Tuesday, August 28, 2012

Pemeriksaan Bebeb Ke 5 & Tes Darah Lengkap

21 July 2012

Heyhow!


Tes Darah Lengkap

Kali ini bebeb udah masuk 19 week + 5 day
Di akhir konsultasi dokter bulan lalu, sang obgyn meminta sebelum pemeriksaan selanjutnya (which is sekarang ini) saya harus melakukan cek darah lengkap. Yang termasuk di dalamnya:

1. Hema Lengkap
2. Cek Toleransi Glukosa
3. HBSAG
4. Urine Lengkap

Nah, prasyarat cek darah adalah harus puasa selama 10-12 jam sebelum diambil darahnya. Hitung punya hitung, saya terakhir makan jam 12 malam. Berarti kalau saya akan periksa darah jam 12 siang it's oke. Dan karena nggak memungkinkan buat izin seharian, saya ke kantor dulu pagi2, hopefully jam 12 udah bisa sampe RS-nya.

Ternyata, jalanan jakarta siang hari pun emang crappy hell. Saya baru sampe ke RS jam 2 siang. Sebelumnya saya kudu nyamperin airen ke kantornya, biar bisa sama2 ke RS.

Sampai di RS kami langsung ke lab-nya. Ternyata, di KMC lab-nya kecil buangetttt. Seukuran kamar pembantu. Letaknya pun nyempiiiil di ujung lorong. Awalnya saya pikir salah jalan, tapi kok sesuai dengan pentunjuk arah yang terpampang. Walaupun begitu mentok, kok malah menemukan tangga yang mengarah ke lantai atas. Ternyata sebelum tangga ada 2 ruangan:

Di sebelah kiri, ada si ruangan super kecil tadi yang berfungsi sebagai tempat ambil darah. Begitu masuk, di depan pintu terdapat sebuah tempat tidur anak-anak. Di pojok kiri-nya terlihat sebuah kursi, dan meja kecil lengkap dengan tabung-tabung penampung darah.

Di sebelah kanan, ada ruangan sempit tanpa pintu tempat kita daftar buat cek lab-nya. Sebuah meja, dan dua buah kursi lipat terlihat di hadapan.

Bergeser sedikit ke arah depan sebelum tangga, ada sebuah toilet yang biasa digunakan untuk mengambil urine pasien.

Ketika saya datang, ruangan pendaftaran kosong melompong, nggak ada penjaga-nya. Ternyata di dinding depan terdapat sebuah bel, yang harus di pencet untuk memanggil petugas. Di bawah bel tersebut ada pemberitahuan buat memencet bel-nya sekali aja, dan sabar menunggu. Bel-nya jangan dipencet berulang-ulang. (Mungkin banyak kejadian pasien gak sabaran, karena petugasnya nggak dateng2, jadi si bel tersebut dipencet berkali-kali)

Memang sih, nggak berapa lama seorang petugas turun dari lantai atas dan menerima kami. Saya kemudian langsung ke toilet mengambil urine. Ketika selanjutnya akan di ambil darah, sang petugas mengecek lagi apakah saya sudah puasa dan berapa lama. Eeh, ternyata maksimal puasa 12 jam, kalau sudah lewat dari itu harus diulang lagi. Setelah dihitung-hitung ternyata puasa saya sudah 14 jam, terpaksa deh besoknya harus balik lagi ke RS. Dan terakhir kemarin malam saya makan hanya pisang, eh...pisang ternyata nggak masuk dalam hitungan "terakhir makan malam" yang dimaksud itu harusnya makan nasi.

Esoknya, (sebuah hari sabtu, hari pertama bulan puasa) saya dan airen jam 9 sudah berangkat dari rumah. Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama, kali ini saya menghitung jam puasa benar-benar. Setelah mengambil sampel urine, kemudian saya diambil darahnya sebanyak 2 tabung. Lantas meminum cairan gula. Ternyata ya boooo.... si cairan gula ini superrr duperrr manissss, sampai ingin muntah rasanya. Tetapi saya tahan. Karena kalau muntah, harus diulangi lagi tes darahnya dari awal. Ogah dehhh....

Habis minum cairan gula, lanjut puasa lagi selama 2 jam. Baru deh nanti diambil darah-nya lagi (ambil darah part 2)

Jarak 1,5 jam dari ambil darah part 2, alhamdulillah hasil cek darah lengkap sudah bisa diambil. Sehingga bisa langsung saya bawa buat konsultasi sama dokter, hari itu juga.

Konsultasi
 

Konsultasi kali ini bebeb sudah semakiiiin besaaaar. Alhamdulillah, sehat! 

Terlihat jelas Kepala + otak kanan-kirinya. Lalu bagian badannya, kemudian tangan, paha, dan kaki-nya. Detak jantung juga normal. Setiap kali USG adalah moment yang sungguh saya rindukan. Si bebeb seakan melambaikan tangan, dadah-dadah ke saya. Mendengar suara degup jantungnya seakan ia memanggil-manggil nama saya. So touchy! Berat badan bebeb sudah sekitar 350gr


left : Tulang Paha bebeb , Right: Perut bebeb (kalo gak salah ya... saya lupak)


Otak babeb - otak kanan & otak kiri


summary update pertumbuhan bebeb

Oh iya, barusan sempat browsing2 sedikit, nemu blog-nya fifi alvianto (ternyata doi jg konsul dg obgyn yang sama dg saya). Yang sangat menarik perhatian saya adalah video baby ketika di USG, yang di posting di blog-nya. Lucu bangettt. Saya jadi terinspirasi untuk membawa handycam/camera digital buat USG besok supaya saya punya rekaman video-nya. Ih ya ampuuun, kemarin2 ide ini kenapa nggak kepikiran yaaaa...

Selesai USG, kemudian dr. Diah membaca hasil tes darah saya. Alhamdulillah semua normal dan baik. Awalnya saya sempat worried banget sama kadar glukosa saya, karena selama hamil ini hobi banget makan/minum segala macem yang manis-manis, jangan-jangan gula-nya tinggi. Thanks God, Alhamdulillah hasilnya normal.


Inilah rincian pengeluaran saya di pemeriksaan bulan ini (21 Juli 2012):

Lab:

- Hema lengkap                   : IDR 136.400
- Tes Toleransi Glukosa     : IDR 180.500
- HBSAG                               : IDR 204.600
- Urine Lengkap                  : IDR 71.300

Total: IDR 592.800

Kontrol Bulanan:

- Konsultasi Obgyn            : IDR 300.000
- USG 2D                             : IDR 115.000

Total : IDR 415.000

Ternyata harga kontrol bulanan di KMC baru aja naik....lumayan banyak lagi naiknya, terutama di part konsultasi obgyn.  hiks hiks... sedih deeehhh

Untuk tes lab sebenernya nggak perlu di RS-nya kok, bisa di tempat lain kayak semacam prodia dll. Kemaren sih saya dan airen mikirnya supaya praktis aja dan sekalian pas konsultasi obgyn.

No comments:

Post a Comment