Monday, September 30, 2013

mommy's instinct

Kamis, 5 Desember 2012

Sesuai janjinya, pagi-pagi airen sudah bangun tanpa perlu saya gubrak gabruk dulu. Sebelum ke RS, kami mampir ke rumah mbak M buat minta persediaan asip.

Sampai RS, tanpa ba bi bu saya langsug cek keadaan baby. Alhamdulillahhhhhh infusnya udah dicopot #soraksoraaaaaiiii lalu saya pun berusaha untuk menyusui baby langsung. tapiiiiii baby nya nolak nyusu. DEG!! duh, kok feeling saya nggak enak ya. Saya dicuekin. Dia nyah mah santai aja bobo terus. Memang, kebiasaan baby newborn adalah demen banget bobo. Kalo kata suster, babynya harus digoda godain. 

Yaitu dengan cara:
1. buka bedongnya
2. kelitikin kaki nya
3. towel towel pipi nya
4. kilik kilik kupingnya


Kemudian saya teliti lebih lanjut, kok kulitnya tampak kuning yaaa. Hati saya pun langsung ciut. I think in this time my mommy's instinct already ON. Hufff... "jangan jangan baby saya kuning" pikir saya sambil nyolek nyolek baby. I've heard a lot about bayi kuning, bilirubin tinggi, jaundice, dll... tapi nggak pernah kepikiran kalo baby bakalan kena kuning. Sesuai hasil lab kemarin, kadar bilirubin baby masih dalam batas normal. Berbekal si mommy's instinct tadi, sayapun minta baby supaya di cek ulang bilirubinnya. 

Other thing about jaundice or high billirubin, it happens also because mom and baby has a different blood type. Artinya, si baby ngikut golongan darah ayah. Sehingga di dalam tubuhnya perlu ada penyesuan. Sampai saat ini saya memang belom tau golong darah baby apa. Ngikut saya atau ngikut Airen. Kemudian ketika dokter jaga visit, saya minta beliau ngecek. Lalu beliau pun memeriksa si baby. Kulitnya ditekan tekan oleh beliau dan memang terlihat kuning sih plus nggak langsung kembali ke warna semula. Beliau juga ngecek bola mata baby, Alhamdulillah masih putih. Dokterpun menyarankan untuk cek bilirubin lagi.


Berikut adalah ciri ciri bayi dengan bilirubin tinggi:
males nenen
bobo terus, dibangunin susah
kulit kekuningan

so far ciri ciri di atas  mirip dengan adek baby. Nguks! :(

Bete-nya, melihat kondisi baby yang agak nggak biasa, Airen langusng nyeletuk "Ada yang nggak bener niiiih".. Plak! emang rasanya minta ditabok ya ni orang, udah tau saya lagi panik, mbok ya ditenangin kek, keluarin kata-kata positif kek, ini malah bikin tambah panik. Nyebelin lau!

Alhamdulillah, kondisi saya pasca melahirka sangat prima. saya sudah bisa berjalan dengan cepat dan gagah. Bahkan kadang sedikit berlari kalo suster manggil karena anak saya nagis dan udah waktunya mimik-in. 

Buat saya, another struggle moment adalah terkait dengan asi eksklusif. Duh kalo udah ngebahas hal yang satu ini rasanya sentimentil dan emosional yah. Tempo hari saya pernah bilang kan, kalo mau asi eksklusif itu harus keras kepala. Then, i should keep on struggle for this. Never give up! Inilah yang terus saya perjuangkan. Gimana pun juga ASI adalah asupan terbaik untuk baby, no one doubt it!. Daaaan ketika adik baby nggak mau mimik seperti ini, solusinya adalah saya harus semangat 45 buat terus pumping.

Jadilah saya dan airen menjadi pengunjung setia nursery room di Perina (ruang rawat intensif bayi baru lahir).  Sungguh sayang ya, RS yang cukup megah ini ruang pompa nya kecil....segede kamar mandi. ada 2 buah kursi dan satu breastpump medela lactinya yang superrrr enaaaaakkk baget dipake. Di saat inilah saya juga belajar seni memompa yang penuh haru biru dan deraian air mata. Harus sedia stok sabar banyak banyak. Emosi saya yang lagi down tentu sangat berpengaruh ke produksi asi. Kunci supaya asi nya lancar kan pikiran harus tenang dan relax, tapi gimana bisa tenang kalo diluar sana adek baby lagi menderita.

Untuk dapat memberikan ASI maksimal bukan hanya dari pihak saya sebagai ibu saja. Partisipasi suami sebagai cheerleader penari pom pom yang setia luar biasa berharga. Ketika kemudian air susu saya sudah nggak keluar lagi, mungkin sudah habis diperah dan belum bereproduksi kembali, airen menunjukkan ke-ayah asi-annya. Dia memijat tengkuk saya, persis seperti pijat oksitosin ini

Saking desperate-nya saya, karena ASI bumpet, sambil menangis saya bahkan sampai memukul-mukul dada saya. Kalo dipegang kok rasanya masih keras dan aad isinya. tapi kenapa susu nya nggak mau keluar siiihhh...? KENAPAAAAA????!!! Ayo doooong keluarrrr! Melihat saya yang semakin emosi Airen membantu menekan nekan payudara saya. Jadi ternya memang ada part-part yang masih keras berisi air susu, cuman harus distimulasi dengan pijatan. Alhadulillah air susunya perlahan menetes keluar lagi. Waaah! saya jadi makin semangat, tangisan berubah jadi cengiran. saya cium pipi Airen saking kegirangan. Jadi selanjutnya, sambil saya mompa, sambil diteken teken PD saya sama Airen. Pokoknya kalo diliat udah akrobatik lah pose pumping saya. Dukungan penuh dari Airen juga terlihat dari kata-kata nya yang selalu meyakinkan saya bahwa asi saya pasti cukup buat adek baby. Tiap kali saya udah mulai mewek, Airen jugalah yang terus terusan membesarkan hati saya.

 Main key lain dalam memperbanyak ASI adalah banyak banyak minum air putih. Saya memborong air putih kemasan 1,5lt yang selalu saya gotong kesana kemari again supaya air susunya nya banyak. Selain itu, efek dari menyusui adalah kita merasa hauuussss melulu. Airen sampe siyok ngeliat saya nyeruput air dari botol sampai habis hanya dengan satu tarikan napas. Kayak onta.

Sore hari, keluarlah hasil tes darah baby. Yup thats rite, ternyata baby mengikuti golongan darah si Ayah. Dan benar, bilirubinnya tinggi yaitu 15. Bilirubin normal adalah di angka 10. Selanjutnya, saran dari dokter eva something adalah adek harus disinar 12 jam dg 1 lampu. Glek!


Hmmm baiklah, demi kesehatan ade kami pun setuju. Jadilah baby kemudian dipakaikan kacamata yg terbuat dari kain untuk melindungi matanya dari sinar. Untunglah idungnya adek dari lahir udah nangkring. jadi kacamatanya nggak gampang geser karena keganjel idung.

Baby disinar. Idungnya nangkring :p 

Malam hari kembali saya diterpa kegalauan. baby semakin tidak mau mrnyusu. setiap kali saya sodorkan, dia malah bobo dan tidak mau menghisap. Ketika saya paksa, baby justru ngamuk. Bikin keki. Terlebih lagi suara nangisnya yang juara, membuat saya mendadak panik. Nggak hanya itu, saking semangatnya nangis kadang sampe suaranya nggak keluar lagi dan mukanya super meraaaah. Kembali saya merasa terpuruk. Kenapa siiiiih kok si adek nggak mau mimik? tapi kalo dikasih lewat sendok malah mau. Apa dia trauma mimik langsung?

Melihat saya yang gundah dan baby yang marah marah, kemudian salah satu suster mengatakan bahwa bisa jadi baby mengalami trauma. Istilahnya nggak kenal puting. Bukan bingung puting ya, karena kan baby nya kalo gak nenen langsung mimik pake media sendok. Lalu suster menceritakan pernah ketika kemarin dipasangkan selang, baby sempat nangis kencaaaang dan lama sekali. Mungkin dia kehausan nggak dikasih mimik lalu trauma.

Di tengah kegalauan saya, saya bertemu bidan ida yang jadi maternity counselor.  Dengan sabar beliau membimbing saya untuk belajar menyusui, beliau sampai datang ke ruang perina dan kita latihan disitu. Then it happens again, sudah berbagai pose dicoba, tapi babynya tetep ngamuk nggak mau nenen. Mau nya bobo. Hiks. Bidan ida pun nyuruh saya supaya tetep sabar, dan coba lagi esok hari. Menurut beliau, kemungkonan hal tersebut terjadi karena baby saya kuning.
Sebenernya, di depan ruang perina ada sebuah ruangan yang diperuntukkan buat keluarga pasien yang mau nginep nungguin baby nya. Ruangannya cilik mentik, hanya dialas karpet. Bete-nya, ruangan tersebut sepertinya sudah disabotase sama satu keluarga pasien. sekeluarga maksudnya ada bapak, ibu, tante, kakak, sampe nenek kakeknya. Udah gitu bawaan mereka kayaknya banyak banget, bikin ruangannya jadi sumuk, lembab, dan sepertinya berbau apek. Selain itu, saya juga nggak pernah liat ruangan teraebut dibersihin. Sebenernya saya sih nggak perbah masuk ke ruangan itu, namun dinding kaca besar yang tembus pandang dari luar sudah cukup untuk membuat saya tau kondisi di dalem. Suara hati saya sih pengen pura pura cuek aja ikutan nginep disitu gimana pun keadaannya demi bisa terus menerus deket sama adek baby. Tapi kalo si airen disuru bobo disitu.....waduuuuh nolak mentah mentah doiiiii. Katanya mendingan bobo di bangku depan aja. Ish!

saya pun kemudian pulang dengan hati bagai teriris sembilu. *buset bahasa gue bak gurindam amat yak*. see you again tomorrow my baby...

No comments:

Post a Comment