Tuesday, May 27, 2014

Membacakan Buku Untuk Bayi


Opening: 



Saya nulis ini sembari nunggu kereta di stasiun Jurang Mangu. Ikut kereta balik arah, bukan supaya dapet duduk....tapi supaya dapet masuk!!! (omg, mau masuk kereta aja perjuangannya mantap benerrr)

Aarrggghh, taking train to office is getting crazy lately. sumpek, penuh, panas karena AC nya nggak nyala, belum lagi beberapa ibu ibu congor bebek (congbek) yang terus nyerocoooos nggak bisa di stop dari stasiun awal sampe sts tanah abang. 

Paling parah, ya dua hari kemarin. Kereta telat lumayan lama, sudah bisa ditebak penuhnya kayak apa dong! Untung saya masih dapat masuk, tapi...posisi berdiri saya amat sangat abstrak tangan kanan megang tas yang udah kejepit diantara badan 2 ibu ibu, kaki kanan dan kiri berdiri miring berjauhan, sedangkan tangan kiri saya membawa gendongan ergo (karena ada teman kantor yang pesan). Daaan... disebabkan kotak gendongan yang lumayan gede dan ada beberapa ibu ibu merasa terganggu, saya pun terpaksa memegang gendongan diatas kepala. Asli absurd parah! "bayar tiga ribu kok mau enak" teriak salah satu ibu congbek mengomentari ibu congbek yang lain. Ah iya juga sih, tapi... emang kalo tiga ribu nggak boleh enak ya?

---------------------------------------------------------------------------------------------

Eniwey...lupakanlah cerita nggak penting barusan :p 

Postingan kali ini  saya mau cerita mengenai hobby adek Gula, yaitu membaca buku. Habit baca buku ini nggak didapat dengan instan loh, perlu ketelatenan, konsistensi, dan imajinasi tanpa batas dari emak nya. Hehehe...

Di hari ke 3 setelah melahirkan, teman saya Ella Bola yang juga seorang ibu guru TK datang menjenguk. Saat itu dia membawakan kado berupa buku cerita! Yang satu berbahasa indonesia berjudul "monyet siang dan monyet malam", satu nya lagi sebuah buku billingual tentang anak beruang dan mommy nya berjudul "aku dan ibuku" atau "me and my mom". Bagus loh ini bukunya...truly recommended terbitan Erlangga Kids





Pada saat menyerahkan buku tersebut, Ella berpesan kepada saya:
"Ki, pokoknya nanti elo harus sering sering bacain buku cerita ke anak lo. Ini bagus banget buat perkembangan otaknya. Percaya deh sama gue"
OK, noted!

Di umur gendhis 2 bulan, lagi lagi saya mendapatkan "lungsuran" baby book dari kakak sepupunya Gendhis yang udah makin gede. Jumlahnya cukup banyak dan asli lucu lucuuuu banget. Ada yang model pop up, ada yang bisa diputar kayak jam, bahkan ada buku yang memiliki mata, kalo digoyang bola mata nya pun ikut bergoyang. Yeay! Saya simpan lah buku buku tersebut dengan baik.

Menginjak usia 4 bulan ada sebuah problema *hahaha bahasa nya catatan si boy banget yeee* yang sungguh mengganjal hati saya. Jadi, kalau siang hari pas saya tinggal kerja, banyak waktu dihabiskan gendhis untuk.... MENONTON TV! hiks hiks.... jujur saya takuuut setengah mati kalo nonton tv melulu nanti akan berdampak buruk buat kondisi mata dan tumbuh kembang Gendhis lainnya.  In fact... berdasarkan artikel dari www.babycenter.com, oleh para pakar bayi baru diperbolehkan memiliki screen time pada usia 17 bulan. 

Disisi lain, saya juga cemen, nggak punya keberanian buat bilang ke mamer untuk menyetop kegiatan nonton tv pas saya ngantor. Memang sih, kalo lagi nonton tv gendhis bisa anteeeeng banget, bahkan kadang sampe bobo. Cuman kan... oooh pleaseeee.... *garukgaruktanah* *cubitpahasendiri*

Kemudian, semenjak saya punya ipad... dan mamer juga dapet hadiah ipad,  Gendhis pun jadi hobi main ipad. Awalnya saya kasih supaya dia duduk manis nonton kartun Dibo pas saya suapin makan, lalu dijadikan pengalih perhatian kalo dia lagi rewel. Selanjutnya, karena di install beberapa aplikasi yang suitable buat baby, kalo lagi rada rempong buat ngerjain sesuatu supaya dia anteng dikasih ipad.... selain itu, karena gendhis makin montok, mamer udah makin nggak kuat gendong Gendhis lama lama.... akhirnya salah satu kegiatan siang hari nya adalah main ipad. Nyebelinnya lagi.... airen juga kalo lagi males ngeladenin Gendhis dan asik sendiri ama handphone baru nya, pasti nyodorin ipad supaya si anak anteng nggak ganggu ganggu! (oh, c'mon ayah dediiii ajak nyanyi kek, ajak joget-joget kek. I know you read this post...rrrggghhh)


Gendhis udah tau bagian mana yang harus di pencet-pencet

makan di mall sambil nonton Dibo dari Ipad


Setelah saya perhatikan dengan seksama, main Ipad bikin Gendhis jadi anak yang nggak sabaran. Dia akan marah lalu memukul mukul ipad nya sambil teriak teriak karena aplikasi yang dia mau nggak kunjung terbuka tapi malah loadiiiing melulu. Untunglah belakangan ini main ipad nya udah makin jarang.... karena saya cekokin buku terus dan ipadnya diumpetin!
Kegundahan hati ini tak pelak membuat saya untuk bikin rules sendiri! Jadi... disaat bayi dalam kendali saya which is ketika saya pulang kerja, TV harus mati! No more screen time. Sebagai gantinya adalah kegiatan membaca buku dan bernyayi riang gembira.

Untuk buku nya sendiri, selain yang berbentuk board book (buku yang halamannya tebel tebel) saya juga punya softbook berbahan kain bawaan dari bouncer.  Gambarnya hewan hewan bawah laut seperti ikan, kerang mutiara, kepiting, udang, singkat, cuman 6 halaman.  tapi tapiiii.... yang bahan kain ini sungguh amat menyerap debu dan cepat kotor, nggak saya rekomen deh. Belum lagi si unyil suka bener gigit gigit, yang ada buku nya di maem deh *ngok* Saya pernah lihat di online shop (tapi lupa OL nya apa karena waktu itu lagi iseng browsing browsing ajah) nemu teether berbentuk buku dari bahan karet sehingga aman buat digigit ataupun diajak basah basahan pas mandi

Then, masuk usia 4 bulan.... kegiatan baca buku dimulai. Ternyata, waktu membaca ini cuma bertahan selama 5 menit aja looooh!! 10 menit udah paling top markotop. Belum sampai halaman buku nya habis, si anak udah keburu bosen, trus rewel. Yahhh... kalo udah begini terpaksa deeeeh kasih senjata ampuh yaitu mimik nenen ibun. Kelar nenen, saya cobain lagi lanjut baca buku. Sukses bertahan selama 5 menit juga... hahaha sami mawon.

Kalo saya perhatikan, di usia 4 sampai 9 bulan gendhis nggak segitunya tertarik baca buku. Seringnya sih dia hanya menatap dengan pandangan datar bahkan nggak jarang saya dicuekin! weleh weleeeh... asli, saat itu saya sampai berfikir jangan jangan ada yang salah sama anak saya... kok dikasi liat buku  pandangannya kosong amat. Ternyata, memang demikian. Cerita emak emak disini  bilang bahwa  sampai kurang lebih usia 1 tahun bayi masih belum full berkonsentrasi penuh duduk anteng pas dibacain buku, meskipun begitu....jangan patah semangat, coba bacain aja terus, karena SEBENARNYA mereka menyimak dan mendengarkan. it happened kok, beneran!

Tapi emang seperti yang udah saya bilang diatas, emaknya kudu kekeuh jumekeuh buat memasukkan "baca buku," dalam agenda hidup si bayi. Nah, supaya nggak bosen, jadi sebagai emak kudu pinter putar otak. Membuat kegiatan baca buku menjadi aktivitas fun nan menyenangkan. Contoh yang saya lakukan adalah misalnya ada gambar balon saya akan nyanyi balonku sambil menunjuk gambar tersebut, ada gambar bintang saya nyanyi twinkle twinkle little star, ada gambar hewan saya akan menirukan suara suara hewan (btw, gendhis masa' takut deh kalo saya lagi meniru suara sapiiiii). Kalaupun nggak sambil nyanyi, saya akan membaca text di buku tersebut dengan intonasi nada yang di lebay lebay-in sambil memamerkan raut muka yang over acting hahahaha...

Kemudian, saya lupa persisnya di usia berapa yah... kalo ga salah kira kira sekitar 9 bulan deh. Usaha saya buat bikin gendhis menyukai buku membuahkan hasil. Gendhis sudah mulai "berpartisipasi" kalo lagi saya bacain buku. Biasanya dia bubling ngoceh ngoceh sambil tepuk tangan, ikut bolak balik halaman buku, atau menepuk nepuk board book sampai bunyi tuk tuk tuk....hehe

Oh ya, baby tidak peduli pada jalan cerita yang ada di buku, tapi justru pada gambar benda atau bentuk yang dilihatnya secara parsial. Jadi, instead of bacain kisah secara utuh dari awal sampai akhir, saya lebih senang pointing masing masing gambar. misalnya, di buku cerita my mommy and me tentang anak beruang dan ibu nya, saya sama gendhis justru asik tunjuk2 gambar ikan, bebek, cipratan air, batu, serta bunga bunga... emaknya kudu putar otak mengarang indah tentang gambar2 tersebut...bahkan kadang si beruangnya malah nggak dibahas hehehe karena gendhis udah buru buru pengen balik ke halaman yang ada gambar ikan! so, pilihlah buku yang banyak gambar dengan warna warni menarik supaya si anak happy.



Duluuuu banget, waktu saya masih kece kece nya...hahaha alias jaman SMA (weits, emang sekarang udah gak keceee?) saya pernah menonton tayangan televisi yang mengisahkan tentang seorang ibu yang mengajarkan bayi nya membaca atau dikenal dengan metode glenn doman. Jadi si ibu tersebut membuat tulisan besar diatas karton, yang memuat kata kata seperti KUCING, MEJA, LAMPU, IKAN dll lalu diletakkan di sekitar tempat tidur bayi dan dalam beberapa waktu, dia akan menunjukkan tulisan tersebut ke sang bayi. Dan di tayangn tersebut juga dibuktikan bahwa si anak yang berusian 2 tahun-an sudah bisa baca! woooow *tepuk tangan* *nyembah nyembah* dan saat itulah terbersit keinginan kalo nanti saya punya anak, pengen kayak gitu juga aaahhh *hahaha emak emak ambisius* salah satu kisah sukses bisa diintip disini

Makanya, pas gendhis umur 5 bulan, pulang ngantor saya sempetin buat mampir gramedia membeli flash card! Tapi nggak nemu yang ukuran kege dan tebal kayak board, dapetnya kertas kecil tipis. Gak papah lah. Sampe rumah, langsung semangat 45 nyoba doooong....berharap dia bakal super excited megang-megang flash card nya. Fakta dilapangan... sama si gendhis flash card nya dipegang sih, tapi kemudian dimakan! Hadeeeeeh. Baca punya baca, banyak juga yang nggak sreg dengan metode Glenn Doman karena menganggap bahwa sebenarnya si anak tidak "membaca" melainkan mengingat tulisan tulisan tersebut di dalam memori otak. jadi kalau diperlihatkan tulisan selain yang sudah dihafal, tidak bisa dia baca. cmiiw ya buibu... tapi mungkin ini bagus buat melatih anak punya "photographic memory" selagi kecil.





in the end, saya sadar bahwa saya memang nggak mau nge push gendhis buat jadi anak ajaib yang bisa membaca di usia dini banget, tapi yang mau saya tanamkan adalah kecintaan dia akan aktivitas membaca buku. Saya merasa bahwa reading time dengan gendhis merupakan precious moment karena bonding nya dapet banget. Dia ada di pangkuan saya, dan perhatiannya full sama apa yang saya omongin.

Karena nggak punya tempat lain buat naro buku bukunya, biar kamar nggak keliatan messy kayak kapal pecah, saya masukin aja sekalian ke toy box barengan mainan lain. eh ternyataaaa.... cara tersebut justru disarankan loh...hihihi! menurut @ClaraNg, dengan menyatukan penyimpanan buku bersama mainan, maka anak akan menganggap buku sebagai sesuatu yang fun layaknya mainan. okeh noted!

Terkait dengan reading milestones, next saya akan posting kompilasi tweetnya Clara Ng yang membahas hal ini. Sumbernya dari sini. Sangat amat perlu buat disimak, its informative yet practical.

Daaaaan alhamdulillah, di usia Gendhis 17 bulan ini.... dia sangat suka baca buku. seringkali dia narik narik tangan saya, airen, atau uti akung nya buat nunjuk nunjuk kemudian menceritakan gambar di buku tersebut. Kadang bahkan sampai terseok seok karena dia menarik paksa jari telunjuk saya, padahal posisi saya lagi bobo *duh, encok beb....* Bahkan pernah juga tengah malam buta, dia maksa saya buat baca buku, padahal mata ini udah ngantuk beraaaat... yang ada saya asal aja nunjuk nunjuk gambar sambil merem. saya tunjuk ikan, sambil bilang kupu kupu....eeeehhh anaknya teriak protes! dia tau loooh kalo saya salah hahaha *udah makin pinter niiih, ga bisa diboongin* Jadi kalo saya bilang "ikan mana yaaa..." dia akan nunjuk gambar ikan. "ayam mana yaaa...." dia nunjuk ayam... pinter ih! gemeeeesss deh *cium cium sampe celemotan*



So, buat para mommies yang punya baby, walaupun masih cilik mentik umur 3 bulan, bahkan kurang... yuk ajak baby membaca :) kalau pun dicuekin... jangan menyerah, bacain aja dengan rutin, nanti pasti suka, deh!



Beli bukunya dimana?
#Hint! 

Berikut  tempat saya beli babybook:


- Gramedia.

Standar toko buku amat yaaa... hahaha tapi ternyata lumayan banyak loh baby book yang dijual disini. Harganya di kisaran 30ribu an (lokal). Salah satu buku yang lumayan kepake sampe sekarang adalah seri "magic book" berbentuk monkey berhadiah spidol yang bisa dihapus. sebenarnya ini bukan babybook sih...karena di instructionnya untuk umur 3 tahun. tapi banyak gambar2nya sekalian bisa buat belajar hitung dan angka.

Punya Gendhis seperti ini, tapi yang versi Monkey

oh iya, Kalo ke gramedia, saya juga suka ajak gendhis buat ngendon di bagian baby book tapi yang versi importnya. asliiii lucu lucu banget. tapi maap yaaa cukup liat di toko aja, nggak dibeliin sama emaknya, abis harganya sering nggak masuk akal. hehehe

- Baby Fair - Pameran perlengkapan bayi

Di setiap baby fair yang saya sambangi tampaknya selalu ada stand yang jual buku. Udah gitu buku nya bagus bagus pula. Salah satu nya adalah versi "Shape". One of gendhis favorite book.

- Flea Book Store


Tempat favorit saya borong babybook. Tiap sabtu minggu, di Bintaro Junction (buat yang nggak tau, ini satu kawasan sama D'cost bintaro sektor 9) selalu ada pasar kaget. Nah, di salah satu stand nya ada penjual buku dan majalah. Selain menjual buku bekas, stand ini juga menjual buku atau majalah baru tetapi yang edisinya sudah lama (nggak lama lama amat sih, ada juga yang edisi satu bulan lalu). Saya dapat 4 buah board book mini seharga 5 ribu rupiah saja per pcs. Buku nya baguuus, karena sebenernya diperuntukkan buat bonus kalo beli susu nutrilon hehe. Selain itu, saya juga dapat buku cerita 101 dalmation versi inggris serta activity book sponge bob seharga 10ribu rupiah saja. Masih bagus pula kondisi buku nya. best buy deh hihi.


- Online shop


Rasanya buanyaaaaak sekali OL shop yang jualan babybook. bisa juga beli disitum tapi saya pribadi belum pernah, lebih seneng beli offline karena bisa megang, baca, dan bolak balik bukunya. Yang kemaren saya lihat lagi promo... ada di www.tororo.com, Cuss.. buruan deh liat webnya hehe!

No comments:

Post a Comment