Friday, October 21, 2016

Mama - Emak nomor 1 dunia

"ki, mama kamu sakit"

pesan wa tersebut dikirim pukul 11.00 saya baru baca pukul 14.00 karena habis meeting. Seketika jantung saya berdebar kencang sekali. Badan rasanya lemes, air mata sudah mulai menggenang di pelupuk

langsung saya telepon tante saya sang pengirim wa, dan beliau menjelaskan ibu saya badannya terutama di wajah dan kaki, tadi masuk UGD, dan nanti diminta balik lagi buat konsul sama dokter jantung. kemungkinan jantungnya bengkak udah lama cuma nggak dirasain. Tensinya 200/140  ya Allah tinggi bangeeetttt.  ibu saya di rumah sendirian, saya diminta cari orang untuk nganter.

rasanya langsung pengen terbang dari kantor ke rumah!!! tapi udah kadung janjian mau report meeting dan saya PIC meeting tersebut. Saya lari ke kamar mandi lalu menangis. Pikiran aneh-aneh terlintas di kepala *aduh jangan sampeee*  saya lantas ambil wudhu dan shalat. Berdoa dengan khusyuk supaya Mama diberikan kesembuhan dan diberikan umur yang panjaaaang. Amin

Saya kemudian sibuk telpon airen, adik, dan ayah saya. Alhamdulillah ayah saya sudah di rumah, dan mengabarkan kalau ibu saya sedang tidur

"sebenernya tante khawatir sama mama kamu"... chat dari tante saya masuk dan bikin deg-deg-an luar biasa. "mama kamu itu orang paling baik di dunia". "sebaiknya diperiksa bener-bener biar cepet diobatin"

Iya memang. Ibu saya selalu bilang kalau sebaik-baiknya orang adalah orang yang paling bermanfaat untuk sesamanya. Nyokap emang paling baiiiikkk dan paling care banget sama semua terutama keluarganya. Beliau tiap pagi bangun subuh, mandi, shalat, belanja di tukang sayur, masak, berangkat ngajar sambil ke rumah eyang saya ngedrop makanan, kadang kalo ada jam kosong pulang dulu nemenin eyang atau ngambil gendhis, terus balik lagi ke sekolah buat absen, pulangnya mampir rumah eyang lagi either nganter buah atau cemilan, terus pulang ke rumah, istirahat sebentar, nyiapin makan malem buat penghuni rumah, solat, makan malem, beberes, istirahat gituuuuu aja muter terus kayak kitiran. Semua orang dipikirin... ya suaminya, anaknya, ibu-nya, cucu-nya, adek-adeknya, temen2nya, tetanganya...semuanya! Sosok nyata dari seorang Super Mom. Saya masih inget waktu itu ada kerabat yang saking amaze-nya sama nyokap, sampe bilang kalo nyokap diambil darahnya, warna pasti putih semua saking suci-nya. 

Nyokap itu nggak lebay... dalam artian nggak suka rempong ngurusin urusan orang yang emang sebenernya gak perlu diurusin. Sounds familiar, ya? hahaha. Jadi nyokap juga gak terlalu ngatur-ngatur urusan keluarga anak dan menantunya. Mungkin karena beliau aktif dan banyak yang dipikirin serta dikerjakan secara nyata, jadi nggak lebay, nggak mellow dan nggak drama. Nggak ada tuh adegan ngambek manyun2 karena udah masak terus anaknya nggak mau makan...

jam 4 teng, saya pun pulang dan minta airen untuk pulang cepet juga. sampe rumah, kudu packing dagangan dulu sembari nunggu kabar terbaru dari adik saya yang lagi nemenin nyokap. Alhamdulillah tensi-nya udah makin turun, meskipun masih tinggi... dan tensi ini harus selalu dipantau, jangan sampe kecolongan. 

Akhirnya, jam 8 malam saya cuss ek rumah nyokap. Mampir ke apotik buat beli tensi digital jadi bisa terus terpantau tensinya. Awalnya saya agak takut ngelihat nyokap karena udah ngebayangin yang nggak-enggak aja. Alhamdulillaaaaah ketemu nyokap, beliau masih bisa ngobrol, ketawa, becanda, walaupun kaki dan wajahnya bengkak serta pucet. "emang mama keliatan kayak orang sakit?" "enggak kaaaan?" katanya waktu itu. Saya juga amazed, alhamdulillah bangetttt meskipun tensinya tinggi, beliau masih terlihat kayak nggak lagi sakit. Tapi jujur, saya masih worry.... lagi-lagi tiap shalat selalu saya doain mama supaya cepat sembuh dan diberikan umur panjang. Amiiiin. Mana 2 hari ke depan saya harus keluar kota buat Dinas... dan plan nya mau nitipin gendhis ke Mama, kalo keadaan begini kan mana tega.... Besok pagi-nya nyokap di tensi lagi, ternyata naik..jadi 180. haduh haduhhhh... sedihnyaaaa. 

Alhamdulillah, di hari ke 3, perlahan tensi mama kembali turun. saya jadi nggak terlalu worry dan merasa lebih aman buat ditinggal keluar kota. Cerita perjalanan saya ke Gorontalo akan saya tulis setelah ini ya...

Selang dua hari kemudian, adik saya mengabari kalau tensi mama sudah normal, 130/90 obat-obat juga sudah diminta stop, wajah dan kaki juga sudah nggak bengkak lagi. Kalau pipi? mungkin karena mama gendut... hehehe Alhamdulillah.... terima kasih banyak ya Allah. Semoga mama selalu sehat, diberikan umur panjang, bahagia, tetap menjadi emak nomor 1 dunia buat anak-anaknya. Love you, Mam. sehat-sehat terus yaaaa... sampe saya punya anak 5 😘😘😘😘



2 comments:

  1. iya kasih sayang ibu tidak bisa tergantikan yah

    makanya saya mau kasih informasi yang berharga ini apalagi di bulan ramadhan ini kita harus saling maaf maafan dan berbagi

    https://shopee.co.id/m/segarbugar?smtt=201.8632

    ibu nya dikasih sepatu olahraga biar jalan pagi dan jadi sehat lagi deh

    ReplyDelete
  2. lebih cocok kasih hadiah parcel buat mama kita gan ga pake mahal tp berkesan https://shopee.co.id/Parcel+Spesial+Lebaran+%7C+Parcel+Spesial+Lebaran+%7C+21+-+27+Mei-col.60622?smtt=201.8972

    ReplyDelete