Monday, September 26, 2016

Review Ergo baby Hipseat Replica

REVIEW ERGO BABY HIPSEAT (replica) 

Iyahhh replica... Gendongan ini cocok buat mommies dengan budget mepet tapi ingin menggendong dengan nyaman nggak pake pegel. 

Seperti posting sebelumnya, saya tidak akan membandingkannya dengan hipseat versi genuine keluaran ergobaby karena saya tidak punya dan belum pernah mencoba. Dan kalau memang mommies ada budget saya sarankan 1000% beli yang ori karena ada garansi resmi, no worries. Tapi kalo budgetnya mepet, gendongan ini recommended!



Kalau dilihat penampakannya, ergobaby hipseat replica ini MIRIP BANGET BANGET sama hipseat i-angel. Kemungkinan besar pabrik ergobaby replica nyontek i-angel pas lagi bikin model ini. Terutama karena ergobaby hipseat replica udah keluar lebih dulu sebelum ergobaby asli resmi mengeluarkan varian hipseatnya.



Saya akan meng-compare sedikit dengan hip-seat i-angel dimana saya sudah pernah memakainya.

Berdasarkan manual book yang ada, berikut adalah spesifikasinya:


Kayak apa detailnya? yuk diintip

1. Memiliki tutup kepala yang bisa dicopot. Jadi kalau lagi nggak dipakai bisa disimpan rapi dan nggak klewer klewer. Tapiii.. nyimpennya harus benar ya, hati2 nanti hilang



2. Bagian tengah bisa dibuka, jadi bisa seperti cool air yang ditengahnya ada bahan jaring-jaringnya. (Look a like i-angel)

3. Lapisan dalam juga seperti cool air yang jaring dan berpori, tapi bahannya masih lebih halus sedikit. 



4. Bagian pinggang dilengkapi velcro dan buckle besar




5. Bagian samping ada kantong  ( look a like i angel)



6. Bagian hipseat diisi dengan gabus (ternyata i-angel juga dalemnya gabus... Saya pikir dulu isinya busa tebal kayak bantal)





Ada part yang dipunya i-angel tapi gak dimiliki sama hip seat ergobaby replica. Dan menurut saya agak mengurangi kenyamanan pemakaian.  
Kalau di i-angel bagian dalam hip seat ada semacam busa empuuuuk sehingga membuat perut - pinggul orang yang menggendong lebih nyaman, nggak bikin sakit, dan bisa meminimalisir rasa keteken n pegel.


7. Pembelian ergobaby hipseat replica tidak disertai teethingpad selayaknya i-angel. Tapi, mommies bisa kreasikan dengan memakai teethingpad dari Mommaergo, yang bisa dipakai di ergobaby hipseat ini. Look look, keren kan?



Ada beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari customer mommaergo terkait hipseat ini: 

Q: Bisa nggak kalau gabus dudukanya dicopot, trus kita pake buat gendong?
A: Bisa.... Udah saya cobain, tapi kok ya posisi anaknya nggak nyaman ya, karena sandaran paha-pantat nya nggak lebar. Jadi kayak nggak tertopang dan klewer2 gitu. Nggak rekomen sih. Lalu bahan bagian dudukannya agak terlalu tebal jadi nggak fleksibel mengikuti pantat baby

Q: Bisa nggak hip seatnya aja yang dipakai?
A: Bisa dooong.

Q: Bisa nggak gendongannya aja yang dipakai, bagian hipseatnya dilepas? (Ada yang nanya begini...hehe)
A: Hah maksudnya? Hihihi Gak bisa say... Lha anaknya nanti duduk dimandose??

Q: Bisa nggak beli hipseatnya aja? Terus nanti saya pasang di ergobaby klasik yang saya punya?
A: Hooo... Tidak bisa...ini pembeliannya sudah sepaket hipseat dan gendongannya. Selain itu, hipseat-nya sendiri nggak bisa dipasang di ergobaby klasik

Q: Lebih nyaman mana ergo 360 sama ergobaby hipseat?
A: Hmmm... Ini pertanyaan yang buanyak banget ditanyakan dan agak susah menjawabnya karena dua-duanya menurut saya sama-sama nyaman (beli dua-duanya aja apah? Hehehe)

Tapi... dilihat lagi sih sesuai kebutuhan pemakaiannya. Sesuai buku petunjuk, kalau ergo 360 up to 15kg (meskipun faktanya dalam pemakaian untuk 18kg juga masih bisa kuat), tetapi kalau hipseat bisa sampai 20kg. 
Namun, jeleknya hip seat nih ukurannya gede. Jadi kalo mau jalan-jalan ringkes kurang cocok sebab dia butuh space satu tas sendiri buat menyimpannya dan nggak bisa dilipet. Agak rempong nyimpennya. Sedangkan ergo 360 bisa dilipat, lalu dimasukkan ke pouch. 
Buat mommies yang badannya agak lebar, si hipseat-nya kalo kelamaan suka bikin sakit dan ngeganjel di bagian pinggul (ada beberapa emak yang curhat) 
Untuk pemakaian, buat babynya nyaman, karena hipseat bisa jadi seperti kursi yang menopang pantat baby.   

Kalau saya tanya ke Airen, "lebih suka pake yang 360 apa hipseat?" Jawabnya: "360 lah, ini lebih ribet..." Padahal nggak ribet kok, sama aja sih asalkan kita nggak buka copot hipseatnya, kita nggak perlu setting-setting dari awal lagi

Begitchu... 
Semoga dapat memberi pencerahan dan menjawab kegalauan hati yaa..


Apa bedanya? 
Ergo 360 
4 posisi gendong
Up to 15kg
Tidak ada bantalan dudukan
Ban pinggang memiliki velcro dan pengait (buckle) kecil
Dapat dilipat dan lebih hemat tempat

1 comment: