Wednesday, November 19, 2014

Ujian dan "Ujian" - Part 1


huff *lap keringet dulu ah sebelum cerita*
I'm just passing  a super challenging week!

saya si emak kece (kece...bur got, maksudnya hahahaha) sejak september kemarin sudah kembali ke sekolah. ih ngapain? sok rajin amat sih?.... yeeee, Biar tambah pinter!! *modus* padahal balik ke sekolah, biar ada alasan ga usah ngantor hihihi soalnya kadar kejenuhan ngantor udah sampai pada titik kulminasinya, nih! walopun kenyataannya masih sering dapat panggilan panggilan buat mampir. Sekaligus juga biar saya bisa punya waktu yang banyaaaaakkk buat selalu sama Gendhis si Guwaw Jawaw

Hari Pertama

Nah, satu hari sebelum ujian, tepatnya minggu siang, saya ada kegiatan belajar bareng di rumah mbak Dinda di kawasan pejaten. mata kuliah yang besok diujikan adalah MPK which is tentang metode penelitian yang ruwet njelimet. 

Sore nya, pas lagi iseng ngecek path tiba tiba ada postingan foto gendhis dengan caption "cepet sembuh ya..." di timeline nya airen. "lah.... anak saya kenapa ya? perasaan tadi saya tinggal baik baik aja deh..."

buru buru saya telpon airen, untung kegiatan belajar kelompoknya udah mau kelar 

saya: adek gendhis kenapa?
airen: tadi dia muntah muntah, terus sekarang badannya panas
saya:loh perasaan tadi aku tinggal gak kenapa kenapa
airen:udah, kamu cepet pulang! (dengan nada bossy)

loh kooooook? buru buru deh saya telpon taksi dan minta si bapak taksi buat meluncur cepet ke rumah. lah lagian doi kenapa gak nelpon sih, malah nge-path aneh bin ajaib!
tiba di rumah, saya disambut dengan gendhis yang gelendotan aja di dalam pelukan eyangnya. airen muka nya manyun kayak bibir donald bebek. sambil sesekali berdecak mengeluh. hmmm one of his bad habit! kalo anak lagi sakit pasti dia rungsing banget dan emosi-an. yang sabar napa, pak!

"mimomik ibun"....gendhis langsung minta nyusu begitu melihat saya. baru juga sesedot dua sedot nenen, tiba tiba dia menunjukkan gelagat ingin muntah... lantas "byarrrrr" bener aja, kasur dan baju terkena muntahan. airen tambah cemberut, baru juga diganti seprei-nya udah harus bersihin lagi.  "jangan di mimik in dulu deh bun...dia udah minum banyak banget tadi, dan keluar semua itu..." airen sewot. ya abis gimana dong, begitu nempel saya dia langsung malak buat nenen. hiks

Jadilah malam itu kami begadang jaya. sempet beberapa kali gendhis muntah karena maksa nenen dan saya kasih, supaya dia bisa bobo enak. alih alih bobo, urusannya justru jadi gantiin baju dan celana karena basah kena muntahan susu. jam 2, baru deh bisa bobo. tapi jam 3 bangun lagi karena tiba-tiba ada bunyi "pret...brot..brobot..brobot" yaaahh gendhis nya pupu, pas diliat bukan pupu biasa, melainkan mencret. aaahhhh... kembali dia menangis keras jejeritan *rogoh kantong doraemon, ambil stock sabar*

Hari Kedua

Hari pun berganti. jam 8 saya telepon hermina ciputat, ternyata... dokter elly nggak praktek. hikssss terpaksa cap cip cup kembang kuncup pilih dokter lain. ada dua nama dokter yang kebetulan pagi itu bertugas. dokter diah dan dokter mmmm... lupa pokoknya laki laki. 

Layaknya milih restoran, kalo keliatan dari luarnya rame dan banyak kendaraan parkir, berarti makanannya enak. begitulah juga gambling saya milih dokter hari itu. "pasiennya banyakan mana?" tanya saya ke  mas resepsionisnya. "banyakan dokter diah bu..." alih alih milih dokter yang pasien nya dikit sehingga cepet dapet giliran dan ditangani  "oh ya udah saya daftar ke dokter diah aja kalo gitu" saya pilih yang antrian pasiennya banyak karena mungkin itu dokter lebih favorit. mungkin loh ya... tapi seperti kayak postingan saya tentang shopping dsa, cocok buat anda belum tentu cocok bagi kami...

Selama di rs sambil nunggu antrian, gendhis nemplok aja dalam gendongan airen. kepalanya disenderin ke bahu. dibawa ke playground juga bocahnya ga antusias. ibun nya juga jadi lemesss liat begitu. hiks syedihhh

"ini kenapa?" ternyata dokternya masih muda dan tampak bersemangat, tangkas, dan sat set sat set. "ini dok, lemes... panas, mencret kayak diare, gak mau makan..." lalu bu dokter melihat hasil pemeriksaan suhu gendhis "36 derajat. ini normal kok" " tapi semalem anget dok" "sampe berapa panasnya,?" "ga bisa diukur dok, soalnya anaknya berontak tiap dipasangin termometer" Beneran iniiii.... saya sama airen bahkan sampe berusaha untuk miting gendhis biar diem jadi bs diukur suhu nya,  cuman ga berhasil karena anaknya gerak mulu, nangis plus kita nggak tega.

"terus diarenya berapa kali" bu dokter kembali mengobservasi. "dua kali sih dok..." "cuma dua kali? itu mah bukan diare..." sumpah dibilang gitu saya merasa jadi ibu paling guoblok di dunia. Menohok! apa dong istilahnya kalo pupupnya berbentuk kayak begitu?  "iya dok, tapi teksturnya cair seperti diare, encer gitu..." dokternya manggut manggut. 

Lalu gendhis dibawa ke kasur pasien buat diperiksa lebih lanjut. bocahnya nangis. selanjutnya baju dibuka dan perut diketuk ketuk. ehh tambah nangis kuenceeeeng banget "ih nangisnya, kayak diapain aja... udah bawa keluar dulu aja pak" bu dokter berkomentar. mmmm.... saya diem aja. airen pun keluar.

"kemungkinan ini karena virus. kalau virus sebenarnya nanti bisa sembuh sendiri.  perutnya keras kayak masuk angin. tapi mulutnya ga ada sariawan, panasnya mungkin masih naik turun, udah dikasih apa aja?" baru dikasi lacto b dok, tp sm mertua sy disuru stop aja karena takut nanti malah sembelit" (halahhhh...bawa bawa mertua hahaha).

Then, ada sebuah info yang saya baru tahu "eh jangan salah loh, lacto b itu isinya bakteri baik, sama kayak kita minum yakult, dia justru akan mem-balance tubuh. kalo lagi diare dia membantu untuk menstabilkan kondisi tubuh jadi stop diare nya, tapi kalo lagi sembelit dia bisa bantu untuk merangsang BAB kembali. jadi gak papah lanjutkan pemberian lacto b nya, masih punya kan?" "ada sih, tapi tinggal dikit...." "ya udah saya resepin ya" "punya oralit di rumah?" "ga ada dok...." "oke, diresepin ya" kalo lagi mau nenen sama saya terus mulutnya kayak hoek mau muntah gitu dok" "ooo...saya kasi obat mual juga ya" "iya..." *pasrah... banyak aja obatnya* 

"diobservasi dulu dua hari kalo masih belum membaik bawa kesini lagi ya"

okedeh.
saya keluar ruangan,
di depan pintu tampak gendhis yang masih aja gelendotan pasrah di badan ayah daddy nya.

Praktis, sejak malam kemarin sampai senin sore saya nggak belajar lagi. udah tinggal pasrah dan berdoa aja ini mah judulnya.

Hari pertama ujian dapat dilalui dengan.... yang penting kertas ujian saya nggak blank aja, masalah bener ato nggak hanya dosen yang tau hihihi, udah gitu waktunya pun sedikitttt hiks!  Soal-soal terakhir saya isi dengan singkat padat dan mungkin ga bermutu

Pulang ke rumah jam 11 malam, gendhis masih on fire. belom boboooooo.... mmmmppphhhh. saya bersih bersih lalu nenenin. alhamdulillah udah ga muntah. tekstur pupu nya tapi masih encer. 

DEG!!! another bad thing happened. Dikasi susu botol yang biasanya antusias, malam itu ogah. trus saya nenenin juga dilepeh. waduh!!! saya coba berbagai pose, sampe akhirnya dia mau nyusu juga dan bobo.

Setelahnya, gendhis bobo ditemenin sama mama saya.  Lalu saya lanjut belajar buat besok sampe subuh! *ganjel mata pake lidi* untuuung, mungkin karena capek dan gak mau nyusu gendhis bobo nya jadi lama, pas bangun ditepok2 dikit juga bobo lagi, walaupun badannya masih anget.

Hari Ketiga
 
Matahari pun kembali bersinar cerah. Alhamdulillahhhh walaupun gak mau nyusu, dia masih mau minum air putih dan makan roti (walaupun secuil). siangnya, dipaksa makan udah ga mau. saya nenenin aja deh sambil saya bobo. ngantuk boooo!

Ujian hari ke 2, sama aja kayak hari pertama. hahahahaha susah bo! untungnya ini open book, dan pas tadi siang gendhis bobo saya sempet sempet ngeprint contoh case study yang semalam sdh saya download di ipad.

Malam ini gendhis reweeeellllll tingkat dewa. nangis melulu, diajak tidur gak mau, diajak main nangis, dikasi susu nolak, diajak nenen ogah, minta gendong terus... (ndelalah gendongan ergo ketinggalan di rumah mertua, hiks! gemforrrr ni tangan ) untung besok ga ada ujian, jd perhatian saya tertuju hanya pada gendhis manis seorang.

Lanjut di Part 2 ya...



No comments:

Post a Comment