Monday, September 17, 2018

Jalan-Jalan Ke Korea Pertama Kali : Nggak Ikut Travel Agent dan Bawa Anak Balita (Tips: sewa portable wifi dan membeli T-Money)

Jalan-Jalan Ke Korea Pertama Kali : Nggak Ikut Tour dan Bawa Anak Balita (Tips: sewa portable wifi dan membeli T-Money)

Day 1

Akhirnya, waktu yang dinanti tiba. yuk, Berangkatttt!!!!

Pesawat saya tiba di Incheon intl Airport jam 9 pagi. Pas packing sebelum berangkat, saya udah cek suhu udara di seoul via www.accuweather.com. Ini aplikasi cek cuaca ter favorit karena bisa detail banget sampe suhu udara per-jam juga bisa diterawang. Perhatikan juga informasi "feels like" nya. Karena bisa aja suhu 18 derajat, tapi feels like  9 derajat kan lumayaaaan beda dinginnya hehehe. 

Incheon airport merupakan salah satu airport terbaik dan tersibuk di dunia. Saking besarnya ini airport, bahkan dari turun gate sampe ke counter imigrasi aja mesti naik kereta! 

SEWA MOBILE / PORTABLE / MODEM WIFI INTERNET DI KOREA

Hal pertama yang kami lakukan begitu selesai ambil bagasi dan keluar pintu airport adalah mencari tempat sewa Mobile WIFI, karena koneksi internet sudah menjadi kebutuhan utama yang haqiqi bagi hajat hidup orang banyak. Bukan cuma buat eksis di postingan instagram, tapiiiii penting untuk buka aplikasi googlemap atau visitkorea biar ga nyasar di negeri orang, mennn. 

Ulasan yang super lengkap bisa lihat blogpost dari sisxxxx disini. 

Kalo buat saya, antara beli nomor korea atau mobile wifi, saya sih lebih pilih mobile wifi. selain karena bisa untuk banyak gadget, kalo sharing kan biayanya lebih murah ya. Kita juga ga perlu repot-repot mindah-mindahin sim card. 

Tips:
Supaya hati tentram dan jiwa tenang, usahakan booking wifi dari Indonesia sebelum berangkat.

Sekarang, udah banyak loh jasa penyewaan portable wifi yang bisa dipakai di Korea. Sewa-nya udah dari indonesia, jadi begitu sampai bisa langsung "stay connected"

Contoh jasa penyewaan tersebut adalah passpot.com atau republic wifi. Lainnya bisa sista search aja di instagram pake hashtag #sewamodemwifikoreamurah 😋. Dasar wanita gak mau rugi, hashtag aja nyarinya yang pake embel-embel murah.

Btw, waktu saya ke korea, penyewaan modem wifi yang dibawa langsung dari negara asal belum booming. Kalaupun ada, harganya masih yassalaaaamm mahalnya.

Jadilah saya booking mobile wifi via internet di website klook.com (ini bukan postingan berbayar ya qaqaaaa. Saya beli pake duit sendiri) Dia lagi ada promo, jadi 5 hari biayanya cuma 130ribu-an unlimited dan bisa dipakai sampai 4 gadget bersamaan. Waaaaw menarik khannn?!

Cara bookingnya:

1.  isi form yang ada, pilih lama-nya masa sewa, airport tempat pick up dan drop off

2. Lalu bayar pakai credit card. Nggak perlu ragu,  trusted kok.

3. Setelah itu, saya dikirimi email yang akan dipergunakan untuk mengambil wifi-nya. Email tersebut kemudian saya print untuk memudahkan pada saat peminjaman. Tapi kalo mommies tipe yang paperless, dengan hanya menunjukkan bukti emailnya di HP sudah bisa kok. 

4. Klook.com ini counternya ada di beberapa airport Korea. Listnya lihat foto dibawah ya.

Kenapa saya pilih booking wifi by internet? soalnya saya pengen secure aja, apalagi pak suami kan tipe yang well planned ya. Kalo nanti sampe di korea pake acara drama nggak nemu tempat penyewaan wifi atau ternyata harganya mahal bangetttt or kendala lain apa gitu yang nggak terduga bisa langsung drop deh mood liburannya. Jika sudah booking seperti ini kan hati lebih tenang ya.

Keluar airport tinggal cari counternya, lalu menunjukkan bukti reservasi, langsung deh dapet mobile wifi-nya. 

Oh iya, tempat penyewaan wifi selalu mengharuskan kita untuk menyerahkan uang jaminan. Kalau kemarin, besarannya 200ribu won. Mayan bangettt kan boo!  Kalau pakai kartu kredit seperti saya kemarin, jaminannya di hold via kartu kredit, jadi saya tidak perlu membayar uang cash. Pada saat pengembalian nanti, uang jaminannya otomatis dikembalikan. 

Ternyata niiiih, gak perlu khawatir kalaupun manteman belum booking mobile wifi via internet. Karena begitu keluar gate... jreng jreng jreng... dapat langsung ditemukan deretan tempat penyewaan wifi. Harganya pun nggak jauh beda sama booking online seperti saya. 

Yang perlu diperhatikan:

- Mending sewa di airport daripada di hostel atau tempat lain, karena pasti on the way dari dan menuju airport kita butuh koneksi internet. Either untuk buka map, googling, atau chat sama teman

- Buat yang airport kedatangan dan kepulangan berbeda, sebelum menyewa agar dipastikan dulu apakah mereka punya counter juga di airport kepulangan kita.

Misalnya, pas dateng kita di Incheon tapi pulangnya dari Busan, jadi kita bisa balikin mobile wifi-nya di cabangnya yang di Busan. Banyak dari provider tersebut punya counter di airport lain kok. Oh iya, make sure juga nggak ada charge tambahan kalo balikinnya di Airport yang berbeda. Karena kejadian di teman saya kemarin, dia pick up mobile wifi di busan airport namun pulangnya dari incheon, entah missed nya dimana, wifi-nya nggak bisa dikembalikan di counter incheon, alhasil dia harus kirim wifi nya via pos ke airport busan which is biaya lagi dong. So, jangan sampe hal ini terjadi ya.. 

Transportasi Umum di Korea: CARA
MEMBELI TIKET KERETA (T MONEY) DI KOREA

Sebenarnya, ada beberapa pilihan kartu transportasi di korea untuk turis. Seperti tourist pass. Tapi demi kemudahan dan less ribet, rekomendasi saya adalah beli T-Money aja...

T-Money ini bentuknya kayak E-Money nya mandiri, Flazz nya BCA, Tapcash nya BNI, atau Brizzi nya BRI. Bisa dipakai untuk naik subway apapun dan bis manapun. Untuk peta subway-nya, kurang lebih sama dengan peta commuterline. Kita tinggal perhatikan aja, warna line stasiun tujuan, dan naik kereta sesuai dengan warna line yang dituju

Saya beli-nya di minimarket Airport. Lupa deh namanya CU 29 atau 7/11 ya.. harganya juga lupa berapa (maap ya...) tapi kemudian langsung saya isi 15.000 won masing-masing kartu, karena saya sudah tau bahwa trip saya pasti banyakan naik subway atau bis yang butuh saldo t-money

Untuk anak dibawah usia 5 tahun, nggak perlu pake t-money karena GRATEYSSSSS (say: alhamdulillahhh) jadi gendhis kalo keluar-masuk gate nempel sama emak-bapak nya

Untuk isi ulang selanjutnya, bisa via mesin tiket di stasiun. Buat yang buta huruf korea kayak saya, cuss gampaaang... langsung aja pilih menu bahasa inggris.

T-Money ini juga bisa dipake buat beli jajan-jajanan lucu di minimarket. Yang harus banget dicoba adalah banana milk, honey almond, atau chiki-chikian yang baru liat packagingnya aja udah bikin ngilerrrrrr ☺️

1 comment: