Friday, September 16, 2016

Jalan - Jalan Ke Singapura - Part 5 (Day 5 - Pulaaaaaaaaang)

Day 5
Saatnya pulaaaaang!

hiks syedihhh, masih mau berlama-lama liburan disini. Ada beberapa list di itinerary yang nggak sempat dikunjungi, yaitu Marina Barrage dan Mustafa! hahaha... kami nggak sempet beli oleh-oleh deh.

So far ini liburan yang menyenangkan, minus gendhis yang tiba-tiba demam. Quality time buat keluarga dapet banget. Semoga tahun depan kami masih diberikan rejeki dan kesehatan sehingga bisa jalan-jalan lagi, Amin.

Bulan depan saya udah balik kantor dan harus bersiap dengan segala drama-dramanya.

Jam 7 kami check out. Pesawat kami jam 10. Gendhis kembali excited mau "terbang". Belum sampai setengah perjalanan, dia pun bobo nyenyak sampai pesawat landing. Alhamdulillahhhh...







Berikut recap detail itinerary kami

TANGGAL HARI JAM AKTIVITAS KETERANGAN
10 AGUSTUS 2016 RABU 08.20 - 11.00 CGK - SIN  
      LION JT-150  
      CGK : Terminal 2D  
      SIN : Changi Intl Terminal 3 mitra XL : M1 Singapore, Starhub
 mitra Indosat : Operator Prabayar Pascabayar Internet
StarHub Pte Ltd OK OK GPRS/3G
M1-GSM OK OK GPRS/3G
Singtel OK OK GPRS/3G Bagi pelanggan Mentari dan IM3, fasilitas International Roaming sudah otomatis aktif. Pastikan kartu Anda memiliki pulsa yang cukup selama berada di luar negeri hingga kembali ke Tanah Air.



Cara reload pulsa di dalam dan luar negeri, tekan *556*Kode_Voucher# lalu tekan OK/YES, atau juga bisa dilakukan melalui elektronik top up via SEV atau ATM yang ada di Indonesia. Atau juga bisa meminta keluarga di Indonesia untuk mengisikan pulsa dengan cara tekan *122*7*No HP Keluarga# Informasi Roaming dapat juga diakses melalui UMB *122# OK atau Yes
Untuk cek penggunaan data roaming:
UMB : *122*1*5# OK atau Yes
SMS : Ketik DATA(spasi)ROAM kirim ke 777
Untuk proses membuka kembali layanan data setelah terblokir adalah:
UMB : *122*1*6#
SMS : ketik UNBLOCKROAM kirim ke 777
Hubungi Contact Center : +6281612020 (dari luar negeri)
Catatan : Setelah unblock, pemakaian data tidak dibatasi lagi.
 
         
         
    11.00 - 14.00 Tiba di SIN Beli Sim Card
      Makan Siang di Airport Top Up Ez-Link
      Perjalanan Menuju Hotel MRT di terminal 3, bisa naik skytrain
         
    14.00 - 15.00 Check In dan beberes 85 Beach Garden Hotel. 
        Tel: +65 6416 6966 / +65 9017 8767
Fax: +65 6416 6969
Email: sales@85bghotel.com
        Bus 57, 100, 107, 961, 961# and 980 bus stop B01621
        Bugis MRT (EW12)
Walking 5 mins from Exit C to here
        pokoknya kalo mau ke hotel ini, keluar aja di pintu yang ke arah Hotel Morisson. Hotel 85 Beach garden ini gak jauh ada di belakang Hotel Morisson. Agak gak keliatan sih, tapi jalan aja lurus, kira - kira 200 meter dari Hotel Morisson, hotelnya berada di sebelah kiri.
         
    15.00 - 18.00 The Merlion, Esplanade ( Makan di Gluttons Bay, bawa minum sendiri)  Getting there: paling enak sih kalau bisa naik bus, dan berhenti di bus stop Fullerton SQ (di depan Fullerton hotel). Tapi kalau mau naik MRT, naiklah MRT line hijau dan turun di Raffles Place MRT Station, exit H. Lalu berjalan kaki ke Merlion Park. Pelajari dulu kemana Anda harus jalan kaki dari exit H menuju Merlion Park. Pergunakan "direction" di google map, kemudian dicetak deh map nya sebelum berangkat. Kecuali jika Anda bisa mengakses internet dari smartphone saat berlibur di Singapura.
        Gluttons Bay : But we intended to go to Marina Bay Sands Sky Park first, than we took bus 133 from Marina Bay, which is only one bus stop away from the Gluttons Bay.
    18.00- 19.00 The Helix Bridge Jembatan ini menghubungkan Esplanade dengan Marina Bay Sands The Shoppes. jalan kaki-nya dari Esplanade lumayan jauh, sekitar 20 menit. Jadi sebaiknya sore menjelang malam supaya tidak panas, dan lampu di Helix Bridge sudah dinyalakan. Untuk Anda yang membawa stroller, Helix Bridge ini sangat stroller friendly. Untuk mencapai jembatan Double Helix, kalian bisa naik MRT jalur Circle (warna kuning), turun di stasiun Promanade, ambil exit A, lalu berjalanlah ke arah Singapore Flyer. Ga jauh dari sana akan tampak dua jembatan, yang satu untuk mobil, yang satu Double Helix ini.
    19.00 - 20.30 Wonderful Lasershow (Promenade Marina Bay Sands) My advice: Datanglah satu jam sebelum lasershow dimulai agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Getting there: setelah menyeberangi Helix Bridge, masuklah ke Marina Bay The Shoppes (gedung di sebelah Casino), lurus terus hingga keluar di pintu belakang yang menghadap ke Esplanade dan patung Merlion. Jika bingung, tanyakan saja dimana "area Promenade" berada. Setelah melihat lasershow, saatnya pulang... Marina Bay Sands The Shoppes memiliki MRT station di level basement. MRT ini terletak di jalur kuning. Pelajari saja rute kembali ke penginapan Anda dengan MRT dari Marina Bay Sands.
        Atau berjalan ke luar Marina Bay Sands The Shoppes dan berjalan ke arah kanan, menuju sebuah bus stop. Dari sana kami naik bus 133 menuju Bugis Stn.
11 AGUSTUS 2016 (alternatif 1) KAMIS 07.00 - 09.00 Bangun, Siap-siap, Cari sarapan (bisa sarapan sambil jalan) Toast Box di Bugis Junction atau Abu Farris di seberang bugis junction tepatnya di Nrth Bridge Road
    09.00 - 09.30 Queen Street Terminal Pusat pemberangkatan bus tujuan Johor ada di Queen Street Terminal, lokasinya dekat dengan MRT Bugis (green line & blue line). Deketnya itu.. Ya kalo jalan kaki kira-kira 5 menit, cuma nyebrang jalan 2 kali. Kalau dari kawasan Little India, jalan kaki ke arah belakang Sim Lim Tower, Terminal terletak di belakang lapangan parkir. Kalau dari daerah Bugis
      Singapore-Johore Express Terminal Bus yang melayani jalur Singapore - Johor Bahru dari Queen St. Terminal ada 3, yaitu
      50 Ban San St, Singapore 884001 SBS No. 170 milik Singapura, 
        Causeway Link no CWL2 dari Malaysian dan 
        Johor Bahru Express dari Malaysia. 
        Causeway Link paling banyak jam pemberangkatannya dan menurut saya cepat, karena hanya berhenti di Woodlands dan JB CIQ sebelum akhirnya ke Larkin Terminal (Siapin Duit kecil SGD 3.30)
        Woodlands itu adalah titik imigrasi keluar masuk Singapura via 1st link, disini kita diminta untuk turun dan melaporkan keberangkatan ke Johor, sama seperti imigrasi biasa. Jangan lupa persiapkan paspor anda.

Catatan, tiket bus jangan hilang.
        Waduh bus yang tadi dinaikin kok jalan duluan nah kita gimana?...
Jangan panik.. Ya usut punya usut ternyata bus CL ke Johor itu kalau sudah di woodlands dinaikin dari semua penumpangnya Causeway Link dari titik yang lain jadinya ya bisa jadi ditinggal.

Kalau ketemu kondisi seperti ini pokoknya tetep antri di jalur penumpang Causeway Link, nanti akan diangkut oleh bus berikutnya
        Kalau masih bingung ya tanya aja sama petugasnya Causeway Link. Anda akan ditunjukkan bus yang mengarah ke JB CIQ (Imigrasi di Johor Bahru)
        Turun di JB CIQ & Masuk Malaysia - Imigrasi
        Karena kami berencana ke JB Sentral & Angry Bird Park di JBCC kami keluar langsung (tidak naik bus). JB Sentral dan JB CIQ bersebelahan, JB Sentral sebenarnya stasiun kereta api, kalau mau ke kota lain di Malaysia seperti Kuala Lumpur, bisa naik kereta api dari stasiun ini
    10.00 - 12.00 Perjalanan Ke Johor Baru  
    12.00 - 13.00 Makan siang  
    13.00 - 14.00 Masjid Sultan  
    14.00 - 15.00 Vihara  
    15.00 - 17.00 Kembali ke Singapura  
    20.00 - pagi Istirahat  
11 AGUSTUS 2016 (alternatif 2) KAMIS 07.00 - 08.00 Bangun, Siap-siap, Cari sarapan (bisa sarapan sambil jalan) Vivo City buka jam 10, sarapan makan di bugis street aja
         
    08.00 - 09.00 Menuju Vivo City & Sarapan menuju basement 2 (lantai yang sama dengan MRT Station).
      Beli makan di Sedap Food Court  atau di banquet, resto Yongtafu
        Di bagian paling ujung (setelah melewati McD di kanan), Anda akan menemukan Sedap Foodcourt, yang hanya menjual makanan halal. Porsi makanan di sini cukup besar, Anda bisa memilih Chicken Rice atau Mee Goreng untuk bekal makan siang. Budget makan siang: SGD5 per-orang
    09.00 - 10.00 Menuju Universal Studio (idealnya 9.30 udah harus sampe depan bola universal) Jika Hulaa Hoppers memilih menggunakan bus dari Harbour Front menuju Universal Studio Singapore, cukup berjalan Vivo City dan menuju pintu keluar. Cari petunjuk arah menuju halte bus yang bertuliskan “Bus to Resort World Sentosa”. Setelah sampai halte, silakan berdiri di antrian bus RWS8 dengan ongkos S$2. Bus ini beroperasi dari pukul 06.00 hingga 23.30. Menggunakan monorail adalah salah satu pilihan jika ingin menuju ke pulau Sentosa. Caranya Jalan ke lantai 3 Vivo City dari exit E. Harga tiket Sentosa Express Sky Train sebesar S$4. Kendaraan ini beroperasi dari pukul 07.00 sampai 24.00. Mengendarai sky train adalah cara yang paling lazim digunakan karena cepat dan mudah.     
    10.00 - 19.00 Bermain di Universal Studio (bawa tempat minum) Jam operasional Universal Studio Singapore adalah setiap hari, dibuka pada pukul 10.00 hingga malam hari pukul 19.00. Khusus pada hari Jumat dan Sabtu USS buka hingga pukul 22.00 untuk zona Hollywood saja. Pada pukul 21.30 Hulaa Hoppers dapat menikmati pertunjukan kembang api yang spektakuler sambil bersantai di salah satu kafe.
        Tips 2 : Atraksi dan permainan yang tidak boleh dilewatkan

Yang utama adalah Transformer 3D Ride yang beradai di Sci-Fi City, sebuah permainan yang sangat menegangkan dan seru. Dilanjutkan dengan permainan seru selanjutnya yaitu Revenge of the Mummy di Ancient Egypt. Lalu di Lost World ada 2 permainan yang seru yaitu Jurassic Park Rapids Adventure dan Canopy Flyer. Lalu ada show The Waterworld yang penuh dengan ledakan, tembakan dan aksi stuntman yang menegangkan. Jika Anda menyukai show live musikal, pergilah ke Hollywood untuk nonton The Monster Show.

Untuk anak-anak jangan lewatkan live show berikut: The Lights, Camera and Action, Donkey Live dan Shrek 4-D Adventure. Permainan yang cocok untuk anak-anak Treasure Hunter, Dino-Soarin’, Canopy Flyer, Magic Potion Spin, Enchanted Airways dan King Julien’s Beach Party-Go-Round.
    19.00 - 21.00 Vivo City Makan malam di Sedaap foot court dan window shopping :p
    21.00 - 22.00 Kembali ke hotel atau ke mustofa :p  
         
        Sarapan di Arab Street. Ada jual nasi lemak, laksa, mee  Rekomendasi: Murtabak Zam Zam (Dari Bugis MRT, Exit B Raffles Hospital)
         
12 AGUSTUS 2016 JUMAT 07.00 - 08.00 Bangun, Siap-siap, Cari sarapan (bisa sarapan sambil jalan) Cara ke Singapore Zoo : Turun di stasiun Ang Mo Kio, naik bus 138 dari bus interchange (terminal bus)
Turun di stasiun Choa Chu Kang, naik bus 927 dari bus interchange
    08.00 - 10.00 Berangkat ke Singapore Zoo Jam buka 08.00 - 18.30
        topi, sunblock, sarapan, kacamata item, payung kecil
        bawa snack dan botol minum
        pake sepatu yang nyaman
        Dateng pagi biar nggak panas
        Come early if you want a chance to feed the animals as we limit their food supply to avoid overfeeding.
Schedules are subject to change. Please look out for changes at the entrance or on notices close to the exhibits.
    16.00 - 17.00 Garden by The Bay - Children Playground FYI, taman ini buka jam 9 pada saat akhir pekan dan jam 10 pada hari biasa.
    17.00 - 20.00   Naik MRT ke Marina Bay Station, lalu naik bus 400 ke Gardens By The Bay. Dari sana berjalanlah ke arah Flower Dome (rumah kaca raksasa), dan belok kanan sebelum rumah kaca menuju Children Playground. Children Garden terletak di belakang Cloud Forest
        My advice: bawalah baju renang, peralatan mandi dan baju ganti. Agar sempat bermain disini
        1) Come at around 5 pm to avoid the heat
        We started our walk from The Dragonfly lake, took the escalator and walked passing a bridge with beautiful view to the Singapore Flyer and the two conservatories in Gardens by The Bay.
        2) Bring your kids swimming gear (swimsuit, towel, toiletries)

The waterplay area is the highlight of this Children's Garden. So make sure you bring all the things for your kiddos. There's also a changing room near the waterplay area
        3) Stay until dark at Gardens By The Bay
        When the lights were on, the waterplay area looks amazing, and not too mention the Supertree Groove. You can also enjoy a daily free show called OCBC Garden Rhapsody at 07.45 and 08.45 pm.
         
    20.00 - 21.00 Kembali ke hotel Makan di Lau Pa Sat. MRT Line hiijau turun di Raffles station. Keluar exit roobertson quay kalo dari esplanade naik bis 75 turun bus stop raffless quay ato bilang Lau Pa Sat dan makan Satay (Bawa minum sendiri)
         
13 AGUSTUS 2016 SABTU 08.00 - 09.00 Leyeh-leyeh boleh bangun siang, jalan-jalan sekitar hotel  
    10.00 - 11.00 Menuju Vivo City Makan di Sedaap Foodcourt
    11.00 - 15.00 SEA Aquarium Menikmati SEA Aquarium
         
         
    15.00 - 16.00 Perjalanan menuju Marina Barrage Sekitar jam 3 sore, kembalilah dari Sentosa ke Vivo City dengan menggunakan monorail. Lalu naik MRT dari Harbourfront Station menuju Dhoby Ghaut MRT Station, turun dan berganti kereta menuju Marina Bay Station
        Tiba di Marina Bay MRT Station, keluar melalui exit A, berjalan lurus menuju sebuah bus stop yang terletak di taman yang cukup besar. Naik Bus 400
        Katakan kepada supir bus Anda ingin menuju Marina Barrage. Ia akan memberi tahu Anda harus turun dimana.
        My advice: Anda sebaiknya membawa bekal makanan jika ingin bermain di Marina Barrage. Jika mengikuti itinerary ini, sebelum pulang dari Vivo City, Anda bisa membeli bekal untuk makan sore di Marina Barrage.
    19.00 - 21.00 Mustafa MRT Line Ungu, turun di Farer Park, ambil Exit G. Menyebrangi 2 ampu merah dan Resto Kumala. Makan enak n murah roti prata di Resto CMK India (tapi disaranin jangan dateng weekend :p) enaknya pagi-pagi belom rame
14 AGUSTUS 2016 MINGGU 06.00 - 07.00 Berangkat ke Airport Changi  Pulang.. See you again Spore!
         

No comments:

Post a Comment