Monday, September 17, 2018

Jalan-Jalan Ke Korea Pertama Kali : Nggak Ikut Travel Agent dan Bawa Anak Balita (Tips supaya: mudah, hemat, nyaman)

Jalan-Jalan Ke Korea Pertama Kali : Nggak Ikut Tour dan Bawa Anak Balita (Tips supaya: mudah, hemat, nyaman)


Hi, Mommies...
Saya mau share gimana hebohnya jalan-jalan keluarga ke Seoul, Korea tanpa ikut tour dan bawa anak balita (4 y.o)

Beberapa saudara saya nanya, emang gampang ya jalan-jalan nggak pake travel? Nginepnya gimana? Kemana-mana naik apa? Bingung nggak ngomongnya? Mahal nggak? Ngapain aja disana?

Yuk mariii.. kita bahas satu-satu yes!


CARA MENDAPATKAN TIKET MURAH LIBURAN KE KOREA


Gimana supaya dapet tiket murah? Yaitu dengan membeli tiket jauh-jauh hari pada saat promo atau travel fair. Misalnya adalah pada saat event Garuda Travel Fair (GATF) kayak saya waktu itu. Lihat postingan saya klik  "cara mendapat tiket Garuda  GATF tanpa antri"  ya buat tips dapet tiket murah  tanpa pake antri dan desek-desekan kayak ikan pepes.
Di event travel fair ini kita bisa dapet tiket murah dari maskapai full service. 

Kenapa nggak naik budget airlines aja kan lebih murce? Karena...kita kan bawa anak-anak jeung. Kebayang nggak kalau perjalanan jauh, kursi sempit (baca pengalaman si Mas disini... duduk tegak selama 6 jam lebih, dese aja kapokkk apalagi anak bocah hihihi), harus transit , dan ga ada hiburan sepanjang jalan. Duh, ngebayanginnya aja hayati udah lelah



RISET & PLANNING

oke, tiket udah di tangan. Sekarang saatnya berseluncur di dunia maya untuk mencari info. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya supaya makin mantep travelling gak pake jasa travel agent dan tanpa harus bobo di tempat yang nggak jelas ataupun nyasar-nyasar kayak anak ayam kehilangan induk.

Info yang harus dikumpulkan adalah:

1. Cari penginapan
 
( rekomendasi saya adalah via air bnb karena bisa dapat penginapan yang murah, bagus, dan dekat dengan stasiun kereta  atau di booking.com karena bayarnya bisa belakangan pas kita udah sampe hotelnya. pilih "pay at the property" pada saat booking. Oh iya,  Jangan lupa untuk lihat review pengunjung di masing-masing penginapan, jangan sampai anda kena zonk!)

Kalau mau dapat potongan sampai 300rb di airbnb klik link ini ya.
Atau
Kalau mau dapat potongan di booking.com klik link yang ini


2. Tentukan destinasi yang diinginkan dan buat itinerary. 

Cara termudah adalah dengan googling kata keyword "tempat wisata di korea" maka akan keluarrrrrr deh semua destinasi-destinasi wisata yang layak dikunjungi disana. Atau search "itinerary korea" langsung muncul puluhan itinerary orang atau travel agent yang bisa jadi referensi atau malah kita contek plek ketiplek.

Contohnya seperti link "Trip ke Korea Selama Seminggu" ini


3. How to get there? 

Cari informasi se detail mungkin bagaimana cara mencapai tempat-tempat yang ingin kita kunjungi.

Misalnya, mau ke Nami Island. Nah, browsing deh dengan keyword "cara ke nami island dari seoul" atau "how to go to nami island"
Fyi, informasi ini udah banyak banget bertebaran di internet, jadi kita nggak bakal kesusahan deh. Tinggal catet semua informasinya, kalau perlu bikin satu folder atau file  Word sendiri untuk hal ini.

Perhatikan direction dengan jelas. Banyak kok blog-blog berbahasa indonesia yang mencantumkan dengan detail info "how to get there". Catat baik-baik pintu exit-nya, serta direction jalan ke kanan-atau kiri-nya. Karena kalo luput, bisa let's get lost beneran :( :(
.
Saya bahkan sampai mem-print semua direction ke tempat-tempat wisata yang kemudian dikumpulkan dalam satu binder kecil. Jadi lebih aman daripada cuma di catat di hp, tanpa khawatir kehabisan batrei

Btw, saya pribadi concern banget sama ngumpulin informasi detail mengenai gimana caranya mengunjungi suatu tempat. Sepertu turun di stasiun mana, lanjut belok kanan apa kiri. Karenaaaa... suami saya itu mood nya bisa drop banget kalo kita nyasar, atau saya tiba-tiba clueless harus ke arah mana. Yang udah-udah nih, kita bisa berantem gara-gara beginian. Udah jalan kaki jauh, capek, laper, ehhhh nyasar atau salah naik bis. Emosi jiwa raga. Adakah yang suaminya begini jugaaaaa? Tos dulu deh sama yang senasib, hehe. 

Makanya sebisa mungkin saya menghindari hal-hal yang begini dari pada bikin mood kacau seharian. Kan travelling supaya happy, bukan malah bikin manyun.


4. Perhatikan Hari/Jam Buka Tutup

Ini juga yang mesti di cek. Tempat wisata yang kita datangi buka-tutup nya jam berapa, dan apakah ada hari-hari tertentu yang closed. Nggak lucu kaaaan kalo kita udah jauh-jauh kesana eeehh tutup. TETOOOT! Kalau misalnya mau nonton show (contohnya air mancur di xxxx bridge, kita harus tau juga jam berapa show nya dimulai)
5. INTERNET
Hari gini, koneksi internet sangatlah penting. Karena kita kan nggak ikut tour, supaya tetep bisa mengakses google maps, waze (btw yes, waze bisa dipake di korea, ini penyelamat kami waktu kebingungan nyari masjid yang fenomenal di film jilbab traveller itu lohhh), atau petunjuk jalan lainnya, bonusnya...dengan internet kita tetep bisa update status or posting instastory. hahaha bagi banyak orang ini lebih penting kayaknya ). Jadi, carilah info dimana bisa beli simcard atau sewa wifi portable.
6. Cuaca
Kita harus reset musim apa pas kita kesana? Berapa derajat suhu nya? Supaya enggak saltum! Nggak lucu kan kalo ternyata cuacanya dingin, tapi kita cuma pake sendal? Bisa beku itu kaki... atau justru bisa jadi alasan ke pak suami buat beli sepatu baru disana? Hahaha.. #trikemakemak.  Silakan buka situs accuweather atau bisa install apps nya juga.
APLIKASI YANG HARUS DI INSTALL KALAU KE KOREA
Ada 5 aplikasi wajib yang harus di install di HP kalo ke korea yaitu: 
Visit Korea
Segala rupa informasi mulai dari tempat makan, hotel, atraksi wisata, map, bahkan sampe event special apa aja yang lagi perform di bulan tersebut juga ada
MetroID
Karena aplikasi ini adalah koentji kesuksesan travelling mandiri tanpa lewat travel agent. tinggal masukin station asal, lalu station tujuan. Kita bisa tau di station mana kita harus transfer kereta. 
Google Translate
Sebab saya benar-benar buta huruf korea. Satu huruf pun nggak ada yang tau artinya apa.  Jadi kalo pas lagi bingung, lalu mau tau tulisan tersebut bacaannya apa, tinggal foto tulisannya, di translate... Tadaaaa! keluar deh arti kata nya. 
Waze
Ini mah pasti udah pada tau ya, petunjuk arah yang paling cihuy dan reliable banget dipake. Kayak kemarin pas kita kebingungan kemana harus melangkah setelah keluar dari stasiun di kawasan itaewon menuju masjid terbesar korea. Tinggal ketik itaewon mosque langsung deh kita dapet direction yang jelas bagaimana jalan kaki menuju tempat tersebut
Rome2Rio
Ini juga aplikasi yang memudahkan hidup sebagai petunjuk jalan kemana harus melangkah. 
Segini dulu ya, postingannya. Rekomendasi sewa portable wifi di korea serta cara beli T-Money supaya gampang naik subway ada di post selanjutnya. Cekidot!

No comments:

Post a Comment