Wednesday, November 19, 2014

Ujian dan "Ujian" - Part 2


Cerita sebelumnya ada disini

Hari Keempat
Hari berganti baru. gendhis saya bujukin makan sambil lihat kolam ikan, tapi nggak ada yang masuk seupil pun. ini artinya GTM level 100. kalo ibarat ramen sanpachi berarti cabe nya udah sepanci. 

Apa kabar obat dari dokter? bye bye tengkyu.

pinter banget niiiii bocahnya *remes pipi* secara minum susu aja gak mau, apalagi ada lacto b dimasukin ke susu, mingkemnya tambah rapet! Pas awal,  dikasi air putih dia mau minum, begitu air putihnya ditambah pedialyte di gelas yang sama, gak mau buka mulut aja looohhh !@#$%^& *ishhhh... kok dia tau aja deeeehhhh* 

Lain waktu dicoba lagi, dikasi air putih tambah obat mual nya, menjepppp aje. akhirnya terpaksa pake jurus "dicekokin" airen pegang badannya, saya pegang mulutnya sambil nyuapin. horeeee... disemburrrr...!!!!!! at least mudah mudahan ada yang masuk walau sedikit. 

praktis seharian dia cuman minum air putih. aktivitas pun hanya seputar bobo di kasur, nenen, gendong muter muter rumah, paling banter liat ikan. pas temen temennya dateng mau main, dia malah dadah dadah... (ngusir nyuruh pada pulang maksudnya) lemas lunglai tanpa tenaga. sedih ampun ampunan ngeliatnya *cry*

Sore menjelang, malah GTM semakin parah. nggak cuma nolak makan, minum air putih juga seteguk langsung stop. saya sama mama curiga gendhis menderita radang tenggorokan. susah menelan apapun bahkan air.

Sebagai bahan observasi, gendhis sudah tidak muntah dan mencret lagi. namun tekstur pupu nya masih belum padat. ya iyalahhh ga ada asupan makanan apapun!

Besok malam saya kembali akan menghadapi ujian, jadi saya berdoa banget supaya malam ini gendhis bobo nyenyak jadi mommy nya bisa belajar sambil begadang. faktanya???? si bocah masih aja pengen dikelonin terus. saya terpaksa baca materi kuliah sambil bobo an karena sembari nenenin.

Sayangnya, kalo lagi nenenin kan emang kita akan ngerasa relax yah, karena adanya peningkatan hormon oksitosin, nah saking relaxnya.... tanpa sadar sayapun memejamkan mata. bangun bangun udah jam 3 pagi. Nah Looooo!!! belum ada satupun materi kuliah yang nyantel. tiap kali nenen nya saya, copot... anaknya bangun lagi. gimana belajarnya ini, aduh gustiiiii *ketok ketok kasur* 

Sempet berhasil jalan keluar kamar karena gendhis bobo nya udah nyenyak, baru juga balik halaman kedua, eeehhh si princess yang lagi sakit bangun maning. nangis ngamuk ngamuk. Keluarin deh senjata andalan: mimomik ibun. kembali saya belajar sambil nenenin. tiba tiba udah leppp... ikutan pules bobo!  Lantas syok karena bangun bangun udah jam enam pagi. pffffffff.... alamat mengarang bebas deh ngisi UTSnya

Hari Kelima

Drama mogok makan total kembali terulang. hari ini gak ada makanan yang masuk ke tubuhnya SAMA SEKALI. air putih pun hanya seteguk dua teguk. Gendhis tampak kuyuuusss dan lemas lunglai tanpa semangat. emak nya juga jadi ikutan males makan. *korek korek tanah*

Lalu tante saya memberikan resep yang kemudian saya coba. dicoba ajalah ga ada salahnya. pikir saya waktu itu. 

ini dia ramuan ajaibnya:
  1. wortel kupas kulitnya, cuci bersih, rendem air panas sebentar, parut, lalu saring (ambil sari pati nya aja)
  2. tomat kupas kulitnya, buang bijinya, cuci bersih, rendem air panas sebentar, parut, lalu saring (ambil sari pati nya)
  3. satu sendok teh madu ( madu baik untuk usia anak diatas 1 thn)
  4. campur jadi satu di dalam gelas kecil


Konon katanya, ramuan ini bisa bikin kerongkongan jadi adem ayem.

Jurus "cekok" pun dimulai. bapak saya yang megang gendhis, saya bagian masukin ramuan ke mulut. masuk se sendok setengah. alhamduliahhhhh masi ada yg masup. 

honestly saya nggak tau juga sih resep ini mujarab apa nggak, karena cuman sekali doang dicoba. tapi kalo dari cerita tante saya, resep ini dulu berhasil bagi kedua sepupu saya.
hasil baca sana sini, diketahui kalo radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, tapi kita juga musti pasang time limit sampe kapan kita membiarkan sembuh secara natural, kan kasian anaknya kalo kita sama sekali gak take action padahal udah lewat dua minggu. idealnya sih, akan sembuh dalam waktu seminggu. 

info yang saya baca, radang tenggorokan memang lumrah terjadi di anak anak. selain itu, penyakit tersebut termasuk self limiting desease. 85% disebabkan oleh infeksi virus (jadi sebenernya ga perlu juga konsumsi anti biotik). kalo menurut milissehat sih penyebabnya adalah alergi, trauma, perubahan cuaca, teething, autoimmune dan sebagainya. Yang namanya infeksi virus bisa sembuh dengan sendirinya karena tubuh akan melawannya dengan mengeluarkan sistem kekebalan tubuh which is salah satu efeknya adalah membuat suhu badan jadi lebih panas. begitchuuuu...

saya agak KZL (lebih tepatnya mix antara sedih, sebel, sama panik) karena sampe menjelang berangkat ke kampus otak saya masih kering. I have no idea ntar mau jawab apa pas uts, gelapppp banget. udah gitu gendhis dikit dikit masih minta nenen, gelendotan, sama minta gendong. kadang saya cuekin aja pura2 konsentrasi baca materi.  saya tau sebenernya saya nggak boleh bersikap begitu. tapi.... ya.... namanya juga manusia. ini lah ujian menjadi ibu yang sebenarnya * nelen 1000 pil sabar* 

begitu ibu saya pulang, langsung cuss terbang ke kampus.

waktu ujian pun tiba. saya hanya pasrah dan berdoa semoga ada mukjizat. alhamdulillah kertas jawabannya bisa saya isi. masalah itu bener ato nggak hanya tuhan dan pak dosen yang tauuuuu 

dan malam itu gendhis baru bobo lagi jam 12 setelah saya sampai rumah. aaahhh...

Hari Keenam 
Hari jumat tiba! gak ngantor, gak ada ujian, dan yang bikin happy... gendhis udah mau membuka mulut sendiri, meskipun cuma makan regal satu buletan (kalo saya suapin dia nolak, tapi kalo saya kasih pegang sendiri dia mau maem, walaupun gigitnya juga cuman seujung kecil), air putih sudah mau banyak minumnya,  sungguh indahnya dunia.... 

yang terpenting, gadis kecil saya sudah lebih ceriwis dan mau bernyanyi. alhamdulillahhhh...
meskipun bobotnya tapi makin kuyussss hiks hiks

Hari Ketujuh

Hari sabtu, siangnya gendhis saya coba kasih makan nasi... dan dia MAUUUUU pemirsaaahhh *sujud syukur, bikin selametan, nyalain petasan,bakar menyan*

Ternyata emang bener, hipotesis dari teori ala emak emak ini:
sehabis periode GTM nanti akan tiba masanya dimana si anak akan masuk pada periode GML (Gerakan Mangap Lebar) . makan lahap, buanyaaaak, sepiring penuh tandas


Alhamdulillah, meskipun penuh perjuangan ujian dan "ujian" ini berhasil kami lalui *grouphug*.  Inilah ujian yang sebenarnya, bagaimana saya dapat mengendalikan emosi, berusaha untuk super sabar, tidak egois, serta cekatan dalam membagi waktu dan pikiran

Eniwey, ngalamin kayak gini bikin saya jadi makin salut sama Ibu beranak yang masih bisa mengerjakan urusan domestik, bekerja, sekaligus kuliah lagi (dengan tugas kuliah segudang) at the same time! Terlebih yang nggak punya nanny or mbak kayak saya.  Gimana siiih bagi waktunya? Please kasih tau dooong...

Terus pas lihat Dian Sastro (Ibu beranak dua dengan segudang aktivitas) pamer ijasah Cumlaude S2 - MMUI di instagram dan banyak haters yang ngasih komentar negatif... sebagai emak bekerja yang sambil kuliah dan ngurus anak (walaupun baru satu tapi tanpa helper) rasanya saya mau menantang mereka "eh, lo pikir gampaaaang bagi waktunyaaa, gampaaaang bagi pikirannyaaaa?!" of course they dont know the process that she's been through, semakin yakin lagi pas saya baca artikelnya rhenald kasali di Kompas (bagus deh,  recommended buat dibaca).



"Anak-anak kita pada akhirnya belajar dari kita, dan apa yang kita ucapkan dalam kesaharian kita juga akan membentuk mereka, dan masa depan mereka" - RK

So... stay positive, #embracemotherhood !







2 comments:

  1. sisst bagi olshop yg jual ergo baby ya dong,, please dtunggu ya say,,, email aku ke olisnurbaeti706@gmail.com mkasih sist ;)

    ReplyDelete
  2. Langsung PM aja ya mom ke nomor disini http://mylittlebow.blogspot.com/2014/05/catatan-tentang-ergo-baby-carrier.html lapak mommaergo nya masih buka kok, walaupun lagi ujian dan "ujian" hehehe. hope it helps :)

    ReplyDelete