Monday, September 30, 2013

Perina oh Perina

Jumat 7 Desember 2013


Its gonna be a hard day. Gonna have a looong story today...

Yak. hari ini baby G diperiksa lagi bilirubinnya hopefully hasilnya sudah normal dan bisa dibawa pulang. Untuk pemberian antibiotiknya hari ini sudah dituntaskan, jadi kalo semua oke bisa langsung cuss pulang ke rumah. Yippieee

Oh iya, saya mau cerita tentang ibu-ibu seperjuangan saya yang baby nya sama-sama dirawat di ruang Perina nomor 2. Perina atau dikenal dengan nama Perinatologi adalah untit pelayanan khusus buat bayi-bayi baru lahir sampai usia maksimal 1 bulan yang memiliki permasalahan atau sakit. 



Sebagai preambule, sebenernya saya sama ibu-ibu itu nggak kenalan secara resmi, juga jaraaaaang banget ngobrol secara formal. Meskipun kalo lagi sama sama di dalem ruangan kami duduk sebelahan dan jaraknya juga cuman beda bebebrapa ubin. Tapi... masing masing tampak gloomy dengan bayi dan perasaannyasendiri sendiri. Kami sering sama sama bengong sambil menatap baby atau sambil menyusui. Suasana ruangan pun heniiiiing sunyi senyap gitu. Namun setelah udah berhari hari bersama, sebagai makhluk sosial akhirnya kita mulai saling hi hi dan ngobrol sedikit.

Di sebelah kanan dekat pintu, duduk seorang ibu keturunan chinese. Beliau rumahnya di daerah kembangan jakarta barat. Jauh banget yak bisa sampe Hermina ciputat bo! Dia cerita sebelumnya di hari dia melahirkan dia udah ngedatengin  beberapa rumah sakit, tapi penuh semua. Emang sih di RS ini aja pas hari adek lahiran ada kali lebih dari 10 baby yang lahir, Sampe ruangan baby cadangan pun ada beberapa baby. Lagi musim lahiran nampaknya. Nah, baby ibu ini masuk Perina untuk disinar karena kuning. Babynya lahir besar, perempuan yang beratnya hampir 4kg. Nama babynya Keiko. tiap kali nyusuin si ibu selalu ngajak ngomong bayinya dengan logat china totok. Lucu deh ngedengernya. Lumayan jadi hiburan buat saya. Hohoho

Daaan... hari ini, si ibu cerita kalo dia udah beberapa hari nginep di RS, dia mau minta pulang aja walaupun baby masih kuning. "Nanti dirumah bisa saya jemur kok babynya" katanya gitu. "Soalnya kan mahal ya biaya stay di RS, sayang sayang uangnya kalo mesti nambah hari lagi".  

Ada salah satu adegan lucu yang saya curi dengar pas si ibu ngotot minta pulang
ibu      : suster, pokoknya saya harus pulang. saya mau bayinya dibawa pulang aja 
suster: oh baiklah kalau begitu, tapi saya harus lapor dokter anaknya dulu                           karena bilirubinya masih tinggi.
ibu      : iya nggak papah. soalnya anak saya yang besar juga mau ujian. kasian dia               dia mau ujian, dia harus belajar (berulang ulang dengan heboh si ibu                         nyebut si koko (kakaknya keiko) mau ujian..mau ujian)
suster: emang kakaknya kelas berapa bu?
ibu: kelas TK #dowewwww
Kemudian, di serong kanan dari baby Keiko ada baby mungil yang sepertinya bblr (berat badan lahir rendah) karena prematur. Ibu dari baby ini paling rajin jengukin dan nenenin karena dia stay nungguin babynya dengan nginep di ruang tunggu pasien. Tiap kali datang menjenguk baby, pasti selalu dibuka dengan salam, assalamualaikum baby.... duh, damaiiii banget ngedebegrnya. 

Layaknya baby prematur yang kemampuan menghisapnya masih lemah dikarenakan lahir sebelum waktunya, ibu ini rutin memberikan sendiri asipnya mengunakan sendok seain menyusui langsung. Meskipun begitu, produksi asi si ibu sudah melimpaaaaah ruah. iriiiii banget deh ngeliatnya, sampe netes netes ke baju. Gluks! ternyata nggak ngaruh ya atara bayi lahir prematur dan produksi asi ibu. Walaupun lahir lebih cepet, ternyata asi ibu keluar lansung saat itu juga, ikut maju sesuai kelahiran baby.

Back to update Baby G
Hasil periksa  bilirubin adek keluar siang ini. Sadly, ternyata kadar bilirubinnya belum juga menyentuh batas normal. Masih di angka 14. Udah seharian di jemur kok cuman turun satu. Do'oooh makin teriris rasanya hati. 

Lalu apa saran dari dokter? Yeah rite, si dokter eva something yang sampe sekarang belum visit lagi itu menyarankan supaya adek disinar lagi. 1x 12jam. Kalo mau maksain pulang harus ttd surat pernyaaan dan dokter ga mau tanggung jawab. Hal itu disampein dokternya ke suster via telpon aja loooooh. Bahkan saya nggak boleh bicara langsung. Nyebelliiinnn!!! emang, nasib kalo dapet dokter mejeng nama doang. Pelajaran berharga banget nih.
Airen berusaha setengah mati buat nyemangatin saya. Alhamdulillah dia dapet cuti dari kantor seminggu full, jadi tiap hari bisa nemenin saya di RS. Mendengar berita sedih ini, dia ngajak saya buat makan siang diluar, biar ganti suasana, biar saya bisa sejenak lari dari kesuraman yang melanda. Tapi, tetep saya nggak mau pergi yang jauh jauh. And it works a bit! kami nemu tukang jual mie ayam enak yang rasanya mirip bakmi gm di pertigaan gintung. Di depannya ada stall minuman jus yang juga rasanya mantapppo. perut saya pun terhibur!

Sore hari, baby Keiko udah siap siap pulang. Sebelum pulang, baby difoto dulu. Sama mama nya, keiko didandanin pake baju yang cantiiikkk dan lucu. Plus topi kupluk hellokitty. Ih, saya jadi kepengen juga. Kayaknya baju yang udah saya siapin buat adek kalah jauh lucu.  Saya pun langsung SMS mama buat bawain baju superrrr lucu buat adek, supaya kalo pas difoto waktu mau pulang juga sama lucunyah.

tick tock tick tock.... semakin sore, saya dan airen justru semakin galau. Terutama saya sih yang tambah terpuruk. Saya pengen secepatnya bawa adek pulang,  udah muak berhari-hari di RS dan semakin nggak tega melihat baby dikurung terus di inkubator.


ini ruang NICU di Perina, alhamdulillah adek nggak masuk disini, tapi ruang NICU ini persiiis banget di depan kamar adek baby, gimana nggak setres kalo tiap hari pemandangannya begini


Persoalan lain pun menggelayut di benak saya. 
Stok asi sudah menipis. 
Saat ini setiap minum baby bisa sampai 30ml, sedangkan hasil pompa saya mentok di 15ml sekali mompa. Nanti gimana dong si adek kalo haus? saya nggak tega... disisi lain saya mau dia tetep mimik asi, karena makanan terbaik buat baby ya asi. 

Donor asi? duh, saya udah nggak enak minta minta asi melulu ke kakak ipar, saya paling nggak bisa terus terusan ngerepotin orang takutnya dia jadi bete sama saya maupun si baby. kesannya kok saya jadi ibu nggak berusaha banget, ngandelin susu dari orang lain. padahal kaaaannn saya udah usaha luar biasa, tapi apa daya ini gentong isinya dikit amat. uffff that just my negative thinking sih. kalo lagi galau begini kan emang pikiran negatif mulu yang mendominasi.

Dalam keadaan kacau balau, saya udah nggak mampu lagi buat nahan air mata biar nggak keluar. Saya sujses nangis di ruang tunggu. Perasaan ini campur aduk. Sedih, bingung, nggak tega, nggak rela.... sampe sampe saya digodain sama susternya. Sebagai penghuni setia perina selama hampir seminggu memang susternya sudah mulai hafal dengan saya. Duh, saya nggak pulang tanpa adek, tapi di sisi lain badan saya sudah drop. Saya kecapekan. Saya harus isturahat.

Jam dinding berdetak cepat. malam semakin pekat. In the end, saya dan Airen balik lagi pada keputusan "apapun yang penting yang terbaik lah buat baby". Which is adalah saran dari dokter supaya baby dijemur lagi. Huffff walaupun saya tetep nggak rela ya sama si dokter. tapi demi kebaika adik baby, insyaallah jalan ini adalah yang terbaik. Dari pihak ortu saya maupun ortu airen sih menyerahkan kepada kami berdua sebagai orangtuanya. 

Terus, untuk stock asi gimana? saya seharian pumpiiiing terus setiap kali ada waktu. Yet, masih gak cukup juga buat adek baby ditinggal sampe besok pagi. Saya kaluuuut banget. Sambil pumping sambil nangis. Saya teken teken terus bagian pabrik asi_nya, tapi udah nggak keluar lagi. Saking stress nya sampe saya remes PD saya kuat kuat hingga lecet. Sepertinya asi saya udah habiiiiis bis bis dan belom produksi lagi sebab sekarang jeda antar pumping saya udah bukan tiap 2 jam tapi berubah jadi cuman tiap 15menit. Padahal saya udah rutin minum air kacang ijo sama makan daun katuk setiap hari. Si air kacang ijo bahkan saya minum dalam satu tarikan napas, biar rasa hambar ampasnya nggak berasa. Saya sungguh frustasi jiwa!

Tidak hanya nggak bisa berhenti menangis, saya juga menjadi emotionally sensitive dan gampang marah. Airen kerap jadi sasaran kemaran saya. Saya kesel kenapa dia nggak bisa berbuat sesuatu supaya adek bisa secepatnya sembuh dan dibawa pulang, atau supaya asi saya biaa terus ngalir kayak keran. deep down inside, saya sebenernya tau kalo he's done his very best. Tapi saya tetep nggak bisa terima sama keadaan ini.

Melihat saya nggak kunjung berhenti menangis, airen juga ikut terbawa kalut dan emosional. kami kemudian saling menyalahkan satu sama lain, perang mulut, sampai dia akhirnya milih ninggalin saya sendirian di ruang pumping. Saya pun semakin terpuruk.

Nggak lama kemudian airen masuk lagi dan berusaha mendinginkan suasana. In the end, dia berhasil mengembalikan pikiran logis saya. Masa' hanya karena keegoisan saya yang memaksa supaya adek tetep dapet asi eksklusif (yang which is i'm pretty sure sebenernya memang adalah yang terbaik ) justru malah mengesampingkan kesehatan baby dan membiarknya dehidrasi. Kami pun akhirnya berserah kepada tuhan. Pembenaran kami adalah toh susu formula bukanlah racun, dan pastinya kandungan yang ada didalamnya juga sudah disesuaikan buat memenuhi kebutuhan baby. Dengan berat hati kami pun menandatangani surat persetujuan pemberian susu formula. Hikssss...maafff ya dekkk... this is for your own good.

Jam 10 malam kami pulang. Sesungguh sungguhnya saya ngak mau pulang kalo tanpa adek. Saya maunya nungguin disini sampe besok. Tapi apa daya, badan saya juga semakin drop. Saya butuh istirahat. Cuuuapek, lelah fisik dan pikiran. Airen maksa saya untuk pulang. Bujuk rayu nya yang paling manjur adalah "yuk pulang...kita bukain kado kadonya si adek". Iya juga yak. that would be fun, langsung semangat! lumayan bisa mengusir rasa galau saya walau sejenak.

Terlebih lagi, setelah hampir seminggu menjadi penghuni ruang perina, saya menjadi yakin bahwa semua suster disini do all their works passionately and wholeheartedly. Beneran. Walaupun jaga malam, tapi mereka melakukannya dengan penuh semangat dan sabaaaaarrrr luar biasa. Yang terpenting: nggak jutek! asli males baget kan ya kalo nemu suster jutek, anak lagi sakit ketemunya suster jutek dijamin dobel dongkolnya. Untungnya disini nggak gitu,  apalagi ngadepin saya seorang new mom yang bodoh ga ngerti apa apa dan panikan. Mereka sungguh telaten ngurus baby. They are truly expert in this field. A thousand way better than me. Inilah yang pada akhirnya membuat saya percaya dan tenang ninggalin adek di RS. Pada hari ini saya baru sadar bahwa I leave her with the expert. jadinya saya tenang.

bye bye for today baby...baik baik ya kamu sama tante suster... see you tomorrow




then we leave and go home.

No comments:

Post a Comment