas dateng ke pameran mother and baby fair. 
Ada gosip yang beredar...kalau botol jenis ini adalah hasil rekondisi dari botol infus (serem ya bo!) tapi saya berdoa kenceng-kenceng supaya nggak kejadian dan semua baik bak saja. So far, Alhamdulillah aman terkendali. #ketok2meja #amitamitjangansampekenapa2 

oh iya, please note kalo beli botol ini dalam jumlah banyak, harus di cek satu per satu dulu yah, soalnya pas saya beli kemarin beberapa kali kejadian botol yang saya terima mengalami pecah atau sompal kecil di bagian tertentu yang nggak gitu kelihatan kalau kita nggak jeli mengamatinya.

harga: @Rp.2500



ps: update terbaru, ngintip di websitenya asibayi.com ternyata sekarang ada juga botol tutup karet jenis bka. Bentuknya sama persis dengan botol rekondisi namun terdapat emboss bertuliskan BKA serta emboss ukuran takaran. Botol ini dijamin baru dan memiliki tutup silikon food grade yang telah lolos uji BPOM.

harga: Rp.48.000/box (1 box = 8 botol)  



b. botol kaca UC 1000. 

Biasa didapet kalo beli minuman UC 1000. Buat amannya, spy ngga berkarat tutup botol ini harus diganti pake tutup plastik. Banyak dijual di OLshop kok. 
Saya personally nggak terlalu suka pake jenis ini, karena corong mulut botolnya cukup kecil. Akibatnya rada susah buat mindahin ASIP dari botol Unimom sehabis memompa ke botol ini.

harga: @Rp.2000



c. botol kaca babypax

Botol kaca ini di bagian corongnya berbentuk ulir sehingga dapat langsung dipasang pada breastpump ukuran standar seperti Unimom, Pigeon, atupun Medela. Merupakan botol "baru", BPA free, dan terdapat ukuran takar. Biasanya dipaket pembelian, satu set isi 3 biji.
Dari segi harga, sudah pasti lebih mahal harganya dibanding 2 botol diatas.

harga: Rp. 50.000/box (1 box = 3 botol)



d. botol kaca serupa botol selai (wide neck)

Botol ini enak buat para mommies yang memerah pake tangan, karena corong botolnya lebar. Cumaaa... mesti hati hati pas mau masukin ke botol dot, takut tumpah.

harga: @Rp.3000



e. botol plastik

Sebagai tambahan Menurut Becky Flora, BSed, IBCLC, botol plastik yang BPA Free bisa dijadikan pilihan terbaik untuk penyimpanan di Kulkas Bawah karena sel darah putih (leukocytes) dapat menempel pada botol kaca, tapi akan luruh pada media plastik.

#Tips: Jangan lupa cuci bersih botol sebelum dipakai, lalu rendam dalam air mendidih, atau dimasukkan ke sterilizer.Buat baby tercinta kebersihan harus dijaga bener bener euy. (Btw, kalau botol dot plastik, jangan direbus di air mendidih yaaa...nanti botolnya penyok #pengalaman) 

Oh iya, sewaktu mengisi botol dengan asip terlalu penuh, cukupkan sampai batas garis karena ASIP yang beku akan memuai (Biasanya ada emboss garis penanda di bangain tengah botol).  Jaman dulu waktu masih kurang ilmu, saya beberapa kali mendapati botol kaca yang tutupnya pada lepas, bahkan lebih parah lagi sampai botolnya pecah gara gara mengisi terlalu penuh. Duuuh nangis bombay dehhh asip ku sayang harus dibuang.... hiks!


3. Plastik ASI

Saya pernah coba 3 merk berbeda. So far sih performanya sama aja.

a. crown

Double zip lock - seal penutupnya double jadi lebih terjamin kerapatannya dan nggak takut tumpah. Diantara plastik ASIP lain yang pernah saya coba, merk ini memiliki bahan plastik yang lebih tebal sehingga tidak khawatir sobek. Aman untuk dapat disimpan dalam freezer selama 6 bulan. Waktu itu, saya beli merk ini  kaerna penjelasan mengenai produknya cukup menggoda dan lumayan meyakinkan di asibayi.com

harga : 75.000 isi 20




b. little giant

Saya dapat plastik asip ini sebagai bonus ketika beli BP Unimom. Kelebihannya ada pada fitur indikasi suhu (thermal sensor). Jadi kalo suhunya panas, indikatornya akan berwarna merah. Hal ini memudahkan untuk memastikan supaya kita nggak memberi susu ke bayi dalam keadaan panas atau terlalu dingin.

harga : 95.000 isi 20



c. natur

Ini sih favorit saya, dan juga favorit banyak ibu menyusui lainnya. Made in Thailand tapi performa nggak kalah dengan kantong asip lain. Dari segi harga, merk ini paling ekonomis. 

harga: Rp 45.000 isi 30




Dari hasil baca baca di milis, sebenernya boleh aja kok pake kantong plastik bening yang biasa dipake buat ngebungkus makanan seperti merk "tomat"
#Tips: jangan direndam di air yang terlalu panas ya, pengalaman kemarin mama saya lagi manasin asip eehhh tiba tiba plastiknya bocor.... sedih, nangis bombay lagi dehhh...huhuhu...

4. Cooler Bag

Andalan saya merk "baby boogy". Saya suka karena space nya lebar dan tinggi sehingga bisa memuat 4 botol unimom @150ml, 2 corong, dan 2 ice pack Unimom. Ketahanan dinginnya standart, tergantung dengan ice gel yang dibawa. Dari segi kekuatan tali pegangan dan ketahanan terhadap hujan badai sudah terbukti tahan banting! Selama 1 tahun lebih saya pakai nggak ada keluhan kecuali rada bau apek... itu sih karena saya suka males buat jemur aja.... hahaha

5. dot

a. tommee tippee

Saya pakai dot tommee tippee 150ml karena salah satu janji jualannya adalah mencegah bingung puting. Bingung puting adalah kebingungan yang dihadapi oleh bayi karena pemakaian dot, mungkin karena alirannya yang jauh lebih deras dari payudara ibu, bisa jadi bayi ngerasa lebih nyaman mimik dot dan gak mau mimik langsung sama mommynya lagi.

Ini bentukannya:


Trus, beneran nggak bingung puting gitu? hmmm untuk ini saya punya cerita sendiri, akan saya ceritain di lain waktu yah... pokoknya rasanya sama kayak patah hati diputusin pacar deh.

#Tips: Untuk menghindari bingung puting, sampai umur baby sudah setahun saya tetep pake nipple dot yang level 1 (buat newborn). Alasannya adalah supaya aliran susu yang keluar stabil dan nggak terlalu kenceng, jadi baby tetep lebih nyaman nyusu langsung sama mommynya.

b. pigeon

Saya juga pake nipplenya dot pigeon buat dipasang di botol unimom. Semua jenis nipple pigeon saya coba. Mulai dari yang peristaltic, ulir, sampai yang nipplenya warna kuning. tujuannya sih biar baby gampang adaptasi dan nggak ketergantungan sama satu model nipple doang.


Ibun lagi kerja, aku mimik pake dot dulu...


Sebelumnya, saya share dulu PRINSIP ASIP

  • Semakin dingin maka semakin lama juga ASIP dapat disimpan
  • Hindari peningkatan/penurunan suhu secara drastis
  • ASIP beku yang sudah mencair tidak boleh dibekukan lagi, ASIP yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan lagi
  • Masukkan ke Freezer HANYA JIKA akan digunakan lebih dari 8 hari



lalu... bagaimana sistem perah memerahnya? lanjut ke Part 2 ya...


5 comments:


  1. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF :

    1. DIBELI JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.

    2. DIBELI BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.4500 / KG.

    3. DIBELI MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    4. DIBELI AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, TOWER BTS , HARGA 11000 PER 1 KG..
    KAMI BELI AKI KAPAL LAUT , AKI JETSKI , AKI LAMPU EMERGENCY , AKI PERALATAN MARINE DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK ( SEMUA AKI DIANTAR & DIBAYAR TUNAI DI TEMPAT SAYA )....

    5. DIBELI KULIT KABEL PVC / PE GILA , JUMLAH SEBANYAK -BANYAKNYA , BARANG DIKIRIM KE TEMPAT SAYA ..( PANJANG KULIT KABEL DITERIMA PER 100cm )

    6. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, PROJECTOR , UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, RAK SERVER , GENSET, KURSI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    7. DIBELI : TEMBAGA LIDI DALAM BENTUK KABEL / SUDAH DIKUPAS
    (TIDAK MELAYANI TRANSAKSI DENGAN CARA DP / BLOCKFUND. PEMBAYARAN HANYA DILAKUKAN SECARA " CASH " TIMBANG-BAYAR )

    8. DIBELI BARANG EX DISTRIBUTOR MATERIAL / TOKO BAHAN BANGUNAN ..

    9. DIBELI SEGALA MACAM BARANG YG SUDAH TIDAK BISA DIJUAL LAGI OLEH PERUSAHAAN ANDA DALAM KEADAAN APAPUN BERUPA : ELEKTRONIK , MAINAN , AKSESORIS MOTOR - MOBIL , PRODUK RT , ATK , BAN DALAM / BAN LUAR KENDARAAN , KOSMETIK , BATREE , KONDOM HP , SARUNG DOMPET HP , ALAT2 LISTRIK , SANDAL , SEPATU , MAKANAN , SOFFEL , AUTAN , SABUN CUCI , SAOS , PEWANGI PAKAIAN , SARUNG , DLL ( SAMPEL HARUS BERIKAN KEPADA SAYA )..

    10. DIBELI TUTUP BOTOL BEKAS AQUA / TUTUP BOTOL PLASTIK MINUMAN SEGALA MEREK HARGA 3500/KG...

    11. DIBELI TUTUP BOTOL BEKAS AQUA GALON HARGA 5500/KG...

    12. DIBELI PIRINGAN CD / DVD / DVD-RW BEKAS MUSIK,GAME,FILM, SOFTWARE DLL HARGA 4000/KG...

    13. DIBELI AC 5 PK KEATAS SATUAN / BORONGAN KONDISI HIDUP-MATI-RUSAK BEKAS RUKO,GEDUNG,KANTOR,MALL,PABRIK DLL...

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -- - - -

    KAMI MENJUAL :

    1. KAYU GAHARU PAPUA / MERAUKE KELAS AB , KEMEDANGAN , ANTIK , DEKOR , DLL .. ( PEMBELI DATANG LANGSUNG KETEMPAT SAYA DI JAKARTA )

    2. JUAL BATU BATA MERAH : UKURAN BANCI 4 X 8 X 18CM & UKURAN JUMBO 5 X 10 X 20CM ..PEMBELIAN MINIMAL 10.000 BUAH

    3. MENJUAL : CAIRAN PENCUCI PIRING , PEMBERSIH LANTAI AROMA BUNGA , PEMBERSIH KACA , HAND SOAP , KAPORIT , KARBOL LIQUID , SHAMPOO MOBIL , FACTORY CLEANING LIQUID.. ( SAMPEL HARUS BELI , DELIVERY MINIMAL 12 JERIGEN "KHUSUS JATABEK " , DILUAR JATABEK ONGKIR DITANGGUNG PEMBELI )..

    KETERANGAN:
    KAMI TIDAK MELAYANI CALL / SMS / BBM BAGI ANDA YANG CEK HARGA !!!!

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    PIN BB 51964F90
    DHONY & TEAM

    ReplyDelete
  2. Bun mau tanya nih
    Brp biasanya bunda nyimpen asip @1botolnya?
    Trs brp juga si dedek dikasi asip tiap kali mimik pk dot?
    Aku jg udah mau kerja, jd harus manaj asip buat anakku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bun, biasanya saya simpan di botol kaca sampai batas garis, sekitar 100ml. Untuk kuantitas mimik baby disesuaikan dengan usia dan kebutuhannya, kalau usia 2 bulan masih sekitar 50ml sekali minum. tapi makin besar makin banyak juga kebutuhan mimiknya. semangat ya bun....

      Delete
  3. Mau tanya beli botol kaca tutup karet dimana ya.
    Selain online
    Saya cari kemana mana ga ada
    Rekomen dong
    Kalo bisa daerah tangerang

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete