Thursday, July 5, 2012

Nightmare Train, Hiiiiyyyy!

June 15th 2012

Saya adalah pelanggan setia KRL Commuterline jurusan serpong - tn.abang. Secara rumah di pinggiran, kantor perciss di depan monas. Jauh gila! Orang pertama yang ngenalin saya sama krl AC adalah om @desniar bos saya yang jago mejik di kantor lama. Begitu ngerasain angkutan tanpa macet (walaupun suka mogok dan telat) ini langsung jadi pilihan transportasi utama ke kantor.

ini nih bentukan kereta yang menjadi andalan saya buat ke kantor

Salah satu benefit di crappy hell office ini adalah adanya jemputan karyawan. Kalo pagi, si jemputan ini lewat jalan utama rumah saya jam setengah 6. Pagi benerrrrrr, jam segitu mah saya masih selimutan. Dan kalau pulang, bus sudah gelinding dari kantor jam 15.30, siang bangetttt bo! Tapi memang nikmatnya luarrrr biasa kalo bisa pulang naik jemputan. Karena: 1. Nyaman (ber-AC, pasti dapat duduk, dan bisa bobo) 2. Murah (6000 udah sampe jalan gede depan rumah dan ga perlu nyambung gonta ganti angkutan dan bayar berkali-kali) 3.Cepat (karena kita udah pulang sebelum orang lain pada pulang, jadi belom begitu macet. Sopirnya pun, si Pak Kholik sungguh lihai pilah pilih jalan)

Dan sore kemarin, saya sudah gotong2 tas siap2 mau pulang, berharap nggak ada kerjaan tambahan. Ternyata, pas ijin ke bu Bos belom boleh pulang, disuru bantuin dia mikirin anggaran. Hyah...terpaksa deh stay.

Akhirnya, begitu boleh pulang, jemputan udah terlanjur terbang. Terpaksa deh naik transportasi lain. Niatnya sih mau irit, dengan naik bus ke stasiun Tanah Abang, instead of naik ojek. Ternyata yaaa.... macet nggak ketulungan dan bapak-bapak di kanan kiri saya bau badan dan supirnya nyetir sambil merokok (oh Tuhan!) Sejak jadi bumil, ketahanan tubuh saya sungguh menurun. Bawaannya lemesss banget dan gampang capek.

Sampai di stasiun, nggak berapa lama kereta-nya datang. Penumpang sungguh padat, apalagi banyak penumpang musiman (baca: ibu-ibu yang belanja ke tanah abang menjelang puasa) yang bikin kereta tambah sesek. Percuma sih dinamain KRL AC, karena AC-nya sama sekali nggak kerasa. Keringet penumpang udah segede-gede Jagung!

ilustrasi gerbong padet kayak ikan presto pepes
And then, the nightmare story began. Begitu kereta berhenti di kebayoran lama, tiba-tiba terdengar orang berteriak-teriak "Ada Kereta...Kereta..." Lalu disusul teriakan "Asapp... Kebakaran..." Sontak seluruh penumpang yang padat bak ikan pepes panik dan berebutan untuk turun. Yang ada dipikiran saya saat itu "MasyaAllah...ini kereta bakal meledak...ini kereta bakal ketabrak kereta lain...saya harus menyelamatkan diri" Sedihnya lagi, peron di stasiun kebayoran lama itu rendah banget, dan nggak ada tangga untuk kita turun dari kereta. Jadi sempet ada ibu-ibu yang keinjek-injek saking paniknya orang-orang. Apalagi saya naik gerbong khusus wanita, isinya ibu-ibu jejeritan. Tanpa berpikir panjang, saya pun ikutan loncat turun dari kereta, sambil megangin perut, yang penting saya keluar dulu deh dari kereta ini. Duh bebeb...maapin ibunda yaaa

Nggak lama kemudian, petugas kereta ngumumin kalo yang terjadi adalah AC-nya bocor, dan sempat keluar asap. Tapi nggak berbahaya. Duh gusti..... transportasi indonesia emang buruk banget ya, nggak dipelihara dengan baik. Sangat nggak bersahabat, terutama buat bumil. Setelah pengumuman petugas tersebut, kembali terjadi desek-desekan. Kali ini penumpang rebutan buat naik kereta lagi. Adegan dorong mendorong pun terulang. Karena takut ketinggalan kereta, saya kembali loncat. Kali ini loncatnya ke atas, sambil pegangan sebelah tangan, dan si bebeb agak keteken karena saya mencoba menahan perut. Duuuh, saya merasa bersalah :(

ilustrasi desek-desekan masuk kereta
Sampai rumah, saya langsung minum air yang banyak, selonjoran kaki, dan bobok!

Kemudian....

Pagi ini, saya kembali berjibaku dengan ganasnya kereta indonesia. Sepertinya makin banyak penumpang musiman yang naik kereta di jam peak hour ini. Mereka nggak mau ya, siangan ato pagi-an dikit ke Tanah Abangnya? Biar nggak tambah sumpekkkk!!!

ilustrasi: ayo masuk terus, dorong terus

Di dalam kereta, ruang gerak sudah tidak ada lagi. Keringat se-ember mengalir dari tiap-tiap orang. Masih dari gerbong wanita, tampaknya nggak ada tuh yang berniat ngasih tempat duduknya ke orang hamil macam saya. Mungkin karena hamilnya juga belum keliatan, dan mereka yang duduk semua-nya merem.

Begitu kereta melewati stasiun kebayoran lama, perlahan kanan-kiri saya terlihat semakin gelap. Nafas saya menJadi sesak dan rasa haus yang amat sangat tiba-tiba muncul. Mau minta tolong kanan kiri, nanya ada yang punya air apa nggak, mereka tampak nggak peduli.
Sedih ya, orang-orang sekarang sudah sama sekali tidak punya rasa "empati" dan nggak lagi peduli sama keadaan sekitar (And I talk to myself that I promise  to be more care to others, to give benefit to others) Rasanya pengen Pingsan!!! Tapi saya berusaha untuk bertahan "ayo, ayo dikit lagi sampe palmerah, dan saya akan turun, saya pasti bisa tahan"

Sampe palmerah, saya langsung turun dengan cepat. Lalu berlari ke arah sebuah warung. Memesan teh manis anget, serta lontong + gorengan. Ini semua pasti karena saya belom SARAPAN!!!

Buat bumil, sarapan itu penting sekali, dan makan jangan sampai telat!

Sekian cerita saya kali ini. Doain yaaa semoga transportasi jakartah semakin bersahabat buat bumil...

Duh, kalo kehamilannya makin gede, gimana ke kantornya yaaaa?!

sebenernya kalo semua kereta kayak si merah ini (gerbongnya banyak dan lumayan berasa AC-nya) mungkin dunia pagi jakarta dan sekitarnya akan jadi lebih bersahabat bagi bumil