Thursday, July 26, 2012

Every parents love their children





Dulu, jaman-jaman saya masih jadi anak muda merdeka gaya ceria hura-hura (bahkan belum kepikiran punya rencana nikah) Mbak Ratna, temen kantor saya yang saat itu lagi hamil bilang : "Kalo udh nikan dan hamil gini, makin berasa deh orang tua, terutama  ibu, itu segala-gala-nya. Aku makin sayang sama ibu-ku, makin takut kualat, makin nyesel kalo dulu suka ngebentak-bentak"

Respons saya saat denger dia ngomong gitu: "Hooo...gitu ya mbak" sambil ngangguk-ngangguk. Mungkin karena belum pernah ada di posisi itu, jadi emotionally saya ngerasa kata-kata yang keluar dari mulut Mbak Ratna biasa aja. Nggak membuat saya jadi berasa "tertampar" atau jadi mellow seketika.

Ketika kemudian saya merencanakan pernikahan, saat inilah keharmonisan hubungan saya sama mama diuji. Kerap kali kami beda pendapat. Saya mau-nya A, Mama mau-nya B. Mulai dari nentuin tanggal, pilihan gedung, menu catering, siapa aja yang diundang, baju pengantin ga boleh kebuka-buka, fotografernya nggak oke  dan segala tetek-bengeknya. Belom lagi kalau ada permintaan dari keluarga pengantin laki2 yang musti di akomodir tapi nggak sesuai sama mau-nya Mama. Hal lain juga adalah masalah keuangan. Bikin kawinan mahal bo! Pengennya sih serba yang bagus-bagus, tapi yang bagus pasti harganya juga bagus. Nggak jarang saya ngotot-ngototan sama mama, bahkan pake adegan nangis-nangis segala. Saking stress-nya  saya sampe keceplosan ngomong "udahlah, nggak usah jadi nikah aja". Saat itu ada kata-kata Mama yang bikin emosi saya langsung luluh. "Pokoknya kita pilih yang paling bagus, tapi semampu Mama, semampu kita" Iya juga ya, ngapain harus maksa-maksa buat semua-nya yang paling bagus, tapi harga-nya mencekek leher saya dan Mama. Pilihan vendor kan banyak, dari vendor2 yang sesuai  dengan kondisi keuangan kita, pilihlah yang kualitasnya paling bagus. Ngutang buat nikah itu sungguh harus dihindari. Dan nggak ada orang bikin acara nikahan balik modal atau dapet untung. Trust Me!

Begitu acara sungkeman baru berasaaaaa banget, betapa saya sayang sama Mama n Bapak serta betapa tulusnya kasih sayang mereka ke saya. Di moment sungkeman tersebut, ketika saya mengucapkan kata "Mam...maafin semua kesalahan saya..."Otak saya langsung flashback ke masa lalu. Gimana mereka mati-matian membesarkan saya, kerja gila2an buat bayar sekolah saya, mendidik saya dengan sangat disiplin, ngamuk2 kalo saya bolong solatnya ato males ngaji sehabis maghrib. Tapi perilaku saya ke mereka kadang kayak nggak tau terima kasih. Saya suka ngambek, cengeng,marah-marah sampe sengaja berantakin seluruh rumah karena nggak diajak pergi, kabur kalo disuru bantu beres2 rumah, nganggep kalo mereka nggak sayang serta nggak pernah peduli sama saya, bahkan sampe pengen minggat dan bilang kalo Bapak  saya kayak Singa!! Duh, rasanya durhaka banget yaaa :(

Dan sekarang, ketika saya sedang hamil dan menanti kelahiran bebeb, saya semakin yakin bahwa nggak bakal ada orang tua yang nggak sayang sama anaknya. Bahkan sejak dari dalam kandungan, mereka udah sayang setengah mati sama buah cinta mereka. Bayangin deh, rutinitas kami tiap pagi adalah saya mengelus-elus si bebeb di perut, lalu airen berkali-kali nyiumin perut buncit saya. Habis itu dia akan meletakkan telinga-nya di atas perut saya dan mulai asik berbicara dengan bebeb, seolah-olah si bebeb udah bisa diajak ngobrol. "Hai bebeb, kamu lagi ngapain di dalem sana? Nanti siang mau makan apa? Nanti di kantor jagain Ibun ya, ayah sayang banget sama kalian berdua" so sweet...

Demi besarnya cinta kami ke bebeb, kami rela melakukan apapun yang penting bebeb tumbuh sehat. Saya yang dulu paling ogah sama sayur dan susu, sekarang memaksakan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat tersebut. Airen jadi makin protektif sama saya. Karena pernah hampir pingsan naik kereta saking nggak manusiawinya kondisi penumpang dalam gerbong, sekarang dia melarang saya buat naik kereta dan berbaik hati mengantar saya sampai halte busway Blok M supaya saya dapat tempat duduk. Sebelum berangkat ke kantor, Airen nggak pernah lupa memakaikan minyak kayu putih ke perut dan punggung saya supaya hangat sambil sedikit di pijat2. Malam hari-nya walaupun udah capek pulang kerja, dia masih semangat buat mijitin badan saya yang pegal2. Airen paling cerewet ngingetin saya buat makan teratur dan minum vitamin. Hal yang kerap bikin Airen ngomel adalah karena kadang secara nggak sadar saya suka melakukan gerakan-gerakan semi akrobatik, "lupa" kalo saya lagi hamil. Kalau udah begitu, dia pasti teriak "Kasian bebeb-nya...kalo bergerak jangan celamitan dong!"

Kalau saya sama Airen aja sampai sebegitu sayangnya  sama bebeb di perut, artinya dahulu Mama sama bapak juga pasti punya perasaan dan melakukan yang sama ketika saya masih dalam kandungan. Apalagi saya anak pertama,curahan kasih sayang mereka pada saya tentu sungguh tidak terhingga. Kebayang deh bahwa dari saya belum lahir pun mereka sudah menyayangi saya lahir batin dan rela melakukan semua-nya demi kebaikan saya.

Jadi, kalo ada yang mikir bahwa orang tua mereka nggak sayang sama anaknya, nggak mungkin deh. Itu udah fitrah alami manusia yang diberikan oleh Tuhan, untuk menyayangi darah daging mereka dengan sepenuh hati. Every parents love their children,bahkan sejak si anak belum lahir!

*Saya jadi semakin sayang sama Mama & Bapak, semakin takut durhaka, dan semakin pengen membahagiakan mereka :).  Lindungi mereka selalu ya Allah...Amien.


































No comments:

Post a Comment