Thursday, February 7, 2013

Pemeriksaan Bebeb Ke-6


image taken from here



Kali ini, saya sama Airen sepakat buat periksa di RS Hermina Ciputat. Pertimbangannya adalah karena RS Ibu Anak ini jaraknya cukup dekat dari rumah, obgyn kami yang di KMC juga kebetulan praktek disana jadi mau sekalian tanya-tanya apa mereka punya kelas senam hamil, fasilitas yang dimiliki, serta estimasi biaya melahirkan.

Sehari sebelum, saya sudah menelepon RS-nya untuk registrasi. Ternyata disini nomor urut based on registrasi, bukan per waktu kedatangan. Dan saya dapat nomor 1. asikkk....

Ketika saya tiba di RS, dokter diah belum datang. Jadilah saya akhirnya bertanya2 ke bagian informasi lebih detail tentang RS ini.

Senam Hamil
Hari : Setiap hari Sabtu
Waktu: jam 1 - 2 siang
Durasi: 1 Jam
Biaya: 15ribu (untuk yang sudah mendaftar menjadi pasien RS ini - yang udah punya kartu). Nggak harus jadi pasien sini kok kalo mau ikutan

Dokter
Ternyata, RS ini punya list dokter yang cukup banyak dan beberapa juga dokter-dokter yang namanya sudah pernah saya dengar memiliki reputasi baik. Seperti dokter shirley (praktek di KMC juga) dan dokter-nya si @ellabolla yang dia cinta banget, bantuin Hugo bisa lahir normal walopun sempet kelilit tali pusar (tapi saat ini saya lupa nama dokternya)

Estimasi Biaya Melahirkan
Nah, rada nyesel juga nih informasi-nya nggak sempet saya catat/saya foto. Karena kebetulan mereka nggak punya brosurnya. Yang ada di pikiran saya saat itu sih cuman "oh ya, stardart harganya hampir sama dengan kmc, beda dikit, ada plus minus-nya lah...yg jelas dari segi ambience tetep kalah jauh"

Sebelum mulai pemeriksaan, seperti biasa, saya ditimbang dan di tensi. Tensi alhamdulillah normal 110/80. Dan highlight dari pemeriksaan bulan ini adalah..... Jeng jeng jeng.... Berat badan saya naik 3 kilo! Only in a month. Ini kayaknya saya dan bebeb lebaran banget deeeeh. Setelah sebulan puasa, begitu lebaran makannya luar biasa kalap!

Kemudian tibalah saat pemeriksaan. Alhamdulillah....bebeb sehat :) air ketuban cukup, untuk ukuran baby dilihat dari grafik estimasi beratnya masih ada di dalam garis, walaupun di  bagian yang rada bawah. Nggak perlu khawatir sih kata bu dokter, karena masih batas normal kok. Kondisi detak jantung juga alhamdulillah normal. Yeay!

Oh iya, di pemeriksaan kali ini, saya sudah siap dengan camera digital! Buat foto dan ngerekam video :) jadi kami punya dokumentasi-nya hihihihi. Tapiiiiii, alat usg-nya si hermina ini emang masih lebih jelek dibanding kmc, jadi gambarnya nggak keliatan jelas...huhuhu....belom lagi si airen sebagai cameramen posisi-nya nggak oke
Jadi bolak balik layar usg bebeb ketutupan kepala bu dokter.

Dan, enaknya periksa disini, pasien si bu dokter nggak terlalu banyak. Jadinya saya dan airen bisa leluasa buat nanya2 segala macem.

-    Kaki saya bengkak dok...
+   Kalo tidur kaki-nya di ganjel bantal ya, gak usah terlalu tinggi, dan kalo perlu kepala 

      kamu ga ush pake bantal

-    Punggung saya sakit dok.... Boleh dipijet?
+    seiring tumbuhnya si adik baby pasti efeknya ada tambahan beban si punggung agar 

      dapat kokoh menopang. Boleh kok dipijit... Minta pijitin suaminya ya :)

-    Kalo dipijit pake alat pijit?
+    Sebaiknya hindari alat yang mengandung metal.

-    Boleh pake counterpain?
+    Boleh aja karena dia obat luar, tapi kalo bisa jangan terlalu sering

-    Gimana biar beratnya nggak nambah banyak ya?
+   makannya di jaga. Nasi-nya dikurangin, banyakin makan buah ya. Makan boleh sering, 

      tetapi porsi-nya sedikit aja

Terakhir, saya dikasi resep vitamin dan kalsium (cal 95). Sama persis, melanjutkan yang bulan lalu

Total biaya pemeriksaan bulan ini:

Konsultasi Dokter : 114.000
Vitamin + Calsium : 260.000

Nggak dikenakan biaya usg, karena kita nggak dapet print-an nya. Mungkin karena bu dokter udh liat kita bawa camera sendiri kali yaaaa :) ihiy lumayan deh pengiritan...

Sekian pemeriksaan bebeb kali ini

No comments:

Post a Comment