Thursday, February 20, 2014

Belanja Perlengkapan MPASI

Peralatan "Perang" MPASI baby Gendhis

Eng ing eng..... alhamdulillah baby Genndhis udah lulus S1 asix. Walaupun nggak cumlaude, saya senang sekaligus bangga dooong tentunya. Karena sebagai ibu bekerja yang kudu tetep pumping walaupun diomelin atasan... saya bisa tetep mensuply asip untuk bayi tercinta.
Apalagi semakin hari Gendhis juga makin pinter mimik asi nya. 100ml aja kurang loh.... dia minta nambah 20ml lagi...hahaha bikin emaknya dag dig dug bin gemporrr!

Anyway, meskipun perjalanannya nggak mudah karena sempat diwarnai oleh tragedi bingung puting yang membuat saya patah hati....alhamdulillah semua dapat dilalui dengan baik dan bisa jadi pengalaman buat diceritain kelak. Yeay!!!

So, sekarang saatnya saya share peralatan mpasi baby gendhis plus pengalaman saya selama memakainya. tidak lupa saya sertakan score nya skala 1 - 5 ( 1=ih lucu bangeeeet but nice to have, nggak penting penting amat sebenernya, 5=sangat penting, ayo dibeli sekarang juga!)

1. Takahi Slow Cooker. 225rb

si penyelamat bangsa, favorit para working mom se dunia. Sungguh memudahkan hidup saya karena membuat urusan menyiapkan mpasi bergizi buat bayi semudah membalikkan telor ceplok di penggorengan (lebayyy....)

jujur aja, saya nggak bisa masak sama sekali. tapi dengan takahi slow cooker saya bisa bikin bubur tim yang bau nya bikin ngiler orang serumah. cukup dengan cemplang cemplung bahan lalu ditinggal tidur, voila....bangun pagi bubur tim sudah jadi. resep memasak memakai slowcooker pun bertebaran di internet tinggal googling ajah

Sebenernya nggak hanya Takahi, ada beberapa merk lain yang dijual dipasaran. saya beli yang ukuran 0,7ltr sangat cukup buat masak makanan bayi, sekali masak bisa buat 3x makan. Karena pancinya terbuat dari pot tanah liat, pada sesi makan berikutnya tinggal kita panasin aja si panci langsung diatas kompor.

Buat saya score nya 5. Superrr recommended apalagi buat buibu bekerja yang nggak punya banyak waktu. Buruan gih dibeli. haha! *kompor*

2. Food maker set - Simba 115rb

ini adalah satu set lengkap peralatan untuk membuat makanan bayi seperti parutan, perasan jeruk, kayu untuk menumbuk, saringan kawat, piring dan mangkok. kudu punya banget!!! karena pada kenyataannya akan dipakai setiap hari.

Yang banyak direkomendasikan adalah merk pigeon (230rb), tapi karena pas saya mau beli di babyshop stoknya lagi abis, jadi beli yang merk simba aja deh. kalo kata cici yang jualnya sih sama aja kualitasnya. udah bpa free juga dan harganya lebih murah

Score: 5. Sampai baby gendhis umur setahun juga masih kepake.

3.  Food processor - pumpee 185rb

food processor a.k.a blender ini berguna buat bikin jus dan menghaluskan bubur bayi.
Kelebihan dari blender pumpee ini adalah ukurannya yang kecil sehingga gampang dibawa bawa seperti pas mudik lebaran kemarin. selain itu, wadahnya yang mungil cocok untuk porsi makan bayi. blender ini pun sangat aman karena kalau penempatan wadah dan tutupnya belum "klik" dengan mesin, nggak akan nyala.  disamping itu, kalo pake blender ini hasilnya nggak terlalu lembuuuutttt kayak blender pada umumnya, namun masih agak bertekstur (dikit) sehingga bisa bikin lega ibu ibu yang parno kalo keseringan di blender nanti anaknya nggak mau makan makanan dengan tekstur.

tips: khusus untuk menghaluskan makanan yang cair, hati hati air bisa keluar dari tutupnya ya, jadi kudu sambil dipegangin biar nggak bocor

sebenarnya sih, kalo punya uang lebih pengennya beli hand blender phillips yang kondang itu (500rb-an) tapi... saya sayang uangnya, mending buat beli printilan mpasi lucuk lainnya. ehm, pas masih hamil saya pernah liat si mamer punya handblender mirip kayak gini juga, dan waktu itu sempet diskusi "ini simpen yang bener, buat nanti kalo adek bayi lahir. tapi justru karena disimpennya terlalu hati hati jadi malah lupa deh ditaro dimana. hahaha dan sampe sekarang belom ketemu, kok suka begitu yaaaak....

 score: 4, sampe sekarang masih dipake kalo mau bikin jus

4. pigeon meal set (kado dari kakak mabelle, thanks ya tante bonde)

ini peralatan makan andalan saya. bpa free dan bisa masuk ke microwave. terdiri dari piring, mangkok, dan dua buah sendok (satu rada gendut dan cekung buat makan yang rada berkuah, satu lagi sendok langsing dan panjang enak buat nyuapin kalo makan bubur tim, karena ukurannya pas dengan lebar mangap mulut bayi, jadi sekali hap! masuk semua ke deh mulut) walaupun warnanya putih doang, merk pigeon terbukti tahan banting serta awet. 

score: 5

5. boon squirt - 80rb

udah lama naksirrr berat sama si botol sendok bertutup ini. karena pas liat gambarnya kok lucu bingit yaaaa bentuknya *gemesss* , udah gitu warnanya gonjreng eye catching jugak, sungguh bikin saya jatuh hatiii...haha (berlebihan). benda ini sangatlah praktis dan simple. nggak perlu ribet bawa wadah bertutup, mangkok, dan sendok secara terpisah karena semuanya udah ada dalam satu benda lucuk ini. Tinggal pencet "cret" makanan langsung keluar menuju sendok. so easy!

awalnya mau pesen online karena udah kebelet banget pengen punya, nemu yang harga miring 90rb tapiii ternyata stoknya lagi gak available (yaaaah penonton kecewa...) eh, pas lagi mampir ke maebebe babyshop kesayangan tak disangka tak dinyana ada boonsquirt tergantung manis di rak belakang kasir. nggak pakek mikir, langsung deh di beli. girangnya lagi, ternyata harganya cuma 80rb yeayyy!!! *joged2* 

score: 3 sebenernya nggak punya juga gak papah siiiihhh... tapi lucukkk bo, nggak nahan!

6. cetakan es batu. 20rb-an

gunanya buat bikin frozen food seperti puree buah ataupun untuk membekukan kaldu.
setelah beku, lantas makanan dapat dimasukkan ke plastik zip lock sehingga hemat tempat, dan ketika akan digunakan dapat kita ambil beberapa cubes (sesuai porsi makan bayi)
saya beli cetakan es batu yang ada tutupnya (pilih yang pake tutup biar lebih bersih) di sebuah toko yang jual pernak pernik dari jepang, lupa namanya apa.... saya pernah liat juga benda ini dijual di carrefour di rak yang isinya barang barang jepang juga deh.

score: 4 

buat saya, benda ini cuman dipake sekali pas lagi bikin kaldu ayam, yang mana pada akhirnya si kaldu yang udah difrozen itu nggak kepake juga karena mamer lebih prefer kaldu yang masih fresh aja. sedangkan saya, karena hobinya masak pake slowcooker, ngerasa nggak perlu nambahin air kaldu sebab udah langsung masukin ayam atau daging utuhnya.

7. wadah wadah bertutup

saya beli 3 macem. 

yang pertama
adalah satu set wadah beragam ukuran (harganya lupa, around 50rb kayaknya) yang ternyata samaaaa persis sama yang dulu kami pernah beli di ikea hongkong buat oleh oleh mamer.

bahannya bpa free serta aman buat masuk microwave dan freezer. 

karena ukurannya macem macem, jadi kalau yang besar biasa saya pake buat nyimpen bahan makanan seperti sayur dan buah yang belum diolah, sedangkan yang kecil biasa buat tempat makanan yang sudah jadi

yang kedua,
satu set wadah berisi kurleb 9 wadah imut imut (12rb, beli di giant pas lagi promo). bentuknya ada yang bulat, kotak, serta bunga dengan tutup yang berwarna warni. ukurannya paaass banget buat satu porsi makan. selain cocok buat nyimpen makanan bayi yang sudah jadi di kulkas, wadah mini ini amat sangat berguna buat bawa makanan si bayi kalo lagi jalan jalan.

nggak terpampang logo bpa free sih di wadah ino, namun di bagian belakang ada gambar sendok garpu, jadi saya yakin ini aman buat taro makanan bayi.

yang ketiga,
lock and lock "click" ukuran kecil.
berguna untuk wadah biscuit ataupun cemilan bayi lainnya. dijamin nggak tumpah dan nggak melempem

score: 5. pasti kepake nya. dan nggak perlu beli banyak banyak kok

8. pisau dan talenan

sengaja beli maksudnya sih supaya spesial hanya digunakan buat bikin makanan bayi. biat nggak terkontaminasi sama bahan makanan dewasa kayak cabe yang pedesssss!

saya beli pisau pink ini karena warnanya lucuk aja sihh (lagi lagi, persepsi lucu ini sangat berbahaya yaaaah) padahal ada yang kayaknya kualitas metalnya lebih bagus, dan punya harga lebih murah. sayang warnanya gak lucu.

talenan spesial juga buat alas memotong makanan si bayi

score: 2 pake yang udah ada aja sebenernya gak masalah, sekarang malah saya pake piso yang biasa buat masak orang dewasa lebih tajem haha!

9. slabber

ada 2 macem yang saya beli untuk gendhis.

pertama, 
yang bahannya plastik anti air (30rb) belinya pas lagi ada bazzar centro di gandaria city. langsung jatuh cinta karena motifnya cantiiiikkk banget warna pink bunga bunga, dan karwna berbahan plastik, pasti bakal melindungi baju bayi dengan malsimal serta nggak akan belepotan. 
ternyata... saya salah besar!!! justru karena berbahan plastik jadinya air atau makanan yang tumpah nggak terserap, yang ada malah si bayi jadi ngerasa risih, lalu slabbernya di tarik tarik, makanan yang nempel di colek colek pake tangan daaannn semua belepotan! (muka, tangan, baju, kaki) 
score: 1

kedua,
slabber kain merk carter (12rb @maebebe)
mengambil pelajaran dari peristiwa di atas, akhirnya saya beli yang bahan kain ajah. kainnya tetapi dari bahan khusus yang nggak tembus ke baju. dan terbukti ampuh! menyerap dengan cukup maksimal, jadi belepotannya bisa diminimalisir.
score: 4 ( kalo mau irit, bisa pake tissue sih)

9. gelas bayi

awalnya, sehabis makan baby gendhis dikasih minum dengan cara disendokin air putih, tapi saya pengen gendhis juga pinter mimik dari gelas kayak anak anak lain
dalam memilih gelas buat anak emang cocok cocokan. cocok buat si a, belom tentu si b mau juga mimik pake gelas yang sama.

mag mag pigeon

ini dapet hadiah dari kakak mabelle sepaket sama meal set nya.
memiliki soft spout di bagian atas, untuk memudahkan bayi belajar minum. tapi ternyataaaa gendhis nggak suka. spoutnya malah di gigiting. begitu saya paksa coba lagi...eeeh dia marah marah. ya udah deh! selang beberapa minggu, saya coba lagi... masih marah marah juga. ya sud lah yawww... 
score: 2

soft spout merk timmy (25rb)

ini versi murahnya dari timmee tippee, dengan bentuk yang sama persissss. pas dicobain, lagi lagi nggak berhasil. sukses di lepeh!! 
score: 1

doidy cup merk kiddy

maksudnyaaaa.... ini versi ekonomis dari doidy cup yang beken itu. walaupun naksir berat, karena harganya mahal (75rb) saya urung buat beli doidy. baca di beberapa artikel, banyak ibu yang sukses ngelatih anaknya minum dari gelas via doidy cup. pucuk dicinta ulam pun tiba. pas ada pameran mother a d baby fair kemarin, ternyata di stand kiddy jual gelas miring yang persiiiiis banget plek plek sama doidy cup. dengan harga cuman 10rb rupiah saja... ha ha ha (tertawa senang!) langsung dong beli 2 biji. pas dicobain ke baby gendhis, ternyata dia mauuu.... dan bisa lancar minumnya. hore!!!! 
berkat doidy cup, sekarang gendhis udah bisa lancar mimik langsung dari gelas biasa. 

kayaknya si kiddy ini susah deh buat dapetin di baby shop. di ol shop pun nggak nemu. jadi kalau ada yang mau, silakan sambangi pameran bayi ya buibu...  
score: 5

10. kukusan merk tupperware (lupa harganya)

kindly note, kalau mengukus itu jauuuh lebih baik daripada merebus. karerna gizi yang terdapat pada makanan tetap stay, tidak larut terbawa air. jadilah saya membeli kukusan ini buat ngukus buah atau sayur dibawal mpasi.

score: 3 
(kegedean bo! justru sekarang kayaknya saya pengen beli kukusan yang ukuran kecil, atau yang listrik sekalian biar praktis. kemaren sempet browsing ntah merknya apa, tapi harganya 140rb) sepertinya oke deh!

11. termos tahan panas kecil. Merk pumpee, 50rb

Bentuknya mirip termos nasi, atau termos es lilin jaman dulu yang ada tutupnya. Tapi ini versi kecil imut imut. Berguna banget buat travelling.
Tutup ulir-nya sangat rapet sehingga nggak gampang tumpah meskipun di jalanan gonjang ganjing. Nasi tim atau sayur sop yang dibaea juga awet angetnya. Di bagian atas, terdapat mangkuk kecil dan sendok lipat. Praktis!

12. dll. 

Sebenernyaaaaaaa list ini nggak akan pernah stop karena (again) barang barang bayi itu semua lucu lucu. kalo nggak kuat iman, segala munchkin grinder, muchkin safety feeder buat makan buah, beragam mangkok dan piring warna warni, dsb mungkin bisa bisa saya borong semua. hahaha! again, be wise mommy.... beli yang dibutuhkan dulu aja yah!

goodluck buat belanja peralatan mpasinya. may this article helps ya... luv luv

maap belom ada fotonya, belom sempet motret ato browsing :p

18 comments:

  1. *duduk di pojokan mencatat dengan manis.
    Nyicil belanjaaa ah kalo ketemu barang-barang ini. Daripada suami nyinyir gw beli printilan useless hahaha...

    ReplyDelete
  2. Orci... iyak ayo di cicil, mak! Tapi emang kudu kuat iman buat ngegembok dompet karena semua lucu lucu parahhhhh hahaha

    ReplyDelete
  3. Sis Ingkie, terima kasih untuk sharing-nya. Untuk Pumpee Food Processor seharga 185rb beli dimana? Apakah bagus? Jika bagus, tolong info beli dimana ke email aku di evigonawan@gmail.com ya. Terima kasih!

    ReplyDelete
  4. Bunda, boleh tanya beli slow cooker takahi 225rb dimana? :) tolong info me rissa_ayasha@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. Mbak mau tanya cara pakai food processor kalo untuk daging gimana ya? Direbus dulu baru dimasukin situ? Perlu disaring lagi nggak untuk baby 6.5 bulan?

    Aku punya dari kado nih makanya jadi gak pengen beli blender walopun di forum banyak yang nyaranin blender ajaa..

    ReplyDelete
  6. hai mom winta, salam kenal... makasih udah main ke blog ini. kalo aku biasanya dagingnya dipotong kecil2 dan dimasak barengan nasi tim nya. setelah tim matang, masukin ke foodprocessornya, blender dikit sampai rada halus. krn masih 6,5 bulan masih perlu disaring pakai saringan kawat lagi ya. hope it helps

    ReplyDelete
  7. Seperti biasaaa...Lari kesini kalo mau nyari rekomendasi apa-apa...Bentar lagi mulai MPASI nih..Nyontek dulu ya..Makasihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola! Silakan di contek mom rizka.... siap siap ngeborong yaaa...

      Delete
  8. Terima kasih Ingkie tulisannya... berguna banget buat yg sebulan lagi mpasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Daisybell. Selamat - MPASI, Seruuuu banget loooh! hahaha

      Delete
  9. Mbak dulu mengatasi bingung puting caranya gimana? soalnya baby ku sekarang nggak mau mimik aq langsung, maunya pakai dot aja.. Hiks..

    ReplyDelete
  10. Mbak dulu mengatasi bingung puting caranya gimana? soalnya baby ku sekarang nggak mau mimik aq langsung, maunya pakai dot aja.. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba yurika, bisa baca pengalaman. baby ku pas bingung puting di blog ini jg

      Delete
  11. mba ingkie, beli takahinya dimana tuh? murah sekaliiii. please infonya ya, anakku 4 bulan lg nyiapin ini itu alat tempur mpasi. thanks :**

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu beli nya di fanybabyshop itc kuningan Mba Meiga, tp sdh hampir 2 thn lalu hehehe. kalo sekarang kayaknya pasarannya 300rb an ya?

      Delete
  12. Mba trmos pumpee 50rb beli dmn ?
    tlg info ya ke no 085697207157..tx ya

    ReplyDelete
  13. Mkasih infonya bund..berguna bgt..nie aq tngah mlem bljar serba serbi mpasi..smbil nyatet apa z yg mw dbeli..mumpung dedek lg pules..

    ReplyDelete
  14. thankyou ya cyyyyn help me much much much lagi excited mau mpasi

    ReplyDelete