Wednesday, March 19, 2014

Motorcycle Mom (Brmm..brmm..brrrmmmm....)

Semenjak kembali masuk kantor selepas cuti, nggak ada opsi terbaik selain saya harus berangkat ke kantor pakai motor.

Dalam hal ini, maksudnya bukan saya nyetir motor sampai ke kantor yang jaraknya jauuuuh banget ya... tapi naik motor sampai ke stasiun pondok ranji, lantas motornya diparkir disitu. Kemudian, ganti menumpang kereta tujuan tanah abang. Dari tanah abang, moda transportasi ojek saya pilih biar bisa cepet menjejakkan kaki di kantor. Sounds ribet yaaaah? tapi thats the best option that I have. inilah perjuangan berangkat ngantor. Pulang kantor pun.... ditempuh dengan cara yang sama. Whewh *lap keringet*

Kalau dihitung, dalam sehari saya menghabiskan uang transport sekitar 40rb hiks! bolak balik ojek 30rb, naik kereta PP 4rb, bayar parkir 6rb. Dikali dengan 28 hari kerja jadi berapa tuhhh? ini masih mending dibandingkan saya harus naik angkot dari rumah, uang yang dikeluarkan jumlahnya bakal meningkat lagi. Emang nasiiib jadi orang commuter...hehehe udah ah bikin nggak napsu makan kalo terus dipikirin :p

Ada sih option lain yang lebih ramah di kantong, yaitu ikut jemputan kantor. Tapiiiii...tapii.... berangkatnya harus jam 5 pagi. Duh, dari pada anak saya keleleran belom mandi, belom makan...bahkan bisa jadi belom bangun pas saya tinggal, mending enggak ikut deh. Kok kayaknya saya nggak bertanggung jawab jadi emak. bye bye pak supir!

Pilihan jadi motorcycle mom saya pilih juga dengan alasan karena Airen nggak mungkin bisa "ngojek"-in saya ke stasiun. Dia harus jagain si baby sampe kira kira jam 9 dimana mertua saya udah siap buat dititipin adek bayi.

Sebagai newbie di ranah bikers sepeda motor, saya menyetir dengan amat sangat hati-hati. Di awal awal bahkan saya jiper buat nyalip angkot yang suka seenak udel berhenti di tengah jalan. giliran mau kita salip, eeeh, si angkot malah maju. bikin emosi jiwa raga. Selain itu, saya cupu deh.... masa' kalo sebelah saya bis atau truk gede, langsung nyetirnya grogi, deg deg an bo!

Setelah hampir setahun jadi bikers, kemampuan menyetir saya sudah meningkat pesat dooong...hehehe walaupun tetep aja cemen nggak berani ngebut, maksimal 40km/jam. Karena "inget anak" pas nyetir, mindset di kepala saya adalah sekarang saya udah jadi ibu, jadi kudu hati hati.  Kalo saya sampe kenapa-kenapa nanti anak saya siapa yang ngurusin. amint amit cabang baby #ketok meja 1000x

Ada kalanya saya merasa bahwa I am a bad motorcycle driver. Kadang suka siwer ga ngeliat jalanan berlobang ato gundukan batu, akibatnya motor pun loncat! untungnya nggak tinggi sih. Pernah juga saya hampir terpeleset karena ngerem mendadak, sebab jalanan licin. Ngeri nya lagi, saya juga pernah hampir terjatuh karena motor saya stuck di tengah rel kereta, pas di gas nggak mau maju. sedangkan ban belakang muter tetapi tidak menapak akibat kontur jalan yang bebatuan. Padahal, jalur kereta sedang ramai dan sinyal pintu kereta udah bunyi bunyi karena mau ada kereta lewat. hiy....horrooorrr. Daaaaan baru aja tadi pagi saya menghindari mobil yang lagi belok, eh...ternyata di depannya ada kubangan. Basah deh itu sepatu sampe dalem dalemnya. *ngok*

Udah gitu, memori saya akan jalanan juga buruk... saya pernah sekali nyasar karena sok pede nyobain rute baru yang siapa tau bisa lebih cepet. seinget saya juga saya udah pernah lewatin jalan itu pas dibonceng airen. Ternyataaa.... salah jalan sodara sodara! saya musti nanya orang dan puter balik buat sampe di tujuan. Ah, mudah mudahan saya nggak kapok ya, since no more better option I can choose regarding this thing.

Ternyata, I am not alone!  there's a lot of motorcycle mom out there. It is so true that current mommies are intended to be more independent. Beneran deh! Selama perjalanan, saya banyak sekali ketemu ibu ibu yang nyetir motor sambil bawa anak.  Nggak jarang, ketemu sama ibu yang bawa 2 anak sekaligus! Si kakak yang mau berangkat sekolah duduk di belakang, si adik diikat dalam gendongan. Bahkan kadang gendongannya juga bukan gendongan dengan kadar keamanan yang cukup tinggi seperti baby wrap ataupun baby carrier namun hanya pakai kain jarik. #tutupmata




In fact, thats their daily life. They do that because they have to. Mereka melakukan hal tersebut pasti alesannya sama seperti saya yaitu nggak punya option lain yang lebih baik yang mau nggak mau harus dilakukan. Kalau nggak, stuck deh urusan domestik. Akibatnya, kakak nggak bisa pergi sekolah karena nggak ada yang nganter atau ibu jadi nggak bisa masak karena bahan makanan abis kudu beli ke pasar dulu.

Somehow, kehidupan yang semakin keras dan jalanan yang kian macet bisa jadi membuat si ayah mesti berangkat abis subuh atau stay di rumah buat take care other important stuff, udah gitu... hari gini susaaaaah setengah mati nyari helper buat bantu-bantu. Jadilah ibu ibu perkasa ini menerjang jalanan setiap pagi dan sore demi membuat semua siklus hidup berjalan semestinya. Si adek juga kudu dibawa, karena nggak mungkin ditinggal sendirian di rumah. Jakarta (dan sekitarnya) kejam, bung!

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap "miring" ibu ibu yang nyetir motor sambil gendong atau memboncengi anak. Ada yang menatapnya dengan tatapan negatif karena berfikir "duh, kasian anaknya" "kok tega sih, bawa anak naik motor seperti itu" "pasti si ibu nggak sayang sama anaknya " "apa nggak takut jatoh?" "apa nggak takut anaknya menghirup karbondioksida berlebih?" "apa nggak takut bikin anaknya masuk angin?" endebla endeble.... (Hah! rasanya pengen teriak, "diem deh lo semua.... lo nggak tau kan dilema apa yang dihadapi ibu ibu itu tiap pagiiii?") please mind other people's business and dont judge.

Kalo saya yang ditanya, apakah saya akan memilih jalan untuk ngebonceng anak naik motor atau nggak, hmmm if I have no option, yes I will do.
Keselamatan pengendara dan penumpang sudah pasti jadi nomor satu. lagipula, jalan yang dilalui biasanya jalan kampung atau jalan tikus yang nggak banyak dilalui kendaraan, terlebih kendaraan besar.



Terakhir, berikut adalah tips dari saya untuk para motorcycle mommies yang semoga bisa berguna:

  1. Sebelum berangkat, cek cek bebi cek dulu kondisi kendaraan terutama gas, rem, klakson dan lampu sen
  2. Apabila mau membawa baby, pastikan si baby dalam keadaan nggak laper, jadi bisa tenang sepanjang jalan
  3. Apabila mau menggendong baby, pastikan gendongannya aman dan kencang. Sekarang sudah banyak kok gendongan safety belt yang di claim aman buat bonceng anak naik motor. Seperti produk Jafa ini: 








4. Alokasikan waktu lebih, sehingga nggak perlu terburu buru dan nggak perlu kebut-kebutan
5. Dari pada mengambil resiko dengan mencoba jalur baru kemudian nyasar, lebih baik lewati jalanan yang biasa kita lewati saja (*ambil kaca* hehehe)
6. Don't drive, while drunk (Ya keleeessss.... hahaha *dijitakin emak emak se-dunia maya*)


So, titidije di jalan ya mommies... :)


nb: kemarin teman-teman saya di geng Wacana MMO request foto saya yang lagi nyetir motor. Mereka pada nggak percaya kalo saya sekarang jadi bikers hihi. Duh maap belom sempet motret motret, buru -buru ngejar kereta nih.... dadah... *lambai lambai*






No comments:

Post a Comment