Wednesday, December 4, 2013

Owwwhh It`s Babyblues

at first, I feel sick of it. 
Mana bayi mungil yang lucu nan menggemaskan. Manaaaa? 

Yang saya rasakan justru kehadiran monster cengeng. Sedikit sedikit nangis, namun saya nggak bisa ngerti apa yang dia mau. Kalo nangis suaranya menggelegar kayak petir, menjerit histeris sampe kadang suaranya menghilang bagai tertelan mulut sendiri. Teriakannya maut sampai muka merah seperti tomat. bit frustated. kalau siang senengnya bobo, tapi kalau malam....busyeeee.....bangun dan nangis melulu di kebutaan malam dimana saya tingkat ngantuknya udah maksimal di kadar paling akut. Saya merasa sedih sekali. Sepertinya saya menjadi ibu yang nggak becus ngurus anak karena si baby nangis melulu. 

katanya punya bayi menyenangkan? boong... #nangisdipojokan

Ppfff... how come a super loud sounds came out from this tiny lil mouth?



Selama hamil, terutama mulai usia kehamilan 6 bulan saya didera perasaan takut yang nggak bisa dijelaskan alasannya. its seems like an undefined terror. Horrible. But I can handle it so far. tiap perasaan itu datang langsung saya tepis jauh jauh. Saya berusaha mengalihkan perhatian saya ke hal lain. Tapiiiii kadang perasaan tersebut suka mendadak muncul tanpa permisi. Biasanya, rasa takut ini hadir saat malam hari, atau di saat saya lagi sendirian, kayak misalnya di kamar mandi.

Sebelum saya melahirkan, seorang emak di kantor cerita bahwa setelah melahirkan dia merasakan perasaan aneh seperti kesedihan mendalam yang abstrak. Namun dia nggak ngerti apa penyebabnya. Pokoknya bawaannya tiap hari mau nangis melulu akibat rasa sedih terus menggelayut. Arahnya bahkan seperti depresi. Perasaan ini dia pendem aja diem diem dalam hati. Tapi jelas pesan si emak ke saya, bahwa kalo nanti saya mengalami hal serupa, cara penanganannya adalah hal ini harus DILAWAN!!! jangan dibiarkan berlarut larut karena bisa bikin semaput. hihi

Belakangan saya tahu inilah yang dinamakan babyblues syndrome. Yaitu perasaan kacau balau mengarah ke depresi, biasa dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan.
Hmmm.... I think currently I got this syndrom.

Sejak mulai merawat sendiri baby di rumah, walaupun dibantu mama mertua, setiap kali baby bobo saya didera rasa deg deg an. Takut nanti baby kebagun lalu mengamuk dan saya nggak tau cara menghandle nya. 

I'm afraid that my baby who sleep peacefully rite now, will turn into uncontrolled cry monster when she's awake

sleep like a log


Rasa takut itu kemudian berubah menjadi rasa kesal saat baby bangun dan rewel -terutama malam hari- nangis kenceeeeeng plus susah buat didiemin. Padahal segala cara sudah saya lakukan. Disusuin udah, diganti diepernya udah, di lepas bedongnya biar bisa bergerak bebas udah, digendong sambil diayun udah, trus kamu maunya apa sih naaaak? #setres!

Pernah suatu malam, saking nggak tau lagi musti ngapain, saya sudah capek dan hilang akal, akhirnya si baby yang sedang tantrum itu saya tinggal sendirian di kamar lantai 2. kebetulan ayahnya lagi nggak ada. Saya biarin aja dia menangis kencang-kencang di atas kasur. Lalu saya turun ke lantai 1. Duduk duduk santai kayak di pantai. Tapiiiii kemudian saya sadar, kok saya tega banget siiiiiih?! Dia kan cuma anak baby, yang nggak bisa ngapa ngapain selain nangis, saya ini ibunya, dia cuma punya saya sebagai tempat berlindung, cuman saya yang bisa dia andalkan untuk membuat dia tenang. Saya lah orang satu satunya yang dia harapkan. Kok saya tega sih ninggalin dia sendirian???? 

Rasa kesal saya pun berubah drastis menjadi kesedihan hati. Saya langsung cepat cepat lari keatas. Saya gendong dan saya peluk erat erat bayi mungil saya. Ya Allah...ibun khilaf sayaaang. Maafin Ibun ya nak.... Maafin saya Ya Allah. Saya peluk anak saya sambil nangis. Saya teriak dalm hati. am I a bad mom?....saya emang nggak becus jadi ibu...

Setelah banyak banyak baca, I found the fact that babyblues is a NORMAL thing. Terutama buat ibu baru, nggak perlu khawatir. Ini adalah hal yang wajar. Data statistik menyebutkan bahwa 80persen ibu baru melahirkan mengalami babyblues. Biasanya hal ini akan hilang seiring dengan perkembangan usia bayi. Dimana semakin baby tumbuh besar, tangisan cranky nya akan  berubah menjadi ocehan dan tawa yang menggemaskan. indeed.

kalo lagi ngoceh ngoceh sendiri, si baby ngegemesin bangetttt


Saya sendiri nggak tau saya kenapa. Ada rasa kalut carut marut yang nggak bisa dijelaskan.
Saya kemudian curhat ke Airen kalo sekarang ini saya suka ngerasa sedih, pengen nangis terus. Saya kerap minta airen pelukin saya sambil saya nangis di pelukannya. Tiap Airen tanya saya kenapa saya selau bilang "nggak tau, lagi pengen nangis ajah, kamu pulang kerjanya jangan malem malem ya...aku takut". Saya kemudian memberikan beberapa artikel perihal babyblues ke airen, dan nyuruh dia buat baca. Nggak seperti dugaan saya bahwa dia akan antusias membaca dan jadi worry sama saya, Airen hanya membaca artikel tersebut sambil lalu. Seakan akan itu bukan masalah serius dan justru saya yang  terkesan lebay membesar besarkan perasaan takut nggak jelas yang saya rasakan. ih, bete bangettt sayah! hiks!

Ternyata, airen malah memberitahukan hal tersebut pada mama nya. aka mama mertua saya. Jadi dobel deh bete-nya. Karena setelahnya saya diceramahi panjang kali lebar kali tinggi. Belom lagi, perihal saya kena babyblues ini oleh beliau kemudian disebarkan ke sodara sodara saya lainnya. duuuuh gusti! saya merasa ini aib saya, kok diumbar umbarrrrr siiih, kan malu! ugh, muka airen pengen langsung saya cakar cakar! Saya kan cuman curhat ke dia doang supaya saya merasa plong, eeeeh malah disebar luaskan. dasar anak mami! #toyorrr


Setelah saya observasi, kayaknya beberapa hal ini deh yang memicu saya depresi ga jelas akibat baby blues:

1. new mom
wajar banget, karena saya baru pertama kali jadi ibu, sehingga banyak hal terkait per-bayi-an yang masih belum saya tahu. feel clueless sometimes.

2. saya tinggal di mertua indah.
 Walaupin sebenernya mertua saya ini baik hati, tapi yaaaaa tetep aja rasanya nggak kayak nyokap sendiri. kadang ada aja sih hal-hal yang kurang sreg dihati.

3. too much googling. 
Banyak baca segala informasi yang terkait sama bayi sebenernya bagus, tapi kemudian hal itu jadi blunder ketika saya nggak bisa mendapatkan kondisi ideal sesuai dengan informasi yang saya baca. misalnya, idealnya bayi newborn tidur sekitar 18 jam, tapi kemudian anak saya susah bobo, kalo ditaro di tempat tidur dia pasti bangun, mau nya digendong dan bobo nya nggak sampe 18 jam dan saya jadi setres sendiri karena takut pertumbuhab anak saya terganggu akibat jam bobo nya dikit. Contoh lain adalah hasil googling menyebutkan kalo baby sebaiknya jangan dipakein gurita, I'm definetely agree with that tapi disisi lain saya nggak kuasa buat ngelarang mamer makein gurita ke bayi saya, walaupun saya udah bilang kata dokter nggak boleh karena akan mengakibatkan bla bla bla..... yang pada akhirnya omongan saya tetep aja nggak digubris dengan alasan nanti perutnya jadi gendut dan dari jaman dulu semua anak dipakein gurita juga gak masalah. oke silakan, saya kalah. padahal kan anak saya, harusnya semuanya terserah ortu nya. hiks! (ya udah deh silakan diguritain, jalan tengahnya adalah nanti klo pas nggak ketauan guritanya saya longgar longgarin. ssttt jangan bilang bilang!). Kondisi nggak ideal beginilah yang juga memicu depresi.

4. terpenjara 40 hari 
Nggak boleh keluar rumah. Yak, saya mengalaminya. sebenernya ini mah produk jaman dulu banget. udah oldschool. Tapi bokap nyokap mertua saya masih menganut paham jadul  ini. jadilah saya boooosaaaaaan berlumut. pengen menghirup udara luar. pengen ke mol....hahahaha

5. ga punya pembantu
Berasa semua urusan domestik pengen saya kerjain. namun disisi lain si bayi ditinggal nyuci sebentar aja udah bangun lagi terus nangis minta mimik. boro boro deh, kadang malah pipis aja nggak sempet! weks!

Informasi yang say dapet, babyblues itu banyak tingkatannya. alhamdulillah saya mengidap yang kadarnya masih ringan. kalo udah akut, konon katanya bisa sampe bunuh diri loh. ihhhh serem yaaaaa....

jadi, seperti pesan si emak kepada saya, untuk mengatasi babyblues adalah dengan DILAWAN! tepis lah rasa depresi ini. tapi kalo emang kadarnya udah akut, please find an expert to help ya buibu....



Berikut adalah tips yang personally saya lakukan buat meringankan si sindrom bayi biru ini:

1. tanamkan dalam hati bahwa babyblues adalah hal yang normal dan wajar dialami ibu yang baru aja melahirkan

2. you are not a superhero. nggak semua kerjaan terutama kerjaan domestik rumah tangga bisa kita selesaikan sendiri. carilah bala bantuan, kalopun mentok biasakanlah mata kita untuk melihat tumpukan baju kotor, dapur berantakan, dll. jangan dipikirin! 

3. minta suami buat beliin setumpuk dvd komedi romantis ato film serial kesukaan. biar kegiatan menyusui gak membosankan. tapiii jangan beli film yang serem ato berdarah darah yaaa usahakan cari film yang bikin kita happy terussss

4. chatting ato teleponan sama temen ngebahas hal yang seru seru. update gosip kantor bisa sejenak melupahkan perasaan sedih ga jelas yang diderita. 

5. online shopping. instantly works. 100%guarantee...hahaha

6. anjing menggonggong kafilah berlalu. tutup kuping dari omongan orang yang nggak sreg dihati kita. "bodo amat deh lo mau ngomong apeeee"

7. me time! gak perlu yang pergi jauh jauh. berlama-lama mandi air anget, bersih bersih diri aja somehow udah cukup kok

8. jurus pamungkas: nge-mol. atau bahkan nonton bioskop sekalian. ga bisa ninggalin bayi? bawa ajaaaaa kayak cerita disini. inspiring nih hehe

udah yaaaa itu aja cerita babyblues saya. semoga sindrom ini segera pergi jauh jauh. hush hush hush....!

Ibuuun... jangan sedih sedih terus yaaa...

6 comments:

  1. Mbaaa...
    (bosen ga? bosen ga tiap2 gw komen..hahaha)
    Aku terharu bangeet bacanya... EXACTLY yang aku rasain 3 bulan iniii... uuh gemes ada yg nulis dan menohok di hati. semua-mua point nya sama terutama mertua thingy! Baik siiiiih.baik banget malaah.. tapi eh tapi semua jurus miara anak jaman dulu diaplikasiin and no room for discussion.
    Kadang juga kl udah nangis2 anaknya tiada henti...cuma gw geletakin di tempat tidur sambil diliatin..trus ngomong "mama udah ga tau lagi mesti gimana..." terus meweek..hahaha.
    Ah geus...lanjut lagi baca. Jangan bosan gw nyampah komen dimana-mana ya :p

    ReplyDelete
  2. Hai Orci... panggil aku ingki aja lah... nggak usah mba2an hehehe. Ya amplooop ada juga ya yang baca tulisan gue. Semoga bisa memberikan pencerahan yaaa...hahahaha very welcome to your comment, seneng banget malah...ada yang komenin, kalo perlu semua dikasi komen yaaaa biar rame ini blog nya....hihihi

    ReplyDelete
  3. Haii.. baru baca blognya dan ngerasa terhibur krn sama persis sm yg aku rasaainn hahhaa.. emg plg seneng kalo nemu orang yang senasib :D

    ReplyDelete
  4. Haii salam kenal..aku chaca. Kebetulan baca blog ini dan sedikit lega karna ada yg mengalami hal yg sama..itu semua sedang aku alami skrg. :)

    ReplyDelete
  5. Persis banget dgn apa yg lg aku alamin skrg. Ternyata normal ya. Hehehe... Kasian baby jadi korban omelan emaknya. Tiap abis ngomel, aku pasti minta maaf sm baby. Merasa gak becus jd ibu. Hiks. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  6. Hai mba... aq baru merasakan babyblues ni. Utk mba sih udah berlalu ya..hihihi... skrg gimana kabarnya? Jd penasaran. Kalau sdh berlalu jd lucu ya utk dikenang

    ReplyDelete