Thursday, January 23, 2014

Bayi Naik Pesawat

Travelling with Baby Gendhis

setelah selama 3 bulan si adek bayi jalan jalannya cuman di dalem kota aja, tibalah yang di tunggu tunggu. sepupunya Airen, si mbak asta, bulan depan mau married. Nggak di jakarta, tapi di BALI!!! asyeeeekkkk

Jadilah kemudian saya sama airen berburu tiket pesawat. Karena kebanyakan bingungnya, mau nyari yang murah tapi yang nyaman juga buat bawa baby, eeeh ndelalah nggak terasa waktu pun makin mepet. Berhubung gak cepet cepet di booked makin hari harga tiketnya (terutama garuda) malah makin naik. Hiks! Dengan agak memaksa, dibooking lah tiket via online. Berangkat pake Air Asia - pulang naik Garuda

Hari yang dinantikan pun tiba. Pesawat kami jam 7 pagi. it means harus berangkat dari rumah jam 4 sebelum subuh. Semaleman saya sama airen nggak tidur, karena kita baru packing jam 11 malem akibat si Airen banyak kerjaan dan udah beberapa hari saya sama si bayi nginep di rumah eyang umi. Daaaaan sesi packing menjadi moment yang paling suliiiit karena sungguh dilematis! semuanya rasanya penting buat dibawa, apalagi yang berhibungan ama si bayi mungil ini. perlak, selimut, handuk, kaos kaki, mainan.... sampe pengen bawa ember sekalian! do'oh. Untungnya masih asix, jadi belom rempong ama peralatan mpasi. Kita takut banget kalo sampe ada barang penting yang kelupaan di bawa.

Setelah sempet berkali kali adu argumen sama airen, finally packing pun kelaaaarrrr. yeay!

#note: banyak bawaan = banyak lupa. nggak usah terlalu banyak yang dibawa, kalaupun disana nanti butuh, ya tinggal beli aja #sokkaya. faktanya, bawaan adek bayi satu koper gede sendiri plus satu diaper bag penuh berisi segala macem perintilannya.

Jam 4 pagi, kita udah di jemput sama pak agus. ternyata, atung sama uti juga kepengen ikut nganter gendhis ke bandara ( hiks, atung...you're in heaven right now, I miss u badly, thanks for being our number one supporter and thanks for everything you have done to us wholeheartedly. you always in my heart) awalnya saya agak risih juga ngapain sih uyut uyut ini pada heboh mau ikut nganter cicit, kasian mereka maksudnya..karena musti bangun pagi pagi, dingin, dan takut capek, tapiiii.... itu yang mereka mau dan mereka bahagia melakukannya kok. then, I accept that. and rite now (after atung passed away), I'm happy of my decision to let them accompany us. no regret at all.

Sampailah kami di bandara, setelah online check in via mesin dan masukin barang ke bagasi, kami pun masuk ke dalam. ohhh, saya pun jatuh cinta sama terminal 3 bandara ini.

ternyataaaaa... dia punya nursery room yang sangat nyaman dan terawat dengan baik.
adek sempet pupu loh disini
aqua galonnya full, dan dispenser menyala dengan baik
saya nggak yakin di terminal 1 dan dua juga punya nursery room sebagus ini.

adek kita pakein jumper yang anget (karena di pesawat pasti dingin), pake topi dan udelnya ditempel plester katanya sih supaya nggak mabok udara. telinga nya nggak saya pakein earmuff...karena nggak punya hehe, palingan nanti disumpel kapas ajah.

Tibalah saat naik pesawat. seperti yang sudah saya baca di internet tentang travelling dengan bayi naik pesawat, yang terpenting adalah bayi harus disusuin pada saat take off dan landing. baik itu mimik nenen langsung atau via botol dot. sebelum masuk pesawat kami udah berdoa kenceeeeeng banget supaya adek nggak rewel.

Airen dapet duduk di window seat, saya di tengah, dan seorang ibu bule di alley. sebelumnya saya udah minta tukerab duduk sama si ibu bule, biar kalo nanti anak saya nangis saya nggak ganggu dia kalo harus bolak balik keluar bangku. tapi ternyata dia ada trauma dan gak bisa duduk di window seat. ohhh baiklah.

Daaaan drama pun dimulai. saat take off saya langsung buka lapak buat nenenin adek. tapi kemudian dia berontak. saya paksa lagi, dia melengos dan nangis kenceeeeeng banget. duh, saya sama airen langsung panik. kemudian saya posisikan duduk lantas diberika. dot, tetep dia nggak mau. saya jadi kuatir dooong apalagi saat itu sedang take off, takut kupingnya adek sakit karena perubahan tekanan udara dan dia tidak melakukan gerakan mengunyah. mana saya nggak bisa berdiri nenangin karena kudu pake seat belt! suara tangis adek semakin pecah membahana, saya takut penumpang lain pada terganggu (dan memang mulai terdengar suara suara aneh dan decakan menggerutu dari kursi belakang. damn. di pikiran saya langsung terlintas orang orang pada ngomongin "tu ibu tega baget sih ama anaknya diajak naik pesawat jalan jauh anaknya gak nyaman endebla endeble")

Lalu.... airen pun mengambil alih. awalnya sih adek berontak, tapi setelah dinyanyiin lagu sakti "kupu kupu yang lucu" ternyata ampuh bikin adek tenang dan mau nyusu dari botol. hufff.... lega!

Jangan seneng dulu, drama belum selesai. setelah take off berakhir, satu botol susu udah abis, dan adek udah bosen sama lagu kupu kupu nya, kembali dia menangis. makin lama makin kenceng. dunia pun gonjang ganjing. berkali kali saya minta maap ke ibu bule karena musti keluar dari tempat duduk buat nenangin si adek. "sorry for bothering you, this is my forst time im flying with baby". ibu bule dengan ramahnya justru bilang nggak apa apa, bahkan dia cerita dulu waktu anaknya bayi dan dia bawa naik pesawat juga nangisss sepanjang perjalanan. gosh! im not alone.

Mbak pramugari nampaknya melihat keresahan saya. kemudian mempersilakan ibu bule untuk pindah ke kursi belakang yang ternyata kosong. tinggallah saya dan airen yang lagi kebingungan nenangin si bayi.

Setelah hampir setengah perjalanan menangis tiba tiba ho kok suara tangisnya perlahan berhenti. pas diintip, ternyata adek udah bobok. oooohhhh.....terima kasih tuhaaaan akhirnyaaaa!!! saya sama airen ketawa kegirangan. kalo bisa joged pisang, kita joged juga deh saat itu!

Begitu kita rasa boboknya udah dalem, biar adek nggak ke ganggu dan nggak pegel, kita tidurin dia di kursi tengah, ganjel pake guling dan diselimutin. tentu nya kita pegangin juga doooong karena nggak pake seat belt. in the end, sampai landing adek masih bobo nyenyak. YES!!!!

Akad nikah dan resepsi dilaksanakan di alila ubud yang pemandangannya juaraaaa banget! moment sakral akad nikah yang lagi sendu sunyi senyap sempat diganggu sama suara tangisan gendhis yang bosan dan ngantuk. haduuuuh! untungnya nggak lama, begitu slepppp dot masuk ke mulutnya, tangisan pun stop!

ini foto keluarga kecil kami

baju saya sama baby gendhis kembaran lhooo

si bayi sempet sempetnya godain om india

selesai resepsi, kita pun jalan jalaaaaan yeay! adek pinter lhooo, ikut naik ke uluwatu dan ketawa tawa.

selama di bali, adek kadang mandi di wastafel, kadang di bath tub. maklum belum bisa duduk, jadi kudu hati hati banget megangnya.

saya setiap malem tetap rutin pumping in case di perjalanan atau di tempat acara nggak memungkinkan buat saya mimikin langsung jadi udah punya stok asip untuk dikasih via dot. saya umpingnya mermet pakai tangan karena males bawa pompa hehehe. untung di hotelnya ada kulkas ber freezer jadi stok asip aman selalu deh.

hari berikutnya, full diisi sama jalan jalan. kami ke dreamland, krisna, makan bebek tepi sawah yang porsinya raksasa, dan tempat tempat seru lainnya. si bayi alhamdulillah enjoy enjoy ajaaa. puncaknya adalah pas sampai pantai kuta adek lagi bobo nyenyak. alhasil bocahnya kita titipin ke pak supir dan saya sama airen heboh foto foto di pantai berduaan berasa pacaran! (tapi sambil bolak balik ngelirik ke mobil parno kalo putri kecil kesayangan kita dibawa kabur pak supir hahaha). Ternyata sekarang pantainya bersih,sepi dan udah dilarang berjualan yaaahh.... puas deh foto fotonya.

pulangnya kami naik garuda indonesia. emang dasar rejeki si bayi, kita dapet pesawat gede yang transit dari jepang. yeay!! udah bangkunya empuk, dapet pojokan yang 2 seat, ada tv nya pulak. pas take off gendhis mau aja disuru nenen langsung, setelah selesai dia duduk antenggggg sambil nonton tv. malah sempet ketawa geli pas liat kartun. bikin orang sekitar ikut gemes liat tingkahnya. begitu udah bosen nonton (ternyata karena ngantuk) dia nenen lantas bobo. pinteeerrr!!! pas udah mau landing, karena dia masih ngempeng nenen, dan saya udah kerasa puting sakit, akhirnya saya paksa aja dia copot nenennya. eeeehhh ndelalah dia malah bangun dan cranky. waduh! drama lagi deh. untungnya nggak lama, begitu disumpel nenen lagi dia udah rada tenang dan kita pun landing dengan selamat di jakarta.

begitulaaaahhh....perjalanan yang seru, menyenangkan, sekaligus challenging haha

so, berikut adalah beberapa notes dan tips buat para ibu yang mau ngajak jalan jalan babynya naik pesawat:
  • make sure bahwa jam terbang pesawat adalah jam ketika bayi tidur. misalnya yang pagi banget atau malam sekalian
  • pastikan bayi nenen atau mimik botol pada saat landing dan take off. kecuali kalo dia lagi bobo
  • pakaikan baju yang nyaman, lengkap dengan kaus kaki dan topi
  • pakaikan plester di pusar bayi, agar tidak masuk angin (kata mertua saya ini sih)
  • bawa cadangan diapers dan minyak telon dan letakkan di tempat yang gampang terjangkau
  • bawalah mainan favorit si bayi
  • ibu harus tenang dan yakin bahwa kita sudah melakukan yang terbaik
  • berdoa yang banyak supaya bayi nggak akan rewel selama perjalanan

cheers, and have a great time travelling with baby ya buibuu...

1 comment:

1. lucu banget bayinya keliatan anteng gitu ya mbak hehe. kalo traveling memang kebutuhan bayinya kudu diperhatikan banget, kalo kurang nanti malah repot sendiri di jalan. makasih artikelnya!