Thursday, February 20, 2014

First Liquid Food... MPASI Pertama

First Liquid Food....and the drama that follows!

Menjelang baby gendhis mpasi, saya sibuk jelalatan menjelajah dunia maya buat belajar tentang mpasi dan kira kira menu apa aja yang boleh dan nggak boleh dikasih ke baby

Ternyata, ada 2 mazhab mpasi.  Pertama adalah mazhab yang bilang kalo mpasi pertama haruslah dimulai dari karbohidrat karena minim alergi, sebab bayi seumur gitu kan masih sensitif. mazhab kedua adalah yang memulai mpasi dengan buah. Alasannya adalah buah kaya serat dan pasti dapat dengan mudah diserap oleh tubuh bayi. sebenernya sih nggak ada benar atau salah ya, keduanya boleh boleh aja. terserah pilihan masing masing ibu ajah.

Hmmm....setelah menimbang nimbang dan nyontek beberapa blog tetangga, saya pilih memulai mpasi dengan pertama kali dengan.... buah! simply karena lebih gampang aja sih nyiapinnya (dasar emak emak malasss!)

so, inilah menu mpasi 6 bulan baby gendhis. semoga saya bisa disiplin strict pada menu yang udah disusun ini yaaah. doakan plis!

moment makanan padat pertama si bayi saya kasih puree alpukat + asip

gimana reaksinya???

so far kayaknya si bayi masih nggak ngerti deh kalo itu "makanan" (ya iyalaaah baru juga sekali dicobain) muka nya masih aneh merem melek gitu.

Beberapa kali saya juga cobain kasi makan gasol, baby pun sukses mingkem! Emang sih pas saya cobain tepung gasol yang kondang di kancah mpasi emak emak modern masa kini itu rasanya enggak enak... udah gitu bikin bayi saya sembelit pula.

Baca baca berbagai sumber parenting, mereka bilang bagusnya pas makan jangan sambil di gendong biar nanti nggak kebiasaan, kalo nggak digendong nggak mau makan. jadilah si baby saya taro di bouncer. untungnya dia anteng.... walaupun sambil nonton tv.
loh kok nonton tv? (siap siap ditimpukin ibu ibu se rt yang beranggapan kalo nonton tv nggak bagus buat bayi) ya sud lah maaakk.... dari pada saya harus gendong gendong sepanjang waktu makan.

Hmmm serupa dengan challenge yang saya terima ketika proses asix 6 bulan dimana mamer saya tercinta gemar menasihati a sampe z yang bikin saya manyun. ketika sampai ke masa mpasi, peseteruannya lebih seru lagi... terutama masalah prinsip "no gula garam sebelum umur setahun yang saya anut". mamer berfikiran kalo nggak dapat asupan garam sama sekali, nanti baby saya akan kekurangan yodium yang dapat berujung pada menderita gondongan. ooohhh plis deh mamaaah! #gakberaningomelamamamer #suamisayaajayangsayaomelin

Hal lain yang juga mengganggu adalah ketidaksetujuan beliau dengan kegemaran saya memasak memakai slow cooker. menurut beliau, akan lebih baik kalo nasi tim dimasak langsung pagi pagi agar nutrisinya nggak hilang. ooohhh plis deh mamah.... slow cooker itu kan sifatnya memasak dengan lambat, udah gitu ada tutupnya sehingga baik gizi maupun uap dari makanan nggak akan terbang kemana mana. coba cium aj deh bau masakan dari slow cooker saya.... hmmm enak kaaaan? hal mendasar lainnya adalah kalau saya harus masak pagi pagi kan nggak ada waktu sedangkan di sisi lain saya harus menyiapkan perintilan ina ini ina itu di pagi hari....

Termasuk juga, anjuran beliau kasi makanan instan. saya nggak anti sih terhadap yang instan, apalagi kalo dalam perjalanan atau sedang kepepet, tapi kan nggak tega juga kalo tiap hari ngebiarin si bayi makan instan melulu...

Namun, semua unek unek itu saya telen aja sendiri...sampe akhirnya mamer bosan dan melihat sisi positifnya yaitu saya ibu yang peduli untuk menyediakan makanan yang baik buat anak walaupun saya working mom, serta nggak mau nambah repot mamer (sejujurnya, beliau nggak bilang gitu sih, cuman perasaan saya aja....hehe ke pd an) sampai sekarang pun akhirnya beliau support saya untuk ngasi makanan sehat terbaik buat baby gendhis. tiap weekend beliau yang sibuk mengabsen bahan makanan apa yang udah abis di kulkas buat baby. makasih mamah... love you full...hehe!

So far, satu menu favorit solid food gendhis sampai sekarang adalah :

puree pepaya + jeruk
dikasi menu andalan ini, pasti buka mulut.

resep:
1. seperempat potong pepaya yang matang dan manis (besarnya potongan pepaya disesuaikan dengan porsi makan bayi)
2. setengah jeruk baby

cara:
1. kupas dan potong potong buah pepaya
2. haluskan menggunakan saringan kawat atau blender
3. campurkan dengan perasan air jeruk
4. siap dihidangkan

ini juga bisa jadi resep ampuh kalo baby lagi sembelit

maem yang banyak ya naaakkk....

2 comments:

  1. aku juga kasih pure pepaya plus jeruk...,
    anaknya malah sukaa dan minta nambah teruss...

    ReplyDelete
  2. Hihihihi *toss* semoga si baby makan lahap terus yaaaa

    ReplyDelete