Wednesday, December 2, 2015

Info Jurnal dan Ebook literatue gratis



Hellow yellow...


Topik blogging kali ini agak menyimpang dari redline blog mylittlebow tentang bayi, anak, menyusui, parenting dan segudang curhatan emak-emak lainnya. Oh tapi masih relate sih sama yang bagia curhatan emak-emak nyaaa... hehehe


Ya sudah lah ya, apalah artinya redline yang penting kan “berbagi-nya”

I share, because I care….

(begitulah kalimat yang tertulis di profile salah satu selebgram papan atas…hihihi *nyontek*)


Belakangan, saya lagi lelah bongkar-bongkar mbah gugel buat cari-cari referensi literatur. Sampai akhirnya  “nemu” harta karun yang padahal ada di depan mata, tapi saya nya aja bloon nggak tau gimana “buka”-nya.

Tulisan kali ini sangat bermanfaat buat adik-adik kinyis-kinyis yang lagi bikin TKA, skripsi, or thesis. Ataupun emak-emak yang mujur bisa makan bangku kuliahan lagi *debus kali ah, makan bangku*, dan pengen menyelesaikan thesis ini secepat dan sekeren mungkin (Selesai tepat waktu aja padahal udah syukuuuur Alhamdulillah, nggak perlu embel2 keren juga gak papah )


Sebelumnya, saya terangkan dulu. Kalau untuk mendapatkan jurnal atau ebook ilmiah itu biasanya kita harus beli. Berapa harganya? Mehong cyiiiinnn… antara  500rb sampe juta-juta-an kalau di rupiahin. Mending duitnya buat nyicil rumah yaaaak.

Jadiiiiii….. nyari jurnal atau ebook gratisan dimana siiiiih?


            Google

Googling aja dengan keyword:  free journal ebook pdf
Mudah-mudahan dapet  :) 

Proquest

Nah, biasanya… kampus-kampus negeri udah langganan.  Jadi kita bisa masuk lewat username sama password yang didapat dari kampus.

Contohnya adalah di Universitas Indonesia.  Penjelasan awalnya ada disini

Buka webmail UI melalui www.webmail.ui.ac.id

Lalu masukkan password SIAK NG

Kemudian kita akan menemukan email yang dikirim dari UI nya. Biasanya, judul emailnya “informasi akses ke online database” . Di dalam email tersebut, akan didapati username dan password untuk login ke proquest.

Misal: (ini password Nov 2015)
Account ID : JNXSWLPAQF
  Password : KamiKaze#3

Kalau sudah, kita bisa bukaa langsung web proquestnya melalui:

http://search.proquest.com setelah kebuka, masukin deh username sama passwordnya. Jeng jeeeeeng kebuka tuh semua!
 
Note: 
1.  tiap bulan passwornya ganti, jadi kudu cek si webmail sebulan sekali
2.  Literaturnya Cuma bisa dibaca, gak bisa di download. *yaaaah penonton kecewa*




ini andelan saya banget!!!
Kita cukup googling judul-judul  jurnal  yang  terkait  dengan keyword yang kita cari. Setelah ketemu, misalnya ada di web science direct lalu perhatikan nomor DOI nya.
Apa itu DOI? Saya nggak tauuu…. Hahaha tappi kayaknya ini adalah special code dari sebuah subject jurnal. Tiap jurnal punya kode DOI nya sendiri. Ibaratnya nomor panggil lah…

Setelah dapat nomor DOI, lalu kita catat, dan masukkan ke dalam search button di web sci-hub tersebut.

Tadaaaaa….!!! Jurnal-jurnal mahal langsung nongol. Server-nya ada di Rusia. So, makasih ya orang-orang rusia, sudah membuat web keren untuk mahasiswa kere kayak saya ini…



Another buah karya orang rusia, yang bisa membantu kita dapetin ebook harga selangit untuk mahasiswa irit. Kalau sci-hub isinya kebanyakan jurnal, web ini berisi koleksi buku-buku. Dan lumayan cukup update loh koleksi disini. One of my favorit web, super helpful

Udah itu aja :) 

Kalau nanti saya ada info terbaru, akan saya update. Atau kalau ada yang punya info yang lebih yahud…  plisss saya dikasi tau yessssss.



No comments:

Post a Comment