Friday, January 10, 2020

Pengalaman Umroh Pertama : Kejutan di Tanah Suci, Mulai dari Umroh Ala Syahrini Sampai Gak Bisa Tahan Ketawa di Depan Hajar Aswad


KE-JU-TAN : Ketiban Durian Runtuh !!!



dream come true: bisa lihat Ka'bah langsung di depan mata



Satu titik perubahan hidup saya terjadi di Oktober 2018. Sebuah anugrah yang bahkan nggak kepikiran sama sekali sebelumnya. Bagaikan dapet durian runtuh, rejeki nomplok!

Berselang satu bulan lebih beberapa hari dari peristiwa keguguran, tiba - tiba saya dikabarkan untuk ikut perjalanan dinas ke Jeddah dan Madinah menggantikan Ibu Bos dan partner kerja saya yang kebetulan tidak bisa mendapatkan dokumen keberangkatan karena mereka non muslim. Saya sendiri baru tau, kalau non muslim sulit (atau malah nggak boleh ya?) untuk masuk ke Jeddah maupun Madinah.

Wah, alhamdulillah banget, ungkap saya waktu itu. Lalu saya bertanya, apakah boleh kalau saya sekalian umroh? Udah sampai madinah, sayang banget kan kalau nggak ke Makkah dan ngelihat Ka'bah. Setiap hari saya shalat menghadap Ka'bah, tapi wujud asli nya kayak apa, saya belum pernah lihat. Thanks God, jawabannya BOLEH!

Di sisi lain, saya memang kepengeeeeeeen banget pergi ke tanah suci. Bahkan udah buka tabungan haji segala, biar bisa nabung nyicil receh demi receh, tapi kemungkinan baru dapat antrian 16 tahun lagi. Lamaaa amat ya cyin. Saking kepengennya, cerita tentang tabungan haji ini sampe sudah pernah saya buat blogpostnya loh. Ada di postingan membuka tabungan haji. Silakan di klik untuk tau ceritanya

Jujur aja, saya nggak pernah membayangkan sebelumnya, kalau tahun ini saya bisa pergi ke tanah suci dan menjalankan ibadah umroh. Samaaaaa sekali nggak ada dalam mimpi saya di kehidupan tahun 2018. Jadi kabar baik ini pun awalnya cuma berani saya share ke nyokap sama pak suami. Itu pun ditambah bumbu " tapi gak tau ya, belom pasti, belom dapet visa nya juga..."

Sampai akhirnya semua dokumen perizinan keluar, H-3 keberangkatan saya baru suntik vaksin meningitis sebagai salah satu syarat untuk mengunjungi Saudi Arabia dan melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, dua hari sebelumnya, saya juga konsultasi ke obgyn untuk mendapatkan obat buat memundurkan siklus haid. Pasca kuret, saya baru satu kali haid, takutnya obat tersebut bahaya buat diminum. Soalnya, tanggal pas pergi adalah tanggal dimana saya lagi "dapet". Ngenes banget kan kalo pas di tanah suci tapi malah lagi nggak suci 😅😅




vaksin meningitis, untuk dapetin buku kuning ini




Hari yang dinanti pun tiba. Karena memang baru dapat kepastian berangkat H-3, saya cuman mengandalkan pinjem baju dan kerudung dari nyokap. Eh, sempet deng beli bergo sama pashmina di Thamrin City. Sisanya saya bawa baju lebaran tahun tahun yang lalu, yang penting aurat ketutup ya kaaaaan?



Pada saat berangkat, pakaian saya masih asal asalan banget. Pakai atasan selutut dengan potongan asimetris, plus celana jeans sama sepatu teplek. Rambut cuma ditutup pakai pashmina yang bolak balik jatoh. Maklum buru-buru takut telat, lihat orang lain pada pakai pakaian full ketutup, apalagi yang rombongan umroh, bahkan udah ada yang pakai baju ihrom. Lha...jangan-jangan eike saltum 😂😂

BERANGKAT, GUYSSSS...








Rombongan saya berjumlah 7 orang. Berangkat naik pesawat Saudia Airlines. Fyi, maskapai kebanggaan orang arab ini agak menyedihkan sebenernya. Banyak on board entertainment alias TV pesawat yang mati (termasuk punya saya, 9 jam perjalanan kurasa krik krik krik ga ada hiburan, pas pulangnya begitu pun) TV sebelah, meskipun nyala tapi bolak balik tersendat layaknya dvd yang udah scratch dipaksa buat nyala. Mungkin sama Allah emang disuru istirahat atau ngaji kali yaaaa 😅. Selain itu, di pesawat ini cuma dapat makan berat tanpa snack, alhasil di pertengahan jalan perut saya keroncongan minta ampun. Terpaksa bermuka tebal minta makan ke pramugara supaya di serve duluan, eh ternyata nggak bisa...karena jadwal makan masih 2 jam lagi. Oh No!! Tapi mungkin mas pramugara kasian liat muka kami yang kelaparan, tiba tiba dia dateng bawain kami roti bulet. Makasih Mas-nyaaaaaa

Di 3 hari pertama kedatangan, kami ngebuuuut selesaikan dulu pekerjaan. Kalau semua udah kelar kan bisa ibadah dengan tenang 😁😁😁

Btw, saya pribadi merasa sangat grogi mau berangkat umroh. Kayak ada perasaan takut nggak jelas gitu. Gelisaaaaaah terus bawaannya. "Kira kira saya udah siap belum ya?" Ngomong begitu melulu dalam hati. Karena setau saya suka banyak kejadian "aneh tapi nyata" yang menimpa seseorang di tanah suci, dimana Allah menunjukka kebesaranNya.

Saya inget banget dulu pernah nonton infotainment, Dono warkop pas umroh di tanah suci dikejer kejer sama anjing, karena dia suka sehari hari suka ngejer ngejer.... apa hayoooo? 😁. Atau kisah temen nyokap yang mempertanyakan "kesaktian" air zam zam, eh tiba tiba kaki nya terlindas gerobak, lalu sama orang arabnya langsung buru buru diguyur air zamzam ehhh gak sakit lagi (percaya nggak percaya sih ini...). Ada juga cerita tetangga, yang dia lihat anak kecil seperti anaknya yang udah meninggal. Wallahualam bi shawab

So, inilah sekilas highlight perjalanan spiritual yang sangat berkesan di hati saya. Selain dengan pada akhirnya menemukan panggilan hati... Akibat persiapan yang mepet dan bahkan belum ada bayangan apa apa tentang "kayak apa disana dan harus ngapain aja" alhasil saya banyak mengalami surprise-surprise konyol yang bikin geli kalo saya inget lagi. Aduh, mak!




HIGHLIGHT UMROH


1. Buku Umroh Telat

Dua hari sebelum berangkat ke Arab, pas lagi otw ngantor ataupun pulang, di kereta saya nontonin video youtube tentang umroh. Biar nggak buta-buta amat kalo nanti sampai di Makkah. Meskipun pas jaman sekolah udah belajar hal ini... tapi tetep aja ya bo, udah lama bangettt udah lupa.

Dari pad nanti clueless, saya sampe beli buku tuntunan umroh via tokopedia. Padahal minta dikirim pake JNE YES, niatnya buat persiapan, supaya bisa dibaca selama perjalanan, eh tapi sampe saya berangkat buku-nya gak dateng-dateng doooong. Alamakjannnnn!

2. Manasik on the spot

Diantara 6 orang rombongan, cuma 1 dari kami yang udah pernah umroh. Sisanya Newbie. Blank!


informasi Miqot di pesawat



Kami sama sekali nggak ada manasik atau latihan layaknya orang yang mau umroh via biro travel, ketemu ustadnya pun baru pas mau ke madinah, setelah semua kerjaan kelar.

Jadi begitu ada pengumuman sebentar lagi pesawat akan lewat tempat miqot, kita bingung dong. Miqot tuh apa ya? Ka'bah kali maksudnya ya? Eh, terus harus ngapain? Solat? Atau baca bacaan apa? Hehehe... akhirnya karena bingung, kita nanya ke bapak bapak sebelah yang ternyata udah bolak balik umroh.


Ooohhh jadi miqot itu adalah tempat untuk mengambil niat umroh. Ada doa nya sendiri, ya kalo bingung paling doa pake bahasa indonesia aja dalam hati, " Ya Allah, saya niat umroh, karena Allah ta'ala". Buat jamaah yang dari Jeddah mau langsung umroh di Makkah, akan ambil miqot di pesawat. Jadi mulai disaat tersebut, larangan larangan umroh sudah berlaku.

Rombongan saya sendiri, baru ketemu sama pak ustad pembimbing dan melakukan manasik di atas bis dalam perjalanan dari jeddah ke makkah.

3. Umroh ala Syahrini

Alhamdulillah, kami dapat fasilitas bis yang buagussssss banget. Kursi nya satu-satu dengan bangku yang bisa full recline dan sandaran kaki empuk lengkap dengan colokan bagi kaum fakir colokan. Tersedia pula kitchen set buat nyuci piring, manasin makanan pake microwave, atau bikin teh dan kopi.





di dalam bis ala syahrini


pemandangan selama di jalan dari Jeddah ke Madinah : gurun pasir


Bahkan di bagian belakang ada ruangan tertutup dengan meja panjang, kayak ruang karaoke 😅. Mewah bener cuy!



Lampu dalam bus nya pun bisa di setting sedemikian rupa jadi terang, gelap, bahkan remang remang.

Mirip mirip lah sama postingan bombastis syahrini kalau dia lagi umroh

Oh... begini toh rasanya jadi syahrini 😂😂

4. Indahnya Masjid Nabawi

Masjid nabawi itu indahnya masyaAllah luarrrrrr biasa. Bangunannya superrrrr luas. Interior di dalamnya mewah banget dengan tiang-tiang tinggi dengan dekorasi berulir warna emas.

Sajadah permadani warna merah tampak menghampar di dalam area masjid. Kalo di indonesia banyakan sajadah masjid itu lembab, berdebu dan berbau apek, di masjid nabawi sajadahnya selalu bersih dan harum. Karena setiap selesai shalat ratusan pekerja pembersih masjid langsung siap beraksi membawa vacum cleaner, kain pel, ember, dan lap untuk membersihkan setiap sudutnya.

Lampu lampu kristal yang menggantung melengkapi kemewahan hakiki. Lantai marmer dengan penyejuk udara di bawah tiang membuat kaki selalu dingin dan adem. Mungkin karena sebenarnya semua pusat syaraf manusia adanya di kaki, jadi walaupun diluar panas ampun ampunan tapi begitu masuk masjid dan kaki menyentuh lantai duh jadi adem banget, bikin betah lama-lama dan kepengen tiduran 😅.










Sempet takut qur'an ketinggalan di hotel, eh tapi ternyata di dalam masjid al qur'an bertebaran di segala penjuru. Kondisinya pun mulus mulus, nggak kayak di mushalla deket rumah yang bahkan beberapa halamannya ada yang sobek 😅

Gong nya adalah tenda-tenda payung fenomenal nan instagrammable berukuran raksasa yang bisa otomatis buka-tutup. Kalau siang sengaja dibuka supaya pelataran masjid nggak panas, dan pas malam ditutup agar jamaah bisa bebas lihat langit arab yang banyak bintang. 





di depan masjid banyak burung-burung



sungguh instagrammable yaaaa...






5. Umpel - umpelan di karpet hijau Rawdah

Salah satu tempat paling mustajab ketika berdoa di masjid Nabawi adalah Rawdah. Rawdah sendiri dulunya merupakan area rumah Nabi Muhammad sekaligus juga makam beliau dan dua sahabatnya Abu Bakar serta Umar bin Khattab

Shalat di Rawdah memiliki keutamaan yang nilainya lebih baik dari 1000 shalat, selain itu juga seperti shalat di Taman Surga. Telah disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah bahwa Nabi –shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda  : “Tempat antara mimbarku dan rumahku adalah satu taman dari taman-taman surga. Dan mimbarku berada di atas telagaku.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Saat ini ruang yang disebut sebagai Al-Rawdah ditandai dengan karpet berwarna hijau, sedangkan karpet di area lain memiliki warna merah. Nah, kalau sudah di Rawdah, disarankan untuk shalat sunnah serta berdoa dengan khusyu.

Sudah pasti saya dan rombongan pengen dooooong shalat disitu, supaya doa-doa saya insyaAllah terkabul. Jadi setelah shalat dhuha, kami mulai berjalan ke arah Rawdah. Ada jam-jam tertentu yang diperbolehkan bagi jamaah perempuan untuk dapat mengaksesnya. Ternyata, menuju area Rawdah tidak semudah itu ferguso! Kami harus berjuang balapan dan berdesak-desakan melawan jamaah lain dari berbagai negara, termasuk india, pakistan dan turki yang berbadan bongsor, bertenaga banteng (aselik mereka ini mostly seneng mendorong, menyikut, bahkan menyelengkat), dan super nggak sabaran!. Kasian para nenek-nenek Indonesia yang badannya kecil dan tenaganya sudah sepuh, aduh!

Sebenernya, para askar sudah mengatur area buka-tutup sedemikian rupa, sehingga kalau saja jamaah pada tertib dan sabar, pasti semua kebagian shalat disana tanpa harus kejepit-jepit. Antrian juga diatur berdasarkan asal negara jamaah, sehingga jamaah indonesia yang notabene lebih imut imut diharapkan tidak masuk bersamaan dengan jemaah turki yang berbadan geda-geda, alasannya ya supaya nggak gepeng jadi sandwich. Sayangnya, jamaah-jamaah tadi tampaknya nggak peduli mau si askar marah-marah sampe nunjuk-nunjuk supaya duduk dan menunggu dengan tertib, they just dont care! Saya gak habis fikir sih, kan ke tanah suci mereka pada mau berdoa ya, minta yang baik-baik, mensucikan diri, lha tapi kenapa barbar amat sihhh. #terheran-heran


Menuju area Rawdah

menunggu Rawdah dibuka
Begitu akses rawdah dibuka... Ambyarrrr! udah kayak ibu ibu tanah abang rebutan kursi kereta pas bulan puasa. Saling dorong dan sikut supaya bisa cepete cepet masuk area Rawdah.


Kebetulan rombongan saya berjumlah 3 orang, ditambah satu pembimbing (mutowwif) yaitu mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di madinah. "Begitu sampai di Rawdah nanti langsung shaat aja ya, saya jagain" kata beliau. Saya sama mbak mutowwif bagian jaga dengan merentangkan tangan seperti pagar, dua teman yang lain shalat. Karena kalau nggak dijagain, aduh mak itu kepala bisa keinjek orang. Sebarbar itu? Iyak...se-barbar ituuuu!!! Berulang kali saya teriak "pray pray..." maksudnya ngasih tau, ada orang lagi solat lu jangan dorong-dorong, eh malah diketawain sama emak emak pakistan. Asyemmm!

Ternyata, satu teman saya shalatnya lumayan cepet, alhamdulillah akhirnya bisa gantian shalat dan berdoa di Rawdah. Saya menumpahkan segala doa dan harap saya di tempat itu. Selesai shalat, kami lantas buru-buru keluar. "Lho kok udah exit, Rawdahnya mana?" Kata teman saya yang solatnya cepet tadi, "lah kan udah lewat yang barusan kita shalat" jawab saya "Hah, yang tadi itu Rawdah? Ya ampun Aku pikir karpet ijo nya polos Mbak, kayak yang di musholla-musholla indonesia bukan kembang-kembang...." Kami bertiga pun cekikikan "Ya udah besok kesitu lagi...."

6. Syahrini dan Raffi Ahmad

Sepanjang jalan dari hotel di Madinah yang letaknya tidak jauh dari masjid nabawi, full of tukang jualan. Dan lucu-nya mamang-mamang arab ini mostly bisa bahasa indonesia meskipun biasanya bahasa "dagang" semacam "ayo beli, murah, bagus, seratus tiga". You know lah ya... jamaah indonesia kan memang gemar belanja, apalagi punya tradisi "oleh-oleh" pulang dari umroh biasanya kudu bawa buah tangan buat sekampung

NAH, pas saya dan dua teman ciwi ciwi lagi jalan mau ke masjid, di panggil lah sama mamang-mamang arab "ayo....SYAHRINI, masuk masuk beli murah". Lain waktu, di depan saya ada tiga rombongan laki-laki lewat, dengan sigap si mamang arab memanggil " RAFFI AHMAD", sini beli, semua murah..." "SAIFUL JAMIL"
Weleh weleeeh ternyata memang kalo ada jamaah perempuan asal indonesia mereka panggil "syahrini" kalau laki laki dipanggilnya "raffi ahmad atau saiful jamil" supaya menarik perhatian pembeli . Hahahaha...



spotted : syahrini lagi belanja hihihi


Btw, perlu dicatat belanja paling murah dan banyak pilihannya itu di Madinah, dekat Masjid Nabawi. Kalo udah sampai Makkah, nggak ada lagi semacam pasar, karena di area luar masjidil haram kebanyakan toko-toko mewah ber-AC gitu dan harganya cenderung mahal.


Setiap akan masuk jam shalat, jalan ini selalu ramai

jalan menuju Masjid Nabawi, disampingnya banyak toko toko

Indomie rasa Arab

Makan malam ala local peeps. Enak lho!





7. Salah Shalat 😅

Tidak ada manasik, berujung gagal paham. Ada 2 kejadian dongdong yang terjadi gegara sebelumnya kami nggak di brief ataupun dikasih tau kebiasaan shalat di Arab

Pertama, di subuh hari ketika kami sampai madinah, kami merasa bangun kesiangan. Karena pas bangun udah adzan subuh. Terpaksa akhirnya shalat subuh di kamar, selesai kami shalat subuh eh... tiba-tiba terdengar suara adzan. Lhaaaaa... yang tadi ternyata azan pertama buat bangunin kita untuk siap-siap ke masjid 😅😅

Kedua, pada saat manasik kami tidak diinfo kalau di Masjidil Haram, setelah shalat fardhu akan dilanjutkan dengan shalat jenazah.
Jadi, selesai shalat fardu, kami pun berdiri mengikuti imam untuk lanjut shalat. Kami pikir ini adalah shalat sunnah rawatib yang biasa dilakukan sehabis shalat fardhu. Di takbir kedua, kompak kami bertiga ruku', lalu tiba-tiba imam udah salam. Laaaaah itu tadi shalat apaan?? Hahahaha kami bertiga pun lirik-lirikan sambil senyam senyum. Ya Allah.... maapin yaaaa....


Area Luar Masjidil Haram. Lantainya bersih karena selalu di pel

Subhanallah. Literally shalat di depan Ka'bah


8. Perjuangan cium hajar aswad


Di tengah bangunan ka'bah ada sebuah lubang yang pinggirnya berwarna emas / metalik. Di dalam lubang itulah, diletakkan batu yang bernama Hajar Aswad. Menurut cerita, hajar Aswad adalah sebuah batu yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari surga melalui malaikat jibril. Dulu batu itu berwarna putih, namun karena dosa-dosa anak Adam, maka batu itu pun berubah menjadi berwarna hitam.

Barangsiapa bersalaman dengannya (Hajar Aswad), seolah-olah ia sedang bersalaman dengan Allah yang maha pengasih.” (HR Ibnu Mâjah: 2957). Selain itu, konon katanya, berdoa sambil mencium hajar aswad membuat doa kita mustajab dan bisa dikabulkan sama Allah.


berfoto sesaat setelah melakukan Umroh



Sebagai objek paling dicari saat di Masjidil Haram, tak heran banyak jemaah yang rela bersikut-sikutan, berdesakan, dorong-dorongan, demi bisa mencium hajar aswad. Bahkan ada jasa bodyguard yang bisa disewa khusus untuk mengantarkan kita ketitik tersebut. Sang bodyguard menawarkan kekuatan untuk memberi jalan pada siapa pun yang berani membayar mahal demi mencapai hajar aswad.

Selesai umroh, sekitar jam 11 malam, kami pun beranjak mendekat ke ka'bah. Ingin hati mencium hajar aswad. Ternyata sulit, sungguh sangat sulit! Bayangkan saja, dari beribu ribu orang, spot yang diperebutkan sangat kecil dan sempit. Kami berusaha maju perlahan-lahan, namun berulang kali terlempar kembali keluar. Apalagi banyak jemaah lain dari arab yang badannya segede alaihim gambreng. Tiba-tiba rombongan kami terpencar. Saya pun berusaha meredam ego dan berpasrah bahwa ini bukanlah hal wajib dalam umroh dan tidak perlu dipaksa apabila membahayakan. Perlahan saya menarik diri dan mundur. Tiba-tiba saya melihat ada tangan tangan berusaha menggapai-gapai. Ternyata itu tangan Mbak Rini, teman sekamar. Badannya sudah tidak terlihat, tenggelam diantara pusaran manusia. Hanya nampak wajahnya yang pucat pasi seperti kehabisan udara. Aduh, saya takut dia pingsan atau jatuh dan terinjak-injak. Sekuat tenaga kami berusaha menarik tangannya, dan menyelak orang-orang disamping agar ia b hingga membawanya kepinggir. Ternyata kerudungnya sudah copot, merosot masuk ke dalam leher.

Dapet hajar aswadnya mba? Mbak Rini mengangguk. Alhamdulillah....

Ternyata, mbak Rini termasuk orang yang beruntung. Baru pertama kali menginjakkan kaki di ka'bah sudah langsung dapat menciun hajar aswad. Pembimbing umrah kami aja baru di tahun ke 3 dia berhasil, sedangkan pegawai travel yang satunya juga baru tahun ke 5 dia bisa mencium hajar aswad.

Bagi saya, tentu saja saya ingin punya pengalaman yang sama juga. Meskipun nggak mau maksa. Tapi tetep berharap punya kesempatan kedua 😁. Maka besoknya, saya pun nyoba lagi sehabis solat subuh bersama 2 orang teman. Tiba-tiba didepan saya terpampang nyata sudut Ka'bah yang lumayan sepi. Nggak terlalu banyak orang thawaf. Alhamdulillah, mungkin ini rejeki anak soleh yang punya niat baik, ungkap saya dalam hati. Dengan berlari cepat, kami pun mendekat ke sisi ka'bah. Perkiraan kami, kalau kami berhasil melewati sisi ka'bah tersebut, setelah belok di sudut, kami akan menemukan pojok hajar aswad. Menangis nangis lah kami disitu... berdoa plus terharu. Super duper excited!!! ya ampun sebentar lagi bisa cium hajar aswad. Yang hari kemarin susaaaah banget ditembus. Subhanallah.

Namun ternyata, setelah berbelok dan melewati sudut, kami pun terhenyak "loh, kok ga ada bolongannya????" Kata saya. "Mana hajar aswadnya?" Ujar teman satunya. " Emang kemaren kayak gini ya?". Tiba tiba teman yang kemarin berhasil mencium hajar aswad berseru: "Yaaaaaah salaaaaah". Kami ber 3 pun spontan tertawa terbahak bahak, yang kemudian disambut dengan ucapan "Astagfirullah hal adzimmmm" sama jamaah yang ada di belakang kami. Mungkin mereka mikir udah sableng kali ya ini orang masa' cekikikan di depan ka'bah.
Hahahaha duh, padahal kami sedang menertawakan kebodohan kami bertiga. Ampun daaaah!


Setelah thawaf wada, sebelum pulang. Mudah-mudahan next time kesini lagi bisa cium hajar aswad


9. Banjir air mata di Hijir Ismail

Hijir ismail juga merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Letaknya persis di depan ka'bah, dimana terdapat tiga tiang yang mengelilinginya.

Sama seperti Rawdah, spot ini menjadi spot "rebutan" karena setiap orang ingin masuk dan berdoa di dalamnya. Perjuangan masuk kesini sudah tentu "empet-empetan". Solat pun harus sambil dijagain. kalo nggak, siap siap aja didorong atau bahkan keinjek pas lagi sujud. Umroh aja serame ini... apalagi kalo pas haji yaaaaa nggak kebayang deh, ikan pepes aja pasti lewat, aselik!.

Buat saya, tempat ini magical. Karena otomatis air mata langsung ngucurrrrrr ketika shalat atau pas megang kain ka'bah. Rasanya tuh kayak PASRAH. Pasrah bahwa hidup kita itu memang sejatinya milik Allah. Semua diatur sesuai mau-nya Allah. Kita tuh cuma butiran Rinso yang sekali kucek bisa hilang.

10. Breakfast with a view

Di hari terakhir, setelah shalat dhuha kamipun menuju tempat sarapan. Ternyata kami ditolak tidak boleh masuk karena nomor kamar kami tidak di dalam list.

Lah, gimana dong...

Si petugas meminta kami menunggu untuk konfirmasi ke supervisornya. Nggak lama dia kembali, dan kami diminta menuju lantai 17.

Begitu lift terbuka, wah, ternyata kami ada di lantai yang sangat eksklusif. Petugas menyambut dan mengatakan bahwa paket breakfast kami diupgrade. "Disini tempat biasanya putri dan pangeran arab sarapan" katanya.
Wow!!

Kami pun melihat sekeliling. Makanan banyak macam dan melimpah ruah. Bangku-bangku besar nan empuk, dengan dekorasi ruang tirai kerlap kerlip. Saya pun mencari pelayan dan bertanya "where the spot, that we can see Ka'bah?". Pelayan tersebut nampak berfikir sebentar, lalu dia senyum dan bilang "Mostly people doesn't notice, but this is your lucky day, the table is available" katanya sambil menggiring saya dan 2 orang teman menuju meja yang terletak di sisi paling pojok ruangan. "Here you go" lanjut pelayan tersebut lalu mempersilakan kami duduk dan menunjuk ke jendela, "please pray for me" tutupnya.

Subhanallah... breakfast with a view. Nggak pernah mimpi bisa sarapan ala ala princess arab dengan pemandangan menghadap ke Ka'bah!.


pemandangan belakangnya, langsung Ka'bah




Begitulan kenangan indah tak terlupakan dari perjalanan umroh pertama saya. Terima kasih ya Allah, atas kesempatan yang luar biasa ini. Hal ini memang diluar kuasa saya, tapi Allah mengaturnya dengan sangat baik untuk saya. Alhamdulillah. Semoga bisa kesini lagi sama seluruh keluarga. Amin...






Di depan masjid Kuba







Jabal Uhud : Bukit Cinta tempat bertemunya Adam dan Hawa




.













































No comments:

Post a Comment