Thursday, February 6, 2014

Manajemen ASI Perah : ala Saya (Part 2)

Part 2 : Sistem Perah Me-merah

Sengaja saya bagi postingan ini ke dalam 2 part, supaya lebih singkat. Jadi pembaca blog saya yang budiman nggak bingung bacanya (haha..berasa banyak yang baca aje, Mak!).

Part yang pertama bisa diintip disini

Sebelum berlanjut, untuk mengingatkan kita semua,  saya ulang dulu ya tentang PRINSIP ASIP:
  • Semakin dingin maka semakin lama juga ASIP dapat disimpan
  • Hindari peningkatan/penurunan suhu secara drastis
  • ASIP beku yang sudah mencair tidak boleh dibekukan lagi, ASIP yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan lagi
  • Masukkan ke Freezer HANYA JIKA akan digunakan lebih dari 8 hari

A. Menabung ASIP

Sebelum kembali dari percutian dan back to the jungle a.k.a kantor, saya sudah mulai menabung asip agar nanti nggak kejar tayang. Setiap ada waktu kosong (biasanya sih pas baby lagi bobo, dan kerjaan rumah tangga udah beres semua) pasti saya pake buat pumping. Berapapun hasilnya disyukuri dan dikumpulin aja. Awalnya memang hanya 10 - 20ml tapi lama lama bisa segalon!  hahaha,,,

Oh iya, di saat baby masih anteng, yaitu usia 1-3 bulan seringkali saya nenenin sambil pumping. Jadi kalau nenen di kiri, PD yang kanan sekaligus saya pumping. Terbukti efektif loooh, karena kalo pas PD yang di nenen lagi LDR akibat rangsangan ritme mimik bayi, PD sebelahnya juga ikutan LDR daaaan ASI pun mengalir deras. Yippy!

Karena hasil dalam satu sesi pumping emang nggak banyak, jadi hasil pumping di hari yang sama atau pumpingan yang masih dalam jeda 24jam saya jadikan satu. Baru kemudian saya masukkan ke dalam botol kaca. Masing masing botol saya isi sebanyak 80ml sesuai ukuran mimik bayi.

#Note: Asip yang baru diperah sebaiknya dimasukkan ke chiller terlebih dahulu sampai kurang lebih 30 menit. Begitu pula ketika kita ingin mencampur asip yang baru dengan perahan sebelumnya, sebaiknya masukkan ke chiller dan disamakan suhu-nya. Hal ini agar tidak terjadi perubahan suhu secara drastis untuk menjaga agar kualitas asip tetap baik. Setelah cukup dingin, baru deh boleh dimasukkin freezer untuk dibekukan.

Kunci utama dalam kegiatan perah memerah ini adalah TELATEN! ibarat pepatah sedikit sedikit lama lama menjadi bukit, sehari sebelum balik kantor saya berhasil nyetok sekitar 50an botol kaca plus beberapa plastik asip.



Sedikit sedikit... lama lama penuh juga botolnya

B. Disiplin Memerah

Faktor lain yang juga menentukan adalah DISIPLIN! sekali aja lalai, berpengaruh ke kelanjutan produksi asip. 


Di awal ketika baru masuk kantor, kebutuhan mimik si bayi masih sangatlah buanyaaaakkk. Sehari bisa 8 botol @ 100ml. Di kantor saya pumping sebanyak 3 kali. Yaitu di jam 9, 12, dan  15. Satu kali sesi pumping memakan waktu sekitar setengah sampai satu jam. Mungkin pada bertanya-tanya yah... terus saya kerjanya kapan dooong? emang nggak dimarahin? Hahaha... Untuuuung ya bos saya dulu sangaaaat pengertian dan baik hati. Dia nggak peduli proses, tapi fokus ke hasil kerja. Dia bahkan bilang " terserah lo deh Ki, mau ngerjain kapanpun dimanapun yang penting kerjaan lo kelar pada waktu-nya. Mau lo ngerjain tengah malem ama hantu blao mana kek, gue gak masalah". Widiiihhh... asik kan punya bos cingcai begini?! I lop yu deh Bu!

Namun, ternyata kebahagiaan saya berubah nestapa. Bos saya selanjutnya berganti menjadi si maha kikir bin jahat dan nggak berperikeASI-an. Akhirnya, terpaksa saya berteman baik dengan jin budek. Terserah deh Pak Bos mau ngomelin saya pumpingnya lama. "istri-nya saya dulu kalau mompa tidak selama itu" ujarnya (yeee,,, istri Bapak beruntung kali, ASI-nya berlimpah ruah, saya kan pas pas an gini paaakk!!, tolong ngertiin dong...halah *emosi*) yang penting tiap pulang kantor saya harus bisa selalu bawa oleh oleh buat si Baby. Untungnya, begitu ganti bos anak saya udah mpasi, jadi sesi memerah di kantor hanya 2 kali, Yaitu di jam 10 dan jam 13. Masuk usia 11 bulan, berhubung ASI makin seret, sesi pumping hanya tinggal 1 kali saja di jam 2 siang. Semoga bisa terus pumping sampai adek baby umur 2 tahun yaaa,,,, Amin! 

Selain di kantor, untuk mengejar kebutuhan mimik baby saya juga memerah di rumah. Yaitu malam hari ketika baby udah bobo, dan pagi setelah bangun tidur. #Note: pumping di pagi hari biasanya menghasilkan asip yang lumayan banyakkkk, dikarenakan di waktu tersebut kita dalam kondisi relax. Rekor saya waktu itu pernah dalam sekali pumping dapat 150ml dari 1 PD. Cuman sekali itu doang siiih, abis itu gak pernah lagi...hahaha

C. Perbotolan

Berbeda dengan ibu perah yang lain, saya tidak pernah membawa botol kaca tutup karet ke kantor. Setiap habis memompa, saya langsung menyimpan botol plastik Unimom yang saya gunakan ke dalam kulkas, baru setelah sampai di rumah asip selanjutnya dipindahkan ke botol kaca. Mengapa begitu...? 


Buat orang se-mobile saya, yang tiap hari naik motor, pindah ke kereta, lantas pindah ke ojek, kadang pindah lagi ke angkot, dst... sungguh rentan buat si botol kaca berdiri tegak tanpa beradu, atau tiba tiba tutupnya copot di jalan. Duh mimpi buruk deh! maka agar aman saya baru pindahin ke botol kaca saat di rumah saja.


Botol plastik favorit saya. Apalagi warnanya pink... lucu sekaliiiii


parts botol Unimom


D. Steril Menyeteril

Ehm, jujur saya agak koboy nih dalam hal ini... untungnya Alhamdulillah selama ini baby baik baik aja. *ketok ketok meja... amit amit kalo sampe kenapa-kenapa*


Sehabis pumping, botol dan corong hanya saya siram dengan air panas dari dispenser Aqua. Setelahnya saya simpan di dalam cooler bag untuk pemakaian pada sesi perah selanjutnya.

Nah kalo pas tiba tiba saya harus pumping di luar kantor dan tidak menemukan air panas, botol dan corong saya siram dengan air mineral kemasan sampai bersih. Baru nanti ketika sampai rumah semua peralatan perang saya cuci pakai sabun lalu dimasukkan ke sterilizer atau direbus.

D. Daya Tahan Asip

Berikut adalah tabel daya tahan asip dari webnya ayahbunda





Pertanyaan yang paling common adalah....


"setelah beberapa lama asip boleh dibiarkan di suhu ruang?""pada waktu penyimpanan asip nggak ideal, kualitas asipnya masih bagus nggak sih?"
Jawabannya : Cobain aja ke si baby. Baby itu pinter loh, jikalau memang asip nya sudah nggak enak, dengan sendirinya baby akan menolak dan nggak mau mimik lagi

Di dalam manajemen asip, kerap tercetus sistem FIFO atau first in first out. Maksudnya adalah asip yang terlebih dahulu masuk freezer untuk dibekukan, itu juga lah yang duluan keluar.

Kalau saya pribadi, nggak plek plek mengikuti sistem tersebut. Biasanya hasil perahan dalam satu hari saya bagi menjadi dua part.  Setengah buat masuk freezer, setengah lagi buat konsumsi baby esok hari. jadi baby nggak melulu mimik asip hasil frozen. Misalnya dalam sehari saya dapat 4 botol, kemudian saya bagi 2 yakni 2 botol pertama masuk ke freezer, 2 botol selanjutnya buat diminum besok. Alhasil, baby juga tetep dapet jatah minum asip yang fresh.

E. Cara Mencairkan Asip 


  • Malam sebelum baby ditinggal, saya sudah menurunkan asip dari freezer ke chiller. Biasanya di pagi hari asip tersebut sudah cair. Kemudian saya pindahkan ke botol dot dan direndam diatas mangkok berisi air hangat.
  • Apabila waktunya mepet dan butuh cara yang lebih cepat supaya asip segera cair, saya keluarin asip dari freezer, lalu saya buka keran dan siram botol dengan air mengalir sampai lumayan mencair. Setelahnya baru saya rendam di mangkok berisi air agak hangat.
#Note: Asip yang sudah dihangatkan TIDAK BOLEH dibekukan kembali atau dihangatkan untuk kedua kalinya. Why? Karena akan merubah komposisi asip. Perhatikan juga keadaan asip sebelum diberikan ke baby. Caranya bisa dengan dicium atau dicicip dikit...hehe kasian kan kalo baby mimik asipnya terlalu panas.

Semoga postingan saya ini dapat berguna. Simak repost saya dari tweet nya  ayah asi id tentang manajemen asip disini.
semangat memopa buibu...!


inilah kelebihan baby yang mimik asip :)


ps: unimom bottle pic, taken from asibayi.com

9 comments:

  1. Recommended bangetttt.... 'mba Ing...:)
    (saya mulai mencoba hari ini, perah memerah dikantor prtama kalinya)

    ReplyDelete
  2. Hai Mba Ayu Paramitha, salam kenal! Terima kasih sudah mampir ke blog ini. Waaaah... selamat kembali ke kantor yah, semoga hasil pumpingnya melimpah ruah. Mommy nya jangan galau ya ninggalin baby di rumah yah. Semangaaaatt!!

    ReplyDelete
  3. Hhhee..hheee Pejuang ASI yaaa kita....:)
    Iyaaa,msh jetlag bangeet...pokoknyaaa tiap brkt ngantor pasti dramaaaa dech...(kesannyaaa..:p)
    Masih galau bgt ninggalin babynya...entah smp brapa lama nich mewek2 kl brkt...(pdhal sm mamaku dirmh).
    Kasih tips dong 'mba Ing....:)

    ReplyDelete
  4. Tips nya... mmm apa yaaaah? hehehe sampe sekarang, apalagi kalo si baby lagi cranky karena separation anxiety aku juga berangkat kerja sambil manyun. Yang jelas banyak berdoa dan yakin aja kalo baby akan baik-baik aja selama kita tinggal kerja, Good luck!

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat bgt ilmunya..tp aku br tau kalo setelah diperah,asip ga boleh langsung disimpan di feeezee.selama ini aku selalu langsung msk freezer..
    Sebulan cuti baru menghasilkan 20 botol asip dan belum pernah dicoba minum oleh debay.semoga asip nya tetep bagus :)

    ReplyDelete
  6. kemarin2 galau stress sendiri tiap merah, cuma dapat 20ml 30ml. tp skrng semangat lagi.. trnyta awal emg begitu ya kak.. sedikit sedikit asal di telatenin. sempat envy sm buibuk yg bisa sampai Beratus ratus ml sekali Pumping. tp Alhamdulillah di syukuri sy berapapun hasilnya. terima kasih tips nya dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Fitroh, iya betul. nggak semua ibu punya asip langsung banyak seperti susu sapi hehehe, yang penting adalah rutin dan telaten mompa. meskipun hasilnya sedikit, digabung aja sama hasil pompa setelahnya, lama-lama botolnya penuh juga. Happy pumping dan tetap semangat yaaaa.. :)

      Delete
    2. Salam kenal mba,,
      berguna banget ini tipsnya.. karena sempet galau dan "males" pumping karena hasil pumping cuma kayak ngotorin pantat botol..senengnya baca blog ini, bikin semangat lagi.. btw mba, kalau ngegabung hasil pumping seharian itu, hasil per sesi pumping ditampung dimana dulu?

      Delete