Friday, September 16, 2016

Jalan-Jalan Keluarga ke Singapura - Part 2 (Day 2 - Universal Studio Singapore)

Day 2

Hari ke 2, kalo berdasarkan itinerary, saya bikin 2 alternatif. Yaitu ke Johor Baru, atau ke Universal Studio. Program ambisiusnya adalah pengennya dua negara yang di cap di passport kami. Tapi setelah di timbang-timbang bahwa perjalanan ke Johor baru menempuh sekitar 5 jam-an PP, dan disana juga nggak ada objek wisata lain yang bisa dilihat-lihat selain Legoland, dan nanti mesti buru-buru balik naik bis-nya, yang katanya harus naik turun bis di perbatasan dan lari-lari supaya pas naik lagi nggak ketinggalan,  Alhasil kami memutuskan untuk stay di spore aja dan mencoret agenda mampir Malaysia.

Jam sembilan kurang kami keluar dari hotel lalu jalan kaki menuju haji lane. Karena nggak bisa akses google map, kami berjalan dengan berbekal brosur berisi map yang kami ambil dari meja resepsionis hotel. Lumayan juga jalannya... hehe tapi karena jalan kaki disana mah enak, pemandangan sepanjang jalan juga asik... apalagi pas udah deket haji lane (lupa saya nama jalannya apa) isinya jejeran kedai-kedai mungil yang cantik serta unik. Belum lagi street grafitti yang ciamik bikin kami berhenti buat sejenak foto-foto.

Lalu sampailah kaki kami melangkah di depan masjid sultan. Karena masih pagi, cuaca belum panas dan enak buat foto-foto. Kami pun sarapan di Kampung Glam Cafe, recommended karena murah, halal, dan lumayan enak. Saya pesan lontong sayur, airen pesen nasi lemak, gendhis nasi+sop+telur. Minumnya es teh tarik dan lemon tea (ini enaaakkk, saya yang biasanya ga demen teh tarik aja langsung syukaaa), tambah cemilannya pastel sama satu lagi kue apa yaaaa kayak talam gitu.  semua habis kurang dari 10sgd 👍 sip banget! Disini, ada beberapa menu yang hanya ada pas pagi atau malam saja.

HOW TO GET THERE?
MRT paling deket adalah Bugis. Dari bugis jalan kaki atau bisa nyambung naik Bus nomor 100 dan turun di halte victoria street. Kampong Glam Cafe letaknya persis di depan Masjid Sultan

Kenyang makan, kami nanya ke salah satu pelayan, apakah ada MRT dekat sini (kali aja ada dan kita gak tauuu... ternyata beneran ga ada!) trus beliau menginfokan kalo mau ke sentosa mah baik bus aja. Halte bus terletak di ujung jalan, tapi kami harus nyebrang jembatan yang cukup tinggi. Lalu naik Bus nomor 100, langsung sampe di depan vivo city.

Naik bus di Singapore sama nyamannya kayak MRT. Karena penduduknya dikit dan sebagian besar mengandalkan MRT, jadi bus pun nggak pernah umpel-umpelan bak Bus Deborah lebak bulus - depok yang kondekturnya songong2 karena sadar mereka high demand! Bus yang kami naiki AC nya dingiiin banget seperti jebol! Gendhis super happy duduk sendiri sambil nyanyi-nyanyi. Ternyata, bus ini melewati rute-rute yang biasa didatangi turis salah satunya adalah arah Merlion dan marina bay (padahal kemaren jalan jauh dari MRT raffles ke Merlion lalu ke the shopee, tau gitu kan naik bus ini ajaaa... dasar orang jakarta yaaaa paling males jalan kekong 😅)

Sampai di Vivo City, lalu lanjut menuju Sentosa Island, disitulah Universal Studi Singapore (USS) berada. Info lebih jauh tentang Sentosa Island, bisa dilihat disini

HOW TO GET THERE?
Ada 3 cara yang dapat ditempuh untuk mencapai Sentosa.

Pertama (dan yang paling favorit) adalah naik Sky Train. Bayarnya 3sgd/orang. Naiknya dari lantai atas vivo city (ikutin aja papan petunjuk yang mengarahkan kita ke sky train).

Kedua adalah naik Bus RWS8, dari Vivo City. Kami pilih option ke 2 karena begitu kami turun dari bus 100, halte RWS8 persis ada di depannya. Ada signage besar bertuliskan Bus to Sentosa. Bayarnya 1sgd/orang. Dan kalo pulang naik bus ini lagi, kita nggak perlu bayar. Saya dan Airen bayar pakai ezlink card, eh sama Supirnya gendhis disuru bayar juga, untung punya koin 1sgd.

Ketiga, naik travelator. Itu loh.. yang kayak eskalator (tangga jalan) tapi bentuknya mendatar, kayak yang biasa ada di carrefour. Buat yang punya waktu panjang dan rela panas-panasan kalo memilih rute ini di siang hari, this is worth to try. Biayanya sampai saat ini masih free alias gretong!

Sampai di USS, tanpa perlu nukerin tiket, kami bisa langsung masuk berbekal ngeprint bukti pembelian di liburankeren.com.

Basicly, gendhis emang paling nggak suka sama suara musik kenceng jeder2, begitu masuk USS kami disambut dengan musik yang cukup hingar bingar (namanya juga theme park yaaaa) yang bikin gendhis kaget dan "mogok" diem dipojokan. Ih ini gimana siiiihh udah jauh-jauh, bayar mahal malah ga mau masuk *emaknya kezel*

Saya bujukin kita mau ke rumah minion, untungnya, persis di depan ada badut minion yang lagi foto-foto.  Tapi sayang, quota untuk foto bareng minion udah full, kami diminta balik lagi dua jam kedepan. Yahhh.... akhirnya kita belok masuk toko suvenir minion. Aduh, lucu-lucu banget! Saya sama gendhis pun berfoto pakai kacamata Minion.

Lalu kita masuk ke area (apatuh yang hewan2). Kayaknya USS nggak pernah sepi yaaaa, ini ngantrinya lumayan. seperti istana boneka, kita naik perahu, sambil melihat petualangan hewan2 hutan.

Selanjutnya, kami belok ke arah far-far away, dan menyaksikan pertunjukan 4D nya shrek. Lucuuuu!

Terus... tampaknya gendhis masih terganggu sama suara-suara bising itu. Bolak balik bilang "aku takut..." halaaahhh... terus nangis-nangis minta "pulang ajaaa..." I was like, "whaaaattt?" ngapain takut sih, kan ada ayah sama ibun, ini kesini juga biar gendhis happy... ayolaaaahhh.... tapi anaknya tetep tantrum gak mau masuk wahana!

Segala bujuk rayu udah saya sama airen keluarin, tetep aja anaknya minta pulang. Saya kekeuh dong buat maksa kita lanjut muter-muter. Trus si ayah juga dengan entengnya "ya udah deh kita pulang aja" iiiihhhh bete banget rasanya, ngapain juga sih ikut-ikutan minta pulang, kayak nggak tau aja ibun sampe ngorek-ngorek celengan ayam supaya bisa beli tiket masuk kesini. Mana cuaca Singapur siang bolong panas banget. Arrrgghhhhh!

Terus saya masuk ke sebuah resto burger, yang satu paketnya harganya 16sgd! Bodo amat! Hembusan AC terasa sejuuuuuk banget, semoga bikin hati ikut sejuk. Airen lalu ngantri beli makan, gendhis nya bobo! Ahhh..

Sambil makan kami menikmati pertunjukan mbak-mbak cantik nyanyi dan dancing. Sumpah yaaaaa bodynya bikin ngecesss! Plus kulitnya mulus bingit kayak boneka. Itu gimana caranya bisa begitu yaaaa... hahaha

Kelar makan, udah lumayan sore. Lalu kita keluar muter-muter lagi. Gendhis masih bobo, dan nggak mungkin juga kita titipin ke mbak-mbak an penjaga sementara saya sama airen naik roller coaster hahhaha. Untung udah pernah nyoba roller coasternya beberapa tahun lalu. Jadi nggak penasaran lagi.

Nggak lama gendhis bangun, kami balik lagi ke area hakuna matata. saya ajak makan nasi lemak yang harganya 14sgd. Duh mahalnya... padahal tadi pagi menu yang sama cuma 3,5sgd. Hohoho. Oh iya... kalo mau makan yang lebih murah, bisa keluar dulu dari area USS, minta di cap sama petugasnya. nanti masuk lagi. Di depan USS katanya ada food court yang menjual makanan lebih murah.

Kelar makan, kami nonton Donkey Show. Gendhis masih crancky... saya sama airen lagi serius ngeliatin opening "donkey" dia tiba-tiba kucluk kucluk kabur aja gituuuuu....ke pintu keluar! padahal shownya belom mulai. Langsung saya tangkep. aaarghhh kenapa siiiih kan padahal lucuuuu

next, gendhis udah gak mau masuk atau naik wahana apapun. Dia ngerengek-rengek minta pulang, keluar dari USS. kalo feeling saya kayaknya dia gak suka sama "backsound" area USS yang suaranya kenceng dan lagunya agak bum bum bum. Terpaksa akhirnya kita cuma foto-foto diluaran doang.

Gak mau rugi, saya naik wahana sesamee street sendirian, gendhis dan airen dua orang kesayangan yang lagi pada ngambek saya tinggalin diluar. terserah deeeehhh...begitu saya selesai naik wahana, eh karena udah hampir jam 6 semua wahana udah ditutup. Sayangnya pas kami datang, lagi nggak ada parade atau pertunjukan kembang api. fyi, kedua atraksi tersebut hanya ada di weekend namun TIDAK SETIAP WEEKEND! Pas kunjungan saya kemarin, parade udh duluan ada di minggu pertama, dan minggu selanjutnya pas weekeday tapi persis di hut negara singapore. next week sampe akhir bulan udah ga ada atraksi lagi. nanti ada bulan september. Yaaahhh! Jadwalnya bisa diintip disini ya mommies

jam 7 semua area udah tutup, dan di dalam USS udah sepiiiii. kami sempetin foto2 sebentar lalu keluar area deh!

Diluar, justru gendhis baru ON! Ada air mancur persis di gerbang pintu keluar, dan banyak anak-anak bermain disitu. Sudah pasti di guwaw jawaw minta ikutan, daaaaan gak mau berhenti!

singkat kata, kami pun pulang dan mengulang rute yang sama, naik bus RW2, turun di Vivo City. Dari vivo, tadinya kita mau naik bus 100 lagi tapiiii ternyata bus yang balik arah haltenya nggak tau ada dimana, tertutup jalan besar dan kita nggak tau how to get there. Jadinya masuk ke vivo dan naik MRT

Kami pun turun di Bugis dan jalan kakiiiiii lagi ke Haji Lane. Karena tadi pagi sang pelayan nyaranin kami buat datang kalo malem karena cafe yang buka lebih banyak dan lampu-lampu cantik tampil semarak. Sampai disana, foto-foto sebentar, beli makan dibungkus, lalu jalan kaki menikmati pemandangan. Gendhis duduk manis di stroller sampe ketiduran.

Sampai hotel betis rasanya udah konde-an, badan capek bingitt, gendhis pun udah bobo nyenyak. lalu terjadilah percakapan:

saya: mandiin lagi nggak nih?
airen: enggak usah udah biarin aja, udah tidur gitu, ganti baju aja..
saya: tapi kan kotor, tadi main air
airen: nggak usah, kasian. INI KAN SINGAPUR, WALAUPUN AIR MANCUR JUGA AIRNYA BERSIH BUN.....EMANGNYA INDONESIA (dengan penekanan dan intonasi tegas)

(JENG JENG.... kata-kata yang nggak sampai 6 jam kemudian bikin saya pengen jitak airen sampe benjollll! )

saya: oh, ya udah. gantiin baju aja kalo gitu

1 comment:

1. Hi sista..

Aku tu penasaran banget pengen tau kira kira liburan 5 hari gini di singapore spent cost sampe brapa ya...