Wednesday, September 7, 2016

Rabu Bersama Bapak

this post is dedicated to my beloved Bapak 😘

Kalau Adhitya Mulya punya Sabtu bersama Bapak, saya punya Rabu Bersama Bapak (in my own version)

I might say... sebagai anak sulung perempuan, Kalau orang bilang anak perempuan biasanya dekat dengan ayahnya, saya justru merasa jauuuuh lebih lengket dan nyaman sama Mama. Di masa sekolah SD sampai kuliah saya nggak terlalu dekat sama Bapak. Buat saya, ketegasan dan kedisiplinan bapak justru membuat adanya jarak yang bikin saya merasa bapak nggak sayang sama saya. Bapak itu sukanya marah-marah. Waktu kecil saya sering di jewer, dicubit... bahkan pernah di tendang. Tapi emang semua salah saya sih... karena dulu itu saya cengeng, lelet, dan susah kalo disuruh solat :p Jadinya bapak sebel deh! Dan saya juga nggak suka deket-deket sama bapak, takut kena omel :(. Setiap habis shalat magrib, kami anak-anaknya harus membaca al-qur'an. Bapak kemudian duduk di antara kami, mendengarkan sambil terkadang berdehem kenceng "hemmm" itu berarti diantara kami ada yang salah baca-nya. Saya pernah iseng sengaja salah baca...pengen tau aja, bapak beneran dengerin apa enggak... eh ternyata langsung disuru ngulang bacanya hahahaha

Beda sama Mama. Walaupun mama bawel dan suka memanipulasi jam (iya... kalo bangunin anaknya selalu bilangnya udah jam 6 pagi.. udah telat berangkat sekolah.. padahal masih jam 5 deehhhhh) Buat saya mama bagaikan malaikat, yang puk puk saya kalo saya nangis habis dimarahin Bapak. Apalagi dulu bapak sempat sekitar 5 tahun sekolah di luar negeri tanpa anak dan istri-nya ikut. Dan waktu itu teknologi masih terbatas, komunikasi cuma lewat surat-suratan atau telepon SLI yang mihil bangeettt. Mungkin cuma sebulan sekali bisa teleponan, itu juga kadang collect call (bener gak ya tulisannya?) dimana pada saat nelepon yang membayar adalah pihak penerima telepon. semenjak akhir SD sampe hampir SMA durasi berkomunikasi saya dan Bapak cukup minim. Baru kemudian setelah bapak pulang dan kami sekeluarga berkumpul bersama, sosok bapak yang penuh disiplin pun kembali hadir.

Bapak hobi olahraga tenis meja dan bulutangkis. Beliau rutin olahraga, itu pula kayaknya yang bikin beliau tetap punya badan ramping dan kayaknya seumur-umur ga pernah gendut. Kalo ada kejuaraan 17 agustus antar RT, beliau pasti jadi juara. Rentetan piala yang berjajar di rumah, kebanyakan hasil peruntungan beliau pas 17-an. Oh iya, beliau punya cita-cita anaknya jadi atlet PON cabang tenis meja. Cita-cita tersebut beliau tulis pake spidol warna silver di bagian belakang lapangan tenis meja yang waktu itu beliau beli ketika saya masih SD "Semoga anak-anakku menjadi pemain di PON mendatang". Lantai 2 rumah kami, selain buat tempat shalat dan ngaji, biasa digunakan buat bapak dan teman-temannya main tenis meja. Sayangnya hal tersebut nggak kejadian, anak-anaknya nggak ada yang jago main tenis meja kayak bapak... hehehe.

Salah satu hal yang saya amazed sama Bapak adalah kesederhanaan
beliau. Bapak kalo ngajar suka-nya naik sepeda. Makanya dijuluki umar bakri. Sepedanya ada keranjang di depan, buat naro buku dan berkas-berkas. Bukan sepeda mahal juga... Bapak beli-nya bekas di bengkel sepeda dekat rumah, soalnya dulu sepeda sebelumnya yang agak bagusan hilang diambil orang di kampus... jahat ya, sepeda dosen pun di maling!






Dari beliau juga saya belajar arti ketulusan dan keikhlasan. Sudah belasan tahun bapak menjadi dosen di sebuah pesantren di daerah indramayu. Setiap minggu-nya Bapak pasti bolak balik kesana. Saya aja yang masih muda aja mikirnya "kok bapak mau aja ya tiap minggu ngajar kesana, saya mah capekk pasti ogah..." padahal bayarannya nggak seberapa juga, cuma saya yakin niat beliau adalah sangat mulia yakni demi agama dan mencerdaskan umat. Bulan lalu beliau membawa pulang burung kuntul, yang ditemukannya nyasar masuk ke kamar pas dipesantren. Dan sekarang si burung kuntul jadi piaraan kesayangan Bapak dan gendhis










All the feeling about an evil dad gone with the wind semenjak saya menikah selanjutnya punya anak. Mungkin karena usia beliau semakin senja dan anak-anaknya juga udah gede-gede serta pinter-pinter, nggak ada lagi tuh "Si Bapak yang serem tukang marah-marah". Justru jadi lebih sabar, legowo, dan toleran. Ketika bulan lalu HP beliau dicuri ketika ditinggal sejenak pada posisi sedang men-charge di kamar pesantren, beliau berusaha ber-khusnudzan pada tuhan dengan tetap berfikir positif bahwa ada rencana tuhan yang lebih indah dengan hilangnya HP tersebut. Kemudian ketika diadakan "sidak" oleh pihak pesantren kepada para siswa, dan hasilnya nggak ketemu juga itu HP, bapak berusaha untuk iklas. Padahal... isinya banyak lagu-lagu kesayangan beliau dan foto-foto yang belum dipindahkan ke HP beserta nomor kontak orang-orang. Issshhhhh saya aja gemessss!!!!

Bapak adalah orang yang amat-sangat-super-kepo tentang tesis saya. Tiap saya pulang ke rumah beliau nanyain perkembangannya terus. Beliau juga tempat saya curhat sampe mewek-mewek karena thesis saya mentok. i dont even know where should I start...huhuhu...

Sampai kemudian, ketika saya harus turun lapangan buat cari data ke Purwakarta, beliau dengan senang hati menawarkan diri untuk mengantar saya. "Kalau mau saya antar, saya bisa hari rabu". Beliau kadang kerap menyebut "saya" instead of "bapak", jadi saya suka berasa kayak anak mahasiswanya 😜

Kayaknya ini pertama kalinya saya pergi jauh berdua doang sama Bapak. Kinda weird, bapak pasti nggak asik! Sepanjang perjalanan dijamin saya bakal boseeeeeennn warbiasak dan mati gaya dan mungkin juga kehabisan bahan pembicaraan

Kami berangkat dari rumah jam 6 pagi. Sebelumnya bapak sudah mewanti-wanti kalo kita harus berangkat pagi biar nggak macet dan sampe sana masih pagi juga. Tau kan yaaa kalau berurusan sama pihak pemda, makin kesiangan takutnya mereka udah pada pulang *ngok*

Kami pun berhenti di rest area buat sarapan. Bapak minum kopi sama makan roti. Saya beli paket breakfast KFC. "bapak gak mau ini?" kata saya sambil menunjukkan bungkusan chicken wrap "nggak.. mau minum kopi aja" Kelar sarapan kamipun melanjutkan perjalanan

Pukul 10 kurang roda mobil kami sudah menjejak ujung pintu tol purwakarta. mobil pun berbelok ke kantor dishubparpostel. Info dari Kang Tri, temannya Airen yang mendapat penempatan disana, sekaligus sosok yang sangat berjasa atas thesis saya karena memperkenalkan saya ke orang-orang penting yang menjadi informan penelitian, bahwa bapak kepala bidang berkantor di gedung tersebut... eh ternyata dapet info kalo kantornya sudah pindah!

Janjian deh via telpon sama pak Kabid. Rupanya belum lama ini kantor beliau pindah mendekat ke kantor dinas Pak Bupati supaya koordinasi lebih cepat. Jadilah akhirnya kami berputar-putar kota buat mencari masjid agung. Karena clue yang didapat cuma lokasinya dekat masjid agung. Secara kami masih buta dengan jalanan disana, akhirnya bolak balik nyasar deh... hahaha.. apalagi banyak jalanan satu arah yang bikin bingung😝

Honestly, ini kali pertama saya ke Purwakarta. More than i expected. Kirain kota nya biasa-biasa aja, umumnya kota perlintasan layaknya karawang, cikarang, gitu gitu... panas, gersang, plain gak ada apa-apa.  eh ternyata this city is so nice loh! Di jalan-jalan terdapat ragam hiasan sentuhan khas sunda yang bahkan ambience tersebut nggak bisa kita rasakan di bandung sebagai ibu kota jawa barat, maupun   kota lainnya kayak garut, ciamis, atau cirebon. Adegan nyasar-nyasarnya saya dan bapak justru bikin kami menyaksikan pemandangan baru. I feel like... kayak di Bali ya, pohon-pohon di tutupi kain, ada beragam patung-patung tokoh wayang maupun tokoh perjuangan yang berdiri gagah di tengah jalan, lampu penerangan jalan diberi aksen topi caping, pagar berbentuk melati menghiasi banyak bangunan dengan seragam, ada taman-taman cantik serta pepohonan kecil yang dibentuk rapi menyerupai berbagai hewan atau bentuk lainnya. Hal tersebut membuat kota ini jadi nggak flat, tapi ada "soul" nya. Kalo saya baca di beberapa artikel memang ada pihak-pihak yang nggak setuju sama kebijakan Bupati Purwakarta dalam menata kota nya seperti ini karena alasan-alasan tertentu.  But for me, this is sooo good! And for the judgemental person out there yang berfikiran kalo menyelimuti pohon dengan kain itu musyrik dan ke-bali-bali-an... you should know the truth, alasan utama hal tersebut dilakukan adalah justru untuk melindungi pohon-pohon dari perbuatan tangan-tangan jahil yang merusak, seperti menempelkan tulisan sedot wc, sewa badut, jual rumah atau bahkan menjadi spot kampanye dengan tempelan wajah-wajah caleg parpol yang membuat pemandangan kota jadi berantakan dan jorok!

Alhamdulillah, akhirnya kami sampai juga di masjid agung. Sempat bingung juga, kok ga ada tulisan yang mengarah ke bangunan kantor dinas... owalaaaah ternyata, tempatnya agak nyempil malah terkesan kayak rumah warga, lokasinya persis beberapa langkah dari masjid agung. Kami disambut oleh dua orang staf dinas yang sangat informatif dan helpful, sambil menunggu Pak Kabid yang masih berada diuar kantor. Untunglaaah saya ngajak Bapak. Beliau juga ikut masuk, ngobrol, dan nanya-nanya, membuat saya yang "kaku" jadi berani mengajukan banyak pertanyaan. Wawasan beliau yg lebih luas membuat pertanyaan jadi semakin berkembang.

Selang satu setengah jam kami menunggu, akhirnya datang juga narasumber kehormatan. Mulai deh pertanyaan demi pertanyaan yang telah disusun terlontar keluar menanti jawaban. Bapak juga kali ini ikut nanya-nanya. Saya jadi ngerasa kayak anak kecil pemalu yang nggak berani sendirian duduk dikelas, tapi minta ditemenin bapaknya... hahaha Alhamdulillah, interview berjalan lancar. Pak Kabid sangat informatif dan terbuka menjelaskan berbagai hal terkait pariwisata Purwakarta dan strategi pemasaran maupun komunikasi yang dijalankan. Beliau memberikan penuturan yang runut kenapa Purwakarta menjadikan sebuah tradistional culinary sebagai icon destinasi wisatanya instead of landmark tempat, hewan khas, maupun motif batik yang biasanya menjadi icon destinasi kota-kota lain. Pak kabid nya masih muda, sehingga saya menangkap strategic plan yang dirancang beliau cukup inovatif dan kekinian media yang digunakan nggak melulu yang konvensional. Sayangnya interview terpaksa di sudahi karena beliau harus melanjutkan agenda kerja berikutnya. Oh iya beliau juga menyarankan saya untuk mampir ke "diorama" yang menyimpan sejarah purwakarta. Well noted!

Kelar interview, saya dan bapak shalat zuhur di masjid agung, lalu karena perut sudah keroncongan kamipun mampir ke warung makan di sebelah masjid dan menikmati kupat tahu. Bapak cukup lahap makannya. Kami pun ngobrol ngalor ngidul mengenai hasil interview tadi.

Memenuhi advice pak Kabid, kemudian kami meluncur menuju diorama. Again... karena nggak tau jalan, kami pun nyasar lagi... hahaha. Kalo pergi sama Bapak, emang sebenernya nyasar menjadi hal biasa. Nggak afdol kalo nggak pake nyasar sebab Bapak memang nggak hafal (atau nggak tau?) jalan. Pernah nih, mama pergi sama Bapak dan Mila ke Airport, pulangnya... alih-alih sampe rumah di Ciputat, malah nyampe Tanjung Priok. Haduhhh dan itu nggak cuma sekali, bulan berikutnya ke Airport lagi, pulangnya kembali nyasar ke Ancol, pas puter balik ternyata nyampenya ke arah Airport lagi.. hahaha penumpangnya sampe geregetannnn! Nah, ada adegan lucu nih, karena nggak ketemu-ketemu akhirnya kami memutuskan buat nanya ke orang. Lalu mobil berhenti di samping seseorang yang kalo dari pakaian dan lampu tongkat yang dibawanya adalah seorang juru parkir. Pas bapak berhenti dan nanya, orang tersebut cuma ketawa-ketawa. "arah diorama, gedung kembar, kemana ya?" dia cuma ngangguk-ngangguk sambil tertawa dengan pandangan kosong. "kesana ya?" kata bapak serius sambil menunjuk sebelah kanan, juru parkir itu pun ikutan tunjuk-tunjuk kanan sembari nyengir memperlihatkan deretan gigi-nya yang ompong. "Yaaaahhhh orang gilaaaa Pak..." seru saya, kami berdua pun ngikik. Iya, ternyata sosok tersebut fix agak kurang waras.

Bapak pun melanjutkan menyetir lurus "loh, kan tadi orangnya nunjuk sebelah kanan pak?" ucap saya, "orang nggak nggenah kok dituruti..." sahut bapak tetap menyetir lurus. Kami pun ngikik lagi.

Setelah berputar-putar (yang sebenarnya di situ-situ doang) tapi berasa jauh karena pake nyasar, akhirnya kami pun menemukan Gedung Kembar yang menjadi tempat museum diorama purwakarta. Beruntungnya kami, datang ketika ada jadwal kunjungan dari sebuah SD. jadi selain jam operasional museum agak diperpanjang, kami juga bisa ikut menyaksikan video tentang purwakarta di dalam theater.

Guess whatttt ternyata diorama purwakarta ini bagussss bangetttttt. sumpahhh. 



Bagian depan museum diorama purwakarta. Pic: kebudayaanindonesia.net


Saya sama Bapak sampai terheran-heran. Sepanjang pengalaman saya ke museum di Indonesia, tempat paling keren so far adalah museum Bank Indonesia. (itupun terakhir kesana pas jaman orientasi kantor 😜) Karena dilengkapi dengan show unit audio visual yang lumayan keren, walaupun beberapa ada yang udah gak nyala....LED yang harusnya membuat gambar sambung menyambung, tapi beberapa tampak tidak menyala. Alhasil, bikin gambar yang harusnya keren jadi kepotong ditengah-tengah huhuhu.... syedih.

Nahhhh di museum diorama purwakarta ini alat peraga nya jauh lebih canggih! Pelayanan dari para staf nya juga layak diacungi jempol.
Masih muda-muda, sepertinya anak kuliahan. Cantik-ganteng-kinyis2 dan penuh senyum. Memakai seragam adat Purwakarta. Kami pun langsung didampingi pemandu yang cukup informatif menjelaskan setiap spot dengan baik. Tebak dooong siapa yang paling antusias dan banyak nanya ke pemandunya? tentu saja Bapak! Padahal kan saya ya yang riset thesis... hehe

Begitu masuk ke ruang pamer, ada sebuah buku ajaib yang bisa berbicara, kalau "page" nya dibuka, dia otomatis membacakan tulisan di page yang sama dengan yang sedang dibuka. Bapak mendengarkan buku tersebut bercerita mengenai sejarah purwakarta sambil manggut-manggut  "ini kamu rekam.. ada sejarahnya" tukas Bapak. Saya dengan sigap menyalakan recorder di handphone.







Selanjutnya, kami hanyut dalam penjelasan sang pemandu dan beragam show unit serta gambar-gambar. Saya lihat wajah Bapak, beliau tampak sangat antusiuas sambil ber "oooo.... gitu.." ke Akang pemandunya. Mulai dari kisah kerajaan padjajaran, masuk ke jaman penjajahan, sampai akhirnya Indonesia merdeka.

Kami pun dibawa ke sebuah rungan dengan ambience yang bikin merinding kalau di rasakan baik-baik. Dalam ruangan tersebut berkumandang lagu indonesia raya sesuai dengan syair pertama kali dibuat, serta memamerkan naskah teks proklamasi yang diketik oleh... sayuti melik (pak sayuti ini seringkali keluar dalam soal-soal ujian anak sd :p)







Berjalan ke ruang selanjutnya, kami diperkenalkan dengan jajaran foto para pemimpin purwakarta dari awal terbentuk hingga saat ini. Dilengkapi dengan sebuah layar digital dimana kami bisa memilih profil salah satu pemimpin yang ingin kami kenal lebih jauh. setelah dipilih, di layar tersebut akan keluar biografi dari pemimpin tersebut.


sumber : purwakartakab.go.id

Masuk terus ke ruang berikutnya.... Whoaaaaa Bapak sang penggemar wayang tampak kembali berdecak-decak kagum. Barisan koleksi wayang disusun berjejer dengan rapi-nya. Sayapun menyempatkan diri berfoto diantaranya.





Show unit keren lainnya adalah mesin yang dengan sensor tangan digoyang-goyang kita dapat memilih lagu-lagu khas purwakarta untuk kemudian diperdengarkan. Kalau saya nggak salah ingat, salah satunya adalah lagu ciptaan Pak bupati yang dinyanyikan sama Charlie van houten  (bener kan yak namanya... hahaha pokoknya si charlie mantan vokalis st 12 lahh)

Laluuuuu yang paling top nya nihhhh adalah atraksi sebuah sepeda ontel yang di sisi kanan-kiri-depannya dilengkapi layar gedeee. Bapak dengan super semangat mencoba atraksi tersebut. Jadi, kalau pedal sepeda digowes, layar di depan kita akan ikut berjalan serasa kita benar-benar sedang bersepeda mengelilingi kota Purwakarta. Nah, kalo nge-gowes nya berhenti, gambar di layar juga ikutan berhenti. Seruuu deh! Bapak aja sampe nggak mau turun saking kesenengan... padahal ya bo.... di belakangnya ada serombongan bocah SD yang udah ngantri dan resah nggak sabar pengen naik 😜 eehh Bapak cuek ajaaaa tetep ngegenjot sepeda sambil senyum2. "bapak ih... itu anak kecil di belakang pada nungguin...." ucap saya. "biarin aja... ngantri..."









Jalan lagi menuju spot selanjutnya, ternyata ada pilar yang berisi visi-misi kabupaten purwakarta. Info penting nih buat dikaitkan sama communication objective dari tourism marketing kota tersebut. Sayangnya tulisan dibuat diatas sulur-sulur yang motifnya cukup ramai sehingga agak susah buat difoto secara jelas.

Nah, kami lalu masuk ke ruangan audio theater yang memutarkan film seputar sejarah purwakarta dan beragam hal terkait dengannya. Opening film dibuka dengan lagu dan tarian sate maranggi. Saya sama bapak dan satu rombongan anak SD serempak berjoget sambil tertawa tawa.. That was fun! hahaha... si Bapak ikutan goyang-goyang "ayo kamu rekam... " pinta nya.





Terakhir, kami berkesempatan foto bersama Bapak Bupati. Bukan... bukan karena ada kesempatan pas bupatinya nganggur... hehe tapi ada sebuah stand foto berupa layar monitor dimana kami bisa berfoto bersama pak bupati. Ada juga stand foto augmented reality dimana kami bisa foto pake baju daerah purwakarta. Tentu saja saya dan bapak tidak melewatkan kesempatan ini.






Di pintu keluar, bapak pun menuliskan pengalamannya dengan diorama ini "sebuah museum yang monumental" tulisnya di buku kenangan. Purwakarta memang bercita-cita menjadi "window of art and culture" yang menjadi jendela bagi kesenian dan kebudayaan khas Sunda. So true, kalau jalan-jalan ke Purwakarta, harus diagendakan untuk mampir kesini.

Kami pun pulang dengan happy. Sepanjang jalan bapak cerita tentang rutinitasnya kalau ke pesantren di Indramayu. Ternyata... perjalanan berdua dengan bapak ke Purwakarta meninggalkan kesan tersendiri buat saya dan sama sekali nggak membosankan dan kaku seperti yang saya pikirkan. Dan saya makin memahami bahwa Bapak memang sayang sama saya... hehehe.

Semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah, diberikan umur panjang, diberikan kesehatan, dan rejeki yang berlimpah (jadi bisa terus ngajak jalan-jalan gendhis hehehe). Semoga saya bisa jadi anak yang berbakti dan bikin Bapak bangga dengan menyelesaikan program beasiswa ini serta thesis yang selesai tepat waktu, dan insyaAllah nilainya bagus. Aminnnn

Maafkan kalau dulu saya pernah menyamakan Bapak dengan Singa, mengadakan "perang dingin" (iya, kami sempet nggak saling ngomong selama berbulan-bulan), sengaja bikin Bapak kesal, dan berfikiran kalau Bapak nggak sayang sama saya. Belakangan saya lihat Bapak semakin sepuh. Sering juga mendapati Bapak yang lagi nonton tivi atau baca buku lalu tertidur lelap. Bahkan pernah tertidur di dalam istana frozen nya Gendhis dengan hanya kaki yang tampak dari luar. Kadang kita terlalu sibuk beranjak dewasa, mengejar karir, serta fokus pada kehidupan sendiri, Dan lupa bahwa orang tua kita juga bertambah tua.

I love you, Bapak. Sehat terus yaaaa.









Sent from my iPhone

No comments:

Post a Comment