Sunday, August 12, 2012

swollen feet - kaki bengkak ketika hamil

5 month ... and counting!

Duuuuh,
Pas lagi make' sepatu, mau berangkat ke kantor... tiba-tiba saya merasa ada yang aneh dengan kaki saya.
Ini kenapa sepatu rasa-nya kok tambah sempit?

Astagaaaaa.... kaki saya membengkak, jadi gendutttt..... :( :(
*sebelum hamil aja kaki-nya udah gendut, sekarang tambah-tambah...haduuuhh*





This is actually normal, salah satu "perubahan" yang dialami wanita hamil adalah seluruh badan makin menggendut. Termasuk di bagian kaki. Jadi makin bulet!
Kaki bengkak lumrah terjadi ketika kehamilan berada pada trimester kedua dan ketiga. Karena perut bumil yang makin membesar, sehingga tubuh yang ditopang oleh si kaki pun menjadi lebih berat. Nah, tak jarang hal ini membuat kaki menjadi bengkak, soalnya aliran darah di kaki jadi terhambat.

Begitu saya sampai kantor, ternyata ada emak-emak di kantor saya yang notice. "Kok, kaki kamu tambah genduuuut?" Yeah rite! Maklum, mereka jauh lebih pengalaman dalam hal kehamilan jadi tanpa diminta, beliau- beliau ini  langsung bertubi-tubi kasih advice:



  1. Bahwa hal ini karena saya udah kebanyakan makan garam. Sehingga asupan garam yang masuk ke badan saya harus di kurangi
  2. Kalau lagi bobo, kaki-nya di naikin ke atas, sehingga posisinya lebih tinggi dari perut. Hal ini supaya aliran darah dari kaki turun ke bawah sehingga bengkaknya bisa berkurang. Baiklahhhh...Mak!
  3. Jangan terlalu banyak duduk, dan jangan terlalu banyak berdiri. Nah loooh...*bingung* Maksudnya si emak itu adalah jangan sampe kelamaan duduk, kalo bisa tiap sejam berdiri jalan-jalan kemana kek, dan kalo lagi berdiri jangan lama-lama, kalo udah sejam ya istirahat duduk lagi. Begitcu, yang jelas bumil harus cukup istirahat dan nggak boleh capek.
  4. Treatment Kaki. Yaitu dengan cara menyiram kaki memakai air dingin sambil jari-jari kaki-nya di gerakkan, selanjutnya kaki di rendam dalam air hangat yang sudah ditaburi garam dan perasan jeruk nipis selama 10 sampai 15 menit. Kalo males rempong, bisa minta bantuan suami buat mijetin pelan kaki kita pake baby oil setiap  pagi dan malam. (nah, ini pilihan paling enakkkk)
  5. Perbanyak makan protein. Baik hewani atau nabati seperti ayam, ikan, hati ayam, telur, kacang hijau, dan tahu - tempe

Alert! 
Buat bumil yang punya riwayat darah tinggi, ketika bengkak kudu banget memeriksakan diri ke dokter atau bidan langganan. Menurut refensi yang saya baca disini, harus waspada kalau kaki bengkak setiap pagi hari dan berat badan bertambah lebih dari 1kg / minggu. Hal ini bisa jadi merupakan tanda-tanda keracunan kehamilan. Segeralah periksa ke dokter. hiiiyyy... jangan sampe kayak begini yaaaa....amin amin aminnn....  







No comments:

Post a Comment