Monday, August 4, 2014

Ketika Bayi Diare

Heyhoooow

maaf ya ini rada ga sopan. Belum kelar postingan yang kemarin, udah bikin postingan baru aje....
Eniwey, selamat menjalankan ibadah puasa buat semua nya, semoga bumil dan busui yang berpuasa diberikan semangat dan tenaga extra yaaaa... sedangkan buat yang nggak bisa puasa, silakan makan yang banyak yaaaaa (mumpung ada special excuse nih) inilah saat dimana makanan dan jajanan "musiman" pada keluar dari persembunyian hihihi *lap iler*

Balik ke bulan puasa tahun lalu, ada kejadian yg bikin saya sama airen panik.com.
Jadi ceritanya di sore hari gendhis (yang saat itu berusia 7 bulan) mulai agak rewel. Mau nya di gendoooong aja sampe tangan emak bapak dan eyangnya kesemutan. Trus kadang merengek nangis tanpa sebab. Saya pun clueless... perasaan diaper udah di ganti, udah mandi dan seger, udah makan, udah mimik nenen. Kok masih rungsing aja, kenapa sih naaaak?

Eeeeh ternyata nggak lama dia pup. Teksturnya aman damai sentosa. Saya pun lega "owalaaah dia rewel karena mau pup" berarti. Selesai dibersihkan, selang 15 menit kemudian, gendhis rewel lagi tiba tiba "brobot brobot....." hyaaaaa dia pupi maning... teksturnya sudah agak cair. Setengah jam selanjutnya, kembali bunyi "brobot brobot..." mengudara. Haduuuuh dia pup lagi, dengan tekstur yang kian jelek. cair dan ber-ampas. Tangis Gendhis pun semakin membahana, seiring dengan detak jantung emaknya yang makin dag dig dug! Minta gendong terus sambil perutnya dipeluk ke dada saya.




Bingung! Beragam cara kami lakukan. Mulai dari mengoleskan minyak telon di perut, minyak goreng campur bawang geprek yg udah dibakar, sampai terlontar ide dari mamer spy perut si adek diguritain aja, alesannya supaya perutnya jadi hangat. Saya lupa deh akhirnya gendhis jadi diguritain apa enggak, yang saya ingat adalah saya langsung kasih hadiah mata melotot ala sinetron tersanjung ke airen yang menyiratkan " hah? diguritainnnn? gila apa!". Trus saya "terpaksa" ambil gurita strap dari lemari... dan ternyata, udah kekecilan (Yeaaay! bersorak dalam hati). Lalu diminta buat nyari gurita yang ada iketannya aja. terus... saya lupa kisah selanjutnya, karena udah gloomy gloomy sendiri.

saya pun curi curi waktu buat cari referensi dari internet. nemu artikel sana dan sini.
Jam 1 malam: "Bawa ke dokter aja deeeh" ucap saya ke airen setelah gendhis sudah tenang, saya nenenin, dan bobo.  "Besok pagi aja deh, anaknya baru bisa bobo lagi nih dari magrib" Mungkin ada sekitar 10 kali deh dia pupu lagi pupu lagi. sampai sampai stock diapersnya habis. Thanks god, pas belanja bulanan kemarin kita dapat sample diapers merk Merries yang terkenal mahal itu. Ternyataaaaa... kalo kata orang jawa "ono rego ono rupo" meskipun mahal kualitasnya sebanding dengan harganya. Lembuuuutttt banget nget! Karena kelembutannya itu saya merasa. hal tersebut bikin gendhis lebih nyaman disaat pantatnya sudah makin memerah karena berulang kali pupu. #ehm setelah drama diare ini, next belanja ke carrefour kita sengaja beli diapers merries ini untuk dipake incase emergency thing happen semisal ruam popok dan sejenisnya *jangan sampe* *ketok meja* daaaan make nya pun disayang sayang, secara mihil ya bo!



Satu poin penting yang saya jaga banget. yaitu jangan sampai gendhis kekurangan cairan atau dehidrasi. Berdasarkan TabloidNakita.com, ciri ciri dehidrasi adalah dan resikonya adalah: 

Dehidrasi ringan dan sedang:
Tanda-tandanya bayi gelisah, rewel, dengan ubun-ubun dan mata cekung, air mata hanya sedikit saat menangis, bibir kering dan jarang berkemih (normal, frekuensi BAK bayi di atas 3 cc/kg BB setiap jamnya), air seni tampak pekat, sangat haus dan ingin minum terus-menerus, lemas dan mengantuk, kalaupun terjaga tidak melakukan aktivitas yang berarti seperti guling-guling, menendang, menggerakan tangan dan kaki, juga bayi tampak:
  • Kulit pucat dan tidak elastis
  • Untuk memastikan coba mencubit kulit bayi secara perlahan. Bayi positif dehidrasi setelah dicubit kulitnya tidak cepat kembali normal.
  • Demam
  • Suhu tubuh sekitar 38° C. Ini terjadi karena jumlah cairan yang dibutuhkan tubuhnya tidak terpenuhi.
  • Berat badan turun
  • Bila BB bayi turun semakin banyak, yaitu 5-10% dari BB asalnya, berarti dehidrasi bayi sudah meningkat ke taraf sedang.

Dehidrasi Berat: Gejala fisik yang terlihat kelanjutan dari gejala dehidrasi sedang. Gejala itu akan lebih nyata seluruhnya disusul kesadaran anak menurun, napas jadi cepat, dan denyut jantung meningkat. Bayi akan tampak lemah, mengantuk, tidak mau minum sama sekali, ubun-ubun dan mata sangat cekung, tidak ada air mata saat menangis, bibir dan lidah sangat kering, buang air kecil menjadi sangat sedikit dan pekat atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali, serta denyut nadi dan napas menjadi cepat, hingga hilang kesadaran. Ini terjadi karena cairan yang dibutuhkan tubuh berkurang, selanjutnya seluruh sistem kerja organ tubuh, terutama otak terganggu. Kala otak tak berfungsi sempurna maka bayi akan kehilangan kesadarannya.

Trik nya, saya susuiiiiiii terus menerus selagi dia mau. Saya maklum deh klo saat ini dia GTM. yang penting nyusu dan mimik air putihnya pinter. Mau makan walau cuma seuprit juga udah alhamdulillah
Selanjutnya, beberapa kali gendhis terbangun buat nenen, sampai kemudian jam 6 pagi, eh gendhis pupup lagi. haduuuuhhh stock sabar kembali di refill dengan double amunisi *yuk mari, sehat dong anak manis ibun*
Jam 8, gendhis pun terlihat sudah rada mendingan. Semalem, plan awal kami pagi ini adalah membawa gendhis ke dokter. Sudah sempet telepon RS nya. Alhamdulillah walaupun hari minggu, tetap ada dokter anak yang praktek sampai jam 12. Sayapun mendaftar. Tapi kemudian.... memantau intensitas pupu gendhis yang sudah membaik, dan lihat anaknya yang sudah kembali ceria, walaupun masih lemas. Akhirnya niat kedokter pun diurungkan. InsyaAllah gak mencri mencri lagi.

Ups... saya salah dong. Jam 11 siang kembali kejadian yang sama berulang. Gendhis pun reweeeel ampun ampunan. Niat ke dokter yang tadinya kendor, mendadak kenceng lagi. Duh, mana appointment yang tadi udah dibatalin lagi. Terpaksa deh bikin apppointment baru. "tapi cepet ya bu, dokternya abis ini ada acara..." Buru buru dong kita siap siap dan cuss jalan ke RS. Ndelalaaaah.... pas sampe sana paaaas dokternya udah keluar ruangan. "maaf ya bu, dokternya ada undangan..."  hmmpph, lemessss deh! "tolong tanyain dokternya dong sus, kalo diare dikasi apa" si suster pun menelpon bu dokter "kata nya kasi lacto b aja buu....."
Terus gimana ya sus? curhat saya ke si suster, sambil gendong gendhis yang nangis melulu. "Ada dokter jaga, dokter UGD bu..." "ya udah deh gpp susss..." ucap saya sembari keringetan.

Jadilah adek gendhis akhirnya masuk ruang ugd. Pas lagi diperiksa, pas banget dia brobot brobot. Bu dokter menyaksikan sendiri tampilan pupu gendhis yang cair dan ber ampas. Duh mana kita nggak siap siaga, peralatan bersihin pupu gendhis ketinggalan di mobil. Untung bu dokternya paham, dia langsung ngasih tissue basah plus tissue kering buat membersihkan. saya jadi grogi.

Btw, kalo ga salah inget nih, bu dokter ini juga ada di ruangan ketika saya melahirkan gendhis. sebelumnya saja juga pernah mendapati beliau sedang ngobrol dengan dr. diah sartika obgyn  saya, pas dulu mau kontrol kehamilan. Beberapa kali beliau pun sempet terlihat di perina ketika gendhis dirawat. Kayaknya sih beliau emang selalu stand by jadi dokter jaganya hermina ciputat. Orangnya sangat nice dan menjawab semua pertanyaan saya dengan penjelasan yang gampang dipahami. Tapi mohon maafff.... saya lupa namanya, kayaknya kiki or something with ...ki gitu deh.

Saya sempat nanya, kira kira kenapa ya gendhis terserang diare, dan bagaimana penanganannya?

Beliau kemudian menjelaskan bahwa di umur gendhis yang 7 bulan ini, dia sedang asyik bereksplorasi. Benda apapun bisa aja mampir ke mulutnya buat di emut atau dijilat. Mungkin juga dia abis memegang sesuatu yang kotor, lalu memasukan tangannya langsung ke mulut. Hal lain yang bisa menjadi penyebab adalah makanan yang dikonsumsi, dot yang tidak steril, atau air susu emak nya yang kebanyakan makan sambel hehehe.

Penjegahan yang harus banget dilakukan supaya baby nggak kena diare adalah:
- selalu cuci tangan dan kaki tiap kali habis main, mau makan, atau mau bobo.
- rajin cuci steril dot, dan ganti nipple dot secara teratur. Setelah huru hara ini, besoknya saya langsung ke babyshop langganan buat beli nipple tommee tippee level 1.
Kasus yang sama jg pernah terjadi sama Mirza, anaknya si kucing (bukan... bukan hewan kucing, tapi temen saya  bernama yanggi panggilannya kucing....hehehe) diduga dia diare karena dot yang nggak bersih.
- cuci bersih bahan makanan yang akan dimasak buat bayi, dan cicipi sebelum dihidangkan
- pas kasih susu, cicipi juga ya sebelumnya. emang sih, bayi pinter kalo susu udah gak enak pasti dia ga mau. tapi apa salahnya kita memastikan lebih dulu

Pulang dari RS, gendhis di oleh olehin Lacto B dan Mycostatine. Lacto B (kandungannya bisa diintip disini) dengan dosis setengah bungkus dan dicamputkan ke dalam makanan atau minumannya. sedangkan mycostatine buat mengatasi jamur di mulut dengan dosis 0,5 ml. Kedua obat ini diminumkan sampai sembuh (sampai nggak diare lagi, dan tekstur pupu sudah lembali normal)
* lekas sembuh ya bebeeeeeb guwaaw*

Alhamdulillah mulai sore hari kualitas pupu semakin membaik. Dan emaknya sudah lebih tenang. Mana hari selasa udah mau ditinggal saya dinas ke jogja pulak. Hati ini nggak tega kalo ninggalin gendhis dalam keadaan kurang sehat. Belum lagi ntar dikira sebagai emak yg gak sayang anak!
*makjlebbb*





I love you anak cantik, sehat sehat terus yaaaa *kiss kiss*

No comments:

Post a Comment