Wednesday, January 20, 2016

Gendhis dan Sekolah (Kelompok Bermain)

trauma healing

Ini hari ke 2 gendhis trial di play group tunas mentari

Alhamdulillah...
nggak pake adegan teriak histeris nangis bombay minta pulang dan naik bubu kayak minggu lalu.

Memang sih pas lihat gerbang sekolahnya dia udah protes 
"No ibun... tidak mau... pulang aja" tapi kemudian nurut ketika saya minta buat turun dari mobil. Sempat agak narik badan dan berontak begitu saya buka pintu masuk sekolahnya, tapi kemudian malah dia yang gak sabar untuk langsung lari ke dalam karena lihat perosotan dan kuda-kuda an. 

yeayyy...!!

Ternyata, kelas kelompok bermain kecil yang datang hari ini hanya 3 orang. Sesuai dengan plan, emang gak boleh ada di suasana yg terlalu heboh dan rame dulu, supaya adaptasi gendhis lebih smooth. 

Seperti yang sudah saya ceritain sebelumnya, ada special case dari gendhis dimana dia terindikasi mengalami trauma sama sekolahan. hiks, serem nggak tuh... padahal umur baru genap 3 tahun tapi kalo dibawa ke sekolah atau playground dia jejeritan minta pulang. masih unyil udah gak mau sekolah... patah hati deh nih emak nya. 

Nggak cuma sekolahan sih, tapi kalo di tempat yang lagi banyak anak2 kecil seperti playground nya Mc Donalds or KFC si kecil kesayangan saya ini lebih memilih untuk "mojok" atau malah main di meja dan bangku-bangku rather than gabung sama anak-anak lain bermain bersama. *hiks* sepertinya anak saya pernah jadi korban bully, atau dinakalin (dan saya nggak tau / nggak lihat) yang berakibat dia jadi takut main dengan anak lain. Yang saya perhatikan kalo keadaan lagi rame,  dia malah mojok, lalu diam sambil nunduk. Duhhhhh....

Nah, dengan alasan psikologis ini, dan supaya nantinya nggak terbawa sampai besar, perlahan trauma yang ada di gendhis berusaha dihilangkan. Yaitu dengan pelan2 mengajak dia untuk kembali ke sekolah... dan mencari sekolah yang support untuk hal ini. 

Btw, true story nih, salah satu murid nyokap di SMA punya trauma akibat di bully teman2nya pas SD, jadi dulu kalo giliran dia maju ke depan kelas suka di sorak2in gitu.... sehingga efeknya sampai sekarang dia nggak bisa disuruh maju ke depan kelas. Kalo diminta maju dia akan sangat ketakutan, cuma diam di meja sambil nunduk 😢😢😢 ( duh, semoga anak2 kita dilindungi dari lingkungan pergaulan yang suka membully, dan juga gak ikutan nge-bully temannya yaaaa... amiinnn)

Saya juga masih mencari jawaban, sebagai orang tua...supaya anak kita nggak jadi korban bully harus gimana ya? gimana agar anak punya proteksi diri dari si tukang bully? trus kalau anak kita sudah terlanjur jadi korban bully juga harus bagaimana? dan yang terakhir gimana supaya anak kita nggak jadi tukang bully temannya? something like that.. kalo ada mommies yang punya artikel terkait hal ini, please share yaaa... plissss banget!

Di awal ketika main di sekolah ini... kelihatan banget gendhis ketakutan berada di bangunan sekolah dengan anak2 kecil rame yang hilir mudik. Lihat ayunan, perosotan, dll bukannya excited tapi malah nangis minta pulang. Tampak jelas ada hal yang membuat dia trauma. Ibu Ratu, kepala sekolahnya yang waktu itu menemani kami berkeliling juga langsung dapat melihat bahwa gendhis punya trauma... dan traumanya tersebut cukup serius. Bisa dihilangkan, tapi harus pelan pelan. 

So.... inilah dia si gadis kecil saya yang lagi jajal trial hari ke 2. Makin pinterrrrr...

Selepas bermain di play ground, gendhis diajak Bu Guru Nurma untuk masuk ke kelas. Doi nurut. Gak pake ngambek, ga pake narik tangan ibun.  Alhasil saya nunggu aja di depan kelas sambil duduk dan baca buku. 

Senengnya, mainan dan alat peraga di sekolah ini buanyak bangetttt... bahkan mereka juga punya miniatur hewan dari karet. Gendhis yang lagi demen sama hewan pun happy berat! Dia gendong deh 3 ekor jerapah dan satu ekor zebra, sambil main perosotan ke empat hewan tersebut masih terus dibawa-bawa. 



Ibu-ibu guru disini sangat amat supportive membantu gendhis dengan anxiety dan resistant dia terhadap sekolah serta keramaian bocah-bocah. perlahan, gendhis sudah mau "nempel" sama ibu guru. tidak lagi teriak-teriak takut ditinggal ibun. 



Kemudian, saya bergeser duduknya dari depan kelas ke kantin... btw, kantin nya juga enakkk banyak makanannya... hahaha maklum lah kantin ini juga merangkap pujasera dengan nama "kampung jajan". Dulu, ada Roti Bakar Edi disini... tapi kemudian tutup, mungkin karena nggak laku 😁😁

Sambil makan + baca buku + bales2in chat WA dan LINE, saya sambil memantau pintu kelas gendhis. Sempat agak kaget karena tiba-tiba denger suara anak kecil nangis, saya buru-buru lari ke dekat pintu kelas... alhamdulillahhhh ternyata bukan Gendhis. pas saya tanya ke ibu gurunya apakah gendhis cari saya atau nggak, jawabannya "alhamdulillah enggak bu... udah mau dia-nya" uuhh legaaaaaaaaa....

Salah satu penyebab trauma gendhis adalah karena suatu hari saya titip gendhis di daycare, lalu saya meninggalkannya "not in a proper way". langsung kabur aja tanpa pake adegan cium2 dan dadah2. Sesudahnya, mulai jam 12 sampe 3 sore dia nangis gak berhenti nyariin saya (yang waktu itu lagi belanja kain di cipadu 😅😅). Semua ibu gurunya dibuat bingung dan panik. Lahhh.. abisan saya pikir dia nya juga udah baik2 aja  asik main sama teman-teman... semenjak itulah gendhis jadi insecure. Makin heboh separation anxiety nya. Kayaknya dipikirannya selalu ada "wah, aku bakalan di tinggal sama ibun nih". 

Pernah suatu ketika saya tinggal dia di playground sebentar buat beli minum, 5 menit kemudian saya kembali dan gendhis sudah berada dalam keadaan nangis2 jejeritan manggilin ibun sambil nenteng sepatu. bikin heboh satu area permainan *fyuhhhhh* padahal dulu2 mau ditinggal sama saya n airen belanja yang agak lama juga dia santai ajah nggak nyariin.

begitulah

dan alhamdulillah saya bersyukur hari ini gendhis udah mau main bersama teman2 yang lain, sekolahnya pinter, gak pake nangis, dan gak nyariin ibun ☺️☺️☺️. 

semoga besok2 makin pinter lagi yaaaa...

No comments:

Post a Comment