Monday, September 26, 2016

Review Ergobaby 360 Cool Air

Review Ergobaby 360 Cool Air 

Dear Mommies,

Karena buanyak sekali yang menanyakan apa beda-nya gendongan bayi ergobaby 360 cool air dengan 360 basic versi replica. (maaf sekali saya nggak membahas yang ori ya..karena saya nggak punya dan untuk cool air belum pernah lihat yg asli di mothercare-pun, jadi ga bisa kasi review 🙏)  maka saya kemudian terfikir membuat artikel ini supaya Mommies bisa melihatnya lebih detail. Terutama buat yang membeli via online di Mommaergo nggak bisa lihat, raba, terawang, maupun cium-cium produknya, dengan artikel ini semoga bisa lebih ada bayangan yaaa...

Pada gendongan bayi ergobaby yang asli, menurut website resmi ergobaby, keunggulan dari tipe 360 cool air adalah bahannya yang air-mesh serta quick dry dimana kalau basah dia cepat kering, dan karena bahannya serupa jaring yang bolong-bolong jadi sirkulasi udaranya lebih lancar, meskipun udara di luar panas baby tetap merasa adem. Di design khusus untuk pecinta adventure and kegiatan outdoor.

Berikut adalah spesifikasi ergobaby cool air yang ada di websitenya.

COLLECTION-BANNER---360--cool-air



The NEW Ergobaby Cool Air 360 Carrier is the coolest addition to our award winning collection. Specially designed to keep you and your baby cool and comfortable in warm weather, the Cool Air 360 Carrier combines the best features of the Original 360 Carrier together with 3D-AirMesh panels and moisture-wicking mesh lining – making it the perfect companion for any adventure. 
Like the Original 360 Carrier, the Ergobaby Cool Air 360 Carrier maintains the highest ergonomic design standards for both baby and parent. Offering four carry positions, this Carrier is perfect from birth (with infant insert) through to toddler. The innovative deep seat provides idea hip positioning as your baby grows and aligns with health professional recommendations for safe hip and spine development. The seat width adjusts easily to comfortably transition baby from inward to outward facing and back again. It also features a height-adjustable structure that provides additional head and neck support for your baby.
Designed to offer premium comfort while out on the trails, the Cool Air 360 Carrier features curved tapering shoulder straps and a new waistband with classic buckle fastening, double-sided adjustability and a padded lumbar support panel for maximum comfort. 
Offering you and your baby cool comfort and the best babywearing ergonomics in all four carry positions, the Ergobaby Cool Air 360 Carrier supports your baby’s emotional and physical development from birth through to toddler. Enjoy cool adventures with Ergobaby.


Image result for ergobaby cool air


Nah, untuk tipe replica ergobaby 360 cool air, yuk kita lihat lebih dekat




1. Bahan bagian samping, atas, serta tutup kepalanya adalah kanvas  cukup halus. Sedangkan Bahan bagian tengah berupa jaring bolong-bolong dengan tekstur bahan agak kaku seperti polyster






2. Lapisan bagian dalam teksturnya juga agak berpori, dan sedikit kasar (saya nggak tau jenis bahan seperti ini namanya apa)


Lapisan dalam berpori dan agak kasar

3. Tali pinggang tanpa velcro, sehingga pemakaian lebih ringkes dan simple  

Velcro apaan si?
Itu looooohhh perekat, yang satu sisi agak tajam, sisi lainnya ada bulu-bulunya sehingga kalau disatukan keduanya bisa menempel erat. biasa dipakai di tas atau bagian belakang baju boneka. Pas dibuka bunyinya "sreeeeekk"


4. Buckle (seringnya disebut ceklekan) di pinggang hanya satu dan ukurannya besar, seperti ergo klasik. Ban pinggang besar dan kaku.


Ban pinggang



4. Serupa dengan tipe ergo 360 lain, ada 2 kancing tersembunyi di bagian dudukan. Pemakaian berdasarkan posisi menggendong. Jika posisi baby hadap depan, gunakan kancing yang bawah, sedangkan posisi lain gunakan kancing yang atas

5. Terdapat tutup kepala, yang bisa disimpan dengan rapi di dalam kantong. Jumlah kantong hanya 1 dan cuma muat untuk simpan tutup kepala

6. Tulisan di gendongan tertulis "made in india", tapi saya nggak menjamin semua ergo replica cool air tertulis made in india, karena tulisan bisa beda-beda sesuka pabriknya aja. Kadang meskipun pabriknya sama ada juga yang tulisannya made in vietnam or china, tapi untuk bentuk dan kualitas kalo memang dari pabrik yang sama biasanya kualitas sama juga.  Di china sana, pabrik yang memproduksi ergo cool air replica nggak hanya satu tapi ada banyak. Kualitasnya sama nggak? Jujur saya pribadi nggak tau juga... harus lihat satu persatu per itemnya, tidak berani mengeneralisir.




7. Untuk pendistribusian berat badan baby, terdistribusi secara merata di pinggang, pinggul, dan bahu. Terdapat tiga buah buckle kecil di kanan-kiri dan belakang. Hal tersebut membuat gendongan bayi  nyaman dan nggak gampang pegel





NYAMAN MANA SAMA YANG ergobaby 360 BASIC? 
ini sih pertanyaan seribu mamak mamak galau hahahaha...

Ini pendapat pribadi yaaa, tiap orang punya preferensinya masing-masing. (Di foto ini, gendhis usia hampir 3 tahun, 14kg)

1. Kalau untuk saya, pas menggendong dengan gendongan bayi ergobaby 360 cool air rasanya sama saja antara 360 basic yang biasa dengan 360 cool air. Karena memang secara bentuk hampir sama. 





2. Hanya saja, saya merasa lebih ringkas dan praktis pas make cool air karena nggak perlu merekatkan velcro, tinggal mengaitkan buckle-nya saja. 

3. Tapi, ada mamak lain yang justu lebih suka gendongan bervelcro karena menurutnya lebih "double protection" dan lebih nempel sama badan. Jadi... masalah gendongan juga cocok-cocokan siy..

4. Namun, saya nggak terlalu suka sama bahan di bagian dalam 360 cool air yang berpori dan agak kasar. Meskipun kalau pas kita gendong baby kan pakai baju yaa... Jadi sebenarnya nggak akan terasa juga di kulitnya. Saya lebih seneng sama 360 basic yang lapisan dalamnya katun halus serta lembut.




Kalo si Ayah daddy sih dia gak masalah mau yang 360 basic atau coo air. Tapi pas saya desek-desek lagi supaya pilih salah satu, dia  suka yang cool air, karena: KEREN aja warna dan bentuknya 👍👍 . Okelah.

360 cool air dirancang untuk orang tua yang suka membawa anaknya di area outdoor yang panas atau mungkin gampang kena basah or kotor-kotoran. Jadi lebih direkomendasikan buat pemakaian yang seringnya outdoor. Tapi kalau mau dipakai di dalam ruangan, keliling rumah atau keliling mall juga nggak masyalaaahhh. 

Please note sekali lagi, yang saya bahas adalah ergo cool air versi replika (upssss) dan tidak membandingkannya dengan yang ori. Kalau memang budgetnya ada, saya suggest 1000% beli aja yang ori nya, karena bergaransi resmi, no worries. Tapi saya juga yakin diluar sana banyak mommies dengan budget pas-pas-an kayak saya yang mencari gendongan nyaman nggak bikin pegel, dengan harga yang masih terjangkau. Belum lagi kalo pak suami (yang curiganya sih bakal geleng-geleng kepala hehehe) pas istri ngajuin proposal beli gendongan seharga juta-juta-an. "Belum tentu anaknya betahhh...." ya... something like that deh. 

Sekian reviewnya ya Mommies, semoga mencerahkan hati yang galau. Kalo bingung, silakan pegangan tiang  tanya-tanya aja yaaa. Saya cuma sharing yak.

Silakan baca review lainnya disini:

Review ergobaby 360 kw...ups

Catatan tentang ergobaby carrier

1 comment: