Thursday, October 3, 2013

The first 40 days - Question of The Day Part 1 : Menghilangkan Ruam Popok & Bayi Tidur Terus

Been through all this tiring but wonderful 40 days. a loooot of new things can happen within these days. Sleepless night, panic attack, baby blues syndrome, tired body, baby grumpy cry, and other similar things compensate with the beauty of this cute tiny little face, finger, toes, and everything.

Everyday has different story. setiap harinya selaluuuuu aja ada hal hal baru mulai dari yang lucu sampe yang bikin panik. tiap hari pasti muncul permasalahan baru yang membuat saya selalu punya question of the day

Nah, berikut saya mau share beberapa question of the day saya beserta jawaban yang saya dapet dari hasil baca buku dan nanya ke orang-orang termasuk Mbah Gugel sang maha tau



1. Ruam popok? Awwww....

Di 40 hari pertama, kalo pagi sampe sore baby saya pakein popok kain, tapi setelah mandi sore sampe besok pagi pake diapers. Popok kain diganti setiap kali basah, sedangkan diapersnya rutin diganti maksimal 4 jam sekali. Walopun begitu, tapi saya sering juga kecolongan...hehehe bisa sampe hampir 7jam #toyor pala sendiri.

Kalau lagi ruam popok, yang paling manjur adalah:
olesin minyak kelapa si penyelamat bangsa. Beneran deh, dioles pada bagian yang ruam setiap ganti popok, biasanya 3 hari juga udah kinclong lagi.

Kalau masih belum ilang juga, saya olesin salep sebamed.

Masih belum ilang juga? air untuk bersihin pantatnya saya tetesin Lactacyd cair. tapi jangan keseringan pake Lactacyd ya, nggak bagus katanya.

Kalau bisa sih, pas keadaan seperti ini stop pemakaian diapers. Tapi saya nggak sanggup ama rempongnya terutama kalo malem karena baby saya orangnya risihan. Bakal bangun kalo popoknya basah, Jadi saya hanya mendisiplinkan waktu penggantian diapers ajah  #emakmales, Jangan dicontoh!




MANDI, is her favorite daily activity




2. Baby saya bobo melulu, padahal udah waktunya mimik. Dibagunin nggak yaaaa?

Awalnya, saya stick pada membangunkan baby tiap dua jam terutama pas siang hari supaya dia disiplin mimik. Bahkan saya membuat catetan kapan baby terakhir nyusu dan kapan jam nyusu selanjutnya. Saya juga nyalain alarm biar nggak bablas. To be honest, saya jadi malah grogi dan capek sendiri dengan kegiatan ini. Sedikit sedikit liat jam, sedikit sedikit ngintip adek. Rasanya hati saya deg deg an terus. Nggak tenang, nggak santai. Belum lagi kalo pas udah waktunya mimik si adek dibangunin tapi tetep bobo nyenyak. Diutak atik nggak ngaruh. jadilah saya tambah setres.

Tapi, kemudian mama saya bilang hal itu nggak usah dipusingin. Nggak usah dibikin ribet. Alamiah aja, Ikuti jam biologis baby. Jangan menjadikan hal itu sebagai beban pikiran. Kalaupun baby haus, pasti dia akan bangun dan minta mimk dengan sendirinya. Baby, walaupun masih cilik juga pinter kok.

Jadilah kemudian saya lebih melonggarkan waktu menyusui menyesuaikan dengan keinginan baby. Alhasil, saya bisa menjalani hari dengan lebih happy.

Baca tips membangunkan baby doyan bobo yang pernah saya share disini

Question of the day selanjutnya bisa dilihat di page selanjutnya



she sleep like a log in a day, but stay awake at night

No comments:

Post a Comment