Wednesday, January 20, 2016

guwaw dan daycare

xmendekati akhir liburan sekolah 3 bulan yang sangat menyenangkan, santai, full leyeh leyeh ituuu.... saya pun bimbang. 

soalnya gendhis udah keenakan nempel sama saya, gimana nih kalo ntar ditinggal? 
dititipin ama siapaaaa?

lalu terpikirlah opsi untuk menitipkan gendhis di daycare. hal ini karena suatu hari tante saya cerita kalo di kampusnya dia (tante saya seorang dosen) jurusan psikologi (psikologi anak) membuka layanan daycare. wooow boljug nih!

jumat depannya saya, gendhis, tante, dan eyang uyut main ke daycare tersebut. waaah ternyata bagus yaaa... bersih, banyak mainan, ada satu kamar yang isinya belasan kasur, dll. yang lebih keren lagi, semua ibu guru pengasuhnya sarjana psikologi anak, tempat ini juga dijadikan tempat praktik mahasiswa psikologi. jadiiii kalau lagi rame, satu anak bisa di handle satu ibu guru. 



selain itu, di daycare ini juga secara teratur ada kegiatannya seperti sekolah pre school, ada pelajarannya. kayak mewarnai, bernyanyi, mengenal binatang, dll. Yang terpenting buat saya adalah berbasis islam, tiap mau apa2 baca doa, kalau jumat ada belajar solat berjamaah dan baca iqro.

sayangnya, untuk yang bulanan sudah full (hanya terima 10 anak), sisanya boleh harian, maksimal 1 hari 3 anak harian dan seminggu cuma boleh dititip 2 kali). Mulai aktivitas dari jam 8 sampai 4 sore. Di pertengahan ada waktu makan, minum susu, bobo, dan mandi. jadi pas nanti di jemput, anak-anak nya sudah pada cantik dan ganteng2. Kalo kata mbak yang bantu-bantu buat masak disana "pokoknya orang tua tinggal tau beres aja bu.."

Untuk masalah biaya, umum bulanan 850rb (kalo anak dosen 700rb) kalo cucu dosen? hahaha... "teteup bayar umum bu..."
sedangkan untuk harian 75rb. lumayan bingit kaaaaan? dibanding harus gaji mbak yg belum tentu cocok dan dicompare sama main di playground sejenis lolypop 150rb, kids hozz 75rb (tapi cuma sejam dan ga pake kasi makan, bobo siang, mandiin)... ya mendingan dimasukin ke daycare laaaaah 👍👍👍😅

Jadilah rabu depannya gendhis mulai masuk daycare. dia antusias bangeeeett langsung mau main sama teman2 dan pinter.





jam 4 saya jemput udah mandi cakep dan pulang dengan happy

rabu minggu depannya, kembali gendhis dititip di daycare. Lihat anaknya yang udah langsung nyelonong main perosotan sayapun angkat kaki. 

pulang lalu pergi ke.... cipadu! *jahahahaha

jam 12, ada telepon masuk ternyata dari daycare. Backsoundnya suara gendhis teriak2 manggilin "ibun..." tapi karena lagi tanggung kalo untuk pulang, plus saya pergi kesana naik kendaraan umum. Makan waktu lebih dari 3 jam baru bisa sampe daycare nya. 

saya coba telpon semua orang ga ada yang angkat. sampai kemudian ayah saya telpon balik dan ternyata dia lagi ada di bengkel. adik saya si cumil WA kalo posisi dia di kampus, dan adik saya iyan sms kalo dia lagi di polres ngurusin skck. hadeeehh. Lalu saya minta tolong ayah saya buat cepet-cepet ke daycare ambil gendhis nya "tapi ini belum selesai, tanggung sebentar lagi yaaa..." 
uffffff... saya pun binun. nggak alma kemudian, ibu guru nya telpon lagi dengan latar suara gendhis masih nangis dan teriak-teriak "ibun kikiiii..... ibun kiki....." "bu, tolong dijemput ya... ini masih belum berhenti nangis..." cuss... saya pun angkat kaki.

setelah menempuh 3 jam perjalanan, sampai rumah menjumpai gendhis yang udah lagi bobo. Ayah saya pun cerita "tadi pas dijemput gendhis masih aja nangis, kata gurunya, nangisnya nggak mau berhenti, dikit-dikit manggil ibun"

begitulah, cerita daycare gendhis hari ke dua.

hari selanjutnya?
baru lihat gerbang depannya aja udah jejeritan minta pulang 
"nggak mau... tolong ibun, no... jangan daycare..."

saya bujuk sambil saya gendong mendekati ruangan daycare-nya, tangisannya pun makin menjadi-jadi, sampe kita jadi tontonan mahasiswa yang lagi ngumpul disitu

"udah... pulang aja" kata airen, "nggak tanggung udah disini, nanti juga diem kok" saya kekeuh "no ibun... tidak... tidak daycare " jeriy gendhis

yahhhh... hati ibun pun mencelos!

semenjak itulahhhh kalo lihat yang namanya sekolahan, tempat bermain, anak-anak kecil ngumpul, gendhis menampakkan aura ketakutan. instead of mau main.. dia justru menjauhi area seperti itu dan ngerengek minta pulang. 

hiks 😢

dua minggu berikutnya, saya coba ngajak gendhis lagi ke daycare nya. dramaaaaa... saya gak boleh hilang dari pandangan. bahkan pas digandeng bu guru nya buat cuci tangan dia teriak kenceng bange
 "ibun kiki... tolong... anakmu lihat... " hyaaaaaa...hadeh, eike jadi maluuuuk! cuman diajak cuci tangan gendhissss, nggak diapa2in kokkkk.

begitulah akhirnya episode daycare diakhiri.. karena emaknya juga punya kehidupan lain, ga sempet nongkrongin terus di daycare tiap hari dari jam 8 sampe 4 sore.

 Ibun nyerah deh beb... ntar dulu deh sekolah2an nya, kamu di titip di eyang2 sama onty aja deh tergantung siapa yang available buat dititip.

bye-bye daycare....

No comments:

Post a Comment