Sunday, November 17, 2013

Dilemma : Jadul vs Modern

haha!!

Ini nih dilemma para emak emak muda vs nyokap, mama mertua, tante, bude, bahkan eyang dan para tetua lainnya.




Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang makin sophisticated serta banyaknya penelitian penelitian baru terkait dengan pertumbuhan bayi sudah pasti paham paham jadul yang terbukti tidak baik seharusnya ditinggalkan.

Tapiiiii.... penerapannya nggak semudah itu. Challengnya justru dateng dari orang orang terdekat kita yang merasa "tau baget" cara terbaik mengurus bayi. padahal, kalo melihat update informasi terbaru, cara yang mereka terapkan itu justru berbahaya buat baby.

terus gimana doooong?

Coba untuk berargumen? pasti!!! kasi pengertian dengan cara halus? iya!!!! kasi semua bacaan bacaan yang ada di buku dan internet? tentu saja!!! ajak ke dokter anak serta klinik laktasi? udah doooong!!!

hasilnya? 
Sama ajah beybeh. Tetap stick dengan beragam informasi jadul yang emang udah melekat lengkeeet banget di kepala mereka.
justru, mereka malah mempertanyakan "kenapa sih dokter dokter sekarang gak kayak dulu. apa apa serba nggak boleh. heran....kan kasian anak anak bayi sekarang"
kalo udah gini? do'oooh...capcayyy dehhh #tepokjidat aja

Dari pada jadinya ribut dan bikin pertengkaran nggak sehat, saya berusaha untuk berkompromi dengan syarat selama hal yang dilakukan tersebut emang masih bisa dikompromikan. Toh, sebenernya mereka seperti itu karena perhatian plus sayang sama si baby kok. initinya, saya percaya mereka nggak akan mencelakakan anak saya. saya  berusaha menguatkan diri untuk bisa ikhlas lillahita'ala

ini kan baby saya ya, pasti most of time selalu nempel sama saya rather than sama orang lain, apalagi pas newborn saya masih dapet 3 bulan cuti puas puasin deeeh. nah kalo lagi sama saya sebisa mungkin saya optimalkan pengasuhan dan treatment sesuai standar saya. 

jadi jalan tengah yang saya ambil adalah:
1. bayi dipakein gurita. ya nanti kalo yang makein gurita udah pergi, dilonggarin aja guritanya
2. bayi dipakein bedak. umpetin aja bedaknya, ato bilang bedaknya abis
3. bayi dibedong. pelang pelan longgarin deh bedongnya
4. bayi di bobo in pake bantal bulet. pas yang bobo in pergi, miringin bobo si bayi, dan rutin di miringin kearah berlawanan tiap seteng jam atau sejam sekali biar kepalanya bulat sempurna. kalo ditanya, bilang aja bayinya yang miring miring sendiri. hihi
5. kalo siang ibu bayi nggak boleh tidur karena pamali. cuek tidur ajaaaa.... emangnya situ yang ntar malem begadang?!
6. kalo bayi mau dikasih madu. fyi, madu itu baru boleh umur 1 tahun keatas. harus ditolak dengan tegas!! minta dukungan suami.
7. kalo bayi mau dikasih empeng. this is nightmare!!!! kasih sugesti ke bayi dengan bilang empeng itu nggak enak, enakan mimik ibun. lakukan berulang ulang jangan bosan. and trust me it works! sudah saya buktikan. anak saya begitu dikasih empeng sama eyangnya langsung dilepeh. yeaaaayyyy!!!
8. kalo kita disuru minum obat pas anak kita sakit, dengan alasan biar khasiat obatnya terminum oleh baby lewat asi. bilang aja "iya". senyumin orang yang ngasih nasihat
9. kalo dibilang asi kita kurang karena kok anaknya ngempeng melulu atau nangis melulu. bilang aja "nggak kok". kasih liat langsung ato lewat foto stok asip kita di kulkas, atau botol hasil perahan kita semaleman (walaupin tadi malem merahnya dicicil sedikit sedikit kan lama lama juga bisa sebotol penuh hoho)
10. kalo dibilang kok anaknya kurus banget, tambahin susu formula. Menurut saya, selama berat badan anak kita kalo di plot di growth chart masih oke, dont worry. bilang aja itu genetik, liat aja papa nya langsing, eyangnya langsing (walaupun mama nya ndut #tutup muka)
9. dll semacamnya.
buat saya somehow kita juga harus bisa bertoleransi selama emang hal tersebut toler-able. nggak perlu terlalu strict sama idealisme kita. karena kalo nggak gitu, kita akan stress dan depresi. babyblues pun nggak akan ilang ilang. asi pun bisa jadi seretttt






tetap semangat memperjuangkan yang terbaik buat anak anak kita ya, mommies
cheers!

1 comment:

  1. Naah yang ini bener bangettt.. sedihnya aku smpt kalah utk urusan susu formula, sempet "depresi" juga krn banyak bgt hal2 yg "kamu harus gini, dulu mama kayak gini, etc etc" Fiuhh..

    ReplyDelete