Monday, August 19, 2013

Love Letter for Baby Sugar - Melahirkan Part 2


Ternyata perjuangan belum selesai. Kemudian...


17:45


Udah bukaan 8. Sakitnya gimana? Jangan ditanya!!! Yang jelas ibun terus-terusan zikir dan doa tanpa putus. Karena Adek baby makin advance gerakannya menuju pintu keluar. Sakiiiiing mulesnya, tiap kontraksi dateng tangan ayah ibun gigit. Makin kenceng kontraksinya, makin kenceng gigitannya. Aselik! Coba kalo kamu bisa liat tampang memelas nya ayah pas ibun gigitin, itu sungguh menghibur hati. Ahahahaha...ibun puassss banget.
Di saat kontraksi lagi heboh, tanpa sengaja tangan ibun melambai-lambai. Daaaaaaannn tiba-tiba ada tangan yang menggenggam tangan ibun. Ibun kaget! Pas ibun liat, ternyata itu tangan mama-nya ayah. Ups! Salah banget. Inget kaaan siapa aja yang ibun mau buat nemenin ibun di daleeeem? Nggak papah sih sebenernya ada mama-nya ayah, toh beliau so far ga ngapa-ngapain juga. tapi ibun kan mau persalinan yang nyaman di hati, Ibun justru takut kalo nanti tanpa sadar ibun meracau nggak jelas tanpa di saring, ada kata-kata yang nggak appropriate keluar dari mulut ibun. Daripada daripada yaaaahhh.... jadi dengan se-sopaaaaaan mungkin, ibun pun mempersilakan mama-nya ayah untuk menunggu di luar. Makasih mamah *cups*

18:00
Tick tock tick tock....

Tiba-tiba suster dateng membawa macem-macem alat. Seperti meja dengan handuk dan ember besar, meja dorong dengan lampu diatasnya, selang, dan beberapa alat lain yang udah ga ibun perhatiin lagi

OMG! Sebentar lagi.... *ibun jejeritan dalam hati*

"Dokter diahnya sudah di jalan..." Suster mengabari.  Alhamdulillaaaaah beliau mau dateng kesini. Hip hip horrayyy hati ibun sungguh lega gembira, karena ibun ga nyangka beliau beneran mau bela bela in membantu kelahiran ibun dan mau menembus kejamnya jalan ciputat raya yang pastinya macet gila di hari sabtu. Benar-benar berdedikasi terhadap tugasnya. Cinta banget dah ama bu dokter.

Selang lima belas menit, ibun denger si suster berbicara dengan suster lain yang juga lagi bantuin untuk siap-siap. "Dokternya lagi naik ojek, macet banget" *hufff alhamdulillah...ayo cepat kemari dooookkkk!*

HAH HAH HAH HAH!  napas ibun tambah ngos-ngos-an. Satu hint lagi, kalau mau mengurangi rasa mules kontraksi, berfokuslah pada kegiatan "bernafas" jangan mikirin sakit di perut, dan bernafaslah seperti doggy, tapi tanpa menjulurkan lidah yah. Trust me, it works! Bisa mengurangi rasa mules yang makin bertambah lebay itu. Ilmu ini ibun dapet di kelas senam hamil. Ternyata, walaupun dikitttt ilmu senam hamil masih ada yang nempel di ingetan ibun pada masa krisis gawat darurat begini. Bebeb cantik, nanti kalo kamu hamil, kamu musti ikutan senam hamil ya sayaaang. Terlebih lagiiiiiii... Ketika HAH! Ibun ngebuang nafasnya dengan nyemburrrr ke muka-nya ayah. Strike! Agak kasian sih liat ayah wajahnya memelas plus deg deg-an, dan ayah tanpa sengaja pun kebawa ikutan ber HAH HAH! Kalo diinget-inget, sebenernya adegan ini sungguhlah kocak.

18:20

"Ayo di VT lagi ya..".suster menghampiri ibun "APAAAA? VT lagiiiii?" Ibun mau protes, tapi udah terlalu lemes buat komplain, jadi ibun ngangkang aja dengan pasrah. Sambil VT, suster-nya ngangguk-ngangguk. "Jangan ngeden dulu ya...." Duh rasanya anak ibun di dalem perut ini udah lompat-lompat pengen ngeden.banget!

"Dokternya udah dateng" sayup-sayup ibun denger suara suster ngomong. "Alhamdulillaaaaaaaahhhhhhh" ibun sorak sorai dalam hati.

"Halo riska" dokter diah menyapa dengan manis dan santai. Begitu lihat wajah bu dokter, rasanya pengen langsung ibun tomprok buat meluk. "Dokteeeeerrrrrr" spontan ibun teriak kegirangan. "Iya...." "Saya mau ngedeeeeennnn" haha! First line ibun gak banget yak. Sungguh ada kelegaan yang luar biasa melihat dr. Diah datang, kayak ada malaikat, langsung merasa nyaman dan brasa lebih siap mental untuk brojol *mulai lebay*

Agak mengernyit juga sih ibun, ngeliat bu dokter datang dengan kostum baju plastik kayak jas hujan, memakai hair cap buat nutup kepala, pake sepatu boots, dan sarung tangan. Kayak tukang pel! Hihi.

Kemudian, datanglah pula bidan senior, suster-suster lain dan (kayaknya sih) juga ada obgyn dan dokter anak yang memang lagi piket. Pokoknya selain dr Diah, ada sekitar 4 orang lain yang ikut membantu. (duh, note to self dan juga buat ibu-ibu lain yang mau lahiran, kalo bisa cari cari info dulu ttg dokter anak buat menangani pas lahiran, kalo memungkinkan sih request dokter anak yang oke. Jangan sampe salahhh...ntar ceritanya bisa kayak pas lahiran kamu ini nak - tapi detailnya ibun ceritain lain waktu ya beb)

"Kita periksa dulu ya bukaannya" ucap bu dokter sambil senyum. Seperti biasa, intonasi bicaranya bu dokter memang santai tapi pasti. Ibun jadi lebih relax. Kemudian beliau melakukan VT. "Oke Riska, sudah boleh ngeden ya" Siap Komandan! Ibun langsung ngangguk-ngangguk dan ambil ancang-ancang tarik napas. Beneran kayak tentara yang baru pertama kali mau turun perang. HOP HOP HOP! *pasang ikat kepala*

"Heeeeeekkkkk...."Ibun mulai ngeden "Terus bu, ngeden yang gemes, napasnya jangan putus" suster senior mulai memberikan komando, ibun berusaha tarik napas lagi. Again, another "ilmu" yang ibun dapat pas senam hamil dan berhasil ibun inget di detik detik mendebarkan ini. Bahwa selain bernafas seperti guguk ketika kita mengulang untuk ambil napas lagi, kegiatan ngeden harus tetap berjalan. Jadi boleh berulang kali ambil napas, tetapi harus dalam sekali ngeden jangan terputus. Ah, semoga kebayang ya Nak! Oh iya, another thing, kalo pas ngeden nggak boleh sambil nutup mata. Harus stay melek, supaya tidak terjadi pressure yang besar pada bola mata.

"Heeeeeeeekkkk" ibun berusaha ngeden lagi. "Ayo Riska, pasti bisa"bu dokter memberikan semangat. HAH HAH! Ibun nggak kuat, kegiatan ngeden terhenti. Bebeb pun masuk lagi ke dalam.

"Ayo bu, gemes bu...ngeden yang gemes". Duh, ngeden gemes itu kayak gimana sih. Ibun bingung sendiri. "Hmmmppphhhh" suster senior mulai mencontohkan cara ngeden gemes mulutnya membuka, idungnya kembang kempis, keningnya mengernyit dan tekanan semua ada di panggul-pantat. "OOOOhhh gitu" ibun sempet-sempetnya berkomentar oooo..., sampe sampe susternya pada ketawa.

"Huuuummmmppppp" ibun pun memulai lagi "Ayo terus, ngeden yang gemes" "teken aja kaki-nya" ibun pun lanjut ngeden dengan paha mendorong pada (kayaknya) badan si suster. "Maap ya suster..." "Nggak papah bu, dia mah udah biasa" ungkap suster yang lain sambil bercanda.

"Hummmmppppphhhh" "ayo bu, terus terus, itu kepalanya udah keliatan" "Hummmpppphhhhh....aaaaaaahhhhh" "Lagi bu...dikit lagi....ngeden yang gemes" Oke. Ngeden gemes! Ibun jadi inget mama ibun pernah bilang kalo melahirkanitu kayak *maaf ya* Beol keras. Beol KERAS! So needs extra effort. Berarti ngedennya kayak kalo kita pupup tapi keraaaaass. Okesip, ngerti.

Oh iya, mungkin karena bukaannya sudah lengkap, rasa kontraksi pun udah jauuuuh berkurang. Ibun bisa konsentrasi full sama kegiatan per-ngeden-an.

"Hmmmmppppphhhhh" ibun udah mulai kewalahan "Dodik deh..." Bu dokter memberikan instruksi. Ibun sih nangkepnya dodik berarti dorong dikit. Canggih juga ya ibun, sambil ngeden masih pinter juga otaknya *hahah* Selanjutnya si suster senior agak sedikit menaikkan badannya ke kasur, dan mulai memegangi perut bagian atas ibun. "Yak...1..2...3 Ngeden" bu dokter memberi instruksi "Hmmmmppphhhhh bismillahirrahmanirrahiiiiiim" ibun mulai ngeden, diikuti dengan bidan senior mendorong perut ibun. Tiba-tiba....

18:30

Oeeekk...oekkk...oekkk...

Alhamdulillaaaah...bayi ibun yang cantik sudah lahir. Subhanallah :)

"Coba lihat jam-nya" dokter diah menginstruksikan "18:30" dok. Sip. Catet! Alhamdulillah kamu pinter Nak, lahirnya nggak nunggu besok...kalo iya, bisa abis mungkin energinya ibun.

Ternyata, bener kata mama-nya ibun. Setelah bayi-nya keluar udah gak ada rasa mules sama sekali. Ternyata benar. Mulesnya Hilang! Ajaib! Mejikk! Udah ga ada rasa apa-apa sama sekali. Ibun sepertinya udah langsung bisa lari-lari. Subhanallah....

Kemudian, ibun melihat bu dokter merogoh-rogoh perut ibun lalu menarik gumpalan besar entah daging entah apa dari dalam perut. Atau mungkin itulah yang dinamakan ari-ari.

Setelah itu bayi cantik ibun diletakkan di meja berlampu untuk di cek fisiologisnya dan dibersihkan sedikit. Ayah yang masih terbengong-bengong, kemudian tampak linglung ketika disuruh meng-adzan kan. Mungkin ayah masih amazed dengan kebesaran tuhan menghadirkan mu ke dunia ini, Nak.

Ayah pun mengadzan kan mu di telinga kanan, dan mengiqomahkan mu di telinga kiri. Supaya kalimat yang pertama yang kamu dengar adalah kalimat-kalimat baik dan indah. Semoga kelak kamu akan selalu jadi anak shalehah kebanggaan ayah ibun.

19:00

Selanjutnya adalah proses IMD. Thanks God RS yang ibun pilih sangat pro ASI. IMD (inisiasi menyusui dini) sebagai tahap awal untuk kesuksesan kegiatan menyusui. Kamu pun untuk pertama kalinya ditaro di dada ibun, untuk mencari sumber kehidupanmu aka tetikadi.








Its actually dumb, by the way. Tapi yang terlintas di pikiran ibun saat itu adalah kok bayi-nya warnanya abu-abu yaaaa...hehehe. Biasanya di TV-TV kan merah merona tuh. Udah gitu, hal pertama yang ibun cek adalah kamu wajahnya nggak mirip sama "cobaan hidup" ibun. That's the foolest thing that I'm afraid of. Abisan pas ibun lagi hamil, ibun sering banget ketok-ketok meja usap usap perut gara-gara tingkah para cobaan hidup yang menyebalkan itu.

Then, sambil IMD sambil ibun di jahit. Mungkin lebih tepatnya diobras kali yaaa saking banyaknya jaitan ibun. "Pantatnya jangan diangkat" bu dokter memberikan instruksi. Biar jahitannya rapi kali yaaaa... Tapi kan susah ya bo! Walaupun perhatian ibun sudah banyak dialihkan oleh rasa kekaguman ibun akan bayi cantik yang lagi nemplok di dada ibun, tapi rasa sakit dijait tetep aja terasa. Nggak jarang ibun ber "Au..au..au!" Setiap jarumnya lagi ditusuk. Nggak tau deh itu ngejaitnya pake dibius ato nggak. Ibun udah berserah pasrah.

Setelah proses jahit menjahit selesai, anak ibun yang cantik pun segera dibawa ke ruang bayi untuk diobservasi. Sebelum bisa pipis secara spontan, ibun belom boleh pindah ke kamar rawat inap. Duh, mau pipis rasanya masih nyut nyut nyuuuut. Setelah mencoba hampir 2 jam, akhirnya ibun berhasil pipis banyakkkk. Yeay

22:00
Alhamdulillah akhirnya ibun didorong ke kamar rawat inap. Karena sebelumnya kita udah daftar buat lahiran di hermina, jadinya bisa dapet previledge lebih. Oh iya, hari ini lagi banyaaakkkk banget deh baby yang pada lahir disini. Pas tadi ibun kontraksi-kontraksi aja kayaknya udah ada sekitar 5 orang baby yang baru lahir. Makanya, kamar utama yang kita reserve ternyata full, jadilah kita dapet free upgrade ke kamar VIP. Yeay!!!

Daaaan, malam ini ditutup dengan ibun bobo penuh dengan senyum. Walaupun nggak nyenyak karena badan ibun rasanya semriwing plus pegel-pegel akibat seharian ototnya tegang. Terutama di bagian kaki.

Alhamdulillah, puji syukur tak terkira ibun bisa melahirkan bayi cantik yang sehat dengan selamat dan melalui partus normal. I loooove you so much baby G


welcome to the world sweetheart :)


3 comments:

  1. hai mba.. wah aku juga melahirkan di hermina ciputat dgn dr.riyana.. recomen bingittt ya rs ini,, suster2 nya sabar,,, bener kata mu mba pas liat dokter dteng itu rasa nya seperti surga dan dewi penolong,,, heheh
    sehat trs bwtr gendhis.. blog rame sekali banyak info nya thanks yaaa..

    ReplyDelete
  2. iyaahhh amiiiin thank you so much mba :). Dokter riyana buanyaak bener yak pasiennya

    ReplyDelete
  3. Hi mba Ingkie, blog nya seruuuu.. Jadi berasa ngeden beneran, ikutan tahan napas wkwkwkwkwkw aku lg hamil 33weeks tp masih galau mau lahiran dimana, udah bbrp kali kontrol di hermina, baca blog ini jadi makin yakin klo lahiran di hermina jg instead of kmc (soalnya selisihnya lumayan) hahahahaha
    Thanks for sharing mba 😄

    ReplyDelete