Monday, September 30, 2013

Dokter Hantu Tengah Malam

Rabu 5 Desember 2013


Begitu pagi datang, saya langsung menyeruak kabur ke ruang baby. Sampai disana, ternyata infus masih terpasang di tangannya. Hari ini rencananya baby mau diambil darahnya lagi, untuk melihat apakah kadar CRP nya sudah normal atau belum. Pemberian antibiotik seyogyanya dilakukan sampai tuntas, jadi apabila kadar CRP sudah normal tetapi disarankan untuk tidak menstop pemberian antibiotik.

Yak! another horrible moment for me... yaitu ketika adik baby diambil darahnya. Pengambilan darah dilakukan dengan menusukkan jarum di bagian kaki, daaaan baby pun langsung menangis. Kenceng banget, sampe udah nggak kedengeran suaranya lagi. Hiks, saya pun meringis sambil menutup mata. GAK TEGA!!

Sore hari, akhirnya hasil tes laboratorium keluar. Alhamdulillaaaaaahhhh #sujud syukur cium tanah! kadar CRP baby sudah normal. Yeay! Tapiiiiii baby masih tetap harus dirawat di RS karena saran dokter pemberian antibiotik kudu tuntas tas tas. Antibiotik diberikn melalui suntikan kalo nggak salah sebanyak 5 kali. Saat ini baru 3 kali, so masih ada pe er untuk 2 kali suntikan lagi. Again, my warning ya untuk buibuuu sekalian.... jangan sampe kaya' saya dan baby. Pemberian antibiotik untuk bayi itu sangat amat tidak dianjurkan. Kalo bisa dihindari option penanganan dengan antibiotik ini yaaaa! in my case, ini karena ke tidak megertian saya dan kurangnya informasi yang saya peroleh, serta dokter anak si eva something yang nggak pro RUM dan barbar.  Sampai saat ini saya masih gak tau ke apa sih emangnya pemberian antibiotik itu harus tuntas? kalau hasilnya sudah normal kenapa nggak disudahi saja? ya nggak siiiih? kan kasian baby nya...huhuhuhu...

Hari ini, baby sudah minum asip. Untungnya RSIA ini pro asi banget. Mereka nggak menyarankan buat dikasi dot, karena takut babynya bingung puting. Jadi media pemberian asipnya adalah melalui sendok.  Apa itu bingung puting? hmmm nanti saya punya cerita sendiri soal ini. Adik baby dikasi mimik asip setiap 3 jam. Sekali mimik, kurang lebih 20ml.

Dramarama kembali terjadi di malam hari. Hari rabu ini saya sudah diperbolehkan pulang oleh Spog, namun keputusan apakah bayi saya juga sudah boleh dibawa pulang baru bisa nanti malam jam 12 malam. Whyyy? karena si dokter anak saya, dokter eva something itu baru bisa kemari tengah malem buta soalnya doi menjadi dokter jaga di RS Harapan Kita. Well, inilah salah satu kerugian melahirkan di RS yang baru buka. Berjejer-jejer nama dokter dipajang tapi jarang ada yang beneran standby dedicated praktek disini. Unlucky baby G, she got that kind of doctor as hers.

Setelah minta pendapat sana sini, plus mempertimbangkan ini itu, akhirnya diputuskan saya check out malam ini. Sembari nunggu dokter hantu tengah malam itu, saya pun pulang ke rumah dengan hati gundah, resah dan gelisah.

Tengah malam kami kembali ke RS. Untung dokternya beneran dateng, kalo enggak mungkin kedongkolan saya sudah sampai ke ubun ubun. Kemudian kami berkonsultasi. Sengaja saya ngajak mama biar hati lebih tenang, dan supaya bisa bantu mendesak dokter agar bolehin kami bawa baby pulang. Setelah melihat kondisi baby, saran dari dokter adalah tetep stay!  Dokter belom ngijinin pulang. Kalopun kami maksa, beliau nggak mau tanggung jawab apabila nanti babynya kenapa kenapa dan harus dibawa ke RS lagi. Selain itu, kami juga harus ttd surat keterangan minta pulang. Biasalaaahh trik nakut nakutin ala dokter, biar kita nya lama lama di rs, biar duitnya dia makin banyak. aahhh cerita lama! mana ngomongnya nyolot plus jutek lagi. Ugh!!! 

Tapiii.... ya kami keder juga sik, takut ntar baby nya gimana gimana kalo pengobatannya gak tuntas. Pada akhirnya, semua demi kebaikan baby, akhirnya kita berusaha ikhlas untuk gak maksa bawa pulang baby hari itu juga. udah tengah malem juga, broooh!

Sebelum pulang, saya sempetin buat pumping asi dulu. Alhamdulillah udah keluar, susu putih menetes dengan tepat ke dalm botol walaupun belum banyak. Paling tidak aman lah buat stok sampai besok. Sebener benernya niiih... saya nggak mau pulang, saya pengen nungguin anak saya. Saya pengen kayak ibu ibu lain yang rela bobo di RS biar tiap jam bisa nengok baby nya. Biar kalo pas baby nya nangis, bisa langsung menghambur memeluk baby.

Then, apakah saya bisa bobo nyenyak di rumah? TENTU TIDAK!!!

saya merasa sebagai ibu yang failed banget. Bayi saya lagi merana di RS, tapi kok saya instead of nungguin disampingnya, malah pulang dan tidur. Meninggalkan si baby yang baru berusia beberapa hari dengan orang lain yang saya nggak kenal. I'm deeply frustated. Yang terus berputar di kepala saya adalah gambaran baby di dalam box sedang menangis. hiks sedihnya ampun ampunan.

Kangen ampun ampunan sama si bayi. Duh, tangannya metal amat sih...

No comments:

Post a Comment