Monday, September 30, 2013

cuss PULANG!!! Yeayyyy!!!

Sabtu, 8 Desember 2013

Pagi pagi airen udah duluan berangkat ke rs buat ngasi susu yang tadi malem buta saya perah. he's definetely ayah asi sejati! Tampaknya, doi udah jadi primadona di kalangan suster suster di RS. Menurut pengakuannya, sih...begitu dia buka pintu Perina dan teriak "susssssuuuu...." para suster langsung ngerubungin. halah....ternyata modus yaaaaaa ayahhhh kamu mau sekalian ngecengin suster suster kece disana!

Saya nyusul ke rs jam 9. Karena emalem bobo saya lebih nyenyak dibanding malem malem sebelumnya, saya merasa pagi ini badan sudah enakan. Begitu ketemu adek, ternyata dia langsung nemplok nyusu tanpa perlawanan. Horeeee!  Adek pun udah dipindah di box biasa, nggak di dalam inkubator lagi. Alhamdulillah... duh, pagi ini dunia rasanya indaaaaah sekali.

Jam 11 jadwalnya adek diambil darah untuk kesekian kali. Semoga ini yang terakhir ya, mudah-mudahan nanti hasilnya sudah normal dan kami bisa langsung boyingan pulang. SEJUTA AMIN!!!!

So, gimana nasib persusuan adek baby? buah dari keikhlasan saya semalem alhamdulillah adek hanya sekali dapat susu formula tambahan.

Dan pagi ini, baby kecil di samping box adek udah siap siap mau pulang. Mamanya dibekalin gendongan kangguru sama suter. Informasi baru buat saya nih, jadi ternyata dengan menggendong seperti kangguru, bayi prematur akan selalu mendapatkan hangat pelukan ibu seperti dalam kandungan. Hal tersebut berguna untuk memaksimalkan pertumbuh baby. See yaa again baby mungil, Sehat selalu ya... doakan baby Gendhis juga cepet menyusulmu pulang ke rumah.

So, tinggalah saya berduaan dengan baby cantik kepunyaan saya di ruangan ini. Feel so lonely, ga punya teman senasib seperjuangan lagi deh.

--------------------------------------------------------------------------------------------

Detik demi detik menggelayut bak siput. Ada sisi positif dari semingguan saya di RS yang belakangan baru saya sadari. Konon katanya nih, 40 hari pertama adalah hari hari paling melelahkan sebagai ibu baru karena proses "begadang jangan begadang" adek baby sedang super intens. Bagi saya, berarti sudah dapet diskon  seminggu karena begadang dan rempongnya udah digantiin sama suster suster baik hati. meskipun di rumah tidur saya juga ga nyebyak siiih. 

Hal lain adalah karena sering merhatiin suster suster tersebut bekerja, secara nggak langsung saya jadi ngerti gimana cara yang bener makein diaper, ngebersiin pupu, makein bedong, gendong baby, dan yang paling pentiiiiing adah saya dapet panduan intensif posisi serta cara menbyusui yang benar. Hint! Menyusui di pd kiri itu ternyata posisinya lebih gampang dibanding yang kanan. Lebih nyaplok gitu mulutnya si bayi. Again, karena saya mamah muda kece yang panikan dan gampang cranky, kalo adek Gendhis lagi nangis disini banyak suster yang bantuin saya buat nenangin adek.

Finally!!! jam 4 sore hasil tes darah adek baby keluar. Kebetulan juga dsa adek dokter Eva something lagi praktek disini dan bisa visit. Alhamdulillaaaaaahhh hasilnya bagus. Bilirubin sudah normal! #sujudsyukurtiuplilinbikinslametan. Setelah berkonsultasi dengan dokter, adek baby diijinkan pulang. "nah, kalo gini kan saya enak mulanginnya" kata si dokter. preeeet!!

Selanjutnya adek dipersiapkan buat ditindik (nyokap saya udah spesial nyiapin anting bayi). Prosedur selanjutnya seblum pulang adalah baby mendapatkan imunisasi Hepatitis B dan Polio. Kemudian dilanjutkan dengan deafness test (pemeriksaan pendengaran). Tapi, hasilnya baru bisa dimabil minggu depan pas kontrol. Mudah mudahan hasilnya juga bagu ya.

"Terussss kapan dong foto newborn nya? Kok ga ada tanda tanda deeeh?" tanya saya dalam hati. Namun, saya terlalu malu buat nanyain, takut nanti dikira emak norak yang keganjenan anaknya mau difoto (padahal mah emang iyaaaa hahahaha) nyokap saya bahkan sampe nanya, "Mana, katanya mau difoto?" hihihi. Ah, sudahlah, ga difoto juga gak papah yang penting adek cuss pulang ke rumah. Yeay! #jogedpisang

Sebeum officially pulang, saya dan airen di berikan brief do and donts mengenai tata cara merawat bayi. Awanya cuman saya doang yang mau dijelasin, tapi lalu saya minta susternya supaya Airen dibolehin juga untuk mendengar penjelasan beliau. Biar dia ngerti juga, agar nantinya kami bisa jadi team yang solid buat mengasuh baby Gendhis.


Nanti saya share di postingan selanjutnya yaaaahhh apa aja do and donts-nya. Dadah Dadahhhh saya mau puk pelukan ama baby dulu aaahhh....

baby udah pindah ke box biasa

baru lahir kuku nya udah panjaaaaang... ga ada salon di dalem perut ya?

No comments:

Post a Comment