Friday, February 14, 2014

Hantu bernama "Bingung Puting"

Hufff....rasanya berat sekali ketika akan menuliskan part ini. masih terselip seberkas "trauma" di hati saya, karena  kejadian ini sungguh menguras kesabaran dan ber ember ember air mata (mulai lebay...)

Yes, of course it's my mistakes. Please jangan dimarahin ya buibu. Dari jaman kelas prenatal dulu saya udah tau kalo dot itu hukumnya haram se haram haramnya, karena beresiko besar untuk membuat bayi bingung puting! tapiiii.... apalah mau dikata. Karena saya ninggalin si baby sama mertua, saya nggak tega untuk menambah lagi beban beliau dengan harus memberikan asip via media lain selain dot. Terlebih lagi anak saya adalah tipe yang nggak sabaran, kalo nangis pun suaranya cetarrr membahana bikin seluruh dunia panik!






Sebenarnya, Mamer udah pernah saya ajak buat berkunjung ke klinik laktasi nya KMC. Disana kami diberikan penjelasan panjang kali lebar oleh dokter laktasi tentang media yang baik untuk pemberian asip. Saat itu ditegaskan juga bahwa penggunaan dot sangatlah tidak disarankan. Namun.... sinyal sinyal yang saya dapet dari raut muka Mamer begitu keluar dari pintu ruangan klinik adalah: "Mama lebih berpengalaman dari bu dokter, si dokter ini nggak lebih pintar dari mama" ya sud lah.... *sambil manyun* dari pada durhaka, toh saya juga titip anak saya ke beliau, saya berbesar hati untuk memberikan kesempatan dot sebagai pengganti gentong saya.





Demi membuat bayi saya tetap nenen mania, saya kerap memberikan sugesti positif atau istilah kerennya hypnobreastfeeding dengan cara membisikkan kalimat sakti:

"anak cantik, kalau ibun kerja mimiknya dari botol, tapiiii kalo ibun ada di rumah, mimik langsung sama ibun yaaa... mimik nenen ibun itu paliiing enak lho, adek suka mimik ibun yaaa"

Kalimat ini pun diulang ulang terus. 
Alhasil... si bayi dengan gampangnya pindah pindah dari nenen - dot - nenen, bahkan dot nya ikut ganti pigeon - tommee tippee - unimom - pigeon dst... anak pinter! mama bangga! hahaha! *tertawa jumawa*

Tapi kemudian... saat baby Gendhis berusia 5 bulan, saya kena tulah!

Di pagi itu tiba tiba baby Gendhis buang muka pas disuru nenen. Pas saya paksa, dia malah nangis kejer. Tampaknya adek bayi terkesan ketakutan banget pas lihat nenen saya. Loh, kenapa niiiih?!

Nggak hilang akal, saya kemudian berusaha untuk memaksimalkan skin to skin. Saya buka baju, si bayi juga buka baju. Lalu saya sodorkan nenen. Lima detik pertama, Gendhis mau nenen namun setelahnya..... dia pun buang muka lagi, lantas nangis kenceng jejeritan! Sediiiih deh saya

Aduh gustiiiii....

Dulu, pas baca baca pengalaman ibu ibu yang anaknya lagi nursing strike, saya ngerasa mereka berlebihan karena sampe nangis nangis segala. Waktu itu sih saya berfikir "duhh kok lebay amat sih nih emak emak..." and then, when the same things happened to me, I feel like...broken heart! Asli. Rasanya tuh kayak cinta yang bertepuk sebelah tangan... saya cinta, dia enggak!



Dengan penuh kegalauan hati, akhirnya saya berangkat ke kantor. Di atas motor, saya pun meneteskan air mata (buset, drama amat yak. Sama lebay nya nih saya ama emak emak tadi..haha) Saya merasa sebagai ibu paling gagal sedunia, merasa ditinggalkan. Yang bergelayutan di kepala saya waktu itu adalah pertanyaan  "terus gimana kalo adek bayi nggak mau mimik langsung sama saya lagi?"  Panik sekaligus putus asa. Saya belum siap kalo harus weaning. Hiks!



Di kantor, saya pun curhat dengan teman saya si @prikitiwww via YM. Ternyata, baby nya juga dulu pernah terindikasi bingung puting "pertama, lo harus tenang, jangan panik!" ujarnya memberikan solusi. "coba skin to skin, trus kalo bisa lo pulang tenggo, dan begitu sampe rumah langsung nenenin, bahkan kalo perlu lo ambil cuti buat maksimalin skin to skin nya"  okeh, noted! saya catet baik baik nasihat si tiwiw di kepala.

Saya pun browsing sana sini tentang si hantu "bingung puting" ini.

Teman saya lainnya, si Farah, juga ternyata pernah mengalami hal serupa "dicobain nenen terus aja... ntar juga mau kok. anak gue juga dulu kayak gitu" jelasnya. "terus abis bingput gitu anak lo tetep dikasi dot ga? ato dot nya diganti?" tanya saya kepo. "tetep ngedot, dan pake dot yang sama kok...." ooohhh baiklahhh...

Saya juga meminta airen buat beli nipple dot pigeon yang kuning, pigeon yang peristaltik, dan huki. sebab kata temannya Airen, si Nisa, anaknya pakai dot tersebut dan sudah 9 bulan nggak pernah bingung puting.

Sampai rumah, kembali saya "berjuang" buat nenenin. selama saya tinggal ke kantor tadi Gendhis mimik banyak via dot. Kemungkinan, bayi merasa lebih nyaman mimik dot karena alirannya yang stabil.

Dan... kejadian yang sama kembali terulang. Sepersekian detik si bayi mau mimik langsung sama saya, tapi kemudian dilepeh! Kalo kata mamer, bisa jadi karena memang saat ini dia sudah gampang ter distract oleh suara suara, sehingga kalo lagi mimik, denger ada bunyi lagu langsung noleh dan nyopot nenen.

Sambil berurai air mata, saya berusaha lagi buat skin to skin. Saya juga membisikkan kata kata positif " yuk nenen ibun yuk, mimik ibun enak lhooo...adek suka mimik ibun" berulang ulang tanpa bosan. Dan perlakuan yang saya terima tetap sama, adek bayi jejeritan tiap lihat nenen. Nolak mentah mentah!

Malam pun semakin larut, baby Gendhis nggak bisa bobo. Mungkin karena sebenernya dia haus, tapi nggak mau nenen langsung. Karena saya kekeuh si adek harus nenen saya, say pikir kalau dia udah ngantuk...pasti nggak nolak nenen. Namun ternyata salah. Akhirnya, saya pun nggak tega, dan pasrah pas adek dikasi dot. lalu dia pun tertidur nyenyaaaak banget. hufff #lapkeringet

Seperti biasa, tengah malam adek terbangun, mungkin karena masih ngatuk dan belom sadar bener, dia pasrah aja saya sumpel nenenin langsung. Yeayyy!!! legaaaa.....rasanya....#boboksambilsenyum

Namun, ketika pagi datang, kejadian nursing strike pun kembali lagi.
alamaaaakkkkk...tidaaakkk!!!

Terpaksa saya putuskan untuk nggak masuk kantor. Saya kekeuh untuk terus mencoba skin to skin walaupun si bayi berontak. Kebetulan hari itu ibu saya dateng buat menjemput (maklum nggak punya mbak, jadi senin rabu baby gendhis diasuh mamer, kamis jumat diasuh ibu saya) Melihat saya yang frustasi, ibu saya menawarkan supaya si bayi dibawa ke mbah pijit aja. Karena sudah banyak gerak, mungkin ada bagian tubuhnya yang keseleo, sehingga dia nggak nyaman saat mimik langsung. sayapun nggak menolak.

Setelah dipijit, kemungkinan karena saking haus nya dan badan juga udah rada enakkan serta saya yang posesif buat maksa dia nenen langsung terus, alhamdulillahhh.... baby gendhis mau nenen lagi. Kali ini tanpa perlawanan. Untungnya, besok udah weekend, jadi full saya bisa fokus supaya adek nenen langsung.

Alhamdulillah.... sampai sekarang usia 13 bulan, baby gendhis nggak bingung puting lagi (jangan sampe deeeeh, ketok ketok meja). Selama saya kerja, Gendhis masih mimik dari dot (ya, saya tetep nggak tega buat nyuruh mamer make cup feeder, karena pasti menambah kerepotan beliau, saya cukup tahu diri untuk ini... takut dianggep "udah nitipin anak kok minta macem macem"). Dot nya masih pake tommee tippee dan masih pake level 1 yang lubangnya kecil. Sengaja nggak saya naikin level dot nya (makin besar anak, harusnya makin lebar juga lubang dot nya) supaya dia tetap merasa bahwa nenen langsung lebih nikmat karena aliran susunya lebih kenceng dan banyak.




Jadi, berdasarkan pengalaman saya, buat mommies yang ngalamin hal serupa, ini tips yang saya lakukan dan sudah saya buktikan ampuh:

  1. Jangan panik, berdoa terus, banyakin stok sabar (dimana ya yang jualan stok sabar? yuk kita borong!)
  2. Ambil cuti sehari (kalo bisa sih hari jumat, jadi bisa nyambung sampe weekend dan full skin to skin dan latian nenen terussss)
  3. Coba tawarkan nenen langsung ketika bayi sudah sangat mengantuk....
  4. Berikan selalu sugesti positif tanpa kenal lelah ke bayi "yuk nenen langsung sama ibun, nenen ibun paling enaaaaak sedunia, adek baby suka mimik ibun" 
  5. Coba berikan pijatan yang menyamankan bayi, karena sudah mulai banyak gerak, siapa tahu ada bagian atau posisi tertentu yang baby nggak nyaman
  6. Sebisa mungkin, setelah bayi mau nenen lagi, berikan asip di media selain dot. 
  7. Tetapi kalau posisinya seperti saya, dalam kasus saya ini karena beberapa pertimbangan terpaksa tetep memberikan asip via dot, I have no other wise option. Jangan mengganti level nipple dot mengikuti usia baby. Tetap berikan level newborn aja, sehingga bayi akan lebih suka nenen dibanding dot karena alirannya lebih mantap..hehehe
  8. Usahakan selama masa "pengembalian" ini pulang kantor teng go, dan sampe rumah, mandi, langsung nenenin
  9. Percaya bahwa bayi akan balik nenen lagi. Jangan menyerah dan tetap berusaha yaaaa... it takes time, indeed. Emang nggak instant sih, tapi pasti berhasil kok!

Good luck mommies...

9 comments:

  1. Wahh,,,senasib..bun...babay saya jg ngalamin hal serupa..hiks..btw "Dot nya masih pake tommee tippee"..itu merk dotnya,kah?sy lg cari2 botol dot yg bs ngehindarin nipple confuse itu jg,,

    ReplyDelete
  2. Hai Mba, iyah setelah tragedi bingung puting itu masih pake dot merk Tommee. Sampai saat ini (16 bulan) juga masih pakai dot tersebut.

    ReplyDelete
  3. hai mba, mau curhat sekalian dong, boleh ya, kalo saya, bingung putingnya sepertinya yang laten, anak saya oke2 aja dot-nenen gt, usianya sekarang hampir 5bl, tapi produksi asi kayanya agak seret, gimanaa yak ? *nangis nobita*

    ReplyDelete
  4. sama persis banget seperti yang aku alami sekarang bunsay...trimakasih tipsnya,coba saya pakai...semangat menyusui...

    ReplyDelete
  5. Makasih sharingnya mbak....weekend pertama setelah kerja hari minggu siang...ini weekend kedua mulainya sabtu pagi udh nolak..hiks hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk pelan-pelan dicoba lagi, mengikuti tips dari saya diatas semoga membantu yaaaa, semangatttt!

      Delete
  6. Mb skin to skinnya tu yang kayak gimana ya? Saya juga lagi.ngalmin hal yang hampir sama nih usian bayi baru mau 2 bln hikzz..

    ReplyDelete