Sunday, August 12, 2012

Solo Trip to Solo

1 July 2012

Sekarang, saya lagi duduk manis di bandara adi soemarmo, Solo.

Nungguin boarding mau balik lagi ke Jakarta.

Jalan-jalan mulu?

Iya.... gitu deh *jujur, saya sebenernya worried sama si bebeb di perut yang diajak jalan-jalan mulu* Tapi, namanya juga kerja di kantor yang ngurusin orang jalan-jalan. Salah satu value yang bisa dinikmati dari berkantor di tempat begini ya hanya pas part jalan-jalan-nya. Kalo part stand by kerja di kantor sudah pasti nightmare to the hell.

I'm kinda excited about this trip. Karena event yang akan saya datangi ini keren banget menurut saya. #SoloBatikCarnival2012 *you can see my livetweet about this event through twitter timeline of @inkbatikline or www.inkbatikline.com*  Namun di sisi lain, ada yang sungguh mengganjal dari perjalanan ini, yaitu my travel-mate. Beliau sungguh teje meneje moheje kmere ktumbar jahe. Sutralah yee...

Sugeng Rawuh , ucapan selamat datang di depan Pusat Grosir Solo (PGS)

At first, begitu sampe solo, I feel so solo...  *drama* Maksudnya, saya ngerasa sendirian, lonely! Nggak ada muka-muka familiar yang saya kenal. Udah gitu, hal yang paling saya takutin adalah bakal tidur sendirian di hotel. Kalo udh begini, yang ada semua lampu saya nyalain, Volume TV saya setel maksimal semalem suntuk,  Tidur gelisah, kebangun2 terus tengah malam, dan sulit buat balik bobo lagi. Akibatnya badan jadi gak bergairah... Kasian si bebeb di perut klo mommy-nya gelisah terus begini :(

Untungnya, saya terselamatkan oleh kehadiran beberapa familiar faces yang juga menghadiri event yang sama tapi tinggal di hotel berbeda. Besoknya, saya si anak hilang akhirnya memilih untuk pindah hotel, biar bisa gabung sama familiar faces yang lain daripada saya kaku mati gaya sendirian di hotel yang rasanya agak "tua" ini. And after that...everything fine and under control. Yeah!

Siangnya, kami makan Tengkleng Yu Tentrem, langsung di rumah si Ibu Tentrem-nya. Agak masuk2 gang gitu di desa purwo-something *lupa* Ternyata kami sudah dipesenin dua baskom extra gede Tengkleng Kambing. Begitu di kecap, tengkleng ini tak dinyana punya rasa yang super duper endang estaurina syalala...lezat sekali. Gak prengus, pedes-nya pas dan bumbunya tentrem di hati. Secara ini daging kambing, sifatnya agak "panas" jadi bumil ga boleh makan banyak-banyak!

Tengkleng Yu Tentrem, bikin perut tentrem

Efek kelar makan makanan beginian adalah jadi bodoh dan mengantuk. Sampe hotel, sayah langsung bobok super nyenyak. Jam 5 sore, saya sempetin jalan-jalan dikit di sekitaran hotel. Nggak sengaja saya "nemu" sebuah restoran sekaligus galeri kecil ber cat kuning yang tampilan eksteriornya dari luar sungguh cantik. Sayang, saya nggak sempet masuk buat mencoba makanannya. i think the taste seems authentic deh...

ini dia, resto & galery yang "menarik" mata saya

Malam harinya, selepas pukul 18.00 saya sudah siap-siap. Acara #Solobatikcarnival2012 akan dimulai pukul 19.00 dengan opening ceremony di stadion Sriwedari. Senangnya dapat freepass dan ID Pers adalah saya bisa puas nonton dan  bebas memotret acara dari jarak dekat.  Yippie!

Again, untuk detailnya bisa lihat di timeline twitter-nya @inkbatikline yah. For sure, baju-baju yang di paradein keren-keren banget, ada yang pake sayap extra besar kayak lambangnya jogja, ada yang pake bakul tumpeng dikasi stud-stud, ada yang kayak baju orang mongol tapi pake gembyer-gembyer, pokoknya unik-unik deh. Belom lagi paduan musik ala orkestra dengan lagu-lagu jawa tapi di mix dengan musik disko buat clubbing yang biasa jg dijadiin backround musik fashion show. Mantaaapppppp gilaaakkkk!!!!! Love the music to the max. Linghting yang disajikan juga nggak kalah keren. Bener-bener sebuah event tingkat internasional yang supposed to be kalo awareness dan promosinya bagus, bisa banget buat mendatangkan banyak wisatawan luar negeri. Kabar terbarunya, mereka bakal diundang buat tampil di Pasadena Flower Festival, Amerika Serikat. Hebats!

Berikut secumplik foto-foto rancangan busana kreasi batik mereka yang keren-keren. Saya jadi semakin pengen nggak ketulungan untuk beli camera DSLR buat foto-foto event seperti ini *nabung ayo nabuuung*

Dan ternyata, di event ini banyak bule-bule berkeliaran memotret. Saya nggak mau rugi buat ikutan foto bareng mereka, sekalian biar bisa pamer ke @echaelsa sang pecinta bule sejati.

cheeeers, dude!

So far, acara opening ceremony-nya berlangsung terstruktur, rapi, dan enak ngeliatnya. Tapi yang minus adalah ukuran big screen-nya kurang GEDA.... Jadi gambar yang ditayangin di video-nya nggak bisa keliatan detail. Buat yang posisi duduknya rada jauh sama "catwalk" show, detail-detail gimmick dari rancangan busana yang keren gilak ini kurang bisa diliat dengan jelas. Dekor di dalam stadion juga masih minimalis, kurang gebyar-gebyar.

Begitu peserta parade mulai keluar dari stadion menuju jalan slamet riyadhi yang disulap jadi catwalk dadakan, langsung disambut dengan super antusias oleh masyarakat yang udah stand by di pinggir jalan sejak habis magrib. Walaupun penontonnya membludak, namun jadi rada garing karena nggak ada iringan musiknya. Backsound yang terdengar justru dari teriakan sorak sorai penonton yang sibuk pengen berfoto. Harusnya sih ada kendaraan parade yang bawa soundsystem, biar sepanjang jalan ambience-nya lebih meriah. Satu lagi kekurangannya adalah karena pagar pembatasnya nggak puguh, hanya dari deretan relawan membawa spanduk kecil berjejer, bukan papan pembatas kayu atau besi yang kokoh, sehingga terlihat sangat crowded dan rada keos.

masyarakat sangat antusias di sepanjang Slamet Riyadhi

Ke-seru-an acara ini bikin saya lupa makan. Kelar opening ceremony  sekitar jam 9 malam, ternyata makanan udah pada habis. Yang sisa cuman batagor - itupun rasa-nya nggak gitu enak. jalan kaki sampe hotel pun nggak nemu penjual makanan yang proper, padahal pas tadi berangkat ke tempat acara penuh tukang makanan macem-macem. Selain itu juga banyak tukang-tukang lainnya yang menjual berbagai barang dagangan, seperti mainan anak-anak dan gulali warna warni. Pokoknya malam itu bener-bener jadi pesta rakyat deh.

entah apa ini, mirip payung, tapi sepertinya mainan tongkat mayoret deh

gulali warna warni

Karena perut sudah terasa sungguh mual akibat belum diisi, saya nekad keluar hotel untuk cari makan. Ternyata, suasana tengah malam jalan utama kota solo di malam minggu begini masih meriah. Sisa-sisa orang berkumpul pasca acara carnival tadi pun masih marak. Sampai di pojokan lampu merah mengarah ke Pusat Grosir Solo (PGS) saya menemukan sebuah warung tenda yang terlihat cukup bersih dan lumayan ramai. Mampirlah saya kesana dan memesan mie goreng. Hufff.... Rasanya lumayan enak kok. Happy mommey...happy tummy... :)

Salah satu hal yang saya salut dari pemerintah kota solo adalah kebersihannya yang terjaga. Sepulang dari makan mie, di sepanjang jalan yang tadinya super penuh dengan tumpukan sampah peninggalan para penonton carnival, perlahan pemandangan sampah yang menyakitkan mata itu menghilang. Pihak dari dinas kebersihannya sungguh sigap memungut setiap sampah yang tersebar berantakan di sepanjang jalan langsung setelah acara selesai, nggak pake nunggu pagi menjelang.

Terbukti, ketika keesokan pagi-nya saya mau pulang ke Jakarta, jalan utama Slamet Riyadhi sudah bersih bin kinclong.  Apalagi ini adalah sebuah hari minggu, dimana jalan tersebut dipergunakan sebagai area Car Free Day layaknya Sudirman - Thamrin Jakarta di tiap minggu ke 2 dan 4. Nyaman banget rasanya bisa jalan santai ataupun main sepeda di jalanan yang bersih seperti ini. Saya pun menikmati-nya dengan menaiki becak sampai ke pangkalan taksi untuk menuju bandara. Oh iya, kalo untuk ke Bandara, ternyata taksi di Solo punya tarif special dari dan ke Bandara yaitu Rp. 55.000, nggak based on argo (kalo lagi barengan temen-temen  sih lumayan bisa patungan, kalo lagi sendiri...ya lumayan juga nih kantongnya, soalnya perjalanan yang saya tempuh ternyata nggak terlalu jauh)

Kota Solo yang bersih dan  nyaman

Yang jelas, saya dan bebeb sungguh menikmati perjalanan kali ini. Walaupun sempat ada kejadian yang bikin saya feeling lonely dan pengen pulang ke jakarta aja saat itu juga. Hehehe.... mungkin karena swinging mood-nya ibu hamil nih.

Next, kayaknya saya udah dilarang jalan-jalan keluar kota lg sama si Airen deh....roman2nya dia bakal minta saya buat stay di jakarta ajah hohoho...

1. Huwaaa... Ini kota gue inki! Kalau butuh makan tengah malam, banyak tempat enak. Etapi enak semua si makanan di solo :p

Semoga bumil dan bebebnya sehat2 terus yaa...biar bisa tetap jalan2. Katanya si, kalo bumil pede si bebeb insyaallah baik2 aja :)

2. Wahhh, tau gitu gue nanya2 elo tengah malem buta bisa makan dimana. tapi kayaknya krn gue kesan pas carnival semua tukang jualan udah pada sold out.
    Sebenernya penasaran banget sama selat solo Mbak Lies, kalo ke Solo nggak pernah nemu tempatnya dimana.

hihihi....amin aminnn makasih doa-nya.
    Pengen banget bisa eurotrip kayak dirimuuuuu

3. Alhamdulillah acara ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di kota Solo. Solo the Spirit of Java