Wednesday, November 19, 2014

Eid Holiday 2014 - Menikmati Gelanggang Samudra Ancol

#Latepost
Lagi ngecek notes di HP, dan baru ngeh.... ternyata artikel ini sudah kelar ditulis tapi nggak kunjung saya posting jugaaaakkk! ketlingsut sodara sodara. 

Ini sebenernya cerita pas jalan jalan liburan Idul Fitri kemarin, cucok buat inspirasi berlibur sama si kecil. Eits, tapi kabar burung yang beredar saat ini Seaworld dan Gelanggang Samudra Ancol lagi di tutup karena masalah perizinan. Bener gak sih?

-------

 
Halo halo, gaes... *efek keseringan streaming dodit di youtube hehehe*

Selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin ya.... terutama untuk customer #mommaergo yang Alhamdulillah menjelang lebaran kemarin semakin banyak mommy mommy kece butuh gendongan nyaman buat mudik. Mohon maaf dan maklumnya atas keterbatasan kami, dan mohon doa nya semoga kedepan kami dapat memberikan service yang lebih hebring lagi.  (thanks to ayah daddy yang tiap abis sahur ngelembur packing-in ergo, dan udah makin akrab sama abang abang jne *kecup mesra*)

Anyway... setelah tahun lalu kami plus gendhis ( waktu itu umurnya masih 7 bulan) mudik ke Ngawi, tahun ini giliran lebaran tanpa mudik a.k.a stay di ciputat ajah. Palingan keliling rumah eyang uti, eyang uyut, dan eyang tante di seputaran Bintaro dan sekitarnya.

Kemudiannnn.... hari ke 4 setelah lebaran, kami pun mati gaya. Mau ngapain lagi yeeee? Ke rumah sodara udah... ke emol bosen... ke puncak ato bandung pak supirnya ogah, karena liat di berita tv pada kejebak macet. Terusss...mau kemana doooong? suntuk berat nih di rumah (rumah mertuaaaa pulak... kebayang kaaaan buteknya kayak apaaaaa hahaha). 

Then, setelah bertanya di forum emak emak... tersebutlah beberapa tempat wisata yang recommended. kriteria nya masih di area jakarta, family friendly, dan bukan mall. Lalu terlontar beberapa tempat diantaranya taman mini, mekarsari, monas, ancol, mangrove PIK (wah saya baru denger nih yang iniii...), jungle land, waterboom PIK dll. 

Hmmm dari hasil timbang menimbang diputuskan besok kita ke tmii aja. Meskipuuuun lihat info di tivi kalo semua tempat rekreasi pada penuuuuuh pengunjung. Mudah mudahan taman mini, terutama bagian taman burungnya nggak rame yaaa *komat kamit baca doa*

Dari malem airen udah wanti wanti supaya besok udah kita berangkat dari pagi. Biar jalanan masih lancar dan pak supir masih seger
Okelah kalo beg beg begitu...
 
Maka hari ini saya bangun pagi pagi, masak makanan gendhis (nasi orak arik telur ajalah yang pasti bikin dia mangap plus rebusan wortel sama brokoli biar ada serat sehatnya). lalu siapin susu serta perlengkapan lenong lainnya.

Mobilpun melaju masuk ke dalam tol pondok indah. Begitu lewat pintu taman mini.... lho, ternyata kok nggak belok! "kita ke ancol.aja ya..." ucap airen diikuti dengan tatapan nganga muka saya dengan alis naik sebelah "haaaaah, serius loooo? ancol kan di tivi rame gilaaaaa" "gak papa, kita coba aja... aku pengen ngajak gendhis liat pentas aneka satwa sama lumba lumba" ya terserah deh saya mah manut manut aja. Kemanapun yang penting jalan jalan hehehe

Tiba di gelanggang samudra ancol jam 8.59 yeay! Padahal gerbang baru mulai dibuka jam 9 pagi. Gak papah, malah bagus pengunjungnya masih sepi

Harga Tiket Gelanggang Samudra Ancol - Juli 2014 

tiket masuk ancol dewasa : 25rb
tiket masuk ancol mobil : 20rb
tiket masuk anak bayi (note: pangku aja bocahnyaaaa) : GRATIS
tiket masuk gelanggang samudra dewasa: 120rb
tiket masuk anak usia 1 tahun (note: gendong aja bocahnyaaaa): GRATIS


Setelah beli tiket, jangan lupa ambil brosur berisi jam pertunjukan di tiap tiap wahana ya, buibu! pssstt...sedikit buka rahasia dapur, awalnya saya gak tau kalo ada brosur yang bisa diambil gratis, saya udah ngerasa cerdik aja gitu dengan memotret papan segede gambreng di depan pintu masuk. biar gampang kalo mau cek jadwal. Ndelalah kok lihat orang pada pegang2 kertas biru, hyaaaa ternyata itu brosur jam tayang pertunjukan. cape deeeh! 

Oh iya, sebenernya nggak perlu bingung juga sih, karena nanti di akhir pertunjukan mas mas announcer akan mengumumkan wahana mana yang selanjutnya akan menyelenggarakan show. Kita tinggal ngikutin petunjuknya aja. Selain itu...petugas disana sangat helpful kok kalo kita clueless dan bertanya mengenai jadwal pertunjukan beserta lokasinya.

Tips: kalo suasana lagi lumayan rame (kayak pas kemarin saya kesana) sebaiknya buru buru keluar begitu pertunjukannya kelar, supaya bisa nge "cup" kursi duduk di show selanjutnya, biar dapet best view plus tempat yang pewe.


Ada 6 pilihan atraksi yang dapat disaksikan di gelanggang samudra

Yuk ikuti perjaanan gendhis satu per satu ya....

1. Pentas Aneka Satwa

terakhir kali saya ke tempat ini kira kira jaman SD, puluhan tahun lalu. Dan.... amazingly, tempat pentas aneka satwa ini nggak berubah sama sekali! beneraaaaan! tempat duduk, dan panggungnya masih seperti yang dulu kala.

Disini, ada pertunjukan berang berang ngerek bendera, burung berhitung, parade bebek jadi cabe cabean, beruang naik sepeda, dll. Sayangnya, dibadingkan jaman dulu hewan yang tampil kayaknya jauh lebih dikit. Nggak ada kudanil mangap sama atraksi orang utannya.
Gendhis nontonnya seriusssss banget! muke nya lempeng.com kayak lagi penelitian hehehe *sok teong diaaa*

Btw, mas mas pawang berang berangnya masih muda loh, cakep bo! *infogakpenting* fokus saya agak ter distract antara merhatiin berang berang sama muka si mas pawang hahahaha *toyor*

2. Atraksi Singa Laut

Menghadirkan 3 ekor singa laut yang mempertontonkan bakat yang mereka miliki. Semisal main basket, joged dangdut, berhitung, menggiring bola, dll. Mereka sungguh para singa laut berbakat! Yang kocak adalah adegan pas si singa laut cewek ngambek minta dipijet.... hehe jago acting juga ternyata si mba singa nya.

3. Atraksi Lumba Lumba

Pas nonton show ini, gendhis udah mulai cranky. Tampaknya dia ngantuk berat! jadi... baru juga 5 menit pertunjukan di mulai, kamipun angkat kaki dari sini sebab gendhis udah teriak teriak gengges. Sudah hampir jam 11 siang juga sih, biasanya ini saat2 dia bobo.

Selanjutnya, kami jalan jalan santai aja sambil nyari tempat adem. Eh, si bocah yang tadinya ngantuk langsung melek lagi sambil lihat ikan sama bebek berenang di pond. Emang kalo jalan jalan ngajak toddler itu gak boleh ambisius yeeee.... hehehehe emak bapaknya pengen nonton semua atraksi secara berurutan, eh anaknya nggak betah! jadi kudu flexible.

Sore nya, ini jadi atraksi terakhir yang kami tonton sebelum pulang. Saya kekeuh kudu lihat lumba lumba... apalah arti jalan jalan ke gelanggang samudra tanpa nonton lumba2. its like..." belom ke jakarta kalo belom liat monas, belom ke singapur kalo belom liat patung singa, and things like that"  so.. this is a must!

Selain tempat dan kolam nya yang masih sama, dibanding jaman baheula pertunjukan lumba lumba sekarang sudah jauh lebih modern. Ada giant screen super gede yang menampilkan film pendek sebagai pembuka. Bercerita tentang 3 anak kecil pemberani dan kecintaan mereka terhadap lumba lumba. sinematografi filmnya bagussss deh, dan real indonesia banget. Pasti dibuat dengan serius! (maklum, endonesa kan kadang suka kentang kalo bikin sesuatu)

Begitu film selesai, kemudian lumba lumba muncul dengan atraksi pembuka, yaitu mendorong mas pawang muter muter kolam dalam air. 

Rangkaian atraksi selanjutnya sukses menghibur gendhis. Ada lumba lumba dancing, menyundul bola, berhitung, lompat ke dalam lingkaran, salaman, dan beberapa atraksi lain. Sayangnya, ada beberapa atraksi lain yang masih menempel di ingatan saya, sudah tidak ditunjukkan lagi. Kayak loncat ke ring yang ada api nya, mengajak salah satu penonton untuk naik perahu karet dengan didorong lumba lumba, serta penonton yang dicium lumba lumba. padahal itu memorable banget loooh. 

Untuk adegan dicium lumba lumba plus difoto sebenarnya masih ada. Tapi... nggak pada saat show dan bukan di kolam tempat show. Per orang dikenakan biaya 80rb.

4. Pertunjukan 4D The Lost World

Sambil jalan muter muter setelah keluar dari atraksi lumba lumba karena si gendhis cranky, kemudian kami sampai di depan wahana animasi 4D the lost world. Kebetulan banget pas wahananya udah buka. Layaknya bioskop, pasti tempatnya adem. Pikiran saya cuma 1, bakalan nyaman nenenin gendhis disini... karena ada bangku empuk dan sejukkk.

salah banget sih emang hari ini saya nggak pake nursing tanktop andalan yang tinggal tarik langsung buka pabrik, emak centil lagi pengen tampil gaya pake kaos biasa...hehehe udah gitu, nggak pake nursing bra juga, jadi kalo pas mau menyusui musti angkat dulu bra nya ke atas. rempong maaaak! nggak nyaman pulak 

Setelah duduk dalam antrian selama 15 menit (enak nih, ngantri nya dikasi tempat duduk, jadi ngga pegel dan nggak bikin esmosi jiwa  beda ama di dufan)

Tibalah kami di dalam arena bioskop. Di pintu masuk, masing masing penonton dibagikan kacamata 3D.  Begitu puntu dibuka, saya buru buru masuk. Sengaja pilih duduk di bangku paling atas, dan paling pojok biar aman buat menyusui dan nggak ganggu orang lain. Gendhis pun langsung nenen dengan nikmatnya. Jadi, meskipun lampu dimatikan dia woles aja.

Film pun dimulai. Cerita dibuka dengan kisah dua orang yang terdampar di sebuah pulau. saya khusuk nonton, sambil nenenin...eeeeh lagi asik asiknya nenen tiba tiba di layar bioskop terpampang dinosaurus yang lagi jalan berdebum debum diikuti oleh kursi bioskop yang bergoyang kayak gempa. Makin lama.... semakin sering dan kenceng guncangannya. Bubaaaar deh sesi menyusui! Disusul dengan tangis gendhis yang membahana *langsung pengen cuss keluar bioskop saat itu juga*

selanjutnya gendhis pindah ke pangkuan airen sambil dinyanyiin lagu yang ampuh bikin dia calm down "kupu kupu yang lucu" bener doooong nggak lama langsung diem nangisnya. selang beberapa saat dia minta balik ke pangkuan saya. sambil saya dekap erat, krn guncangan bangku ga kunjung berhenti (adegan di film pas lagi kapal yang mereka tumpangi mau jatoh). Eh... lima menit kemudian kok ga terasa ada pergerakan dari gendhis, ternyata dia sudah bobo! alhamdulillahhhh...

mumpung adek bobo, kelar nonton saya sama airen lunch di colombus chicken sebelahan sama si bioskop

harga makanannya masih make sense lah untuk ukuran tempat wisata. 25rb dapet nasi, ayam, sama minum

5. Rumah Pintar

Layaknya sebuah perpustakaan, tempat ini berupa sebuah ruangan cukup besar yang berisi berbagai koleksi buku tentang dunia bawah laut. Termasuk juga baby book yang terbuat dari board dan atraktif untuk toddler. Ada pula koleksi mahluk laut yang diawetkan di dalam toples

Sangat cocok buat jadi tempat istirahat leyeh leyeh lesehan sambil ngadem sembari si anak anteng baca buku

Gendhis kan penggemar berat ikan.... dari awal mau masuk ruangan ini dia udah jejeritan lihat dekorasi gambar ikan yang digantung gantung "ikaaa... kaaan.... (ikan maksudnye) ishh...wishh (fish maksudnyah)"

6. Theater Bawah Laut 

Ternyataaaaaa ini tempat yang paling bener kalo mau menyusui baby sambil nonton show! tempatnya luaaas, adem, banyak tempat duduk, dan remang remang. *soalnya dari tadi sama sekali gak lihat nursing room*

Isinya adalah sebuah aquarium raksasa lengkap dengan giant screen
Penonton bisa milih mau duduk dimana. Bisa duduk di tangga trap, duduk lesehan persis di depan aquarium, atau duduk manis di kursi beneran yang terletak di bagian belakang. 

Opening dibuka dengan dua orang penyelam yang menari bersama lumba lumba (sumpah ini keren abis!). Kemudian ada dua ekor putri duyung. (psst di bagian ini saya amazed berat sama mbak putri duyung yang bisa berenang menyelam dengan cantik tanpa bantuan alat apapun! pluuus size badan mereka yang ukuran 0 *iri mode on*). Selanjutnya adalah kisah kedua penyelam tadi yang berjuang menyelamatkan kerajaan si putri duyung dengan bantuan lumba lumba

awalnya, saya pikir teater ini bakal mempertunjukkan adegan dugong atau ikan pesut kayak jaman dulu (agaiiiin saya bandingin sama kunjungan saya pas kecil) ternyata beda banget ya. ini udah jauh lebih modern.... mungkin ikan dugongnya yang dulu udah mati kali yah. kalo kata airen ngapain nyariin dugong, ngeliat saya aja udah kayak liat dugong.... siaul banget emang lakik saya itu, minta dipites mentang mentang badannya singset! hahahaha.... (aku tau kamu bakal baca postingan iniiii ayah daddyyyyy. huh!)

7. Pirates xxx (lupa kepanjangannya apa)

Hint:
1. posisi ter-pewe adalah duduk di bagian tengah paling atas. Nyaman  banget karena nggak bakal kena cipratan air danau (btw, danaunya kotoooor abis!) dan nggak akan kaget karena bakal ada api dan suara ledakan. Bawa anak kecil kalo kaget dikit aja bisa langsung nangissss
 
2. Jangan lupa bawa cemilan sama minuman. Asiknya nonton begini sambil ngunyah. Bakal ada mba dan mas2 ancol nya yang jualan keliling kursi penonton kok. Es teh manis harganya 5 ribu perak hehe

Bercerita tentang pertempuran jagoan melawan geng penjahat. Cerita nya mah so so laaaah, saya malah terpesona sama speedboat hitam yang dipake penjahatnya. Keren cyiiiin, kayak yang di film james bond *hahaha norak*


 --------------


Overall, buat keluarga kecil saya perjalanan kali ini sungguh menyenangkan. Yang terpenting, gendhis terlihat sangat happy. For sure, kami pasti bakal kemari lagi entah satu atau dua tahun kedepan di saat gendhis udah makin ngerti dengan hewan serta atraksi nya dan pasti dia bakal lebih menikmati tontonan tersebut.

Nah nah nah... berikut adalah notes yang perlu dicatat untuk buibu yang mau berkunjung ke Gelanggang Samudra Ancol

  1. Dateng pagi pagi biar masih segerrrr dan belum rame. Nanti kalaupun ada show yang ke skip, kita masih ada banyak waktu buat nonton pertunjukan berikutnya 
  2. Minta lah brosur berisi jadwal pertunjukan ke mbak mbak di loket penjualan tiket
  3. Supaya bisa pilih tempat duduk pewe, datanglah ke lokasi show sebelum area nya dibuka.
  4. Karena gendongan ergo kesayangan ketinggalan di rumah ibu saya, hiks2 terpaksa kemarin jalan jalan pakai stroller. Area nya cukup stroller friendly kok, dan selalu ada tempat penitipan stroller di depan area pertunjukan
  5. Siapkan makanan + susu + cemilan si bocah yang lengkap dalam satu tas kecil. Nanti tas kecil ini aja yang dibawa masuk area pertunjukan
  6. Tempat enak buat ngadem adalah rumah pintar dan teater bawah laut, catet yaaa....buibu!
  7. Kalo si anak bosen, bawa aja ke taman tengah. Disana ada kolam yang isinya banyaaaaak banget ikan mas. Nggak jauh dari kolam ada stall yang jual makanan ikan. Pas dikasi makan ikannya pasti bakal heboh rebutan. Dijamin anak kecil pasti seneng nontoninnya.
  8. Pakailah nursing tanktop atau baju menyusui. Akan sangat memudahkan hidup, percayalah!
  9. Ternyataaaaaa (ini saya baru tau pas terakhir udah mau pulang) ada nursing room di belakang area pertunjukan lumba lumba. Tapiiii.... tampilan ruangannya  dari luar agak nggak meyakinkan. Lebih mirip rumah kosong tak berpenghuni. Begitu masuk ke dalamnya, udara dingin langsung menyergap! AC nya mantap bangetttt enak buat ngadem saat udara panas kayak kemarin. Terdapat dua buah bangku kayu panjang yang diletakkan berhadap hadapan. Tidak ada keran air, baby tafel, apalagi dispenser aqua. Nggak memenuhi standart nursing room idealnya Aimi lah. Jadi, kalo mau ganti diapers baby tetep harus di toilet.
  10. Nggak recommended buat bawa bayi di bawah 1 tahun menurut saya. Karena tempatnya panasss dan ga banyak spot yg memungkinkan buat menyusui. Kalo mau ajak baby, better main ke Seaworld ajah.
  11. Oh iyaaaa.... jangan lupa beli snack kemasan dari indofood yang isinya cemilan macam qtela, cheetos, chiki, sama chitato. Harga nya 10 ribu sajaaaa.... (kemaren pengen beli dua, tapi takut dipelototin airen karena saya ngunyah mulu)
So.. this is it, cerita perjalanan kami. Semoga menginspirasi dan ada hikmah yang bisa diambil dari perjalanan ini...hehehe *apasih*. Selamat jalan-jalan yaaaaaaaa....

PS: Foto menyusul ya... belom dipindahin *kebiasaan* *maapin ya*

4 comments:

  1. Bun, kalo masuk ancol bawa anak 2 tahun tanpa kendaraan pribadi tetep dikenakan biaya?

    ReplyDelete
  2. Bun, kalo masuk ancol bawa anak 2 tahun tanpa kendaraan pribadi tetep dikenakan biaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mom, masuk kawasan ancol,meskipun tanpa kendaraan pribadi, untuk orang tua-nya tetap dikenakan biaya, sedangkan anak...digendong saja pas di pintu biar gratis hehe.
      untuk lebih jelasnya berikut telepon call center ancol.(021) 29 222 222. semoga membantu ya...

      Delete